Click to edit Master subtitle style Materi Tarbiyah

Ma’rifatullaah

4/23/12

Pengantar  Mengapa kita masih perlu berbicara tentang Allah. padahal kita sudah sering mendengar dan menyebut nama-Nya? itu sudah cukup bagi kita?  Tidakkah 4/23/12 .

alam nyata.  Setelah  Keyakinan 4/23/12 .Ma’rifatullaah  Rabb  Ilah  Pencipta. terhadap Allah menjadi mantap jika kita mempunyai dalil dan bukti yang jelas. alam ghaib dan alam akhirat. Pemelihara dan Penguasa. sumber pengharapan (QS. maka kita akan bisa mengenal Nabi dan Rasul.  yang dicintai. Pemilik. yang ditakuti. 114: 1-3) mengenal Allah.

47: 19 dan QS. maka kita akan mengenal diri kita sendiri. 3:18  Dengan  Dalil-dalil: 4/23/12 .Urgensi Mempelajari Ma’rifatullaah  Perkara pertama yang mesti dilaksanakan dalam agama adalah mengenal Allah. QS. mengenal Allah.

QS. 13:16.Allah Rabbul ‘Alamiin  Berbicara tentang ma’rifatullaah. maka kita sedang membicarakan tentang Rabb. 6:12  Dalil-dalil: 4/23/12 . Malik dan Ilah kita.

Dalil-dalil  Ma’rifatullaah yang sahih dan tepat harus bersandarkan pada dalil-dalil dan bukti-bukti yang kuat yang telah disediakan oleh Allah agar kita mau berpikir dan bisa memberikan penilaian. 4/23/12 .

Manfaat dari Ma’rifatullaah 4/23/12 .

qs. 65:10  Dengan  Dalil: 4/23/12 . pencapaian pemikiran manusia cukup terbatas. 10:100-101. akal tanpa panduan yang Menciptakan akal. Apalagi ditambah adanya unsur hawa nafsu dan prasangka.Metode Islam dengan Naqli dan Akal  Islam menghargai nilai akan yang dimiliki manusia. dengan akal tsb kita bisa membedakan mana yang benar dan mana yang salah.

Tasdiq (Membenarkan)  Hasil dari berpikir dan meneliti secara terus menerus menurut pedoman Allah. 3:191  Dalil: 4/23/12 . QS. akan mencetuskan rasa kebenaran. kehebatan dan keagungan Allah.

Menghasilkan Iman  Metode pengenalan kepada Allah yang dibawa Islam cukup efektif secara berurutan dan akhirnya bisa menghasilkan keimanan sejati kepada Allah. 4/23/12 .

sangkkan dan hawa nafsu belaka. tsb tidak akan sampai kepada tujuan yang sebenarnya. na’udzubillaah. ada tuhan air. air dengan rupa-rupa berbeda.Bagaimana dengan Metode Selain Islam?  Metode di luar Islam banyak berlandaskan kepada dugaan.  Metode  Hasilnya 4/23/12 . api. karena bayang-bayang khayalan tetap menghantui pikiran mereka.

2:55. QS.Dugaan dan Hawa Nafsu  Campur tangan dua unsur ini tidak mungkin untuk mencapat tujuan yang tepat. 10:36  Contoh: 4/23/12 .

Ragu-ragu  Apabila jalan yang dilalui tidak jelas dan tidak tepat maka hasilnya juga sangat tidak meyakinkan.a yyang tersenyum sendiri saat mengenang kebodohannya memakan patung tuhan yang biasa dia sembah. 22:55  Ingat  Dalil 4/23/12 . QS. kisah Umar r.

4/23/12 ..Berakibat Kufur  Semua metode pengenalan yang tidak berasaskan cara yang dianjurkan oleh Allah SWT. Na’udzubillaah. yaitu mengikuti dalil aqli dan naqli.. maka akan membawa kita ke jalan kekufuran..