A.

PENDAHULUAN Agroklimatologi adalah ilmu iklim yang mempelajari tentang hubungan antara unsurunsur iklim dengan proses kehidupan tanaman. Yang dipelajari dalam agroklimatologi adalah bagaimana unsur-unsur iklim itu berperan di dalam kehidupan tanaman. Kita akan mempelajari bagaimana agar fotosintesis bisa tinggi, respirasi optimal, transpirasi normal, sehingga hasil bisa tinggi. Arah dari ilmu ini adalah bagaimana fotosintesis bisa lebih tinggi dari Respirasi yang dipengaruhi unsur udara dan air. Kisaran Agroklimatologi : Radiasi Suhu Kelembapan Udara Angin Awan Hujan Gas B.FENOMENA PRODUKSI TANAMAN DAN PERUBAHAN CUACA/IKLIM Mengapa hasil produksi tanaman padi Indonesia lebih rendah daripada subtropis. Unsur Iklim Tropis 0-23,50 LU/LS Sub Tropis 23,5-66,50 LU/LS Tanaman Radiasi Rata-rata energinya tinggi Energi yang tinggi terjadi secara maksimal Radiasi untuk fotosintesis, transpirasi (1gr air = 580 calori), sehingga tropis fotosintesisnya tinggi tetapi selektif dan dipengaruhi tingkat kejenuhan, foto periodisitas, C3,C4/AM. Suhu Rata-rata tinggi = t max relatif rendah dan t min relatif tinggi (36-200C)

Suhu rata-rata relatif rendah, t max tinggi , t min rendah (0/5-40/450C) Awan Keawanan tinggi Keawanan rendah Angin Secara umum bertekanan rendah, pergerakan rendah. Bertekanan tinggi, banyak badai akibat pergerakan udara yang ekstrim/kencang Di tropis energi matahari 40-60% untuk evapotranspirasi, hanya 1-2% saja untuk fotosintesis. Setiap aktivitas tanaman mempunyai suhu kardinal (kisaran suhu yang diperlukan oleh tanaman untuk bisa hidup dan berkembang yang kisarannya suhu max sampai suhu min, dan bila berada diluar suhu kardinal aktivitas tanaman akan terganggu. Aktivitas negatif maka akan terjadi + pembongkaran/perusakan organ. 0 – – Suhu maksimal dan minimal berpengaruh besar terhadap tanaman. Apabila rata-rata min max suhu tinggi, suhu minimum tinggi maka cardinal aktivitas Respirasi tinggi. 1.Aktivitas di daerah tropis yaitu bila siang Fs + Rs beresiko kecil karena Respirasi diimbangi Fotosintesis. Fs – Rs = KH sisa. Pada malam hari Karbohidrat sisa tadi akan dipakai Respirasi, apabila suhu minimum malam hari tinggi, maka Karbohidrat akan banyak dirombak sehingga sisanya sedikit/turun sehingga berpengaruh terhadap hasil produksi. Hal inilah yang menyebabkan hasil panen padi Indonesia(tropis) lebih rendah daripada subtropis. 2.Subtropis .Karbohidrat sisa dikurangi tingkat respirasi yang rendah sehingga Karbohidrat sisa lebih banyak. 3.Suhu kardinal berdampak terhadap kehidupan tanaman. Dimana tiap tanaman punya suhu kardinal yang berbeda-beda sehingga sebelum menentukan tanaman yang akan dibudidayakan kita harus tahu fluktuasi suhu suatu area dan suhu kardinal suatu tanaman. Contoh : Suatu area bersuhu 5-400C. Bila ingin ditanami kentang yang bersuhu kardinal 8-300C maka kemungkinannya bisa dikembangkan di area itu tetapi resikonya

harus diperhitungkan. Yaitu resiko terhadap dampak suhu rendah dan dampak suhu tinggi. Sehingga setidaknya daerah yang cocok kisarannya 10-300C, dikarenakan resikonya kecil. 4.Perlunya suatu pengetahuan tentang suhu kardinal sehingga kita bias menentulan jenis budidaya yang abik atau cocok. 5.Tanaman mempunyai RESPON TERHADAP VARIASI SUHU (Thermoperiodisme) terutama suhu maksimum dan suhu minimum. Yang dikelompokkan menjadi 2 yaitu : a)Fotothermal yaitu respon tanaman terhadap suhu maksimum. Beberapa tanaman punya respon terhadap suhu maksimum yang tinggi atau tahan contohnya tanaman minyak atsiri, cabe. b)Nyctothermal yaitu respon tanaman terhadap suhu minimum, contohnya tanaman yang memproduksi umbi-umbian. C. RADIASI MATAHARI DAN KEHIDUPAN TANAMAN Di dalam kaitannya. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan : a.Tanaman Yaitu aktivitas metabolisme tanaman baik anabolisme seperti fotosintesis yang menyediakan makanan berupa asimilat bagi tanaman, juga katabolisme seperti respirasi, yang menyediakan energi dalam bentuk ATP. b.Unsur-unsur radiasi matahari sebagai sumber energi dalam bentuk cahaya maupun thermal, juga unsur-unsur dari radiasi.yang meliputi : Intensitas radiasi (menggambarkan jumlah energi matahari dalam satuan Calori, Joule, watt/m2). Periodisitas (menggambarkan lama matahari bersinar selama 24 jam. Kualitas (menggambarkan spectrum cahaya yang dikandung). Istilah-istilah yang perlu diketahui dalam bahasan tersebut adalah : Radiant Flux Density adalah jumlah total energi matahari yang sampai pada suatu luasan permukaan tertentu (luasan permukaan daun). Dengan simbol Rs Rs atau RFD Black Body Radiation adalah jumlah energi matahari yang dipancarkan oleh suatu permukaan setelah permukaan tersebut menyerap energi matahari secara maksimal yang diterima di atasnya. Dimana kekuatan melepasnya sangat ditentukan oleh kemampuan menyerap energi yang berbeda yang ditentukan warnanya.

RFD atau Rs BBR Solar Constant (tetapan Radiasi) adalah jumlah energi matahari yang sampai pada permukaan terluar dari sistem atmosfer bumi. Apabila pada tanaman maka adalah jumlah energi yang akan masuk ke tajuk atau canopi. Emisivitas adalah nilai yang menyatakan kemampuan suatu permukaan untuk memancarkan energi. Absorbtivitas adalah nilai yang menyatakan kemampuan suatu permukaan untuk menyerap energi contoh kasus : Apabila di daun maka ada Energi yang diserap, diteruskan dan dipantulkan. Rr RFD/Rs r = refleksi t = transmisi s = surface Rt Sehingga tergantung dari sifat daunnya untuk memantulkan dan meneruskan cahaya. Jika semakin vertikal maka kemampuan memantulkan lebih besar, dimana sifat meneruskan tergantung dari kandungan klorofil bila lebih terang maka kemampuan meneruskan lebih besar. Reflektivitas adalah nilai yang menyatakan kemampuan suatu permukaan untuk memantulkan energi. r = Rr = RrL + Rr S Albedo Reflektivitas adalah nilai yang menyatakan kemampuan suatu permukaan untuk memantulkan radiasi gelombang pendek dan nilainya diperhitungkan sama dengan Transmisivitas adalah nilai yang menyatakan kemampuan suatu permukaan untuk meneruskan energi. Didalam system budidaya t yang lebih tinggi, maka distribusi cahaya lebih tinggi, sehingga cahaya merata dan dimanfaatkan semaksimal mungkin. Turbiditas adalah kemampuan suatu tajuk untuk mengurangi jumlah energi matahari yang masuk ke atmosfer daun. Turbiditas adalah kebalikan dari transmisivitas Semakin tinggi nilai Turbiditas maka jumlah energi yang masuk akan semakin kecil.

dll) masuk maka akan bereaksi dengan bagian tajuk secara bervariasi.Reradiasi adalah jumlah energi yang dipancarkan oleh suatu permukaan (Black Body Radiation) tetapi lebih cenderung ke sifatnya. Difusi sangat tergantung pada perbedaan konsentrasi di tanaman dan udara. C6H12O6 protein.Biokimia yaitu proses pembongkaran karbohidrat menjadi protein. lemak.NIR = Near Infra Red = 0.UV = = < 0. RADIASI SINAR MATAHARI Terdiri dari : 1. digunakan untuk proses fotolisis. vit. II. FIR.76-1 3.000 CALORI III. D. hormon Enzimatis dan dipacu oleh suhu dan suhu sangat ditentukan oleh absorbtivitas.76 4. Irradiasi adalah jumlah radiasi matahari yang diserap atau ditampung oleh permukaan Irradiasi = RFD.Difusi CO2 yaitu proses mengalirnya CO2 dari atmosfer ke jaringan. E. sedang pada tunas NIR lebih banyak. vitamin.Fotokimia adalah peristiwa penggunaan energi yang diserap. hormon dan seterusnya (metabolisme sekunder). lemak.[CO2] rendah terjadi karena diubah menjadi C6H12O6.4 – 0. Sehingga bila Io dan bagian-bagiannya(NIR.FIR =FAR INFRA RED = >10 2. FOTOSINTESIS Fotosintesis terdiri dari beberapa tahapan antara lain : I.PAR = Photosyntethic Acrive Radiation = 0. H2O H+ DAN OHCO2 CO2 + OH1 MOL CO2 1 MOL C6H12O6 ENERGI 112. Suhu adalah ukuran Ek=1/2mV2 V= menggambarkan aktivitas molekul dan ditentukan oleh absorbtivitas.4 Oleh tajuk I0 akan direspon absorbsi + transmisivitas = 1 Pada daun PAR lebih banyak. Tingkat variasi Io akan diperlihatkan dengan HUKUM BEER I = jumlah energi yang masuk ke dalam tajuk .

transmisi dan absorbsi dari rata-rata daun hijau PERANAN SPEKTRUM CAHAYA SPEKTRUM WARNA PERANAN > 1. 2. sedang pada palem rendah. yaitu kemampuan tajuk untuk mereduksi cahaya.72-1. PERUBAHAN KUALITAS CAHAYA MATAHARI DAN RESPON TAJUK Koefisien refleksi. mempengaruhi transpirasi 0.6-0. Dimana nilai a untuk tiap jenis tanaman berbeda-beda.Struktur dari tajuk. 4.61-0. 3.0 Infra red (FIR) Diserap tanaman dan dikonversikan dalam panas.Sudut daun yaitu sudut yang dibentuk oleh helaian daun terhadap batang. Tajuk rapat (banyak daun nilai a akan semakin tinggi. K = Indeks Luas Daun = Semakin besar nilai K (ILD) maka jumlah energi matahari semakin kecil karena pangkat (-) F. Faktor-faktor yang mempengaruhi nilai a : 1. Jika nilai a semakin tinggi maka kemampuan menghambatnya akan tinggi.8 pada Jagung. Contoh = 0.0 Infra red Untuk pemanjangan tanaman(etiolasi) Fotoperiode perkecambahan Pembungaan Warna buah(pigmen) 0.Warna daun. Semakin besar sudut daun (horizontal) maka nilai a semakin tinggi.e = eksponensial a = koefisien pemadaman cahaya.0 hal ini berkaitan dengan transmisivitas. semakin menyebar maka nilai a akan lebih tinggi ct : pada cemara. Nilai a kurang dari 1.72 Jingga . apabila berwarna lebih gelap maka kemampuan menyerap lebih tinggi sehingga yang diteruskan sedikit sehingga a tinggi.Kerapatan tajuk = kerapatan daun yang menyusun tajuk. cahaya terhambat.

Kenapa tanaman mempunyai selektivitas ? Karena klorofil yang dipunyai tanaman tidak hanya 1 jenis tetapi bermacam-macam.9 % dari RFDEfisiensi fotosintesus = 112/520 = 21.28-0. Klorofil menyerap energi matahari sebanyak 10 quanta. . dimana 1 mol quanta satara 10 einstein(520 K calori) efisiensi maksimum = 0.20)x 0.Selektivitas : organ tanaman tidak memanfaatkan energi yang ada pada permukaan .Diserap klorofil 0.51-0.315 UV Merusak organ tanaman < 0. Pendek) meNyebabkan tanaman etiolasi.5%.40 = 6.250(1-0. Radiasi yang ada di permukaan daun ditangkap tergantung dari klorofilnya. hanya spectrum merah dan biru saja yang digunakan. Infra red dan UV untuk thermal dan proses Fotomorfogenetik yaitu proses fotosintesa hormon/aktivitas metabolisme dalam organ tanaman yang dirangsang cahaya.40-0.51 Biru Diserap klorofil 0. Jika radiasi yang hilang akibat refleksi= transmisi 20% dan energi matahari dari spektrum 40% Tanaman tidak efisien dalam menggunakan matahari. tebal 0. misalnya 1. Adanya Fitokhrom.61 Hijau ———— 0. contohnya pada tanaman yang dibudidayakan di glasshouse.315-0. 2.40 Violet Daun pendek.28 UV Tanaman mati Kelebihan dari cahaya infra red(gel. Peranan energi matahari PAR untuk Fotosintesis.Refleksi : transmisi sebagian energi terbuang dan sangat dipengaruhi oleh komponen tajuk tanaman.

Kh.Tu < Tt maka konveksi terjadi dari . dimana suhu rendah akan menyebabkan kuncup bunga menjadi terhambat. Respon tiap tanaman berbeda-beda. Apabila tingkat kejenuhan rendah maka membutuhkan energi matahari yang lebih rendah untuk tanaman yang butuh naungan. konduksi. G = K. I = I. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Suhu tajuk Dimana sifat dari tajuk tergantung dari suhu lingkungan yang ada di luar tajuk dan energi yang ada di permukaan yang diikuti proses : KONDUKSI : proses pengaliran panas dari satu permukaan ke permukaan yang lain dengan rumusan EK= 1/2mv2. Energi yang diterima rendah. BOUNDARY LAYER yaitu hambatan Tu dan tajuk. .Cp. Efek tanaman yang ternaungi yang dipindahkan pada tempat terbuka maka epidermis akan menebal.Derajat Kejenuhan. Sehingga suhu sebagai thermoregulator : pengendali. struktur grana tidak beraturan.-ax I = 4 = 3. konveksi. Tidak langsung yaitu dari transformasi energi kimia dalam proses exothermic.3. Semakin tinggi energi mathari v juga akan tinggi sehingga energi kinetiknya tinggi yang berakibat suhu semakin tinggi. PROSES PERPINDAHAN PANAS H = -aw. konversi energi radiasi menjadi panas.10-5 erg =perbedaan suhu udara dan tajuk 4 = panas yang akan dipindahkan. G. aktivitas tanaman dalam menyumbang panas.67. SUHU DI DALAM TAJUK TANAMAN Sumber energi di dalam tajuk didapatkan dari : Langsung.Respirasi adalah katabolisme yang akan mengurangi hasil aktivitas klorofil. yaitu dari radiasi. Pada tanaman tahunan semisal Cengkeh. reradiasi. Efisiensi energi Matahari adalah jumlah karbohidrat yang dihasilkan = efisiensi semakin rendah bila tingkat respirasi tinggi. turbulensi. pengatur aktivitas enzymatic pada proses Biokimia yaitu perubahan karbohidrat menjadi senyawa-senyawa kompleks dengan bantuan enzim.

akan tetap tinggi. Hubungan Ttajuk dan Tudara Jika Tu berubah maka Tt ikut berubah dan fisiologis dari tanaman juga berubah. Sehingga panas di udara cepat tersebar walaupun sebenarnya tanaman juga bisa juga menghasilkan panas. Pemangkasan dan pengguguran daun dilakukan agar sirkulasi udara berjalan normal. 1)Sumber energi diperoleh dari reradiasi (permukaan daun yang melepaskan energi 2)Sirkulasi di dalam tajuk lebih lambat. maka sudah tidak terjadi lagi pengaliran panas. akan naik akan terjadi pelepasan panas dari udara ke tajuk dan suhu tajuk(tt) akan naik dan akan berdampak ke aktivitas tanaman. SITUASI SUHU YANG ADA DI TAJUK Macam-macam Tajuk Respon tajuk terhadap suhu berkaitan erat dengan suhu udara. jika semakin tinggi graientnya maka laju konduksi dan konveksi semakin tinggi. Permukaan tajuk apabila terkena suhu maka akan terjadi keseimbangan sesuai Asas Black. sedangkan di tajuk terbatas. Konveksi H= Konduksi G = arti tanda – adalah kehilangan. semakin lambat pergerakan udara maka keseimbangan akan lebih cepat terwujud. kenapa tetap tinggi. MENGAKIBATKAN SUHU DI Tt lebih tinggi di Tu. PERTAMBAHAN SUHU . Apabila terjadi keseimbangan G/H=0. Apabila suhu ekstrim maka akan mengganggu aktivitas tajuk.dalam tajuk ke luar tajuk sehingga suhu di dalam tajuk akan turun. terutama dari suhu maksimum ataupun minimum. Contohnya bila udara panas maka udra akan mengalir ke dalam tajuk maka Tt akan naik dansebaliknya Tt akan memacu aktivitas dan segera akan dibuang bila tidak. a)Jika suhu udara(Ta) naik maka ta akan naik. b)Jika suhu udara turun atau rendah maka tudara turun. untuk mengatur keseimbngan pergerakan udara yang ada di dalam tajuk. Laju konduksi da konveksi suhu ditentukan oleh gradient suhu udar dan tajuk. . sehingga Ttajuk turun. TURBULENSI adalah proses percepatan massa udara di dalam dan di luar tajuk. KENAPA Ta /Tudara YANG DIPERMASALAHKAN Karena variasi suhu yang ada di atmosfer sangat besar dikarenakan pergerakan udara sangat besar dan bebas. maka akan menyebabkan kerusakan. Tajuk melepas panas dengan cara Konveksi. H. Dikarenakan hanya menggambarkan selisih dari yang merupakan nilai mutlak.

I. adalah emisivitas sedangkan adalah konstanta Stefan Boltzman 6. Sirkulasi udara di tajuk relative lambat dimana Ttajuk dan Tudara akan saling menyeimbangkan. sebaliknya jika suhu tanah rendah maka akan semakin bertambahnya kandungan aiar dalam tanah.10-27. permukaannya disebut BLACK BODY RADIATION. Kita biasa menghitungnya dengan Lux Meter. daun setelah menyerap energi secara maksimal maka akan dipancarkan kembali dalam bentuk panjang gelombang yang berbeda (Reradiasi).factor luar yang berpengaruh langsung yaitu suhu udara dan radiasi matahari. CO2 dalam tanah tinggi sehinggga .Faktor luar b. T dalah suhu mutlak . Energi yng dilepskan itu diekspresikan dalam bentuk suhu tajuk sehingga Ttajuk bisa lebih tinggi dari Tudara.625.Distribusi tajuk/daun 2.Aktivitas di dalam tajuk Radiasi adalah pancaran gelombang elektromagnetik yang artinya di dalam tajuk.SUHU TANAH Fluktuasi suhu dalam tanah akan berpengaruh langsung terhadap aktivitas perakaran. YANG MENENTUKAN PROFIL SUHU TAJUK ATAU VARIASI SUHU ANTAR TAJUK 1. apabila semakin lambat sirkulasinya> keseimbangan akan cepat terjadi. Panas dari daun ada yang dilepaskan keatas dan kebawah jika berlebih. Dengan rumusan I = 4 dimana I dalah jumlah energi dari Black Body Radiation. Dengan alasan : Sumber peningkatan suhu adalah dari reradiasi setiap daun sehingga energi yang direradiasikan terkumpul menjadi Ttajuk. Akibatnya aktivitas akar/respirasi semakin rendah mengakibatkan translokasi dalam tubuh tanaman jadi lambat sehingga proses distribusi unsure hara jadi lambat dan akhirnya pertumbuhan tanaman jadi lambat. inisiasi pembungaan dan proses fisiologis yang lainnya yang kita inginkan. dimana sampai pada kondisi ekstrim terjadi pengkristalan. Suhu tanah yang tinggi respirasinya tinggi.FAKTOR YANG MEMPENGARUHI SUHU TAJUK a.. Untuk menghitung Laju kecepatan Gradient keseimbangan bias dihitung dengan Rumus H dan g sedang untuk menentukan suhu kardinal adalah dengan Growth Chamber. Apabila suhu tanah naik akan berakibat berkurangnya kelengasan/kandungan air dalam tanah sehingga unsure hara sulit diserap tanaman. Sehingga dengan pengetahuan ini kita bias memanipulasi kebutuhan suhu baik untuk fase vegetatif.

apabila respirasi tinggi maka jumlah CO2 akan tinggi. slope Apabila strukturnya padat maka porositas rendah.86X10-3()1/2(Te-Ta) = kecepatan angin Faktor Yang Dipengaruhi Oleh Suhu Tanah : Sifat Fisik Tanah yaitu Struktur. BO mempunyai kemampuan untuk menahan energi. Yang mengakibatkan Fluktuasi suhu tanah adalah : a. Aktivitas Dekomposisi .merangsang peningkatan suhu. kandungan unsure hara tinggi dan memperbaiki struktur tanah. menaikkan suhu sekitar 0. Iotik meliputi vegetasi . sehingga hasil fotosintat bisa tersebar.Dirrect Radiation = radiasi yang jatuh ke tanah melalui proses tranmisi Sumber Suhu Tanah : Absorpsi radiasi matahari Rn = H + S + E NERACA ENERGI Jika E tinggi berarti panas banyak yang disimpan dalam bentuk uap. Respirasi. Geothermal Free Convection = adalah proses konveksi karena adanya dorongan tenaga dari luar misalnya angin. porositas. angina.5-10C yang berdampak pada aktivitas enzimatik sehingga produk tanaman terpengaruh. Situasi Lingkungan baik Fisik maupun Biotik Lingkungan Fisik meliputi kelembapan udara. Kandungan Bahan Organik. Manfaat naiknya suhu tanah adalah untuk mempercepat umur tanaman. Kondisi Air. kebalikannya struktur remah maka porositas tinggi sehingga proses pengaliran lancer.Diffuse Radiation = radiasi yang jatuh ke tanah melalui proses refleksi b. tekstur. terjadi akiabat adanya bantuan mikroorganisme dari sisa-sisa bagian tanaman yang dihancurkan jadi sesuatu mis : tanah sehingga suhu tanah naik dan panas akan bertambah. warna. Agar Rn(Radiasi yang digunakan oleh tanah) banyak dipakai untuk S(save) maka H dan E harus diperkecil. radiasi. apabila tanah banyak mengandung air maka suhu yang terserap akan banyak digunakan untuk penguapan. -3()1/4(te-Ta) Force Convection H = 5. Apabila warnanya terang daya pantulnya tinggi daya serapnya rendah begitu sebaliknya warna gelap maka daya pantul rendah. menyerap air. Yang terjadi akibat adanya perbedaan. daya serap panas tinggi sehingga suhu naik.

Suhu di dalam tanaman dipengaruhi juga suhu dari luar tanaman itu. karena begitu mendapatkan sumber panas. Jika untuk keluar malai jantan butuh 750 HU maka di Cangar untuk berbunga butuh waktu = 107 hari Di Surabaya =45 hari . setara Hukum Black Body Radiation. Jika ada reradiasi. Dari benih untuk berkecambah jagung membutuhkan suatu satuan panas tertentu. Heat Unit adalah jumlah satuan panas yang diperlukan oleh suatu tanaman untuk mencapai fase/stadia tumbuh tertentu.Kita bisa mengetahui umur dari suatu tanaman. terdapat pembebasan radiasi tanah maka reradiasinya semakin tinggi dan suhu yang dilepas semakin tinggi pula.Kita bisa mengatur stok per tanaman yang digunakan untuk bahan baku. sumber tersebut akan terus ditangkap sampai maksimum/tidak mampu lagi. J. Sehingga tanah merupakan penghantar panas yang jelek. 3. dari benih-berkecambah-vegetatif-vegetatif aktif-generatif-masak-mati. Di dalam pertumbuhannya dari tiap fase mempunyai aktivitas proses metabolisme yang dipengaruhi factor dalam dan factor luar. Di dalam fase pertumbuhannya tanaman membutuhkan suhu cardinal. MANFAAT HEAT UNIT 1. Digunakan untuk menjaga keseimbangan suhu dalam tanah. Salah satu factor luar adalah suhu : Aktivitas tanaman akan naik atau turun tergantung dari suhu ― Hukum Van Hoff‖. Heat Unit / Degree Days adalah Dimana adalah suhu rata-rata harian.yan ada di permukaan tanah. contohnya : + 50 heat unit untuk kecambah + 100 HU untuk generatif + 1000 HU untuk masak Sehingga semakin tinggi Heat Unit yang dikumpulkan maka akan semakin cepat fase pertumbuhannya. aktivitas metabolisme tanaman akan melipat 2X lipat setiap naik 10oC untuk kisaran suhu 0o-30oC. 2. 4. sedang t min adalah suhu cardinal minimum. HEAT UNIT / DEGREE DAYS Merupakan implikasi dari pemanfaatan data suhu. setelah itu baru dialirkan secara konduksi.Kita bisa merancang pola tanam.Kita bisa mengetahui kapan tanaman tersebut melakukan stadia tumbuhnya.

panen lebih cepat. Heat Unit di tiap daerah sama hanya lamanya yang berbeda. . Contohnya : setelah padi mulai menguning. = suhu rata-rata udara yang ada di lingkungan bila tanaman umbi = suhu rata-rata tanah.Bagaimana menentukan satuan Heat Unit tiap fase pertumbuhan dan perkembangan tanaman? Caranya : Tanggal Suhu Rata-rata Kondisi tanaman Heat Unit(-t min) Dst. dikarenakan suhu di sekitar tanaman tingi. Untuk mempercepat panen bisa menaikkan suhu tetapi tetap dalam batas suhu cardinal. sehingga suhu rata-rata tinggi. Biji Kecambah Daun pertama Keluar malai Dst. Heat Unit bisa digunakan untuk mengatur waktu panen. Pertumbuhan bisa maksimal bila kita mengetahui suhu optimalnya. Heat Unit tinggi sehingga akan lebih cepat tercapai kebutuhan Heat Unitnya. jumlah air dikurangi dengan tujuan :1. panen serempak 2. Dst.

Ini akan memutar dengan kekuatan angin. Alat ini terdiri dari sebuah disk ditempatkan tegak lurus terhadap angin. Bangsa Maya juga membangun menara angin (anemometers) pada saat yang sama seperti Hooke.” Mekanikal Anemometer Pada 1450. Cangkir diputar horizontal dengan angin dan kombinasi roda mencatat jumlah revolusi pada waktu tertentu. The anemometer kata berasal dari kata Yunani untuk angin. Ingin membangun sendiri anemometer cup hemispherical Sonic Anemometer . John Thomas Romney Robinson dan terdiri dari empat cangkir hemispherical. seni Italia arsitek Leon Battista Alberti menemukan anemometer mekanis pertama. Piala hemispherical Anemometer The cup anemometer hemispherical (masih digunakan sampai sekarang) diciptakan pada tahun 1846 oleh peneliti Irlandia. instrumen dengan tiga atau empat logam berlubang kecil belahan ditetapkan. Sebuah catatan perangkat listrik revolusi dari cangkir dan menghitung kecepatan angin. sehingga mereka menangkap angin dan berputar tentang batang vertikal. Jenis anemometer yang sama kemudian kembali ditemukan oleh Inggris Robert Hookeyang sering keliru dianggap sebagai penemu pertama anemometer.1. Anemometer Kecepatan atau kecepatan angin diukur dengan anemometer cup. kredit referensi lain Wolfius sebagai re-inventing anemometer di 1709. dan dengan sudut kemiringan disk kekuatan angin sesaat menunjukkan itu sendiri. “anemos.

Masa udara ini mempunyai sifat yang dibedakan antara lain oleh kelembaban (RH) dan suhunya. Prinsip Kerja Mengukur Kecepatan dan Arah Angin Angin adalah gerakan atau perpindahan masa udara pada arah horizontal yang disebabkan oleh perbedaan tekanan udara dari satu tempat dengan tempat lainnya. Contoh : barograf dan anemograf. Wind Komputer “Wicom” Pada tahun 1986. 3. Sedangkan satuan meteorologi dari arah angin adalah 0o – 360o serta arah mata angin.Recording yaitu alat yang dapat mencatat data secara terus-menerus. Ditinjau dari cara pembacaannya. komputer angin pertama “Wicom” dilahirkan. sehingga dikenal adanya angin basah. . Dua komponen angin yang diukur ialah kecepatan dan arahnya. Anemometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur arah dan kecepatan angin. 2.Non recording yaitu alat yang digunakan bila datanya harus dibaca pada saat-saat tertentu untuk memperoleh data. Satuan meteorologi dari kecepatan angin adalah Knots (Skala Beaufort). yaitu: 1. Fungsi Anemometer Pengamatan unsur-unsur cuaca dan iklim memerlukan alat-alat meteorologi yang bersifat peka. alat meteorologi terdiri atas dua jenis. sederhana dan teliti.Sebuah anemometer sonik menentukan kecepatan dan arah angin sesaat (turbulensi) dengan mengukur berapa banyak gelombang suara perjalanan antara sepasang transduser yang dipercepat atau diperlambat oleh pengaruh angin. kuat. The anemometer sonik ditemukan oleh ahli geologi Dr Andreas Pflitsch pada tahun 1994. Contoh: barometer. pada arah horizontal atau hampir horinzontal. sejak pemasangan hingga pergantian alat berikutnya. Angin diartikan pula sebagai gerakan relatif udara terhadap permukaan bumi. Sifat-sifat ini dipengaruhi oleh tiga hal utama. yaitu (1) daerah asalnya dan (2) daerah yang dilewatinya dan (3) lama atau jarak pergerakannya. ermometer dan anemometer. angin kering dan sebagainya.

menyatakan akumulasi jarak tempuh angin selama waktu dari kedua pengamatan tersebut. Untuk kepentingan agroklimatologi umumnya dicari rata-rata kecepatan dan arah angin selama periode 24 jam (nilai harian). bulanan dan tahunannya. Anemometer dengan tiga atau empat mangkok Sensornya terdiri dari tiga atau empat buah mangkok yang dipasang pada jari-jari yang berpusat pada suatu sumbu vertikal atau semua mangkok tersebut terpasang pada poros vertikal. Satuan mil (mil laut) per jam disebut juga knot (kn). Seluruh mangkok menghadap ke satu arah melingkar sehingga bila angin bertiup maka rotor berputar pada arah tetap.Lamanya pengamatan maupun data hasil pencatatan biasanya disesuaikan dengan kepentingannya. sehingga dikenal adanya profil angin. Anemometer tipe “cup counter” hanya dapat mengukur rata-rata kecepatan angin selama suatu periode pengamatan. A. Bila dipandang perlu dapat dilakukan pengamatan interval waktu lebih pendek agar dapat diketahui rata-rata kecepatan angin periode pagi.151mi/j = 0. sehingga kecepatan anginnya adalah sama dengan akumulasi jarak tempuh tersebut dibagi lama selang waktu pengamatannya. kilometer per jam (km/j). dan mil per jam (mi/j). Berdasarkan nilai ini kemudian dapat dihitung nilai mingguan. 1 kn = 1. yaitu : a. Kecepatan putar dari rotor tergantung kepada kecepatan tiupan angin.85 km/j = 1. Kecepatan angin diukur dengan menggunakan alat yang disebut Anemometer atau Anemograf. Jenis anemometer menurut kecepatan terdiri dari : •Anemometer piala .944 kn. siang. dan malam. perputaran rotor mengatur sistem akumulasi angka penunjuk jarak tiupan angin. Kecepatan Angin Kecepatan angin adalah jarak tempuh angin atau pergerakan udara per satuan waktu dan dinyatakan dalam satuan meter per detik (m/d). dimana makin tinggi gerakan angin makin cepat. Ada beberapa beberapa tipe Anemometer . Kecepatan angin bervariasi dengan ketinggian dari permukaan tanah.237 mi/j = 1. Melalui suatu sistem mekanik roda gigi.514 m/d atau 1 m/d = 2. Dengan alat ini penambahan nilai yang dapat dibaca dari satu pengamatan ke pengamatan berikutnya.

bedanya hanya mangkoknya terpasang pada poros horizontal. Untuk mengumpulkan data penunjang bagi pengukuran penguapan Panci Kelas A. Dipasang didaerah terbuka pada pancang yang cukup kuat. Anemometer propeler Anemometer ini hampir sana dengan anemometer di atas.5 m. dipasang anemometer setinggi 0. Untuk bidang agroklimatologi dipasang dengan ketinggian sensor (mangkok) 2 meter di atas permukaan tanah. c. Kerja Anemometer ini mengikuti prinsip tabung pitot. Sebagian besar Anemometer ini umumnya tidak dapat merekam kecepatan angin dibawah 1 atau 2 mi/j karena ada faktor gesekan pada awal putaran. Dilapangan terbang pemasangan umumnya setinggi 10 m.•Anemometer kincir angin •Anemometer laser Doppler •Anemometer sonik •Anemometer bola pingpong •Anemometer hot-wire Jenis anemometer mnurut tekanan terdiri dari : •Anemometer piring •Anemometer tabung b. Untuk keperluan navigasi alat harus dipasang pada jarak 10 x tinggi faktor penghalang seperti adanya bangunan atau pohon. yaitu dihitung dari tekanan statis dan tekanan kecepatan Sehubungan dengan adanya perbedaan kecepatan angin dari berbagai ketinggian yang berbeda. Anemometer tabung bertekanan. maka tinggi pemasangan anemometer ini biasanya disesuaikan dengan tujuan atau kegunaannya. Arah Angin . B.

Campbell Stokes . maka arah anginnya adalah Utara. Pengamatan dengan kantong umumnya dilakukan dilapangan terbang. Bila tidak ada tiupan angin maka arah angin dinyatakan dengan kode 00 dan bila angin berasal dari titik utara dinyatakan dengan 3600. datangnya dari laut.Yang dimaksud dengan arah angin adalah arah dari mana tiupan angin berasal. atau dari posisi kantong angin (Wind Sack). 2. Bila angin itu datang dari Selatan. Arah angin untuk angi di daerah permukaan biasanya dinyatakan dalam 16 arah kompas yang dikenal dengan istilah Wind Rose. Arah angin tiap saat dapat dilihat dari posisi panah angin (Wind Vane). dinyatakan angin laut. sedangkan untuk angin di daerah atas dinyatakan dengan derajat dimulai dari arah Utara bergerak searah jarum jam sampai di arah yang bersangkutan. Panah angin umumnya dipasang bersama dengan mangkok anemometer dengan ketinggian 10 meter. Perkembangan lebih lanjut dari sistem ini menghasilkan rekaman pada silinder berpias. Untuk dapat memberikan petunjukan arah yang lebih mudah dilihat maka panah angin dihubungkan dengan sistem aliran listrik sehingga posisi panah angin langsung ditunjukan oleh jarum pada kotak monitornya.

sehingga radiasi matahari dinamakan pula radiasi gelombang pendek.0 um. pemantulan. dan merupakan satu – satunya bentuk energi yang dapat menjalar di dalam vakum angkasa luar. Alat ini mengukur durasi atau lamanya penyinaran matahari yang cerah dan terdiri dari sebuah bola pejal yang terbuat dari gelas.Radiasi adalah suatu bentuk energi yang dipancarkan oleh setiap benda yang mempunyai suhu di atas nol mutlak. Radiasi matahari dalam perjalanannya melewati atmosfer menuju permukaan bumi mengalami penyerapan (absorpsi).15 um dan 4. Radiasi matahari yang jatuh biasanya ditaksir dengan menggunakan alat perekam penyinaran matahari yaitu dengan Campbell Stokes. Radiasi matahari yang jatuh ke bumi ini disebut insolasi. hamburan dan pemancaran kembali atau reradiasi. Sinar matahari akan di fokuskan atau dipusatkan oleh bola gelas tadi pada sutu kertas tebal . yaitu antara 0. Hampir 99 % energi radiasi matahari berada di daerah gelombang pendek.

Panci Bundar Besar Terbuat dari besi yang dilapisi bahan anti karat. Sekrup ini berfungsi sebagai micrometer yang dibagi menjadi 50 bagian. 2. Untuk jenis cassella. Sinar matahari yang difokuskan pada pias akan membakar dan meninggalkan bekas pada pias. Panci ini mempunyai garis tengah 122 cm dan tingginya 25. sehingga cara pembacaannya berlainan. dan sebuah sekrup yang berada pada batang tersebut. waduk. 3. makin representatif atau makin mendekati penguapan yang sebenarnya terjadi pada permukaan danau. sungai dan lain-lainnya. Hook Gauge mempunyai bermacam-macam bentuk. Hook Gauge Suatu alat untuk mengukur perubahan tinggi permukaan air dalam panci.yang peka dan khusus. Pengukuran evaporasi dengan menggunakan evaporimeter memerlukan perlengkapan sebagai berikut : 1. Durasi total penyinaran matahari cerah sepanjang siang hari di dapatkan dengan mengukur panjang total dari bekas pada pias. Dalam satu . Pias yang berskala pada jam ini dipasang pada logam berbentuk setengah mangkok yang konsentris dengan bola gelas tersebut.4 cm. digunakan untuk mengatur letak ujung jarum pada permukaan air dalam panci. Evaporimeter Panci Terbuka Evaporimeter panci terbuka digunakan untuk mengukur evaporasi. Hook gauge buatan Perancis mempunyai micrometer yang dibagi menjadi 20 bagian. Satu putaran penuh dari micrometer mencatat perubahan ujung jarum setinggi 1 mm. Makin luas permukaan panci. terdiri dari sebuah batang yang berskala.

Thermometer air dan thermometer maximum/ minimum Thermometer air merupakan jenis thermometer biasa yang dipasang tegak dengan menggunakan klem. Pondasi/ Alas Dibuat dari kayu dicat sehingga tahan terhadap cuaca dan rayap. Terutama sekali digunakan untuk mengukur banyaknya angin selama 24 jam. dengan mangkok-mangkoknya sedikit lebih tinggi. perubahan tinggi jarum sebanyak 2mm 3. Bejana digunakan selain untuk tempat meletakkan hook gauge. Magnet batang digunakan untuk menyetel kedudukan index setelah suhu dibaca 5. Cup Counter Anemometer Alat ini dipasang sebelah selatan dekat pusat panci. berarti untuk satu putaran penuh. Suhu minimum ditunjukkan oleh ujung kanan indeks dalam tabung bawah. 4. 6.1 mm. Letak bola thermometer di bawah permukaan air. Suhu maximum ditunjukkan oleh kanan index dalam tabung atas. Bagian ata kayu dicat putih untuk mengurngi penyerapan radiasi sinar matahari . Pada dasar bejana terdapat sebuah lubang. Dengan demikian suhu air dapat diketahui hanya pada waktu dilakukan pembacaan. Pada umumnya alat ini terdiri dari sebuah pipa gelas yang berbentuk huruf U dengan dua buah bola pada kedua ujungnya. Still Well Bejana terbuat dari logam (kuningan) yang berbentuk silinder dan mempunyai 3 buah kaki. Indeks dibuat dari gelas dengan sumbu besi dan mempunyai pegas sehingga dapat dipengeruhi gaya magnet. Floating maximum dan minimum thermometer digunakan untuk mencatat suhu maximum dan minimumair yang terjadi dalam 24 jam. Pada tiap kaki terdapat skrup untu menyetel/ mengatur kedudukan bejana agar letaknya horizontal. Kedua bola thermometer dilindungi terhadap radiasi.bagian menyatakan perubahan tinggi jarum 0. Thermometer dipasang pada rangka baja non magnetis yang terapung sdikit di bawah permukaan air oleh pelampung aluminium. sehingga penyetelan ujung jarum dapat lebih mudah dilakukan. sehingga permukaan air dalam bejana sama tinggi dengan permukaan air dalam panci. juga membuat permukaan air dalam bejana menjadi tenang dibandingkan dengan pada panci.

4.7. yaitu. Psychrometer Bola Basah dan Bola Kering Alat-alat untuk mengukur Relative Humidity dinamakan Psychrometer atau Hygrometer. Hygrometer ialah alat yang mencatat Relative Humidity. Relative Humidity dapat langsung dibaca. Thermometer Bola Kering : tabung air raksa dibiarkan kering sehingga akan mengukur suhu udara sebenarnya. Penakar hujan biasa Untuk memperoleh data curah hujan. Psychrometer ini terdiri dari dua buah thermometer air raksa. 2. yaitu : 1. Dengan Hygrometer. Thermometer Bola Basah : tabung air raksa dibasahi agar suhu yang terukur adalah suhu saturasi/ titik jenuh. yang digunakan dalam menentukan penguapan pada hari-hari hujan. Pada umumnya alat bola kering dan bola basah dinamakan Psychrometer. suhu yang diperlukan agar uap air dapat berkondensasi. Penakar hujan dipasang +2m dari evaporimeter. .

c. bentuk. sedangkan RH (kelembaban udara) didapat dengan perhitungan: Hal-hal yang sangat mempengaruhi ketelitian pengukuran kelembaban dengan mempergunakan Psychrometer ialah : a. Penakar Hujan Jenis Hellman . e. Sifat peka.Suhu udara didapat dari suhu pada termometer bola kering. d. b. bahan dan cara membasahi kain Letak bola kering atau bola basah Suhu dan murninya air yang dipakai untuk membasahi kain 5. teliti dan cara membaca thermometer-thermometer Kecepatan udara melalui Thermometer bola basah Ukuran.

.

.

id/files/2009/06/abauku.id/orari/pendidikan/materi-kejuruan/pertanian/mekanisasipertanian/pengantar_klimatologi_pertanian.about.ac.html http://iirc. Jika air dalam tabung hampir penuh. pena akan mencapai tempat teratas pada pias.htm .yahoo.unpad.ac.com/2009/04/anemometer.html http://inventors. Air ini menyebabkan pelampung serta tangkainya terangkat (naik keatas).cuacajateng. *) by: Mutiara Maghfira C. air hujan masuk melalui corong. Dengan demikian jumlah curah hujan dapat dhitung/ ditentukan dengan menghitung jumlah garis-garis vertikal yang terdapat pada pias.blogspot.ac.pdf shafiyyah.uns.answers.Penakar hujan jenis Hellman termasuk penakar hujan yang dapat mencatat sendiri.–Faculty of Animal Husbandry UNPAD (dengan berbagai penyaduran dari berbagai literatur yang akan dicantumkan di bawah ini) Diizinkan menyadur asalkan mencantumkan alamat blog ini.htm http://id. Gerakkan pena dicatat pada pias yang ditakkan/ digulung pada silinder jam yang dapat berputar dengan bantuan tenaga per. Pada tangkai pelampung terdapat tongkat pena yang gerakkannya selalu mengikuti tangkai pelampung.id/jspui/bitstream/123456789/9325/1/G06dpa_abstract.ipb. kemudian terkumpul dalam tabung tempat pelampung.com/question/index?qid=20081017031238AAfkn08 http://mirror. Setelah air mencapai atau melewati puncak lengkungan selang gelas.com/radiasimatahari.doc http://wikieinfo. air dalam tabung akan keluar sampai ketinggian ujung selang dalam tabung dan tangki pelampung dan pena turun dan pencatatannya pada pias merupakan garis lurus vertikal.blogspot. terimakasih… Daftar Pustaka http://id. Jika hujan turun.com/od/astartinventions/a/Anemometer.pdf http://www.com/2010/10/alat-pengukur-penguapan-evaporimeter.wikipedia.blog.org/wiki/Anemometer http://dimas-zone.

yaitu dua buah thermometer yang di satukan pada sebuah tempat yang kemudian tempat tersebut dapat diputar. Dew Point.blogspot. Karena mendapatkan kalor maka zat cair (misalkan: air raksa) yang ada di dalam thermometer mengalami pemuaian sehingga tinggi air raksa tersebut naik. yaitu suhu dimana udara telah mencapai saturasi (jenuh). Kenaikan ketinggian cairan ini yang di konversika dengan satuan suhu (celcius. Satuan untuk suhu ini bias dalam celcius. . yaitu suhu bola basah. Udara menjadi jenuh diujung kolam air tersebut. Kemudian udara dialirka melalui permukaan air. Suhu disinilah yang dinamakan Wet Bulb temperature.http://meteorologi43-d. Humidity Ratio (w). Untuk mengukur dua sifat (Dry dan Wet bulb temperature) ini sekaligus biasanya menggunkan alat yang namanya sling. yaitu ukuran massa uap air yang ada dalam satu satuan udara kering (Satuan International: gram/kg).html Dry Bulb temperature (Temperatur bola kering). Satu thermometer biasa dan yang lainnya thermometer dengan bulb diselimuti kain basah. dapat kita gambarkan jika ada suatu kolam dengan panjang tak hingga diatasnya ditutup. Kalor dari udara akan digunakan untuk menguapkan air pada kain basah tersebut. Jika udara tersebut mengalami pelepasan kalor sedikit saja. Perpindahan kalor terjadi dari udara ke kain basah tersebut.com/2009/01/termometer-di-dalam-sangkarmeteorologi. yaitu suhu yang ditunjukkan dengan thermometer bulb biasa dengan bulb dalam keadaan kering. Jika kita ingin mengukur suhu udara dengan thermometer biasa maka terjadi perpindahan kalor dari udara ke bulb thermometer. dll). Wet Bulb Temperature (Temperatur bola basah). Seperti yang diketahui bahwa thermometer menggunakan prinsip pemuaian zat cair dalam thermometer. fahrenheit. setelah itu baru digunakan untuk memuaikan cairan yang ada dalam thermometer. Dengan adanya perpindahan kalor dari udara ke permukaan air maka terjadilah penguapan. Sesuai dengan namanya “wet bulb”. maka uap air dalam udara akan mengembun. Fahrenheit. Kelvin. Untuk menjelaskan apa itu wet bulb temperature. suhu ini diukur dengan menggunakan thermometer yang bulbnya (bagian bawah thermometer) dilapisi dengan kain yang telah basah kemudian dialiri udara yang ingin diukur suhunya.

Relative Humidity (RH). KELEMBABAN UDARA Definisi kelembaban udara adalah banyaknya kandungan uap air di atmosfer. f. e. d. Daerah Konvergesi Antara Tropik dan Daerah Doldrum Daerah konvergensi adalah daerah pertemuan dua angin dari arah yang berlawanan. baik dari udara maupun uap air yang terkandung didalamnya. Nisbah percampuran (mixing ratio) yaitu nisbah massa uap air terhadap massa udara kering. Besaran yang sering dipakai untuk menyatakan kelembaban udara adalah kelembaban nisbi yang diukur dengan psikrometer atau higrometer. Kelembaban nisbi (RH) ialah perbandingan nisbah percampuran dengan nilai jenuhnya dan dinyatakan dalam %. Tekanan uap adalah tekanan parsial dari uap air. Volume Spesifik (v). (SI: m3/kg) Enthalpy (h). Beberapa cara untuk menyatakan jumlah uap air yaitu : a. Enthalpy ini merupakan jumlah total energi yang ada dalam udara terebut. Kelembaban spesifik didefinisikan sebagai massa uap air persatuan massa udara basah. Suhu virtual. Pada siang hari kelembaban nisbi berangsur – angsur turun kemudian pada sore hari sampai menjelang pagi bertambah besar. b. . Perbandingan antara fraksi mol uap dengan fraksi mol udara basah pada suhu dan tekanan yang sama (satuannya biasanya dalam persen (%)). kemudian udaranya bergerak ke atas. Dalam fase gas maka uap air di dalam atmosfer seperti gas sempurna (ideal). Kelembaban nisbi berubah sesuai tempat dan waktu. c. yaitu besarnya volume udara dalam satu satuan massa. Kelembaban mutlak yaitu massa air yang terkandung dalam satu satuan volume udara lengas. yaitu banyaknya kalor (energy) yang ada dalam udara setiap satu satuan massa. Udara atmosfer adalah campuran dari udara kering dan uap air.

Akibatnya pantai barat Sumatera dan Aceh sampai Bengkulu memperoleh hujan terbanyak pada bulan Nopember. NTB. Karena daerah bertekanan rendah juga bersuhu tinggi . NTT memperoleh hujan paling banyak pada bulan Januari. kemudian memuai dan bergerak ke atas angin bergerak menuju ke satu titik lalu bergerak keatas disebut Konvergensi. sedangkan Lampung pada bulan Desember. Timor mendapat hujan paling banyak terjadi pada bulan Februari.Gambar : Daerah onvergensi Antara Tropic Di daerah tropis bertiup angin pasat timur laut dan pasat tenggara yang berhembus dari daerah maksimum subtropik menuju ke minimum ekuator dan kemudian bertumbukan. Daerah tumbukan kedua angin tersebut merupakan daerah pemanasan.dalam rangka memperoleh keseimbangan. Tempat terjadinya konvergensi disebutDaerah konvergensi antar tropik Gambar : DKAT buan Januari dan Juli Pada umumnya di suatu tempat suhu tinggi tekanan di atas wilayah itu rendah. udara yang bertekanan tinggi bergerak ke tekanan lebih rendah.Bali. Mulai pantai utara Jawa. sedangkan Sumba.

Gerakan udara naik menyebabkan turunya suhu udara tadi. Wilayah tenang di daerah tropis ini disebut daerah Doldrums.069 m/ tahun. Daerah Persebaran Hujan Gambar : Curah hujan di Indonesia Pola curah hujan di Indonesia Secara Astronomis Indonesia terletak diatara 6º Lu dan 11º Ls dan sebagian besar berada di sekitar khatulistiwa dan memiliki curah hujan yang cukup besar terutama di Indonesia bagian barat. Daerahnya adalah terletak antara 10 o LU dan 10 o LS. Daerah yang paling banyak mendapatkan curah hujan adalah Batu Raden Jawa Tengah yaitu 7. sebagai akibat persamaan. Menurunya suhu akibat grakan DKAT.000 – 3.000. dengan rata curah hujannya 2.m/tahun dan semakin ke arah timur curah hujannya semakin kecil kecuali Maluku dan Papua. sedangkan yang paling sedikit mendapatkan curah hujan adalah Palu yaitu hanya 547 m/tahun . maka sebagian uap yang dikandung akan jatuh sebagai hujan Pada lokasi yang udaranya bergerak ke atas dapat dikatakan angin sangat tenang artinya gerakan secara horizontal kecil.maka gerakan udara dari yang bertekanan tinggi ke daerah bertekanan rendah disertai oleh gerakan udara naik.

Tekan udara tinggi berada di atas Australia dan tekanan rendah berada di wilayah Asia. dan terjadilah di Indonesia musim kemarau. . angin ini berhembus di atas Lautan Pasifik banyak membawa uap air dan akhirnya menurunkan hujan di wilayah Indonesia bagian barat dan berlangsung antara bulan Oktober – April (musim hujan ) Gambar : Angin pada bulan Juli Angin muson timur berhembus dari arah timur pada bula Juli. Angin muson barat pada bulan Januari tekanan udara tinggi berada di atas Asia sedangkan tekanan rendah berada di atas Australia. angin ini berhembus melalui banyak daratan daerah laut yang dilaluinya sedikit sekali sehingga udara yang berhembus tidak terlalu banyak mengandung uap air oleh sebab itu hujanya sedikit dan berhembus pada bulan April – Oktober.Gambar : Angin yang bertiup pada bulan Januari Curah hujan di Indonesia tidak terlepas dipengaruhi oleh angin muson barat dan angin muson timur.

sehingga bila kolom udara pada salah satu kolom difakumkan dan massa fluida (m) serta konstanta grafitasi (g) diketahui maka tekanan pada pipa terbuka (identik dengan tekanan udara lingkungan) akan diketahui. Baca suhu yang menempel pada Barometer b. maximum 25 watts Cara pemasangan : a.1. Baca skala Barometer dan skala Nonius e. Persamaan fisis untuk mengetahui tekanan udara adalah : Perhitungan dilakukan dengan metode pipa U. Tidak boleh dekat lalu-lintas orang e. Tinggi bejana + 1 m dari lantai c. Tidak boleh kena angin langsung d. dimana tekanan pada pipa A akan sama dengan tekanan di pipa B.Alat-alat Klimatologi Konvensional filed in Klimatologi on Des. sehingga menyinggung jarum taji c. ALAT PENGUKUR TEKANAN UDARA Tekanan udara adalah gaya berat/ gaya tekan udara pada suatu luasan tertentu. Terdiri dari tabung gelas berisi air raksa. bagian atasnya tertutup dan bagian bawahnya terbuka dimasukkan ke dalam bejana air raksa. Tidak boleh dekat meja kerja f.20. Penerangan jangan terlalu besar. Gunakan koreksi yang telah disediakan . Latar belakang yang putih untuk memudahkan pembacaan Cara membaca : a. Syarat penempatan : a. Ditempatkan pada ruangan yang mempunyai suhu tetap (Homogen) b. BAROMETER AIR RAKSA Membandingkan perbedaan tinggi air raksa dalam tabung gelas dan di dalam bejana. 2008 1. Tidak boleh kena sinar matahari langsung c. Sebaiknya dipasang di lemari kaca d. Barometer air raksa berfungsi untuk mengukur tekanan udara. (A) Prinsip Bejana Pipa U (B) (C) Prinsip BarometerAir Raksa Bentuk FisikBarometer Air Raksa    1. Naikkan air raksa dalam bejana. Dipasang tegak lurus pada dinding yang kuat b. Skala Nonius (Vernier) sehingga menyinggung permukaan air raksa d.

Koreksi Suhu : Jika pembacaan lebih tinggi dari 0 0C.4. jika lebih rendah dari 0 0C koreksi ditambah. Contoh Fisik Barograph Tipe Aneroid 2. akan terjadi sebaliknya. Pergerakan jarum tersebut kemudian dikonversi dalam skala tekanan udara. Barometer dibalik pelan-pelan sehingga bejana berada di atas. Besarnya simpangan yang terjadi selanjutnya dikonversi ke dalam skala tekanan udara (mb).  a.Tingkat keakuratan dari barograph. dengan bejana tetap diatas c. Pergerakan kapsul/ cell aneroid ini kemudian dihubungkan denga pena/ jarum yang akan menunjukan pergeseran/ simpangan. Membawanya bejana harus tetap berada diatas Koreksi-koreksi : Koreksi Index Koreksi Lintang Koreksi Tinggi : Untuk membandingkan tempat-tempat tertentu diperlukan tekanan udara diatas permukaan laut. 2. d. BAROGRAPH Barograph adalah istilah lain untuk barometer yang dapat merekam sendiri hasil pengukurannya. Jenis Bourdon : Terdiri dari sebuah pipa besi/ baja yang melengkung.2. Pada pias terdapat garis-garis tegak menunjukkan waktu dan garis mendatar menunjukkan tekanan udara. maka kapsul/ cell ini tertekan dan menarik sebagian dari tuas (lever) ke bawah. Cara membawa (Transport) : a. 2.3. sehingga jarum penunjuk akan bergerak. Jika tekanan udara naik. Jenis Vidi : Bagian terpenting ialah kapsul/ cell dari besi/baja. Barograph umumnya menggunakan prinsip Barometer Aneroid. BAROMETER ANEROID Barometer ini menggunakan prinsip perubahan bentuk tabung/ kapsul logam akibat adanya perubahan tekanan udara. Perubahantekanan udara menyebabkan perubahan bentuk keoval-an dari pipa. yaitu: 1. b. berbentuk oval. permukaan atas dan bawah bergelombang. salah satunya ditentukan oleh jumlah kapsul/ cell aneroid yang digunakan. dengan menghubungkan beberapa kapsul/ cell aneroid dengan sebuah pena untuk membuat track pada kerta pias yang diletakkan pada tabung yang berputar 24 jam per rotasi. c. Jika tekanan turun. ALTIMETER Bagian Dasar Barograph . bagian lainnya akan naik menggerakkan jarum penunjuk. Kapsul/ cell ini biasanya terdiri dari 7 atau 8 lapisan. b. Sedikitnya ada 2 jenis barometeraneroid. 1. isinya dikosongkan/ hampa udara. Semakin banyak kapsul aneroid yang digunakan maka semakin peka barograph tersebut terhadap perubahan tekanan udara. Masukkan dalam kotak transport. maka pembacaanBarometer dikurangi dengan koreksi suhu ini. Gaya pegas pipa ini sama dengan tekanan udara.

15 Tm log (Po / P) 2.5.Alat ini sebenarnya adalah sebuah tabung tertutup dengan tingkat hampa udara yang dapat diatur (udara didalam tabung dikeluarkan secara perlahan dengan pompa penghisap udara). Mengingat pentingnya faktor suhu terhadap kehidupan dan aktifitas manusia menyebabkan pengamatan suhu udara yang dilakukan oleh stasiun meteorologi dan klimatologi memiliki beberapa kriteria diantaranya: Suhu udara permukaan (suhu udara aktual.Altimeter adalah alat untuk mengetahui ketinggian suatu tempat terhadap MSL (mean sea level = 1013. 3. maksimum dan minimum). Alat ukur yang umum digunakan oleh BMG untuk mengamati suhu udara akan dijelaskan lebih rinci pada pokok bahasan selanjutnya. . Suhu permukaan air dan suhu permukaan laut. Suhu tanah di beberapa kedalaman tanah (hingga kedalaman 1 m). kemudian dibandingkan penunjukannya untuk mendapatkan nilai koreksi (seiring dengan pengaturan tekanan udara). rata-rata.25 mb = 0 mdpl). Suhu udara di beberapa ketinggian/ lapisan atmosfer (hingga ketinggian ± 35 Km). Altimeter sebenarnya adalah barometer aneroid yang skala penunjukkannya telah dikonversi terhadap ketinggian. KALIBRATOR BAROMETER/ BAROGRAPH     Alat yang sering digunakan untuk mengkalibrasikan sebuah barometer/ barograph adalah Vacuum Chamber. ALAT PENGUKUR SUHU UDARA Suhu (temperatur) adalah suatu besaran panas yang dirasakan oleh manusia.Barometer standar dan barometer/ barograph yang dikalibrasi harus diletakan dalam tabung secara bersamaan. Satuan suhu yang biasa digunakan di Indonesia adalah derajat celcius (0C). Sebagaimana kita ketahui bahwa 1 mb sebanding dengan 30 feet (9 meter) atau dapat dicari dengan pendekatan rumus: H = 221.

THERMOMETER MINIMUM Thermometer minimum biasanya menggunakan alkohol untuk pendeteksi suhu udara yang terjadi. Jadi Thermometer menunjukkan suhu udara tertinggi setelah terakhir dikembalikan. Adapun thermometer bola basah adalah thermometer yang pada bola air raksa (sensor) dibungkus dengan kain basah agar suhu yang terukur adalah suhu saturasi/ titik jenuh. thermometer ini harus dihentakan berkali-kali atau diarahkan dengan menggunakan magnet. Hal ini dikarenakan alkohol memiliki titik beku lebih tinggi dibanding air raksa. Untuk mengembalikan air raksa ketempat semula. 3. sehingga air raksa hanya bisa naik bila suhu udara meningkat. Dari gambar disamping dapat diilustrasikan bahwa apabila temperatur naik dan kolom air raksa tidak terputus. tapi tidak dapat turun kembali pada saat suhu udara mendingin. sehingga cocok untuk pengukuran suhu minimum. Untuk pengamatan suhu udara ujung kolom ini menunjukkan suhu udara karena penyusutan air raksa kecil sekali dan dapat diabaikan. kolom air raksa terputus pada bagian yang sempit setelah air raksa dalam bolatemperatur menyusut. 3. namun bila suhu meningkat maka indek akan tetap pada posisi dibawah. Prinsip kerja thermometer minimum adalah dengan menggunakan sebuah penghalang (indeks) pada pipa alkohol.2. dengan posisi tabung alkohol berada di bawah. THERMOGRAPH . Ujung lain dari kolom air raksa tetap pada tempatnya. yaitu suhu yang diperlukan agar uap air di udara dapat berkondensasi.3. maka air raksa terdesak melalui bagian yang sempit.3. Apabila suhu turun.1. Selain itu peletakan thermometer harus miring sekitar 20-30 derajat. sehingga apabila suhu menurun akan menyebabkan indeks ikut tertarik kebawah. THERMOMETER BOLA BASAH DAN BOLA KERING Merupakan thermometer air raksa dalam bejana kaca untuk mengukur suhu udara aktual yang terjadi (thermometer bolakering). Ujung kolom menunjukkan temperatur udara. Hal ini juga dimaksudkan untuk mempertahankan agar indek tidak dapat naik kembali bila sudah berada diposisi bawah (suhu minimum).4. Thermometer dikembalikan setelah dibaca. Untuk mengembalikan posisi indeks ke posisi aktual dapat dilakukan dengan memiringkan/ membalikkan posisi thermometer hingga indek bergerak ke ujung dari alkohol (posisi suhu aktual). THERMOMETER MAXIMUM Thermometer air raksa ini memiliki pipa kapiler kecil (pembuluh) didekat tempat/ tabung air raksanya. 3.

Terpasang pada sumbu horizontal dan diluar kotak Thermograph. harus tanam sebuah tabung silinder untuk menempatkan thermometer agar mudah untuk melakukan pembacaan. Ujung lain dihubungkan ketangkai pena melalui sumbu horizontal sehingga dapat menimbulkan track/ rekaman pada kertas pias yang berputar 24 jam per rotasi. Satu ujung bimetal dipasang pada kotak dengan sekrup penyetel halus. kuningan dan invar. ujung bimetal menggerakkan tangkai pena keatas. 20. 5. sehingga letak pena dapat diatur. Bentuk bimetal merupakan spiral. thermograph harus dikalibrasi terlebih dahulu. 2.Alat ini mencatat otomatis temperatur sebagai fungsi waktu. Jika temperatur naik. cukup dengan membenamkan bola tempat air raksa sesuai dengan kedalaman yang diperlukan. dan sebaliknya. Untuk kedalaman 0-20 cm. (A) Contoh Thermograph 3. 10. Untuk kedalaman 50 dan 100 cm. Thermograph ini adalah logam panjang yang terdiri dari 2 bagian. THERMOMETER TANAH (B) Contoh Thermohygrograph Prinsipnya sama dengan thermometer air raksa yang lain. 3. Berfungsi untuk mengetahui suhu permukaan air yang terjadi di permukaan bumi/ . THERMOMETER APUNG Thermometer ini merupakan bagian/ kelengkapan dari alat evaporasi panci terbuka. hanya aplikasinya digunakan untuk mengukur suhu tanah dari kedalaman 0. 50 dan 100 cm.5. Alat ini harus ditempatkan dalam sangkar apabila dipakai untuk mengukur atmospher.6. Sebelum dipakai.

tanah. Terdiri dari thermometer maksimum (thermometer air raksa) dan thermometer minimum (thermometer alcohol). Suhu rata-rata air didapat dengan menambahkan suhu makimum dan minimum, kemudian dibagi dua. Letak thermometer harus terapung tepat di permukaan air, sehingga dilengkapi dengan pelampung dibagian depan dan melakang yang terbuat dari bahan yang tahan air/ karat (biasanya almunium). Setelah dilakukan pembacaan, posisi indek pada thermometer minimum harus dikembalikan ke suhu actual dengan memiringkannya. Sedangkan untuk thermometer maksimum, tinggi air raksa juga dikembalikan pada suhu actual dengan menggunakan magnet. 3.7. KALIBRATOR THERMOMETER Alat ini ini berfungsi untuk menguji/ mengkalibrasi thermometer/ thermograph dengan kendali temperatur elektronik, lampu indikator dan satu set termometer standard. Temperature test cabinet biasanya terbuat dari baja tahan-karat dengan kamar uji yang dilengkapi dengan tameng kaca dibagian depan. Dapat digunakan untuk mengkalibrasi 4 termograph/ thermohygrographs secara bersamaan, atau instrumen serupa. Nilai temperatur ditentukan melalui papan tombol dan DPC [DIODE PEMANCAR CAHAYA]

4. ALAT PENGUKUR KELEMBABAN UDARA Alat-alat untuk mengukur Relative Humidity dinamakan Psychrometer atauHygrometer. Pada umumnya alat bola kering dan bola basah dinamakanPsychrometer. Dengan Hygrometer, Relative Humidity dapat langsung dibaca.Hygrometer ialah alat yang mencatat Relative Humidity. 4.1 PSYCHROMETER BOLA BASAH DAN BOLA KERING Psychrometer ini terdiri dari dua buah thermometer air raksa, yaitu : 1. Thermometer Bola Kering : tabung air raksa dibiarkan kering sehingga akan mengukur suhu udara sebenarnya.

2. Thermometer Bola Basah : tabung air raksa dibasahi agar suhu yang terukur adalah suhu saturasi/ titik jenuh, yaitu; suhu yang diperlukan agar uap air dapat berkondensasi. Suhu udara didapat dari suhu pada termometer bola kering, sedangkan RH (kelembaban udara) didapat dengan perhitungan:

Hal-hal yang sangat mempengaruhi ketelitian pengukuran kelembaban dengan mempergunakan Psychrometer ialah : a. Sifat peka, teliti dan cara membaca thermometer-thermometer b. Kecepatan udara melalui Thermometer bola basah c. Ukuran, bentuk, bahan dan cara membasahi kain d. Letak bola kering atau bola basah e. Suhu dan murninya air yang dipakai untuk membasahi kain 4.2 PSYCHROMETER ASSMANN

Psychrometer assmann terdiri dari 2 buah thermometer air raksa dengan pelindung logam mengkilat. Kedua bola thermometer terpasang dalam tabung logam mengkilat. Kipas angin terletak diatas tabung pada tengah alat. Gunanya untuk mengalirkan (menghisap) udara dari bawah melalui kedua bola. Thermometer langsung menuju keatas. Alat dipasang menghadap angin dan sedemikian sehingga logam mengkilat mencegah sinar matahari langsung ke Thermometer, terutama pada angin lemah dan sinar matahari yang kuat. 4.3 PSYCHROMETER PUTAR (WHIRLING)

 

Disebut juga sebagai Psychrometer Sling/ Whirling. Alat ini terdiri dari 2 Thermometer yang dipasang pada kerangka yang dapat diputar melalui sumbu yang tegak lurus pada panjangnya. Sebelum pemutaran bola basah dibasahi dengan air murni. Psychrometer diputar cepatcepat (3 putaran/ detik). Selama + 2 menit, dihentikan dan dibaca cepat-cepat. Kemudian diputar lagi, dihentikan dan dibaca seterusnya sampai diperoleh 3 data. Data yang diambil adalah suhu bola basah terendah. Jika ada 2 suhu bola basah terendah yang diambil suhu bola kering. Keuntungan : bentuknya yang portable dan kemurahan harganya dibandingkan dengan Psychrometer Assmann. Kerugian : a. Karena harus diputar diluar sangkar, kedua Thermometernya dipengaruhi radiasi dan dari badan si pengamat. b. Waktu hujan tetesan air hujan bias melekat sehingga merendahkan pembacaan. c. Kecepatan udara (ventilasi) mungkin terlalu kecil. 4.4 HYGROMETER RAMBUT

Rambut menunjukkan perubahan dimensi jika kelembaban udara berubahubah. Perubahan dimensi dapat dipakai sebagai indikasi kelembaban nisbi udara. Hygrometer rambut ada yang bersifat non recording dan recording (Hygrograph). 5. ALAT PENGUKUR CURAH HUJAN

   

5.1 PENAKAR CURAH HUJAN BIASA Penakar hujan ini termasuk jenis penakar hujan non-recording atau tidak dapat mencatat sendiri. Bentuknya sederhana, terdiri dari : Sebuah corong yang dapat dilepas dari bagian badan alat. Bak tempat penampungan air hujan. Kaki yang berbentuk tabung silinder. Gelas penakar hujan. 5.2 PENAKAR HUJAN BIASA TANAH Penakar hujan biasa biasa tanah dimaksudkan untuk mendapatkan jumlah curah hujan yang jatuh pada permukaan tanah. Pada bagian tanah reservoir, terdapat tangkai yang digunakan untuk mengangkat penakar hujan jika akan dilakukan pembacaan. Tepat disekitar corong penakar hujan terdapat lapisan ijuk yang disusun pada lapisan kayu yang berbentuk lingkaran yang dimaksudkan untuk mengurangi percikan air hujan. Selain itu terdapat jaringan kawat/ besi yang berbentuk bujur sangkar dan digunakan sebagai tempat berpijak ketika akan mengangkat lapisan ijuk dan penakar hujan. Pada kedua tepi/ lapisan ijuk terdapat dua kaitan/ pegangan untuk memudahkan mengangkatnya. 5.3 PENAKAR HUJAN DENGAN WIND-SHIELD Pemasangan Wind-Shield pada penakar hujan dimaksudkan untuk meniadakan angin putar, sehingga angin yang bertiup melewati corong sedapat mungkin menjadi horizontal.

5.4

PENAKAR HUJAN JENIS HELLMAN

Penakar hujan jenis Hellman termasuk penakar hujan yang dapat mencatat sendiri. Jika hujan turun, air hujan masuk melalui corong, kemudian terkumpul dalam tabung tempat pelampung. Air ini menyebabkan pelampung serta tangkainya terangkat (naik keatas). Pada tangkai pelampung terdapat tongkat pena yang gerakkannya selalu mengikuti tangkai pelampung. Gerakkan pena dicatat pada pias yang ditakkan/ digulung pada silinder jam yang dapat berputar dengan bantuan tenaga per. Jika air dalam tabung hampir penuh, pena akan mencapai tempat teratas pada pias. Setelah air mencapai atau melewati puncak lengkungan selang gelas, air dalam tabung akan keluar sampai ketinggian ujung selang dalam tabung dan tangki pelampung dan pena turun dan pencatatannya pada pias merupakan garis lurus vertikal. Dengan demikian jumlah curah hujan dapat dhitung/ ditentukan dengan menghitung jumlah garis-garis vertikal yang terdapat pada pias. 5.5 PENAKAR HUJAN JENIS TIPPING BUCKET

Bertujuan untuk mendapatkan jumlah curah hujan yang jatuh pada periode dan tempat-tempat tertentu. Pada bagian muka terdapat sebuah pintu untuk mengeluarkan alat pencatat, silinder jam dan ember penampung air hujan. Jika dilihat dari atas, ditengah-tengah dasar corong terdapat saringan kawat untuk mencegah benda-benda memasuki ember (bucket).

Pada prinsipnya jika hujan turun, air masuk melalui corong besar dan corong kecil, kemudian terkumpul dalam ember (bucket) bagian atas (kanan). Jika air yang tertampung cukup banyak menyebabkan ember bertambah berat, sehingga dapat menggulingkan ember kekanan atau kekiri, tergantung dari letak ember tersebut. Pada waktu ember terguling, penahan ember ikut bergerak turun naik. Penahan ember mempunyai dua buah tangkai yang berhubungan dengan roda bergigi. Gerakan turun naik penahan ember menyebabkan kedua tangkainya bergerak pula dan

Thermometer air dan thermometer maximum/ minimum Cup Counter Anemometer Pondasi/ Alas Penakar hujan biasa .1 EVAPORIMETER PANCI TERBUKA Evaporimeter panci terbuka digunakan untuk mengukur evaporasi. 6. 5. sungai dan lain-lainnya. ALAT PENGUKUR PENGUAPAN Penguapan ialah proses perubahan air menjadi uap air. 6. Still Well ialah bejana terbuat dari logam (kuningan) yang berbentuk silinder dan mempunyai 3 buah kaki. 3. kecepatan angin. kelembaban udara. Jumlah air yang tercatat di flow meter harus sama dengan jumlah air yang keluar dari raingauge (harus seimbang antara tabung penampungan sebelah kiri dan kanan). intensitas radiasi matahari dan tekanan udara. Perputaran roda bergigi diteruskan ke roda berbentuk jantung. Alat ini menggunakan prinsip putaran pompa yang alirannya diukur dengan presisi flow meter. 1. 4. Proses ini dapat terjadi pada setiap permukaan benda pada temperatur diatas 0 0K. Perputaran roda berbentuk jantung akan menyebabkan kedudukan pena bergerak sepanjang tepi roda. Selain itu jumlah tipping pada raingauge juga harus menunjukan nilai yang sama dengan flow meter (tergantung tingkat keakurasian raingauge). Air yang mengalir melalui flow meter ini kemudian dialiri ketipping bucket (sebagai simulasi dari air hujan yang jatuh ke dalam raingauge yang sedang dikalibrasi).bentuknya yang khusus dapat memutar roda bergigi berlawanan dengan arah perputaran jarum jam. waduk. 6. jenis permukaan benda serta unsur-unsur yang terkandung didalamnya. makin representatif atau makin mendekati penguapan yang sebenarnya terjadi pada permukaan danau. 2. 7. Dalam meteorologi dikenal dua istilah untuk penguapan yaitu evaporasi dan evapotranspirasi. terutama dari jenis tipping bucket. Pengukuran evaporasi dengan menggunakan evaporimeter memerlukan perlengkapan sebagai berikut : Panci Bundar Besar Hook Gauge yaitu suatu alat untuk mengukur perubahan tinggi permukaan air dalam panci. Makin luas permukaan panci. 5. Faktor-faktor yang mempengaruhi penguapan ialah temperatur benda dan udara. sehingga cara pembacaannya berlainan.6 RAINGAUGE TEST EQUIPMENT Raingauge test equipment adalah alat yang ini digunakan untuk menguji/mengkalibrasi peralatan penakar hujan. Roda yang berbentuk jantung mempunyai sebuah per yang menghubungkan kedua pengatur kedudukan pena yang letak ujungnya selalu bersinggungan dengan tepi roda. Hook Gauge mempunyai bermacam-macam bentuk.

iklim dan debu. yang menyatakan volume air dalam Cm3 atau persepuluhnya.2 EVAPORIMETER JENIS PICHE    Piche Seperti panci penguapan terbuka. Kertas filter dipasang pada mulut pipa terbuka. Hasil pembacaannya sangat tergantung terhadap angin. Penjepit logam. Pada prinsipnya Piche evaporimeter terdiri dari: Pipa gelas yang panjangnya + 20 Cm dan garis tengahnya + 1. Piringan kertas filter berbentuk bulat. 6. alat ini digunakan sebagai pengukur penguapan secara relatif. alat ini tidak dapat mengukur secara langsung evaporasi ataupun evapotranspirasi yang sesungguhnya terjadi. Maksudnya.3 EVAPORASI JENIS KESHNER Evaporasi jenis Keshner termasuk alat pengukur penguapan yang mencatat sendiri yang disebut sebagai Evaporigraph. Per ujung yang melekat disekeliling pipa dan ujung lainnya berbentuk sama dengan diameter pipa.5 Cm. Pada pipa gelas terdapat skala. . yang berbentuk lengkungan seperti lembaran per.Alat Pengukur Penguapan 6. Ujung bawah pipa gelas terbuka dan ujung atasnya tertutup dan dilenghkapi dengan tempat menggantungkan alat tersebut. Kertas ini berpori-pori banyak sehingga mudah menyerap air. Alat ini dapat mencatat terus menerus penguapan yang terjadi pada setiap saat.

Intensitas radiasi matahari ialah jumlah energi yang jatuh pada suatu bidang persatuan luas dalam satu satuan waktu. Waktu semu lokal ialah waktu yang ditentukan oleh gerakan relatif matahari terhadap horizon. Alat ini diatur sedemikian sehingga satu pias dipakai untuk pagi dan pias lainnya untuk siang hari. Dipergunakannya bola gelas dimaksudkan agar alat tersebut dapat dipergunakan untuk memfokuskan sinar matahari secara terus menerus tanpa terpengaruh oleh posisi matahari. Untuk memudahkan perhitungan dibayangkan adanya matahari fiktif yang beredar mengelilingi bumi dengan kecepatan tetap selama setahun. Waktu ini dapat ditunjukkan oleh sunshine recorder. True Solar Day yaitu waktu antara dua gerakan matahari melintasi meridian. ALAT PENGUKUR RADIASI MATAHARI Pengukuran lamanya sinar matahari bersinar dimaksudkan untuk mengetahui intensitas dan berapa lama/ jam matahari bersinar mulai terbit hingga terbenam. 7. Direct Solar Radiation (S) yaitu radiasi langsung dari matahari yang sampai ke permukaan bumi. . 7. c. Matahari dihitung bersinar terang jika sinarnya dapat membakar pias Campble stokes. Jika matahari bersinar sepanjang hari dan mengenai alat ini. 7. Pias ditempatkan pada kerangka cekung yang konsentrik dengan bola gelas dan sinar yang difokuskan tepat mengenai pias. Surface Raflectivity (r) yaitu radiasi yang berasal dari pantulan-pantulan oleh permukaan bumi. Untuk keperluan pemasangan dan pengamatan perlu diketahui hal-hal yang menyangkut waktu smeu lokal dan waktu rata-rata lokal. Waktu yang didasarkan panjang hari ini disebut apparent solartime atau waktu semu lokal.3 PENGUKURAN INTENSITAS RADIASI MATAHARI Untuk mengetahui intensitas radiasi yang jatuh pada permukaan bumi baik yang langsung maupun yang dibaurkan oleh atmosfer. Sepanjang tahun lamanya (panjangnya) True Solar Day berbeda-beda. Dalam atmosfer bumi terdapat bermacam-macam radiasi seperti : a.2 PENGUKUR SINAR MATAHARI JENIS JORDAN Alat ini mencatat sendiri lamanya matahari bersinar dalam sehari yang terdiri dari dua kotak berbentuk setengah silinder dan tertutup. Tetapi jika matahari bersinar terputusputus. Radiation Difus (D) yang berasal dari pantulan-pantulan oleh awan dan pembauran-pembauran oleh partikel-partikel atmosfer.1 PENGUKUR SINAR MATAHARI JENIS CAMPBLE STOKES Campbell Stokes Lamanya penyinaran sinar matahari dicatat dengan jalan memusatkan (memfokuskan) sinar matahari melalui bola gelas hingga fokus sinar matahari tersebut tepat mengenai pias yang khusus dibuat untuk alat ini dan meninggalkan pada jejak pias. Apabila seberkas matahari langsung mengenai kertas ini akan meninggalkan bekas yang gelap.4 EVAPORIMETER JENIS WILD Evaporimeter jenis Wild termasuk alat pengukur penguapan (Evaporasi) yang tidak dapat mencatat sendiri (Non Recording). Lamanya matahari bersinar dapat dinyatakan dalam presentase atau jam.6. Di bagian dalam dipasang kertas yang sangat peka terhadap sinar matahari langsung. maka akan diperoleh jejak pias terbakar yang tak terputus. b. Dengan menjumlahkan waktu dari bagian-bagian terbakar yang terputus-putus akan diperoleh lamanya penyinaran matahari. 7. maka jejak dipiaspun akan terputus-putus.

dsb) maupun partikel basah seperti uap air. Global (total) Radiation (Q) g.5 SOLARIMETER DAN PYRANOMETER Digunakan untuk mengukur radaiasi matahari total. Net Radiation (R) Dengan banyaknya jenis radiasi yang terdapat didalam atmosfer berarti banyak pula alat-alat yang diperlukan untuk mengukur radiasi langsung (S). Pyranometer dll 7. Lembaran logam ini akan berputar pada salah satu sisinya sebagai sumbu. Recorder ini sangat peka terutama ketika sedang beroperasi. sedapat mungkin dihindarkan terhadap getarangetaran yang dapat mengganggu keseimbangan. 3. lembaran logam tertentu. Anemometer Cup dan Vane. Pada bagian ujung/ muka tabung terdapat tutup yang dapat diputar terhadap permukaan silinder. 8. . Besar penyimpangan (sudut) menjadi kecepatan angin. yaitu radiasi yang berasal dari bumi yang berupa gelombang panjang. alat ini bekerja disebabkan oleh tekanan dari aliran udara yang melalui pipa-pipanya. 7. f. Untuk memperoleh data intensitas matahari secara kontinue. Dengan adanya pergerakan udara di atmosfer ini maka terjadilah distribusi partikel-partikel di udara. Pyrheliometer terdiri dari 2 bagian pokok. Alatalat pengukur kecepatan angin di bagi dalam 3 bagian : 1. Pressure Plate Anemometer. galvanometer dan amperemeter. Misalnya :  Pyrheliometer untuk mengukur radiasi langsung (S)  Solarimeter dan Pyranometer untuk radiasi total (Q)  Pyrgeometer untuk mengukur radiasi bumi (O)  Net Pyrradiometer untuk mengukur radiasi total (R) Pada prinsipnya sensor alat pengukur intensitas radiasi matahari dibagi 2 jenis : a. Pengukuran angin permukaan merupakan pengukuran arah dan kecepatan angin yang terjadi dipermukaan bumi dengan ketinggian antara 0. ALAT PENGUKUR ARAH DAN KECEPATAN ANGIN Angin merupakan pergerakan udara yang disebabkan karena adanya perbedaan tekanan udara di suatu tempat dengan tempat lain. ditempatkan tegak lupus angin. e. Gerakan dan kedudukan pena ditentukan oleh keseimbangan kedua unsur tersebut.4 AMSTRONG PYRHELIOMETER Pyrheliometer dipakai untuk mengukur intensitas radiasi matahari langsung (S). Sensor berada didalam sebuah tabung/silinder logam yang dapat diputar horizontal dan vertikal. b. Sensor yang dibuat dari bimetal yaitu 2 jenis logam yang mempunyai koefisien muai panjang yang berbeda dan diletakkan satu sama lainnya. Penutup ini berfungsi sebagai pelindung sensor terhadap matahari dan juga sebagai pemutus dan penghubung kontak listrik.d. Solarimeter dihubungkan ke sebuah alat pencatat yang dinamakan Chart Recorder yang mempunyai sifat Self Balancing Potentiometric yaitu suatu recorder yang bekerjanya berdasarkan keseimbangan antara signal (tenaga listrik yang masuk berasal dari Solarimeter dengan tenaga listrik dari power supply. Alat yang memakai sensor jenis ini ialah Actinograph. yaitu sensor yang menghasilkan gaya gerak listrik dan recorder yang berisi battery. baik partikel kering (debu. Back Radiation (B) yaitu radiasi yang berasal dari awan-awan dan butir-butir uap air dan CO2 yang terdapat dalam atmosfer. alat ini mengukur banyaknya udara yang melalui alat per satuan waktu. Tabung diputar mengikuti gerakan matahari sehingga sinar selalu jatuh tegak lurus ke permukaan sensor. Alat-alat yang paling baik untuk mengukur angin (permukaan) ahíla Wind Vane dan Anemometer. Out Going Terrestial radiation (O). Sensor yang dibuat dari Thermopile seperti yang terdapat pada Solarimeter. asap. Dengan demikian recorder ini memerlukan tenaga listrik yang diperlukan selain untuk keseimbangan juga untuk menggerakkan pias (Chart) dan jam. Pressure Tube Anemometer. 2.5 sampai 10 meter.

pembangunan.Atlas Curah Hujan ini telah selesai dicetak tahun 2004. pengolahan dan publikasi data curah hujan. penelitian. Hal ini mengingat tiang anemometer memiliki ketinggian 10 meter dengan ujung-ujung runcing yang membuatnya rawan terhadap sambaran petir. yaitu: cup –propeller sensor untuk kecepatan angin dan vane/ weather cock sensor untuk arah angin. yang didalamnya terdapat dua sensor.Anemometer dipasang dengan ketinggian 10 meter dan berada di tempat terbuka yang memiliki jarak dari penghalang sejauh 10 kali dari tinggi penghalang (pohon. Untuk pengamatan angin permukaan. Informasi tersebut bermanfaat bagi kegiatan pertanian. dimana salah satu kawat/labrang berada pada arah utara dari tiang anemometer dan antar labrang membentuk sudut 1200.1 CUP COUNTER DAN WIND VANE ANEMOMETER Anemometer Pergerakan udara atau angin umumnya diukur dengan alat cup counter anemometer. Pembuatan atlas curah hujan tersebut bersumber dari data Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) yang memiliki tugas pokok pengumpulan. Tiang anemometer dipasang menggunakan 3 buah labrang/ kawat penahan tiang. AT L AS C UR AH H UJ AN Curah Hujan Indonesia dan waktu musim hujan yang bervariasi untuk setiap wilayah di Indonesia menarik untuk ditampilkan dalam atlas. Curah hujan ditampilkan dalam simbol isolinedan data curah hujan untuk stasiun yang dianggap dapat mewakili wilayah tersebut disimbolkan dalam bentuk bargraf. pendidikan dan lain sebagainya. . Pemasangan penangkal petir pada tiang anemometer merupakan faktor terpenting terutama untuk daerah rawan petir. gedung atau sesuatu yang menjulang tinggi).8.

ensiklopedia bebas Artikel ini berisi tentang presipitasi. yaitu pendinginan udara atau penambahan uap air ke udara. Corong hujan di bawah badai petir. lihat Hujan (disambiguasi). berbeda dengan presipitasi non-cair seperti salju. Hujan adalah sebuah presipitasi berwujud cairan. Virga adalah presipitasi yang jatuh ke Bumi namun menguap sebelum . Untuk kegunaan lain. batu es dan slit. Dua proses yang mungkin terjadi bersamaan dapat mendorong udara semakin jenuh menjelang hujan.Hujan Dari Wikipedia bahasa Indonesia. Hujan memerlukan keberadaan lapisan atmosfer tebal agar dapat menemui suhu di atas titik leleh es di dekat dan di atas permukaan Bumi. hujan adalah proses kondensasi uap air di atmosfer menjadi butir airyang cukup berat untuk jatuh dan biasanya tiba di daratan. Di Bumi.

Butir hujan memilik ukuran yang beragam mulai dari pepat.mencapai daratan. Antarktika adalah benua terkering di Bumi. Di kawasan pegunungan. mirip panekuk (butir besar). hujan deras bisa terjadi jika aliran atas lembah meningkat di sisi atas angin permukaan pada ketinggian yang memaksa udara lembap mengembun dan jatuh sebagai hujan di sepanjang sisi pegunungan. Di sisi bawah angin pegunungan. membawa musim hujan ke iklim sabana. atau zona konvergensi intertropis. Di daerah lain. Jumlah curah hujan dihitung secara aktif oleh radar cuaca dan secara pasif oleh satelit cuaca. Curah hujan dihitung menggunakan pengukur hujan. inilah satu cara penjenuhan udara. termasuk suasana hujan di timur Amerika Utara dan suasana kering di wilayah tropis. juga air untuk pembangkit listrik hidroelektrik dan irigasi ladang. dan asam sulfur. hingga bola kecil (butir kecil). Hujan adalah sumber utama air tawar di sebagian besar daerah di dunia. hujan juga pernah turun dengan kandungan metana. Jika pada saat itu ada kelembapan dan gerakan ke atas yang cukup. Curah hujan rata-rata tahunan global adalah 990 millimetre (39 in). Hujan adalah komponen utama dalam siklus air dan penyedia utama air tawar di planet ini. Kelembapan yang bergerak di sepanjang zona perbedaan suhu dan kelembapan tiga dimensi yang disebut front cuaca adalah metode utama dalam pembuatan hujan. Dampak pulau panas perkotaan mendorong peningkatan curah hujan dalam jumlah dan intensitasnya di bawah angin perkotaan. Presipitasi terbentuk melalui tabrakan antara butir air atau kristal es dengan awan. besi. neon. menyediakan kondisi cocok untuk keragaman ekosistem. hujan akan jatuh dari awan konvektif (awan dengan gerakan kuat ke atas) seperti kumulonimbus (badai petir) yang dapat terkumpul menjadi ikatan hujan sempit. iklim gurun dapat terjadi karena udara kering yang diakibatkan aliran bawah lembah yang mengakibatkan pemanasan dan pengeringan massa udara. Sistem pengelompokan iklim seperti sistem pengelompokan iklim Köppen menggunakan curah hujan rata-rata tahunan untuk membantu membedakan kawasan-kawasan iklim. Bagian dari seri Alam tentang Cuaca Musim kalender Semi · Panas Gugur · Dingin Musim tropis . Pemanasan global juga mengakibatkan perubahan pola hujan di seluruh dunia. Pergerakan truf monsun.

Kemarau · Hujan Badai Badai petir · Supersel Downburst · Petir Tornado · Waterspout Siklon tropis (Hurikan) Siklon ekstratropis Badai musim dingin · Blizzard Badai es · Badai debu Badai api · Awan Presipitasi Gerimis · Hujan · Salju · Graupel Hujan beku · Butir es · Hujan es Topik Meteorologi · Iklim Prakiraan cuaca Gelombang panas · Polusi udara Portal cuaca  l  b  s .

4 Periode kembali 5 Prakiraan hujan 6 Dampak o o  6.4 Daerah terlembap 8 Lihat pula 9 Catatan 10 Catatan kaki .1 Pola 3.2 Wilayah basah 7.1 Gurun 7.3 Efek orografis 2.1 Alat ukur 4.3 Dampak Westerlies 7.1 Pertanian 6.1 Udara lembap 1.2 Budaya 7 Klimatologi global o o o o    7.2 Sensor jarak jauh 4.3 Intensitas 4.2 Keasaman 3.2 Koalesensi 2 Sebab o o o o o  2.2 Konveksi 2.Daftar isi [sembunyikan]  1 Pembentukan o o  1.1 Aktivitas frontal 2.3 Pengelompokan iklim Köppen 4 Pengukuran o o o o   4.5 Pengaruh manusia 3 Karakteristik o o o  3.4 Wilayah tropis 2.

[7] biasanya tertiup dari satu permukaan ke permukaan lain. pendinginan radiasional. atau perintang fisik seperti pegunungan (pengangkatan orografis). diukur dalam satuan gram air per kilogram udara kering (g/kg).[15] Uap air biasanya mulai mengembun di nuklei kondensasi seperti debu.[5] Ada empat mekanisme utama dalam pendinginan udara hingga titik embunnya: pendinginan adiabatik.[17] Stratus adalah dek awan stabil yang terbentuk ketika udara dingin dan stabil terperangkap di bawah massa udara panas. yaitu persentase total udara uap air yang dapat bertahan pada suhu udara tertentu. badan air atau tanah basah.[18] . Pendinginan adiabatik terjadi ketika udara naik dan menyebar.[14] dan udara yang naik di pegunungan.[6] Udara dapat naik karena konveksi. Udara yang lebih panas memiliki lebih banyak uap air daripada udara dingin sebelum melembap. satu-satunya cara untuk melembapkan udara adalah dengan mendinginkannya. dan garam untuk membentuk awan. sehingga memaksa suhu udara mendingin hingga suhu bulb basah. Pendinginan radiasional terjadi karena emisi radiasi inframerah yang muncul akibat udara ataupun permukaan di bawahnya. Titik embun adalah suhu yang dicapai dalam pendinginan udara untuk melembapkan udara tersebut. Bagian-bagian tinggi front cuaca (tiga dimensi)[16] memaksa wilayah luas melakukan gerakan ke atas di atmosfer Bumi sehingga membentuk dek awan seperti altostratus atau sirostratus. atau mencapai titik kelembapan. Awan ini juga dapat terbentuk akibat pengangkatan kabut adveksi ketika kondisi berangin. misalnya dari permukaan air ke daratan yang lebih dingin. 11 Pranala luar [sunting]Pembentukan [sunting]Udara lembap Udara berisikan uap air dan sejumlah air dalam massa udara kering.[8] Pendinginan evaporatif terjdai ketika kelembapan masuk dalam udara melalui penguapan. pendinginan konduktif.[11] pemanasan siang hari yang menguapkan air dari permukaan laut.[1][2] Jumlah kelembapan di udara juga disebut sebagai kelembapan relatif.[12] transpirasi tumbuhan. disebut Rasio Pencampuran.[10] presipitasi atau virga yang jatuh dari atas.[9] Cara utama uap air dapat bergabung dengan udara adalah ketika angin berkonvergensi ke wilayah gerakan ke atas.[13] udara dingin atau kering yang bergerak di perairan panascool or dry air moving over warmer water. es. Karena itu. dan pendinginan evaporatif.[3] Jumlah uap air yang dapat ditahan udara sebelum melembap (100% kelembapan relatif) dan membentuk awan (sekumpulan air kecil dan tampak dan partikel es yang tertahan di atas permukaan Bumi)[4] bergantung pada suhunya. Pendinginan konduktif terjadi ketika udara bertemu permukaan yang lebih dingin. gerakan atmosfer berskala besar.

kristal-kristal es ini bisa mencair ketika jatuh dan menjadi hujan.35 in).[20] Butiran hujan memiliki beragam ukuran mulai dari diameter rata-rata 01 millimetre (0. bentuk butir hujan yang asli justru tidak mirip air mata. Umumnya. butiran air bertabrakan dan menghasilkan butiran yang lebih besar. Ukuran besar ini disebabkan oleh pengembunan partikel asap besar atau tabrakan antara sekelompok kecil butiran dengan air tawar yang banyak.[21] Berbeda dengan kepercayaan masyarakat. Ketika turbulensi udara terjadi.39 in).[sunting]Koalesensi Bentuk butir hujan menurut ukurannya Koalesensi terjadi ketika butir air bergabung membentuk butir air yang lebih besar. Butiran air besar ini turun dan koalesensi terus berlanjut.039 in) hingga 9 millimetre (0.[23] . Selain itu. Butiran hujan besar semakin pepat di bawah seperti rotihamburger. kristal membutuhkan massa yang lebih besar daripada koalesensi yang terjadi antara kristal dan butiran air sekitarnya. Koalesensi umumnya sering terjadi di awan atas titik beku dan dikenal sebagai proses hujan hangat. karena butiran air superdingin hanya ada di awan bawah titik beku.[22] Butiran hujan terbesar di Bumi tercatat di Brasil dan Kepulauan Marshall pada tahun 2004—beberapa di antaranya sebesar 10 millimetre (0. atau ketika butir air membeku menjadi kristal es yang dikenal sebagai proses Bergeron. Butiran kecil disebut butiran awan dan berbentuk bola. karena perbedaan suhu yang besar antara awan dan permukaan. kristal es mulai jatuh ketika memiliki massa yang cukup.[19] Di awan bawah titik beku. Proses ini bergantung kepada suhu. butiran terbesar berbentuk mirip parasut. sehingga butiran menjadi cukup berat untuk melawan resistensi udara dan jatuh sebagai hujan. Resistensi udara mengakibatkan butiran air mengambang di awan. di atas itu butiran akan terpisah-pisah.

seperti di sekitar daerah front dingin dan dekat front panas permukaan.[28][29] Kode METAR untuk hujan adalah RA. sementara butiran besar 5 millimetre (0. Front tutupan biasanya terbentuk di sekitar daerah bertekanan rendah.[32] Hujan es semakin jarang terjadi ketika titik beku di atas atmosfer melebihi ketinggian 11.[17] Hal yang memisahkan curah hujan dari presipitasi lainnya. Jika ada lapisan dangkal dekat permmukaan yang suhunya di bawah titik beku.5 mph).20 in) jatuh pada kecepatan 9 metre per detik (20 mph).[30] [sunting]Sebab [sunting]Aktivitas frontal Artikel utama untuk bagian ini adalah: Front cuaca Hujan stratiform (perintang hujan besar dengan intensitas yang relatif sama) dan dinamis (hujan konvektif yang alaminya deras dengan perubahan intensitas besar dalam jarak pendek) terjadi sebagai akibat dari naiknya udara secara perlahan dalam sistem sinoptis (satuan cm/detik). Di permukaan laut tanpa angin.400 m) di atas permukaan laut. sementara kode untuk hujan deras adalah SHRA.[26] Butir hujan jatuh pada kecepatan terminalnya. hujan beku (hujan yang membeku setelah bersentuhan dengan permukaan di lingkungan sub-beku) akan terjadi.000 kaki(3. adalah adanya lapisan tebal udara yang tinggi dengan suhu di atas titik cair es. gerimis 05 millimetre (0.[24][25] Butir hujan pada hujan es cair cenderung lebih besar daripada butiran hujan lain.[27] Suara butir hujan menabrak air disebabkan oleh gelembung air berosilasi di bawah air. namun biasanya jalur mereka dikaitkan dengan penguapan massa air. seperti butir es dan salju.Intensitas dan durasi hujan biasanya berkaitan terbalik yang berarti badai intensitas tinggi memiliki durasi pendek dan badai intensitas rendah memiliki durasi panjang. yang mencairkan hujan beku sebelum mencapai tanah.[31] Berbagai jenis cuaca dapat ditemukan di sepanjang front tutupan dengan kemungkinan terjadinya badai petir. lebih besar untuk butiran besar karena massanya yang lebih besar terhadap rasio tarikan.[33] [sunting]Konveksi .20 in) jatuh dengan kecepatan 2 metre per detik (4. Kenaikan sejenis juga terjadi di sekitar siklon tropis di luardinding mata. dan di pola hujan sekitar siklon lintang tengah.

iklim yang lebih lembap biasanya lebih menonjol di sisi atas angin gunung daripada sisi bawah angin gunung. garis squall.Hujan konvektif Hujan konvektif. hujan stratiform juga diduga terjadi. terkenal karena curah hujannya yang ekstrem dan memiliki curah hujan rata-rata tahunan tertinggi kedua di dunia. Di daerah berpegunungan dunia yang mengalami angin relatif tetap (misalnya angin dagang). dan Klimatologi hujan Amerika Serikat Hujan orografis Hujan orografis terjadi di sisi atas angin pegunungan dan disebabkan oleh gerakan udara lembap berskala besar ke atas melintasi pegunungan.[38] Iklim setempat bervariasi di masing-masing pulau karena topografinya. 460 inci (12. Kelembapan tidak ada karena pengangkatan orografis.[35] Di lintang tengah. hujan konvektif berselang-seling dan sering dikaitkan dengan batasan baroklinis seperti front dingin. Sebagian besar hujan di daerah tropis bersifat konvektif. meninggalkan udara yang lebih kering (lihat angin katabatik) di sisi bawah angin yang menurun dan menghangatkan serta menjadi tempat pengamatan bayangan hujan. Gunung Wai'ale'ale.[36] [sunting]Efek orografis Artikel utama untuk bagian ini adalah: Pengangkatan orografis. atau hujan deras.000 mm). mengakibatkan pendinginan dan kondensasi adiabatik. terbagi menjadi kawasan atas angin (Koʻolau) dan bawah angin (Kona) berdasarkan lokasi relatif terhadap pegunungan tinggi. berasal dari awan konvektif seperti kumulonimbus ataukumulus kongestus.[37]Sistem badai Kona membasahi negara bagian ini dengan hujan deras antara Oktober dan April. Hujan konvektif jatuh di suatu daerah dalam waktu yang relatif singkat. dan front panas.[31][34] Graupeldan hujan es menandakan konveksi. namun. Hujan ini jatuh deras dengan intensitas yang cepat berubah. selain hujan konvektif. Jenis hujan (meteorologi). karena awan konvektif memiliki bentangan horizontal terbatas. di pulau Kauai. Sisi atas angin memaparkan wilayah timur .[15] Di Hawaii.

[45] Iklim dan wilayah sabana dengan cuaca monsun memiliki musim panas hujan dan musim dingin kemarau. mengakibatkan iklim gurun di bawah angin melintasi Argentina Barat. sisi bawah angin lebih kering dan cerah.[46] Sejumlah daerah dengan musim hujan akan mengalami jeda dalam pertengahan musim hujan ketika zona konvergensi intertropis atau truf monsun bergerak ke kutub dari lokasinya selama pertengahan musim panas.[24] Ketika musim hujan terjadi selama musim panas. untaian pegunungan Andes menghalangi kelembapan Pasifik yang datang ke benua ini. terdiri dari massa udara besar beberapa ratus mil dengan tekanan rendah di pusatnya dan angin bertiup ke pusat searah jarum jam (belahan Bumi selatan) atau berlawanan arah jarum jam (belahan Bumi utara). sumber curah hujan sangat deras.terhadap angin dagang timur laut dan menerima lebih banyak hujan.[39] Di Amerika Selatan.[44]Wilayah dengan musim hujan tersebar di beberapa kawasan tropis dan subtropis. karena hujan tersebar merata sepanjang tahu.[43]Istilah musim hijau juga kadang digunakan sebagai eufemisme oleh pihak pariwisata. Musim hujan adalah masa ketika kualitas udara[47] dan air segarmembaik. Siklon tropis.[50] Meski siklondapat mengakibatkan kematian dan . Hutan hujan tropis teknisnya tidak memiliki musim kemarau atau hujan. hujan lebih sering turun selama akhir sore dan awal malam.[41][42] [sunting]Wilayah tropis Penyebaran hujan bulanan di Cairnsmemperlihatkan batas musim hujan di daerah tersebut Lihat pula: Monsun dan Siklon tropis Artikel utama untuk bagian ini adalah: Musim hujan Musim hujan adalah masa dalam suatu tahun yang terjadi selama satu atau beberapa bulan ketika sebagian besar hujan rata-rata tahunan suatu daerah jatuh di tempat tersebut.[48][49] dan tanaman tumbuh subur.[40] Pegunungan Sierra Nevada menciptakan efek yang sama di Amerika Utara denngan membentukGreat Basin dan Gurun Mojave. dengan sedikit hujan dan cakupan awan.

Akibat polusi lalu lintas penglaju dan komersial menumpuk sepanjang minggu. Tingkat curah hujan di bawah angin kota meningkat antara 48% dan 116%.[54] Sejumlah kota mengakibatkan curah hujan total meningkat sebesar 51%. curah hujan bulanan 28% lebih besar antara 20 mil (32 km) hingga 40 mil (64 km) di bawah angin kota. jika dibandingkan dengan atas angin.[55] . merah hangat. kemungkinan hujan meningkat: hujan memuncak pada Sabtu setelah lima hari penumpukan polusi.[51] Wilayah di sepanjang jalurnya dapat menerima jatah hujan setahun penuh melalui satu kali peristiwa siklon tropis.[52] [sunting]Pengaruh manusia Citra Atlanta. Panas tambahan ini mendorong gerakan yang lebih besar ke atas dan menyebabkan aktivitas hujan deras dan badai petir tambahan. Di daerah padat penduduk dekat pesisir. warna biru berarti suhu dingin. Georgia memperlihatkan penyebaran suhu.8 °F) hingga 56 °C (100. dampaknya bisa dramatis: ada kemungkinan hujan 22% lebih tinggi pada hari Sabtu daripada Senin.8 °F) di atas kawasan pinggiran kota dan pedesaan sekitarnya. dan putih panas.[53] Dampak pulau panas perkotaan memanaskan kota sebesar 06 °C (10. Sebagai akibat pemanasan ini. sepertiPesisir Timur Amerika Serikat.kerusakan properti yang besar. yang mendorong pembentukan awan dan meningkatnya kemungkinan hujan. inilah faktor penting dalam penguasaan hujan atas suatu daerah. karena siklon dapat membawa hujan yang sangat dibutuhkan di wilayah kering. Lihat pula: Pemanasan global dan Pulau panas perkotaan Zat partikulat yang dihasilkan oleh gas buang mobil dan sumber-sumber polusi lain membentuk nuklei kondensasi awan.

Wilayah timur Amerika Utara dan Selatan. dengan peningkatan tertinggi terjadi di wilayah iklim Tengah Utara Timur (11.[56] Upaya mempengaruhi cuaca yang paling sukses adalah penyemaian awan yang melibatkan teknik peningkatan presipitasi musim dingin di atas pegunungan dan mengurangi hujan es. tidak ada kecenderungan presipitasi keseluruhan secara statistik dalam satu abad terakhir.25 persen).1 persen).Anomali suhu permukaan rata-rata pada periode 1999 hingga 2008 dibandingkan dengan suhu rata-rata dari 1940 hingga 1980 Suhu yang meningkat cenderung meningkatkan penguapan yang dapat mendorong lebih banyak hujan. dan Asia Tengah semakin basah.1 persen per abad sejak 1900. Afrika bagian Selatan. Terjadi peningkatan jumlah peristiwa hujan deras di berbagai daerah dalam satu abad terakhir. Di seluruh dunia. namun mulai menurun di kawasan tropis sejak 1970-an.[57] . Jumlah peristiwa hujan meningkat di daratan sebelah utara 30°N sejak 1900 hingga 2005. dan beberapa bagian Asia Selatan semakin kering. Mediterania. Hawaii adalah satu-satunya wilayah yang mengalami penurunan (-9. meski kecenderungan hujan bervariasi menurut daerah dan waktunya. Eropa Utara. termasuk peningkatan sejak 1970an akibat banyaknya kekeringan—khususnya di wilayah tropis dan subtropis. Perubahan curah hujan dan penguapan di samudra diakibatkan oleh berkurangnya salinitas di perairan lintang tengah dan tinggi (berarti lebih banyak hujan) dan meningkatnya salinitas di lintang rendah (berarti sedikit hujan dan/atau banyak penguapan). total curah hujan tahunan meningkat dengan tingkat rata-rata 6.6 persen per abad) dan Selatan (11. Sahel. Di daratan Amerika Serikat.

mereka mampu menutupi lokasi front dingin tersebut. memaksa truf permukaan berlanjut ke sektor dingin lengkungan yang sama menuju front tutupan. sebuah truf udara panas tinggi (trough of warm air aloft).[65] Pengikatan di dalam pola presipitasi kepala koma suatu siklon ekstratropis dapat menandakan . karena bentuk awan pertengahan troposfer seperti koma yang menyertai fenomena ini. Trowal menciptakan bagian dari siklon tutupan yang disebut sebagai kepala koma. perpanjangan presipitasi ini disebut sebagai struktur terikat.[64] Ketika siklon menutupi langit.[62] Ikatan hujan yang dikaitkan dengan front dingin dapat dibelokkan oleh pegunungan lurus terhadap orientasi front karena pembentukan jet penghalang tingkat rendah. atau "trowal". dan mengarah ke periferi (juga disebut sabuk pengangkut panas) barat lautor. akan terjadi akibat angin selatan yang kuat di perbatasan timurnya berputar-putar tinggi mengitari kawasan timur lautnya. Jika ikatan hujan angin laut cukup aktif mendahului front dingin.[60] dan cenderung lebar serta bersifat stratiform. Jika dilihat melalui pencitraan radar cuaca. Ini juga bisa menjadi fokus atas presipitasi lokal yang deras.[59]Ikatan hujan mendahului front tutupan panas dan front panas dikaitkan dengan gerakan lemah ke atas.[63] Ikatan badai petir dapat terbentuk bersama angin laut danangin darat jika kelembapan yang diperlukan untuk membentuknya ada pada saat itu. dengan kemungkinan badai petir jika atmosfer di sepanjang trowal cukup stabil untuk menciptakan konveksi.[58] dan terbentuk akibat perbedaan suhu. Gelombang hujan dapat bersifat stratiform atau konvektif.[sunting]Karakteristik [sunting]Pola Ikatan badai petir terlihat di tampilan radar cuaca Artikel utama untuk bagian ini adalah: Ikatan hujan Ikatan hujan adalah wilayah awan dan presipitasi yang panjang.[61] Ikatan hujan yang muncul dekat dan mendahului front dingin bisa jadi merupakan garis squallyang mampu menghasilkan tornado.

Dalam 20 tahun terakhir.[70] . hujan yang berasal dari seberang benua (barat) memiliki pH 3. Di pesisir timur Amerika.8-4.0. bakteri tanah.[67] Ikatan hujan dengan siklon tropis memiliki orientasi melengkung. Di bawah angin kepulauan. Asam belerang berasal dari sumber-sumber alami seperti gunung berapi dan lahan basah (bakteri penghisap sulfat). hal ini terjadi ketika adanya peningkatan front dingin.[69] Hujan menjadi asam karena keberadaan dua asam kuat.0-5.[68] [sunting]Keasaman Siklus hujan asam Lihat pula: Hujan asam pH hujan selalu bervariasi yang umumnya dikarenakan daerah asal hujan tersebut. ikatan hujan dapat terbentuk di bawah angin permukaan air panas seperti Danau-Danau Besar. selain itu juga sumber-sumber antropogenik seperti pembakaran bahan bakar fosil dan pembangkit listrik. dan badai petir lokal memiliki pH serendah 2. bersama dinding mata dan mata. Asam nitrat dihasilkan oleh sumber-sumber alami seperti petir.[66] Di balik siklon ekstratropis pada musim gugur dan dingin. hujan yang berasal dari Samudra Atlantik biasanya memiliki pH 5.hujan deras. Batas ikatan hujan di sekitar siklon tropis dapat membantu menentukan intensitas siklon tersebut. membentuk hurikan atau badai tropis. konsentrasi asam nitrat dan asam belerang dalam air hujan telah berkurang yang dikarenakan adanya peningkatan amonium (terutama amonia dari produksi ternak) yang berperan sebagai penahan hujan asam dan meningkatkan pH-nya. dan sumber-sumber antropogenik seperti pembakaran bahan bakar fosil dan pertambangan yang mengandung H2S. Siklon tropis berisikan hujan deras dan badai petir yang.8. yaitu asam belerang (H2SO4) dan asam nitrat (HNO3).6. Di lepas pantai California. dan kebakaran alami. ikatan hujan deras dan badai petir dapat terbentuk karena konvergensi angin tingkat rendah di bawah angin batas pulau.

monsun.[75] Iklim lautan (atau oseanik/maritim) dapat dijumpai di sepanjang pesisir barat di lintang tengah seluruh benua di dunia. Sabana tropis tersebar di Afrika. Hutan hujan ditandai dengan curah hujan tinggi yang minimum normal tahunnya antara 1. wilayah utaraAmerika Selatan. B. subtropis lembap. dan E. India. berbatasan dengan lautan dingin dan wilayah tenggara Australia. dingin lintang menengah. kering. dan gurun. tundra.[73] Zona iklim subtropis lembap adalah daerah yang hujan musim dinginnya dikaitkan dengan badai besar yang diarahkan angin westerlies dari barat ke timur. D.000 millimetre (79 in). Kebanyakan hujan musim panas terjadi selama badai petir dan siklon tropis.750 millimetre (69 in) dan 2.[sunting]Pengelompokan iklim Köppen Peta iklim Köppen-Geiger terbaru[71] ██ Af██ A m██ Aw ██ BWh██ BWk█ █ BSh██ BSk ██ Csa█ ██ Cwa█ █ Csb █ Cwb ██ Cfa██ Cf b██ Cfc ██ Dsa██ Dsb██ Dsc██ Dsd ██ Dwa██ Dwb██ Dwc██ Dwd ██ Dfa██ Dfb██ Dfc██ Dfd ██ ET ██ EF Artikel utama untuk bagian ini adalah: Pengelompokan iklim Köppen Klasifikasi Köppen bergantung pada nilai suhu dan presipitasi rata-rata bulanan. sejuk lintang menengah. Malaysia. Lima klasifikasi utama ini dapat dibagi lagi menjadi klasifikasi sekunder seperti hutan hujan.[72] Sebuah sabana tropis adalah biomadaratan rumput yang terletak di kawasan iklim semi-gersanghingga semi-lembap di lintang subtropis dan tropis dengan curah hujan antara 750 millimetre (30 in) dan 1. iklim lautan. antara lintang 20° dan 40° derajat dari khatulistiwa. dan Australia. Bentuk klasifikasi Köppen yang umum digunakan memiliki lima jenis utama mulai dari A hingga E. iklim subarktik. iklim mediterania. C. sabana tropis. tropis. daratan es kutub. dan memiliki presipitasi besar . stepa. kutub.270 millimetre (50 in) per tahun.[74] Iklim subtropis lembap terletak di daratan sebelah timur. Jenis utama tersebut adalah A. daratan lembap.

limpahannya mengalir ke tabung luar. Iklim ini ditandai oleh musim panas yang panas dan kering dan musim dingin yang dingin dan basah. dan Pengukur salju Cara standar untuk mengukur curah hujan atau curah salju adalah menggunakan pengukur hujan standar.98 in). sementara pengukur logam membutuhkan batang yang dirancang dengan tanda 025 mm (0. wilayah barat daya Afrika Selatan dan sebagian wilayah tengah Chili.[78] Iklim subarktik bersifat dingin dengan permafrost abadi dan presipitasi kecil. isinya dibuang dan diisi dengan air hujan yang tersisa di tabung luar .[79] [sunting]Pengukuran [sunting]Alat ukur Pengukur hujan standar Lihat pula: Pengukur hujan. Disdrometer.[77]Stepa adalah daratan rumput kering.sepanjang tahun. Pengukur plastik memiliki tanda di tabung dalam hingga resolusi 025 mm (0. sebagian Australia Barat dan Selatan. sebagian wilayah barat Amerika Utara.[76] Iklim mediterania membentuk iklim benua diCekungan Mediterania.[80] Tabung dalam diisi dengan 25 mm (0.98 in) hujan.98 in). Setelah tabung dalam penuh. dengan variasi plastik 100-mm (4-in) dan logam 200-mm (8-in).

Ini menyederhanakan penghitungan kebutuhan air untuk pertanian. seperti CoCoRAHSatau GLOBE.[88] Misalnya. pengelolaan selokan bawah tanah. Perhitungan curah hujan radar melengkapi data stasiun darat yang dapat digunakan untuk kalibrasi. (Sumber: Environment Canada) Salah satu kegunaan utama radar cuaca adalah mampu menilai jumlah curah hujan yang jatuh di cekungan besar untuk keperluan hidrologis. tingkat hujan di satu titik dihitung menggunakan nilai data reflektivitas pada satu titik jaringan. Untuk menghasilkan akumulasi radar. dan beban. sehingga menjumlahkan total keseluruhan sampai tabung luar kosong. Semua pengukur hujan tadi dapat dibuat sendiri dengan pengetahuan yang memadai. pengendalian banjir sungai.[87] [sunting]Sensor jarak jauh Lihat pula: Radar cuaca Akumulasi curah hujan 24 jam di radar Val d'Irène. [81] Jenis pengukuran lain adalah pengukur hujan sepatu yang populer (pengukur termurah dan paling rentan). stasiun cuaca terdekat atau kantor meteorologi akan melakukan penghitungan. dan pembangunan bendungan adalah semua bidang yang memerlukan data akumulasi curah hujan.sampai tabung luar kosong. yaitu . ember miring.[86] Satu milimeter curah hujan sama dengan satu liter air per meter persegi. Kanada Timur.[84][85] Jika jariingan Internet tidak tersedia di daerah tempat tinggal. Zona tanpa data di timur dan barat daya disebabkan adanya sorotan sinar dari pegunungan. namun akurasinya bergantung pada penggaris yang digunakan untuk mengukur hujan. berbagai jaringan muncul di seluruh Amerika Serikat dan tempat lain ketika penghitungan curah hujan dapat dikirimkan melalui Internet.[83] Ketika penghitungan curah hujan dilakukan. Persamaan radar kemudian dipakai.[82] Untuk mengukur curah hujan dengan cara yang murah. . kaleng silindris dengan sisi tegak dapat dipakai sebagai pengukur hujan jika dibiarkan berada di tempat terbuka.

Hujan akan lebih deras dan banjir akan lebih buruk daripada badai terburuk yang terjadi dalam satu tahun.0 in) per jam. Seperti semua peristiwa kemungkinan. Intensitas curah hujan dikelompokkan menurut tingkat presipitasi:   Gerimis — ketika tingkat presipitasinya < 25 millimetre (0.39 in) dan 50 millimetre (2.98 in) per jam Hujan sedang — ketika tingkat presipitasinya antara 25 millimetre (0.[93] Intensitas badai dapat diperkirakan untuk periode kembali dan durasi badai apapun dengan melihat grafik yang didasarkan pada data historis lokasi hujan. sehingga hujan ini memiliki kemungkinan 1 persen setiap tahun. Istilah badai 1 dalam 100 tahun menjelaskan peristiwa hujan yang sangat jarang dan akan terjadi dengan kemungkinan sekali dalam satu abad.76 millimetre (3.[91] atau antara 10 millimetre (0.0 in) atau 10 millimetre (0. Hujan akan menjadi ekstrem dan banjir lebih parah daripada peristiwa 1 dalam 10 tahun tersebut.Z berarti reflektivitas radar. PA Suara hujan deras di permukiman pinggiran kota Kesulitan mendengarkan berkas ini? Lihat bantuan.[94] Istilahbadai 1 dalam 10 tahun menjelaskan peristiwa hujan yang jarang dan hanya mungkin terjadi sekali setiap 10 tahun.98 in) . sehingga hujan ini memiliki kemungkinan 10 persen setiap tahun. [sunting]Intensitas Heavy rain in Glenshaw. dan A dan b adalah konstanta.0 in) per jam[92] [sunting]Periode kembali Lihat pula: Banjir 100 tahun Kemungkinan suatu peristiwa dengan intensitas dan durasi tertentu disebut frekuensi atau periode kembali. semua akumulasi dari masing-masing kotak jaringan di dalam gambar pada waktu itu harus dijumlahkan.39 in) per jam[91][92]  Hujan deras — ketika tingkat presipitasinya > 76 millimetre (3.[95] . "badai 1 dalam 100 tahun" bisa saja terjadi berkali-kali dalam satu tahun saja.0 in) per jam[92]  Hujan badai — ketika tingkat presipitasinya > 50 millimetre (2.[90] Untuk menghasilkan akumulasi curah hujan pada satu periode waktu tertentu.[89]Perhitungan curah hujan satelit memakai instrumen gelombang mikro pasif di atas orbit kutub serta satelit cuaca geostasioner untuk mengukur tingkat curah hujan secara tidak langsung. R berarti tingkat curah hujan.

Relief daratan juga termasuk dalam PPK melalui pemakaian topografi atau berdasarkan pola presipitasi iklim dari hasil observasi dengan rincian jelas. prakiraan radar cuaca. Berbagai skor kemampuan dapat ditentukan untuk mengukur nilai prakiraan curah hujan.[sunting]Prakiraan hujan Artikel utama untuk bagian ini adalah: Prakiraan presipitasi kuantitatif Contoh prakiraan hujan lima hari dariHydrometeorological Prediction Center Prakiraan Presipitasi Kuantitatif (disingkat PPK.[96] PPK akan diperinci ketika jenis presipitasi terukurkan yang mencapai batas minimal merupakan prakiraan untuk setiap am selama periode sah PPK.[99] PPK dapat dibuat dengan dasar prakiraan jumlah kuantitatif atau kemungkinan prakiraan jumlah kualitatif. Prakiraan presipitasi cenderung dibatasi oleh jam sinoptis seperti 0000. Prakiraan dapat diverifikasi melalui pemakaian pengukur hujan.[97] Dimulai pada pertengahan hingga akhir 1990an. atau di tingkat terendah atmosfer yang menurun seiring ketinggiannya. 0600. 1200 dan 1800 GMT.[101] . PPK digunakan dalam model prakiraan hidrologi untuk mensimulasikan dampak terhadap sungai di seluruh Amerika Serikat. QPF dalam bahasa Inggris) adalah perkiraan jumlah presipitasi cair yang terkumpul dalam periode tertentu di suatu daerah.[98] Model prakiraan memperlihatkan sensitivitas tertentu terhadap tingkat kelembapan di lapisan pelindung planet. atau keduanya.[100] Teknik prakiraan citra radar memperlihatkan kemampuan yang lebih tinggi daripada prakiraan model dalam 6 hingga 7 jam waktu citra radar.

terutama pria.[24] Hewan memiliki strategi adaptasi dan bertahan hidup di wilayah basah. Presipitasi. Misalnya.[109] Hujan juga dapat membawa kebahagiaan dan dianggap menenangkan serta memiliki estetika yang dinikmati masyarakat. non-konsumsi dalam ruang atau irigasi.[108] [sunting]Budaya Tanggapan budaya terhadap hujan berbeda-beda di seluruh dunia. kaktus tertentu memerlukan sedikit air. karena tanaman panen harus tumbuh terlebih dahulu. nutrien tanah tersapu dan erosi meningkat selama musim hujan.[102] sementara terlalu basah dapat mendorong pertumbuhan jamur berbahaya.[103] Tumbuhan memerlukan beragam jumlah air hujan untuk hidup.[104] sementara tanaman tropis memerlukan ratusan inci hujan per tahun untuk hidup. Pola hujan biasa bersifat vital untuk kesehatan tumbuhan. terlalu banyak atau terlalu sedikit hujan dapat membahayakan. Kekeringandapat mematikan panen dan menambah erosi.[107] Hujan berlebihan dalam waktu singkat dapat menyebabkan banjir bandang. bahkan merusak panen. cenderung kesal ketika cuaca tidak stabil atau berawan.[sunting]Dampak [sunting]Pertanian Prakiraan hujan untuk Jepang Selatan dan sekitarnya pada 20–27 Juli 2009. memiliki dampak dramatis terhadap pertanian. . Di daerah musim hujan dan kemarau. sehingga hujan (cara mengairi paling efektif) sangat penting bagi pertanian. diolah agar dapat dikonsumsi. Musim kemarau sebelumnya mengakibatkan kelangkaan makanan menjelang musim hujan.[106] Hujan dapatditampung menggunakan tangki air hujan. masyarakat.[105] Negara-negara berkembang mencatat bahwa penduduknya memiliki fluktuasi berat badan musiman karena kelangkaan makanan sebelum panen pertama yang terjadi pada akhir musim hujan. khususnya hujan. Semuatumbuhan memerlukan air untuk hidup. Di daerah beriklim sedang.

[114] [sunting]Klimatologi global Lihat pula: Klimatologi curah hujan Bumi Air sebanyak 505. Di Botswana. kata 'hujan' dalam bahasa Setswana.[111] hujan memperbaiki suasana hati masyarakat. kemudian diserap bebatuan dan tanah dan dilepaskan ke udara selama hujan berlangsung. sehingga . Di Asia.[119] sehingga menjadikannya benua berpenghuni terkering di dunia.[116][117] atau sebagai wilayah ketika air lebih banyak yang menguap akibat evapotranspirasi daripada yang jatuh sebagai presipitasi.000 kubik kilometer (95. "pula". Di Amerika Selatan. digunakan sebagai nama mata uang nasional karena pentingnya hujan terhadap ekonomi negara gurun ini. untaian pegunungan Andes menahan kelembapan Samudra Pasifik yang tiba di benua ini. Sumber bau ini adalah petrikor. 398. Padang pasir ditetapkan sebagai wilayah dengan curah hujan rata-rata tahunan kurang dari 250 millimetre (10 in) per tahun.000 kubik kilometer (121. termasuk Gurun Sahara.000 cu mi) jatuh sebagai hujan setiap tahunnya di seluruh dunia. wilayah yang curah hujan minimum tahunannya besar. Sebagian besar Australia semi-gersang atau terdiri dari gurun pasir.[110] atau ketika terjadi kekeringan di daerah lain.[112] Beberapa budaya mengembangkan cara menghadapi hujan dengan berbagai alat lindung seperti payung dan jas hujan.[113] Banyak orang mencium adanya bau yang menenangkan selama dan sesaat setelah hujan.[118] [sunting]Gurun Artikel utama untuk bagian ini adalah: Gurun Gurun-gurun terbesar Setengah benua Afrika di bagian utara didominasi gurun pasir atau wilayah gersang. minyak yang dihasilkan tumbuh-tumbuhan. serta alat pengalihan seperti talang air dan drainase badai yang mengalirkan air hujan ke selokan. sebagian besar terdiri dari gurun pasir mulai dari Gurun Gobi di barat-baratdaya Mongolia melintasi barat Pakistan (Balochistan) dan Iran hingga Gurun Arab di Saudi Arabia.000 cu mi) jatuh ke lautan.[115] Jika dibandingkan dengan luas permukaan Bumi. curah hujan rata-rata tahunan secara global mencapai 990 millimetre (39 in).Di daerah kering seperti India.

[128] sertaPuerto Riko.[127] Daratan Amerika Serikat di sebelah timur meridian ke-98.[125][126] Pada musim panas. pegunungan Barat Laut Pasifik.[129] Kepulauan Mariana Utara.memunculkan iklim mirip gurun di wilayah barat Argentina.[122] Truf monsun dapat memanjang ke utara hingga garis paralel ke40 di Asia Timur pada bulan Agustus sebelum bergerak ke selatan.[130] Guam. namun lebih lemah. [sunting]Dampak Westerlies Hujan rata-rata jangka panjang menurut bulan . dan Wyoming bagian tengah.[120] [sunting]Wilayah basah Lihat pula: Monsun dan Truf monsun Wilayah khatulistiwa dekat Zona Konvergensi Intertropis (ITCZ). Kepulauan Virgin Amerika Serikat. Great Basin. monsun Barat Laut bersama kelembapan Teluk California dan Teluk Meksiko bergerak mengitari pegunungan subtropis di Samudera Atlantik.[120] Siklon tropis mendorong terjadinya hujan di seluruh wilayah selatan Amerika Serikat. Setiap tahun. dan Samoa Amerika.[40] Wilayah kering di Amerika Serikat adalah wilayah tempat gurun Sonora menyapu Desert Southwest. sabuk hujan di wilayah tropis bergerak ke utara pada bulan Agustus. hujan tersebar di seluruh wilayah selatan benua ini dari kawasan timur dan timur laut India hingga Filipina dan Cina selatan sampai Jepang karena monsun mengadveksikan kelembapan dari Samudera Hindia ke wilayah ini.[121] Di Asia. mengangkut badai petir sore dan malam di wilayah selatan Amerika Serikat dan Dataran Besar.[123][124] Sirkulasi monsun sejenis. dan Sierra Nevada adalah wilayah terbasah di negara ini. kemudian bergerak kembali ke selatan menuju Belahan Bumi Selatan pada bulan Februari dan Maret. terjadi di Amerika Utara dan Australia. atau truf monsun. Pergerakannya ke kutub ini didorong oleh monsun musim panas yang ditandai dengan munculnya tekanan udara rendah (tekanan rendah panas) di kawasan terpanas Asia. dengan curah hujan rata-rata melebihi 30 inci (760 mm) per tahun. adalah wilayah terbasah di dunia.

sementara kekeringan semakin sering terjadi di wilayah tropis dan subtropis.[133][134] Tenggara. terutama Britania Raya. Ada pula bukti bahwa pemanasan global mendorong peningkatan hujan di Amerika Utara bagian timur. Puncaknya dianggap sebagai salah satu daerah terbasah di Bumi. sistem badai Pasifik mengangkut sebagian besar hujan untuk Hawaii dan Amerika Serikat bagian barat. Bergen. Tidak seperti Cherrapunji yang hujan antara April dan September.303 mm (3.6 in). sebuah kota di Chocó. curah hujan di daerah ini mencetak rekor tertinggi yaitu 12.430 mm (450 in). dan Danau-Danau Besar selama musim panas.[136] Daerah terlembap di Australia adalah Mount Bellenden Ker di timur laut negara ini yang memiliki curah hujan rata-rata 8.200 mm (480. dengan curah hujan rata-rata tahunan mencapai 11.6 in).[139]Badai di Chocó dapat menghasilkan curah hujan . mengalami hujan paling banyak di Bumi di antara kota-kota lebih dari 100.000 mm (39 in) di permukaan laut dan 2.000 millimetre (310 in) per tahun.394 mm (448.[140] Quibdó.000 millimetre (350 in) per tahun. arus jet membawa hujan maksimum musim panas ke Danau-Danau Besar. curah hujan tahunan terbesar yang pernah diukur di Kolombia.[137] Mount Waialeale di pulau Kaua'i di Kepulauan Hawaii memiliki curah hujan rata-rata lebih dari 11.[138] Lloró. Selama musim gugur. Norwegia adalah salah satu kota hujan terkenal di Eropa dengan curah hujan rata-rata tahunan mencapai 2.4 in). Tutunendo. terletak di lereng selatan Himlaya Timur di Shillong.[139] Departemen Chocó sangat lembap. dengan rekor 17.[127] Di puncak pegunungan. [sunting]Daerah terlembap Cherrapunji.680 millimetre (460 in) dalam 32 tahun terakhir. Curah hujan tertinggi yang tercatat dalam satu tahun adalah 22. sebuah kota di departemen ini merupakan salah satu tempat yang diperkirakan terlembap di Bumi. sehingga menyumbang 10% hujan tahunan di wilayah ini. Tutunendo mengalami hujan tersebar merata sepanjang tahun. rata-rata tahunannya mencapai 11.300 mm (520 in) per tahun. India adalah salah satu kawasan terlembap atau terbasah di Bumi. yang pesisir baratnya menerima curah hujan antara 1. India adalah 11.000 jiwa. Kolombia. kota ini memiliki curah hujan 26. Kawasan badai petir besar bernamakompleks konvektif skala meso bergerak ke Dataran Besar. yaitu 9. Pada 2000. dingin.0 in) pada 1861. rata-rata mencapai 13.[132] Barat Tengah. pada tahun 1974.500 mm (98 in) di pegunungan setiap tahunnya. Rata-rata 38 tahun di Mawsynram.340 millimetre (683 in) tahun 1982.873 mm (467.[135] dan wilayah tropis.Lihat pula: Westerlies Westerly bergerak dari garis depan sejuk Atlantik Utara ke daerah lembap di Eropa Barat. Barat Tengah.[131] Osilasi Selatan-El Niño mempengaruhi persebaran hujan dengan mengacaukan pola hujan di seluruh Amerika Serikat bagian Barat. Meghalaya.3 in). dianggap seabgai daerah dengan curah hujan terukur terbesar di dunia. ibu kota Chocó.250 mm (89 in). dan semi.987 mm (905. Daerah ini telah dipromosikan dalam literatur wisata selama beberapa tahun sebagai tempat terbasah di Bumi.

Ombrometer (Alat pengukur curah hujan) 5. Djoko Heru Pamungkas M. Alat dan Bahan 1. jika tidak terjadi aliran permukaan (run off). Oleh : ABDUL ROZAQ 29 009 029 AGROTEKNOLOGI FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS SARJANAWIYATA TAMANSISWA YOGYAKARTA 2010 ACARA I PENGENALAN ALAT PENGUKUR ANASIR CUACA A. Altimeter (alat untuk mengukur ketinggian suatu titik dari permukaan laut) 3.wordpress.P. Jumlah ini lebih banyak daripada curah hujan di berbagai kota di dunia dalam satu tahun. http://touringrider.com/2008/02/10/agroklimatologi/ http://razzakoke. Barometer (alat yang digunakan untuk mengukur tekanan udara) 4.com/?p=15 Agroklimatologi 76/2010 LAPORAN PRAKTIKUM AGROKLIMATOLOGI Dosen Pengampu : Ir. Dasar teori • Alat pengukur curah hujan (ombro meter). Tujuan 1. Melatih mahasiswa menenal dan mengetahui cara kerja alat pengukur ahnasir cuca baik yang manual maupun yang elektronik 2. Lux meter (alat untuk mengukur tingkat pencahayaan ruangan) 2. (alat untuk mengukur tingkat keasaman dan kebasa-an air minum) C. Jumlah keseluruhan curah hujan (presipasi) pada suatu waktu tertentu adalah tinggi air yang aka menutup suatu permukaan tanah yang datar.meter.500 mm (20 in) dalam satu hari. Ph.blog. Melatih mahasiswa menganalisis data pengamatan alat pengukur anasir cuaca menjadi informasi bagi kepentingan manusia. aliran ke . B.

defisit kejenuhan temperatur titik embun. serta luas alat penangkap air hujan. • Alat pengukur radiasi matahari (Actinograf) Sebaran sinar matahri yang sampai ke permukaan bumi di suatu daerah yang terbuka sangat perlu dicatat dari saat matahari mulai terbit di ufuk timur sampai saat matahri tenggelam di ufuk barat (pengamatan periodik). Untuk bidang pertanian suhu udara yang diamati pada ketinggian yang lebih rendah atau sedikit di atas permukaan tanah atau bahkan pada kedalaman jeluk tanah tertentu (0. Altithermograph berupa alat portable sebesar genggaman tangan yang dapat dibawa ke lokasi dengan . Tipe Combell-Stakes. data intensitas sinar matahari pada setiap posisi daun perlu diketahui. Thermohygrograph. Suhu yang tercatat pada suatu stasiun pengamatan cuaca umumnya menunjuk suhu udara yang diukur dalam sangkar meteo pada ketinggian 1. Penangkapan air hujan merupakan fungsi ketinggian alat. Pada prinsipnya alat ini terdiri bola kaca berdiameter tertentu yang memfokuskan sinar datang sesuai sudut datang matahari dan pencatat intenitas radiasi matahari sesuai waktu atau sudut datang/ posisi matahari berupa film celelloid. Alat ini langsung menunjuk angka satuan yang tertera pada monitor.). Tinggi genangan ini dinyatakan dalam millimeter. Presipasi inni ada yang berbentuk cair dan es. tinggi pemasangan dari permukaan tanah. letak ( jarak dari bangunan atau vegetasi). Alat dinamakan Actinograph. Di lapangan untuk mengukur kelembaban relatif dapat pula dilakukan dengan thermometer bola basah dan bola kering. kelembaban relatif. Gabungan alat pencatat suhu dan kelembaban udara dikenal (Hygrothermograph) dan gabungan alat pengukur tinggi tempat dan suhu udara (Altithermograph). Untuk keperluan praktis dalam pengamatan suhu udara selalu dibutuhkan data pengamatan kelembaban udara (RH) maupun tinggi tempat (m dpl). pengaruh mulsa. Thermohygrometer. night frost. Macam alat tersebut: Solari meter tipe Yordan.5 – 2 m. Untuk pengamatan dua kali sehari psikrometer Assman lebih banyak digunakan untuk mengukur kelembaban udara terus menerus psikrometer mencatat sendiri dengan bola basah dan bola kering. Pada perkembangannya digunakan tinta dan kertas grafik pencatat dengan dasar pemuaian sensor yang langsung menggeser posisi pena tinta sesuai besar kecilnya pemuaian sensor oleh radiasi matahari yang datang. psikrometer air raksa dalam pipa bagian yang mencatat sendiri. 5. Angin dan letak dapat menyebabkan perbedaan 50%. • Alat pengukur suhu (temperatur) udara maupun tanah. Untuk daerah tropis yang penting adalah bentuk cair. Film tersebut yang akan terbakar dengan intensitas tertentu berupa bekas goresan hingga terbakarnya bahan tersebut. 10 cm dsb) misal untuk penelitian pengaruh laju transpirasi. Alat untuk mencatat intensitas sinar yang diterima setiap posisi daun tanaman dilakukan dengan lightmeter atau fluxmeter (elektrik) yang operasionalnya dengan batere. Untuk keperluan penelitian hasil fotosintesis bersih suatu fase pertumbuhan tanaman atau mengetahui besarnya kemampuan setiap posisi daun dalam menghasilkan atau sebagai pengguna saja fotosintat (mutual shading). Ketelitian pengukuran curah hujan di pengaruhi oleh angin.bawah (infiltrasi) dan penguapan (evaporasi ). Makin terbuka tempatnya akan semakin besar perbedaan penangkapan dengan perbedaan ketinggian. pengaruh pemberian bahan organik dsb. Untuk akurasi hasil harus memperhatikan arah dan kecepatan angin yang naik. Macam-macam alat pengukur kelembaban udara : Psycrometer. dan higrograf rambut yang dapat mengukur kelembaban relatif secara lansung atau mengkonversikan pembacaan temperatur ke dalam data kelembaban udara. Dalam pelaksanaan ukuran penangkap hujan mempunyai pengaruh yang kecil saja terhadap jumlah hujan yang diterima kecuali untuk tipe-tipe yang percikan dan evaporasi air yang melekat pada corong kira-kira 1-2 persen. Hygrograph. Cara pengamatan • Alat pengukur kelembaban Udara Kelembaban udara dapat dinyatakan dalam berbagai cara antara lain: tekanan uap aktual. tekanan uap jenuh.

Pengukur pH tingkat asam dan basa tanah ini bekerja secara digital. Thermometer yang dapat mencatat sendiri: temperatur air raksa dalam logam atau bimetalik termograf. Data Pengamatan 1. Termometer bola basah/kering: thermometer air raksa dalam gelas. pengukur cahaya digunakan untuk menentukan pembukaan. D. Ombrometer Ombrometer adalah alat pengukur curah hujan. itu dikatakan sudah masuk musim hujan.tinggi tempat tertentu dan akan menunjuk langsung tinggi tempat (m dpl) dan suhu udara di tempat tersebut (o C). sedangkan tekanan udara rendah menandakan kemungkinan badai. tunggulah kira-kira 2 sampai 3 menit sampai angka digital stabil. Barometer Barometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur tekanan udara. Temperatur maksimum: temperatur air raksa dalam gelas atau termograf. c. Cara kerja alat ini adalah dengan cara mencelupkan kedalam tanah yang akan diukur (kira-kira kedalaman 5cm) dan secara otomatis alat bekerja mengukur. . Beberapa teknik yang digunakan oleh lightmeter. apabila curah hujan yang tertampung alat selama 10 hari sebanyak > 50 mm. Barometer umum digunakan dalam peramalan cuaca. Pada saat pertama dicelupkan angka yang ditunjukkan oleh display masih berubah-ubah. Diberikan kecepatan film dan kecepatan rana. pH tanah disebut asam bila kurang dari 7. d. alat ini akan menunjukkan f-stop yang akan memberikan sebuah pembukaan yang netral. Cara kerja alat pengukur anasir cuaca : a. Thermometer yang sangat umum digunakan di stasiun klimatologi adalah thermometer air raksa atau alkohol. dimana tekanan udara yang tinggi menandakan cuaca yang “bersahabat”. pH meter tanah (soil meter) pH meter tanah adalah alat untuk mengukur tingkat keasaman dan kebasaan tanah. Prinsip kerja alat pengukur curah hujan (ombrometer) adalah lubang penangkap berbentuk lingkaran diameter 20 cm. Lightmeter Lightmeter adalah sebuah alat untuk mengukur intensitas cahaya. Pengamatan dilakukan langsung pada thermometer air raksa dalam gelas. yaitu: • Spot Metering • Avarage Metering • Center-weighted Metering • Matrix Metering b. Nah. Gambar alat pengukur anasir cuaca : Light meter Barometer Ombrometer pH meter tanah Altimeter 2. Air yang tertampung dibuat sedemikian rupa sehingga tidak mengalamai penguapan lagi. pH tanah disebut basa (alkaline) bila lebih dari 7 dan pH tanah disebut netral bila pH sama dengan 7. Dalam fotografi.

Untuk alat yang masih manual dapat lebih terpercaya datanya. Thermometer Maksimum dan Thermometer Minimum  Thermometer Maksimum Thermometer Maksimum berfungsi untuk mengukur suhu maksimum yang terjadi dalam 1 hari dan diamati setiap jam 12:00UTC atau jam 19:00WIB. Biasanya digunakan sebagai navigasi dalam penerbangan. 6.  Thermometer Minimum Thermometer Minimum berfungsi untuk mengukur suhu minimum yang terjadi dalam 1 hari dan diamati setiap jam 00:00UTC atau jam 07:00WIB. Thermometer minimum harus dipegang dangan dua tangan sedikit miring dengan letak bolanya lebih tinggi dan bagian ujungnya diletakkan terlebih dahulu kemudian baru bagian bolanya diletakkan dengan hata-hati agar ujung indeks tetap menempel pada minikus. disini altimeter lebih bermanfaat. Alat tersebut mudah di gunakan 3. Baca thermometer minimum dengan cepat dan cermat sampai persepuluh derajat terdekat. resection dengan menggunakan kompas sering tidak banyak membantu. Baca thermometer maksimum dengan cepat dan cermat sampai persepuluh derajat terdekat. altimeter akan lebih berperan dalam perjalanan. Altimeter Altimeter merupakan alat pengukur ketinggian yang bisa membantu dalam menentukan posisi. Pada saat mengembalikan. Pengamatan suhu udara minimum : 1. 4. 5. 5. . E. Pada medan yang bergunung tinggi. Thermometer maksimum harus dipegang dangan dua tangan sedikit miring dengan bagian bolanya lebih rendah dan bagian bolanya diletakkan terlebih dahulu kemudian baru bagian ujung tabungnya. Pegang termometer dan miringkan denga bolanya berada lebih tinggi agar indeksnya meluncur kebawah sampai berhenti menempel pada minikus(alkohol). Pegang bagian ujungnya dengan baik dimana bagian bolanya ada dibawah. 2. pendakian. Kembalikan thermometer maksimum ketempatnya semula dengan hati-hati. Pada saat mengembalikan. Pengamatan suhu udara maksimum : 1. keluarkan thermometer dengan hati-hati. Data lebih cepat dapat di gunakan apabila digunakan untuk penelitian. dan lainnya) f. Penggunaan Altimeter umumnya selalu diikuti dengan penggunaan kompas. Dengan menyusuri punggungan-punggungan yang mudah dikenali di peta. 2.e. 3. Altimeter bekerja dengan beberapa prinsip : • Tekanan udara (yang paling umum digunakan) • Mangnet bumi (dengan sudut inclinasi) • Gelombang (ultra sonic maupun infra merah. Setelah dibaca. 4. Kembalikan thermometer maksimum ketempatnya semula dengan hati-hati. 4. 6. Ayun/ Dikibas-kibaskan thermometer berulang-ulang dengan lengan tetap lurus sampai air raksa yang terputus tersambung kembali dengan sempurna. Alat-alat yang bersifat canggih lebih cepat penoperasiannya. Setelah dibaca. Kesimpulan Kelebihan dari alat-alat tersebut diatas adalah : 1. dan kegiatan yang berhubungan dengan ketinggian. keluarkan thermometer dengan hati-hati. Pada pengamatan suhu minimumskala yang dibaca adalah skala yang ditunjuk oleh ujung indeks yang terletak lebih jauh dari bola thermometer. 2. 3.

Adanya radiasi bumi yang merupakan penggunaan energy sinar matahari yang di terima bumi dengan adanya vegetasi. hygrometer . ACARA II MENENTUKAN HUBUNGAN ANTARA TEMPERATUR DAN KELEMBABAN RELATIF HARIAN SUATU WILAYAH A. D. Menetukan tempat yang aka diamati suhu dan kelembaban relative 2. 30 Mei 2010 Jam Lightmeter Thermometer Max (0C) Min (0C) Rata-rata (0C) 1 0 30 25 27 2 0 31 25 28 3 0 32 26 29 4 0 31 24 27. Keadaan sebaran wilayah Indonesia yang tersebar antara sekian bujur barat hingga sekian bujur timur menyebabkan sudut datang sinar matahari di setiap wilayah tidak sama yaitu antara 0o hingga 180o. Apabila terjadi kerusakan pada software alat yang digunakan cara kerjanya kurang di mengerti. Tujuan 1. yang akibat selanjutnya terciptanya suhu udara atmosfer maupun di wilayah perairan atau tanah di suatu wilayah yang tidak sama. lighmeter dan thermohygrometer. lighmeter dan thermohygrometer. 3. thermometer maksimum minimum . Dasar Teori Letak wilayah negara kesatuan republic Indonesia di bola bumi yang tersebar dalam lingkup 23o LU hingga 23o LS selama 12 jam relative menghadap matahari karena berotasi pada porosnya. 2. Cara kerja 1. B. Mahasiswa mengenal hubungan antara temperature dengan kelembaban relative suatu wilayah pada suatu waktu. Apabila energi yang digunakan habis alat tidak dapat digunakan dengan maksimal 2.5 5 12 31 24 27. Bahan dan Alat 1.5 6 390 32 24 28 7 692 32 27 29. bangunan. Menyiapkan dan mengecek kelayakan thermometer maksimum minimum . C. keadaan tersebut menyebabkan bumi dan perairan Indonesia berbeda dalam penerimaan energy sinar matahari setiap waktunya selama satu hari. Data Pengamatan Minggu. Meilih lokasi dan menyiapkan tempay peletakan dan pengamatan alat pengukur anasir cuaca yang di gunakan. hygrometer .5 .Kelemahan pada alat-alat tersebut adalah : 1. E. perairan ataupun organism. akan mempengaruhi kandungan uap air yang di produksi tanah maupun vegetasi atau organism lainnya. Mahasiswa dapat mengukur dan menentukan anasir berupa : temperature dan kelembaban reltif suatu wilayah pada ssuatu waktu 2. Mengamati secara periodik alat pengukur anasir cuaca dengan tepat dan benar. Apabila menggunakan dengan alat manual maka harus menggunakan rumusnya. 3.

5 11 145 38 33 35.00 22 68 2. 22. .00 22 76 6.00 – 16.5 14 146 39 31 35 15 146 38 32 35 16 741 35 31 33 17 227 34 28 31 18 0 34 28 31 19 0 34 28 31 20 0 33 27 30 21 0 32 27 29.00 22 76 5.00 22 76 5.00 – 22.00 – 21. 19. .00 – . 20. 17.5 12 138 36 31 33. 15.00 – 00.5 13 140 38 31 34.8 714 34 28 31 9 961 36 31 33.00 – 18.00 – 23.00 – 20.5 22 0 33 27 30 23 0 33 27 30 24 0 33 27 30 Gambar Grafik Diatas Suhu dan Kelembaban No Jam Suhu (0C) Kelembaban (%) 1.00 23 66 4.00 – 17.00 22 76 6. 14.00 – 02. 23.00 22 68 3.5 10 106 37 32 34. 16.00 22 68 2.00 – 15.00 22 78 9. 13.00 22 68 3. 21.00 22 78 7.00 – 14.00 23 66 4. 18. 00. 01.00 22 78 7. 12.00 22 78 .00 – .00 – 01.00 22 78 8.00 – 13.00 21 79 Gambar grafik 23 JUNI 2010 No Jam Suhu (0C) Kelembaban (%) 1.00 – 19.

. TUJUAN 1. Analisis Pengamatan Dari hasil pengamatan kami.00 – . Melihat dan mengeperasionalkan alat pengukur anasir cuaca disuatu stasiun meteorology yang berbasis computer. alat pengukur suhu udara maupun tanah. lighmeter. Data Pengamatan Kami mengadakan pengamatan di stasiun meteorologi yang dimiliki Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) disana di perkenalkan beberapa alat yang sekaligus bagaimana cara pengoperasian alat di antaranya alat untuk mengukur curah hujan. Hal ini perlu diperhatikan sebagai factor alam yang sangat mentukan panganan manusia dengan lebih serius. 2. Amati pula anasir cuaca dengan alat pengukur normal.00 22 78 9. alat pengukur radiasi matahari. Topografi maupun demografi suatu wilayah tentunya akan mengakibatkan operasional alat pengukur anasir cuaca yang berbasis komputerisasi tidak selalu jitu. kami di mengumjumgi tempat dan letak alat-alat yang digunakan untuk . 3. KESIMPULAN Hampir data yang diperolaeh tidak jauh berbedadengan data yang lainnya kecuali pada data yang pertama perbedaannya sangat jauh berbeda.00 21 79 Gambar grafik F. Bahan dan Alat Menyiapkan alat pengukur anasir cuaca manual seperti : hygrometer . F. Serta secara jumlah peralatan dapat di buat sesuai sebaran wilayah yang sngat luas. . C. kamera. alat pengukur kelembaban udara. Penggunaan bantuan alat sensor maupun mekanik yang di gerakakkan dengan sinar matahari memungkinkan terciptanya peralatan yang lebih praktis dan akurasi data menjadi meningkat. Dengan menggunakan alat yang sudah canggih dan modern. Dengan program yang selalu berkembang memungkinkan pengiriman dan penggunaan data di suatu wilayah dapat diakses dengan cepat dan akurat dan setiap waktu. dll.8. Amati alat pengukur yang ada 2. D. thermohygrometer. Mengetahuan kelebihan dan kelemahan system komputerisasi dat cuaca di bandingkan secara manual B. ACARA III MENGAMATI DAN MENGOLAH DATA ANASIR CUACA SECARA KOMPUTERISASI A. Cara Kerja 1. E. Dasar teori Pengamatan anasir cuaca yang secara periodic dengan ketrbatasa linkungan dan ketelitian manusia sebagai pengamat dalam setiap waktunya serat perkembangan teknologi kompuuter yang sangat cepat mendorong dikembangkanya alat pencatat anasir cuaca dan program pengolahannya yang sangat meringankan manusia baik secara tenaga maupun ketelitian.00 – . Amati data anasir cuaca distasion meteorollogi dan golah data yang di peroleh dengan program computer .

klik tombol pembacaan catridge setelah nama tertera tinggal proses. kemudian di bagian kanan table periode choice diganti dengan daily data (menurut perhari). yang disambungakan langsung ke CPU PC. . dan jika catridge di ambil lebih kurun waktu yang di tentukan maka data yang sebelumnya tidak dapat digunaman kembali. batas pengambilan data pada catridge dalam jangka 43hari. atau hourly data (data perjam) dan sesuai dengan data yang di inginkan. Dan untuk mengetahui pembacaan di PC tersebut harus ada program softwear tersendiri yaitu CIMSTA. setelah di ganti di MS. bila sudah memilih kemudian klik OK. Sensor Kelembaban & Suhu.mengamati iklim. Alat tersebut dipasang dilapangan yang terbuka kemudian alat disambungkan dengan kabel yang di sambungakan dengan terminal sensor otomatis yang kemudian disimpan di tempat penyimpanan data yang di namakan catridge. G. pilihan alamat stasiun. setelah itu pihak dari BPTP memeperkenalkan iklim dan seputar iklim berikut data : Pentingnya Informasi Iklim Membantu Petani untuk keluar dari permasalahan Kekeringan dan Kebanjiran yang sering menimpa mereka Sebagai bahan pertimbangan untuk menyusun Pola Tanam dan Strategi Tanam Sebagai bahan untuk menentukan jadwal / waktu tanam Dengan di bantunya alat yang sudah canggih dan mudah pengoperasiannya yaitu alat yang digunakan adalah : Aktinograph Sensor Radiasi Matahari (RG). klik raw acquisition data viewing akan berubah tabel untuk mempermudah pembacaan dan pengeditan bekerjakan dengan MS. dan di accuatition akan muncul data iklim stasiun iklim. untuk mengetahui dan untuk membacanya diatas terminal sensor otomatis ada monitor yang di gunakan untuk mengetahui suhu dan iklim secara langsung. Sensor Arah Angin. pilih pilihan new station. Untuk pembacaan iklim di komputer setelah menklik ikon tersebut akan muncul windows : cimsta : station interrogation. Kesimpulan Kelebihan yang dapat perhitungan mengamati dan mengolah data komputerisasi : • Data tidak dapat di manipulasi • Data dapat tersimpan lama • Mudah mengoperasikan dengan kompute • Lebih cepat membaca data Kelemahan dari perhitungan mengamati dan mengolah data dengan menggunakan menggunakan komputerisasi : • Apabila terjadi kerusakan pada alat harus menggunakan teknisi dari luar negeri • Memori harus cepat diganti apabila jangka waktu yang di sesuaikan sudah habis. setelah itu di acquisition unit pilih lokasi stasiun BPTP DIY. dan akan muncul nama data pilih data yang terbaru.F) dan catridge kosong dan dapat di gunakan kembali. kemudian akan muncul likasi stasiun.I. Untuk pembuatan stasiun baru klik pada toolbar station. Untuk mengetahui lebih lengkap di komputer masukkan catridge dengan alat tersendiri yang dinamakan Cimel Electronique. pilih chose statiun family klik tombol gulir kelompok stasiun. Dan data yang sudah di masukkan untuk meng himat catridge dilakukan penhapusan dengan alat yang di gunakan Circuit Imprime Francuise (C. • Perhitungan lebih akurat dengan menggunakan alat manual.Excel. pilih di kanan toolbar View.Excel dapat di edit sesuai dengan kepeluan. Sensor Kecepatan Angin. Selain monitor disana juga ada tombol pengendali yang digunakan untuk memasang menonaktifkan. pada statiun setelah di berikan nama klik OK. Dan data sudah tercantum dan untuk proses akhir klik OK. dan pilih ikon pembacaan catridge diatas yang berwarna hijau.

padang rumput (stepa) luas sehingga memungkinkan setiap wilayah tersebut memiliki ekosistem berbeda dan memungkinkan memiliki atau termasuk klasifikasi iklim sangat heterogen dari A hingga H menurut klasifikasi iklim Schmit Ferguson maupun Mohr ( iklim sangat basah hingga sangat kering). intensitas sinar matahari di tempat terbuka maupun di areal vegetasi yang dominan). suhu udara dan tanah. 2. tinggi tempat. kelembaban relatif. Memilih tiga atau lebih lokasi wilayah pengamatan dengan ekosistem dan iklim yang berbeda mencolok (daratan dan perariran). F. Secara topografi Desa Panggungharjo merupakan daerah dataran dengan ketinggian berkisar 45 meter diatas permukaan air laut. C. suhu . 3. D. kelembaban relatif. dilewati sungai. Dasar Teori Wilayah Negara Indonesia yang berkilometer persegi. Bahan Mendatangi stasiun meteorologi dan suatu wilayah dengan ekosistem yang berbeda (baik tinggi tempat. Cabean dan Ngireng-ireng. intensitas sinar matahari harian dan bulanan. tersebar dari barat hingga timur yang meliputi sekian Bujur barat – bujur timur serta tersebar dari utara hingga selatan yang meliputi sekian lintang utara – lintang selatan. pegunungan yang begitu tinggi hingga terseliputi oleh awan abadi. Amati anasir cuaca (tinggi tempat. Karena ada wilayah yang berbatasan dengan lautan. kecepatan angin. Data yang diliput atau diamati antara lain.ACARA IV MENENTUKAN KLASIFIKASI IKLIM SUATU WILAYAH BERDASAR ANASIR CUACA A. memiliki rawarawa. Data Pengamatan Kami mengadakan penelitian didaerah Panggungharjo. evapotranspirasi. Sewon. Alat dan Bahan • Thermohygrometer tanah • Luxmeter • Hand Anemometer • Thermometer maksimum-minimum E. topografi. • Kawasan pusat pemerintahan dan perekonomian yang meliputi pedukuhan Pandes. vegetasi serta organisme yang ada maupun yang mendominasi ekosistem yang diamati serta evapotranspirasi pada ekosistem yang diamati. Jaranan. . perbukitan. Garon. Ulang pengamatan 3 sampai 5 kali. Kweni dan Pelemsewu. Berdasarkan karakteristik sumber daya alamnya Desa Panggungharjo terbagi dalam 3 bagian yaitu : • Kawasan budi daya pertanian lahan basah yang meliputi pedukuhan Geneng. Tujuan 1. curah hujan harian dan bulanan. Sawit. Cara Kerja 1. Tentukan sampel pengamatan 10 m2 dari luas total areal yang diamati 1 hektar. Glondong. maupun vegetasi yang hidup di tempat tersebut) dengan batas administrasi pemerintah yang jelas (Kota kabupaten atau beda propinsi) yang berbeda dengan jarak berratus kilometer. Bantul dengan letak geografis sbb : Pangungharjo terletak di Kabupaten Bantul terletak antara 07° 44′ 04″ – 08° 00′ 27″ Lintang Selatan dan 110° 12′ 34″ – 110° 31′ 08″ Bujur Timur. Samudra. Mengetahui cuaca mikro suatu ekosistem B. Melatih mahasiswa mengamati anasir cuaca untuk menentukan klasifikasi iklim suatu wilayah 2.

15 Ha (36.327. Garon.823. Krapyak Kulon. Sungai Progo : 24.35 %) Kabupaten Bantul dialiri 6 Sungai yang mengalir sepanjang tahun dengan panjang 114 km2. H. Krapyak Wetan. Pekarangan : 18.90 %) 4.00 km 4. Sawah : 16.00 km G.45 Ha (14. yang meliputi pedukuhan Dongkelan. Untuk jalur utama lalu lintas antar daerah / antar propinsi terdapat ring road (jalan lingkar) selatan yang terletak di wilayah utara desa Panggungharjo. Kweni dan Pelemsewu. wilayah desa Panggungharjo merupakan salah satu wilayah yang berdekatan dengan kota Yogyakarta. Berdasarkan karakteristik sumber daya alamnya Desa Panggungharjo terbagi dalam 3 bagian yaitu : • Kawasan budi daya pertanian lahan basah yang meliputi pedukuhan Geneng. Krapyak Kulon. juga jalan Bantul dan jalan Parangtritis. juga jalan antul dan jalan Parangtritis. Krapyak Wetan. Tegalan : 7. Berdasarkan hidrologi kawasan desa Panggungharjo mempunyai sumber air tanah yang cukup memadai terutama di Sorowajan pedukuhan Glugo dan Karangnongko pedukuhan Pelemsewu sehingga dapat memberikan kontribusi terhadap kesuburan tanah pertanian di desa Panggungharjo. Sungai Bedog : 9.80 Ha ( 3.697. Cabean dan Ngireng-ireng. Untuk jalur utama lalu lintas antar daerah / antar propinsi terdapat ring road (jalan lingkar) selatan yang terletak di wilayah utara desa Panggungharjo. Sedangkan berdasarkan kondisi geografis. Yaitu : 1. Tata Guna Lahan : 1. Jaranan. Kesimpulan • Jadi daerah ini lebih sempit untuk persawahan dari pada pekarangan • Dilihat dari data yang di dapat berkurangnya lahan pertanian di karenanakan daerah tersebut perbatasan dengan ibukota. Sungai Opak : 19. hutan dan tanah.75 km 5. Sungai Winongo : 18. • Kawasan aglomerasi perkotaan.16 %) 2.554. yang meliputi pedukuhan Dongkelan. Tanah Hutan : 1. Glondong. • Kawasan pusat pemerintahan dan perekonomian yang meliputi pedukuhan Pandes. wilayah desa Panggungharjo merupakan salah satu wilayah yang berdekatan dengan kota Yogyakarta. Sedangkan berdasarkan kondisi geografis. Sungai Code : 7.• Kawasan aglomerasi perkotaan. Analisis dan Pembahasasan Secara topografi Desa Panggungharjo merupakan daerah dataran dengan ketinggian berkisar 45 meter diatas permukaan air laut.19 %) 3. Sawit. • Daerah ini masih bisa digunakan lahan penghijauan bila dilihat dari data yang didapat karena lahan untuk perumahan lebih sedikit dari pada lahan untuk sawah.50 km 6. Berdasarkan hidrologi kawasan desa Panggungharjo mempunyai sumber air tanah yang cukup memadai terutama di Sorowajan pedukuhan Glugo dan Karangnongko pedukuhan Pelemsewu sehingga dapat memberikan kontribusi terhadap kesuburan tanah pertanian di desa Panggungharjo. Sungai Oyo : 35.84 Ha (33. Glugo.00 km 3. Share:  . Glugo.75 km 2.

Agroklimatologi à agro – klim 2. . garis lintang.  1. radio dll. yaitu unsur-unsur alam yang gabungannya akan menentukan keadaan (iklim) suatu tempat seperti curah hujan.  Faktor iklim. B. Klimatologi à mikro klim 3.  1. Secara tidak lansung à terhadap besarnya pengaruh hama dan penyakit tanaman. arus angin. Faktor utama yang menentukan hasil tanaman optimal Kondisi tanah Keadaan cuaca atau iklim Bibit tanaman Hubungan cuaca dengan hasil tanaman Secara langsung à terhadap jumlah hasil tanaman yang didapat.  1. evaporasi dan radiasi matahari. Iklim 4. 2. Cuaca 5. adalah factor atau pengendali unsur iklim yang akan menyebabkan perbedaan unsur iklim tersebut yang ditemukan pada tempat berbeda menurut ketinggian tempat. 2. Penentuan Keadaan Iklim  Unsur iklim. penyebaran daratan dan lautasn serta pembentukan tanah. Definisi 1. temperatur.PENDAHULUAN A.agroklimatologi 05MAR I. Cara meramalkan hasil tanaman Mengumpulkan data tentang tanaman. angin. kelembaban. 3. Agroklimatologi secara umum Iklim merupakan salah satu faktor penentu hasil tanaman. awan. Meteorologi à mikro metrlg Klimatologi à mrpk sekaligus ilmu tua & ilmu muda Tua à sejak manusia ada sudah mempelajari lingknya Muda à manusia benar-benar mempelajarinya shg ditemukannya kapal terbang.

danau. dapat berasal dari serbuk sari tanaman.ATMOSFIR 1. Uap air Komponennya berubah-ubah tergantung jumlah dan sumbernya à Penguapan laut. bagian udara. kosistem perairan seperti samudera. bagian cair. Aerosol Butir-butir debu sifatnya hygroskopis sehingga memungkinkan terjadinya satu titik air yang bergaya berat dan Debu dapat berasal dari yang sifatnya aerosol. . 4. H dan Xe. Tanpa atmosfer. Gas-gas Sekitar 25 km di atas permukaan bumi Berdasarkan volumenya. Pengertian Atmosfer Planet bumi terdiri dari empat bagian utama Lithosfer. Komposisi Atmosfer 1. laut.2. Gas lain yang bersifat mikro antara lain: Ne. Kr. II. Argon 0. jenis gas terbanyak adalah Nitrogen 78. seperti gunung berapi dan padang pasir dan juga dapat jatuh sebagai hujan. batuan. Atmosfer merupakan selimut tebal yang terdiri dari gas-gas yang menyelimuti bumi dan berfungsi untuk melindungi bumi dari pemanasan dan pendinginan yang berlebihan. 1.03%. danau. bagian padat. 1.08%. B. 3.93% dan Karbon dioksida 0. 3. 2. menyelimuti seluruh permukaan bumi Bagian yang di tempati organisme ditempati organisme Hubungan interaksi keempat bagian tersebut Proses transfer panas Perpindahan materi padat di bumi Titik sentral klimatologi 1. Uap air terdapat pada ketinggian atm < 20 km yang merupakan sumber utama hujan tetapi hujan tidak akan terjadi tanpa adanya debu. tanah Hidrodfer.  1. A. Sebagian ahli mengatakan bahwa ketebalam atmosfer > dari 650 km. separuh dari massa atmnya ada pada ketinggian atm < 5. Oksigen 20. 2.6 km. Gas dan aerosol pada ketinggian atm <32km. Mengumpulkan data cuaca yang sesuai dengan tanaman. He. tanah dan tanama dan benda-benda dibumi. sungai Atmosfer. 1.95%. diperkirakan panas siang di bumi bisa >90°C dan pada malam hari bisa <-184°C.

Shg suhu udara dgn meningkatnya ketinggian akibatnya lap ini tdk mengdg air (hanya udara kering).Stratosfer . gas yang dominan Hidrogen dan Helium Pada lapisan bawah yang dominan Nitrogen dan Oksigen. http://webpustaka. Kita mengenal adanya kepercayaan orang terhadap dewa yang mengatur tentang kejadian alam dari berbagai kondisi cuaca Dewa Boreas dan adalah dewa iklim pengatur angin seperti orang Yunani : kuno . Ozon berfungsi menyerap radiasi ultrafiolet shg tdk sampai ke pmkn bumi. sehingga segala kegiatan dipermukaan bumi tidak lepas dari pengaruh cuaca dan iklim. yang merupakan habitat dari beraneka ragam makhluk hidup  Sebagai pusat dari dinamika iklim permukaan bumi . Batas atas lap ini disebut Termopauseyg suhunya dpt mencapai 1200’C.Lapisan atm  Lapisan atmosfer berdasarkan perbedaan arah dan variasi suhu vertical 1.Sifatnya khas nya adl ditemukannya gas-gas yg akan mengalami ionisasi à oksigen (O2) & gas lainnya pecah menjadi oksigen atomic shg panas (suhu jd naik) yg suhu nya meningkat dgn menaikkan ketinggian tpt.Termosfer àditemukan diatas mesopause sampai ketinggian 650 km.Puncak troposfer atau daerah transisi antara troposfer dengan stratosfer disebut Tropopause. 3.kedua diatas troposfer dgn ketinggian sampai 50 km dpb. 4. Ada 3 komponen yang saling pengaruh-mempengaruhi yaitu soil ?(?? ) plant ?(?? )atmosphere (tanah-tumbuhan-atmosfir).Merupakan lapisan yang paling penting di atm karena:  Lapisan yang berhubungan langsung dengan permukaan bumi. .6°C seiring bertambahnya ketinggian 100 m di lokasi. . Sifat khas nya àmengdg Ozon dgn konsentrasi yg tinggi pd ketinggian lap atm dibwh sekitar 25 km. 2.- Pada lapisan atm yang paling tinggi (>1000 km). Dalam dunia pertanian sasaran utamanya adalah mengelola tanaman beserta faktor lingkungannya untuk mendapatkan hasil yang baik dari segi kualitas maupun kuantitas.Troposfer .com/berita/agroklimatologi/ PENDAHULUAN Cuaca dan iklim merupakan salah satu komponen ekosistem alam.Sifat khas: terjadinya penurunan temperatur 0. Tebal di kutb yg kdg-kdg tdk ditemukan di khatultw. Batas lap ini dgn termosfer disbt dgn Mesofause yg suhu terendah pd lap ini sampai – 110’C.100 km. c. Batas lap ini dengan mesosfer disebut Stratopause.Mesosfer àlap diatas stratofer yg sifatnya = troposfer (temperaturnya turun setiap ketinggian tpt meningkat). Suhu terendahitemukan pd ketinggian atr 80 .Lapisan terendah atm yang ketinggian atau tebalnya sekitar 16 km di khatulistiwa dan 8 km di daerah kutub.

Unsur/elemen Radiasi Suhu/temperatur Pengguapan/evaporasi Kelembaban/humidity Awan Hujan/presifikasi Tekana Angin Sifat iklim suatu tempat dapat dikatakan tetap meskipun terjadi fariasi dari tahun dan ini disebut fluktuasi iklim. Pelindung bangunan berkamar banyak dimana setiap kamar dapat diatur cuaca/iklimnya. mengurangi suhu disiang hari. Gunanya Phytotron Suatu Biotron Sama dengan phytotron. . Water and Man‖ dan tulisan Aristoteles tahun 350 SM dengan bukunya yang berjudul ―Meteoralogica‖. Ilmu yang mempelajari tentang cuaca disebut Meteorologi sedangkan ilmu yang mempelajari tentang iklim disebut Klimatologi. Cuaca atau iklim dapat dimodifikasi dalam skala yang terbatas yang disebut sebagai iklim mikro. Faktor Latitude/garis Altitude/ketinggian Tanah Arus-arus Distribusi daratan dan lautan/daerah tekanan tinggi dan dan pengendalian iklim yang dimaksud adalah : lintang tempat vegetasi laut rendah Faktor pengendalian iklim akan menentukan bagaimana kondisi unsure/elemen iklim disuatu tempat. Beberapa Rumah contoh modifikasi Kaca/Green cuaca/iklim yaitu : House udara iklim yang dimaksud yaitu : matahari/penyinaran Merupakan bangunan beratap kaca dan berdinding kawat kaca tempat membudidayakan berbagai macam tanaman.Dewa RA adalah dewa matahari orang Mesir kuno Dewa Yupiter Pluvius adalah dewa hujan orang Yunani Cuaca dan iklim sebagai ilmu dengan munculnya tulisan Hippocrates pada tahun 400 SM tentang ―Air. untuk memperkecil perbedaan suhu siang dan malam hari. hanya setiap kamar dilengkapi dengan tempat makanan dan minuman. Peneduh/Pohon Gunanya untuk mengurangi intensitas cahaya matahari. mengurangi kecepatan angin dan Mulsa menaikkan kelembaban udara.

04 ppm dan lain-lain. O2 21%. dan lain-lain. debu halus ini disebut kondensasi. mengurangi run off. Ilmu cuaca/iklim berkembang terus sehingga lahir berbagai cabang ilmu terapannya. debu dari letusan gunung api. N2O 0. tepung sari. Atmosfer disebut juga udara. Agrometerologi diartikan sebagai suatu studi proses fisik diatmosfer yang berhubungan dengan proses produksi yaitu : Peramalan Mengatakan produksi yang lebih pola tepat tanam dengan berpegang pada kondisi data cuaca pengaturan berlandasan meteorologist Melakukan kontrol terhadap kondisi lingkungan yang ada disekitar tanaman dan lebih diarahkan kepada lingkungan mikro. alang-alang. CH4 0. tidak berwarna dan tidak dapat diraba. antara lain agrometeorologi dan agroklimatologi. ATMOSFER Bumi diselimuti oleh gas yang tebal secara menyeluruh yang dikenal sebagai atmosfer bumi.00022%.02-0. dan memperbesar resapan air kedalam tanah. Jenis mulsa yang dapat digunakan serbuk gergaji.650C/100m naik. NaCL. CO2 0.03%. Debu-debu halus Partikel debu halus yang bersifat higroskopis antara lain Kristal. sekam padi. Cloud Kelembaban udara minimal 70% seeding/Hujan diudara disebarkan serbuk NaCL dan buatan Urea. air . atmosfir Lapisan-lapisan Lithosfir Troposfir Tropopause Stratosfir Stratopause Mesosfir Mesopause Lonosfir Troposfir Suatu sifat udara ditroposfir ialah terjadinya penurunan suhu udara karena kenaikan tinggi tempat yang disebut lapse rate yang besarnya 0. Isi lapisan Troposfir Gas-gas : N2 78%. plastik. padang Uap pasir dan pabrik.000052% ozon 0. Kebalikannya yaitu udara dilapisan bawah lebih dingin yang disebut inverse. dedaunan. Agrometeorologi dan agroklimatologi adalah ilmu cuaca/iklim dibidang pertanian yang berkaitan dengan respon organism terhadap lingkungan fisik. tidak berbau.Gunanya mengurangi penguapan air tanah. jerami.

diterima bumi: oleh langit H2O. Strotosfir Lapisan atmosfir ini menjadi sangat penting karena terdapatnya konsentrasi ozon yang terbesar. danau. Energy radiasi matahari yang mencapai permukaan bumi disebut insolasi. PENYINARAN Matahari merupakan sumber energi bagi bumi. tanah. sinar karena dapat dalam bersifat perjalanan lethal kebumi effect yaitu 3 mematikan. proses Pengurangan Absorbs Refleksi Scattering matahari disebabkan (penyebaran) (pantulan) (pembauran) Gambaran secara umum pemanasan bumi dan atmosfir oleh sinar matahari pada siang hari adalah sebagai berikut : Panas Dipantulkan Dibaurkan Dipantulkan 34% Panas Diserap Radiasi Diserap 66% Bila panas yang diterima lapisan luar atmosfir bumi dianggap 100% maka dengan demikian 66% insolasi efektif untuk Faktor-faktor Jarak Sudut Panjang dating hari dan yang pemanasan mempengaruhi dari radiasi lama (berhubungan penyinaran jumlah bumi radiasi dan matahari yang atmosfirnya. tumbuhtumbuhan dan lain-lain. uap air. Lonosfir Berfungsi sebagai pemantul gelombang radio komunikasi. dan debu halus). Sinar gelombang pendek sangat berbahaya bagi makhluk hidup. sehingga jangkauannya menjadi lebih jauh. . Ozon ini menjadi penting karena menapis atau menyaring sinar ultraviolet dan matahari yang masuk kebumi karena sangat membahayakan bagi kehidupan dimuka bumi. bumi langsung bumi N2 dan atmosfirnya 24% 23% 19% gas.Merupakan komponen sangat penting. CO2. Ultraviolet merupakan sinar yang terbanyak sampai kepermukaan bumi. visible light/cahaya tampak dan infra red. sungai. yang diterima bumi diserap O3. berasal dari penguapan air pada laut. Beberapa jenis sinar yang diradiasikan yaitu ultraviolet. permukaan yang hilang awan molekul bumi udara ke angkasa 25% 9% 2% matahari dengan (berhubungan intensitas dengan garis (jauh-dekat) radiasi) lintang) Kondisi atmosfir (adanya gas.

cahaya tampak dan gelombang panjang. EFEK RUMAH KACA (GREEN HOUSE EFFECT) Efek rumah kaca dapat diperkuat apabila diatmosfir bertambah kandungan gas-gasnya maupun debu-debu dari berbagai sumber. maka daun-daun muda tanaman dapat rusak karena pembekuan darah sel dan cairan antar sel. N2O (310 x). SUHU Suhu adalah ukuran energi kinetik yang dihasilkan oleh aktifitas pergerakan molekul yang dikandung oleh suatu benda Faktor-faktor Jumlah Sudut Jenis Warna Struktur permukaan serta situasi dan biasanya yang radiasi dinyatakan mempengaruhi yang dating dengan satuan 0C/0F. maka ozon yang terdapat diatmosfir akan terganggu bahkan rusak sehingga kemampuannya menahan sinar ultraviolet dari radiasi matahari menjadi berkurang. Umumnya besar albedo dipermukaan bumi 35-43% TERISTRIS.ALBEDO Yaitu persentase perbandingan antara radiasi sinar pantul oleh suatu permukaan terhadap radiasi yang dating pada permukaan RADIASI tersebut. Emisi rumah kaca yang dimaksud adalah CO2 (bernilai 1). CH4( 21x). suhu bumi reaksi permukaan permukaan vegetasi variasi/fluktuasi diterima . FROST Udara menjadi angin dan berkumpul pada bagian cekungan. Kejadian ini disebut pemanasan global. Pencegahan Pemanasan Drainase Irigasi Wind Sifat barrier (penanaman cahaya pohon pelindung dalam untuk mencegah bidang angin Frost frost juga menyerang dapat (pemasangan udara bunga dilakukan heater dan dengan buah. Radiasi dari bumi ini disebut radiasi teristis yang bergelombang panjang (radiasi infra red) sehingga menentukan besar kecilnya suhu udara dipermukaan bumi. Panjang Panjang hari hari mempengaruhi dan pembuangan tumbuhan lama yang disebut penyinaran fotoperiodisitas Kualitas cahaya : ditentukan oleh panjang gelombang cahaya seperti gelombang pendek. daun kering dan layu seperti dibakar serangan ini disebut frost/embun api. : dikebun-kebun) dingin curah dingin) pertanian Intensitas (cal/cm2/menit) yaitu besarnya energi yang jatuh pada bidang seluas 1 cm2 dengan 1 menit.

Transpirasi adalah proses evaporasi air dan tanaman yang terjadi secara simulkan. maksimum minimum. Evaporasi adalah proses fisis dimana benda cair atau padat berubah menjadi fase gas. Pengukuran pada pagi. ± kondisi udara iklim lain yang yang ± ± mempengaruhi bervegetasi. Suhu Dengan Pendinginan menjumlahkan rerata suhu bulanan kemudian dibagi tahunan 12. basah Bila udara jenuh naik. Pendinginan adiabatis dingin Bila suatu massa udara kering bergerak naik secara vertical. kemudian kemudian maksimal. EVAPORASI (PENGUAPAN) Air memiliki keunikan yaitu fase padat. cair dan uap. Adiabatis Proses adiabatis adalah suatu proses dimana tidak ada panas yang masuk ataupun keluar pada suatu benda (udara). Suhu harian dirata-ratakan dirata-ratakan. kemudian dibagi dengan jumlah hari jumlah bulan yang bersangkutan.50C/100 meter. evaporasi 80% 1% ±5% 14% permukaan . pada keadaan ini laju perubahan suhu lebih lambat dari adiabates kering yaitu 0. Evapotranspirasi digunakan untuk mematakan proses total dari air yang dipindahkan berupa uap ke atmosfer dari lahan Faktor Penyinaran Suhu Kelembaban Angin Faktor lainnya. maka suhunya akan turun. Pada keadaan laju perubahan suhu Pendinginan adalah tetap yaitu adiabatis 10C/100 meter. udara itu mendingin dengan pengembangan dan adanya panas laten yang keluar.Pengaruh Angin Panes Suhu kardinal ketinggian tempat laten terdiri dari : Suhu minimum yaitu batasan suhu terendah yang diinginkan oleh tanaman untuk tumbuh berkembang dan berproduksi Suhu maksimum yaitu batasan suhu tertinggi yang diinginkan oleh tanaman untuk berkembang dan berproduksi Suhu optimal yaitu suhu terbaik dimana tanaman dapat melangsungkan proses fisiologis dan memberikan hasil secara Pengukuran Suhu Pengukuran Pengukuran dilakukan dilakukan pada setiap saat jam suhu selama dan 24 suhu jam. siang dan sore hari dengan perhitungan Suhu 2 x suhu pagi+suhu siang+suhu sore)/4 bulanan Dengan menjumlahkan rerata harian dalam bulan tersebut.

Panas adalah energi total dari pergerakan molekuler suatu benda. : airnya didinginkan dinyatakan uap spesifik absolut relative Besaran yang sering dipakai untuk menyatakan kelembaban udara adalah kelembaban nisbi yang diukur dengan psikometer atau hygrometer. . sedangkan energi panas dipergunakan untuk transpirasi. Mencegah kenaikan suhu permukaan daun sehingga terhindar dari terbakarnya daun pada intensitas radiasi matahari Memungkinkan akar tanaman menyerap tinggi. Perkembangan penyakit lebih tertekan. Kelembaban nisbi berubah sesuai dengan tempat dan waktu. permukaan tawar/air evapotranspirasi tanaman bendungan permukaan irigasi Kabut dan awan mempunyai kesamaan yaitu terdiri atas tetes air yang mengandung diudara. UH Menghindari tingginya tekanan turgor sel KELEMBABAN UDARA Kelembaban adalah banyaknya kadar uap air diudara. Udara atmosfir adalah campuran dari udara kering dan uap air. Kandungan uap air diudara akan mencapai suatu batas dimana udara tidak dapat menerima lagi tambahan uap air Kejenuhan Bila Jika Kandungan Tekanan Kelembaban Kelembaban Kelembaban udara suhu uap disebut udara terus udara air dapat ditambah turun atau diatmosfir udara terjadi uap jenuh. lautan dan vegetasi mempunyai sifat yang berbeda dalam penyerapan panas energi matahari Sifat Status Manfaat Menghitung Mengatur Menghitung Perencanaan debit kehilangan pengaturan air permukaan mengetahui kebutuah air air pada tingkat kekeruhan nilai air suatu dari jaringan dan air maupun melepas uap air. Sedangkan suhu adalah derajat panas suatu benda atau ukuran energi cahaya diperlukan untuk fotosintesis. Secara fisis terdapat perbedaan kabut terbentuk didalam udara dekat permukaan bumi. RH rendah akan menyebabkan intensitas cahaya matahri yang mencapai permukaan bumi lebih besar sehingga fotosintesis lebih besar.Jenis permukaan seperti daratan. sedangkan awan terbentuk pada panas yang lebih tinggi. Pengaruh Transpirasi merupakan radiasi proses penguapan matahari air yang berlangsung terhadap melalui permukaan transpirasi tanaman.

3 Sifat Jalan Umur masa udara Alat Anemometer Wind Wind sock vane yaitu yang yaitu digunakan alat yaitu mengetahui untuk mengukur mengetahui arah angin dan mengukur kecepatan arah angin angin angin memperkirakannya daerah yang Arah dan kecepatan angin memegang peranan penting massa pembentukan ditempuh massa massa dibidang proteksi tanaman. udara udara udara faktor . tempat-tempat yang mempunyai keawanan sama dihubungkan oleh garis-garis yang disebut isomeph. altoseratus.AWAN Awan merupakan kumpulan titik air dengan diameter 50-100 mikron (kecil) lapisan es yang melayang dilapisan atmosfir. keawanan (isobar) (isohyets) (isogone) (isotachs) (isotherm) Pada peta cuaca. Ada Teori 2 teori pembentukan butir-butir kondensasi tumbuhan/peleburan Diawan terdapat berjuta titik air sehingga panas terjadi pemuaian. sehingga terjadi tumbukan yang menyebabkan butir yang besar menjadi kecil Teori Bergeron frein deisen Awan yang halus disebut cirrus. ANGIN Angin merupakan udara yang bergerak dari tekanan tinggi ketekanan rendah atau dari suhu udara yang rendah ke suhu udara yang tinggi. disebut cumulus tempat terjadinya hujan. awan berlapis selimut disebut cirrostratus berwarna kelabu dan awan berbentuk gumpalan Klafikasi Jenis Jenis Jenis awan awan awan randah tinggi menengah : : cirrus. cirrostratus. Artinya keawanan O= langit tanpa awan sedangkan keawanan Istilah Udara Curah Arah Kecepatan Suhu hujan angin angin sama sama sama sama sama 10 = langit penuh awan. : stratus. Hal ini berkaitan dengan besarnya energi panas matahari yang diterima oleh permukaan bumi. awan cirrocumulus altosumulus nimbostratus Kewanan merupakan bagian dari langit yang ditutupi oleh awan. stratocumulus.

: laut gunung Angin Angin Angin lokal darat yaitu Angin jatuh yang sifatnya kering dan panas . Angin terjadi karena adanya perbedaan tekanan udara atau perbedaan suhu udara pada suatu daerah/wilayah. Hal ini berkaitan dengan besarnya energi panas terbagi dan lembah dan matahari yang 3 angin diterima oleh permukaan bumi.Sifat angin yaitu memuai dan udara menyusut menjadi lebih berat dan turunnya berat.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful