Stroke termasuk penyakit yang ditandai dengan kematian jaringan otak.

Stroke dibagi menjadi dua jenis; stroke iskemik dan stroke hemorragik. Pada stroke iskemik, aliran darah ke otak terhenti karena penumpukan kolesterol pada dinding pembuluh darah (aterosklerosis) atau bekuan darah yang telah menyumbat suatu pembuluh darah ke otak. Hampir sebagian besar pasien atau sebesar 83% mengalami stroke jenis ini.

Pada stroke hemorragik, pembuluh darah pecah menyebabkan aliran darah yang normal terhambat. Akibat lanjut darah merembes ke dalam suatu daerah di otak dan merusaknya.

Pada stroke iskemik, penyumbatan bisa terjadi di sepanjang jalur pembuluh darah arteri yang menuju ke otak. Darah ke otak disuplai oleh dua arteria karotis interna dan dua arteri vertebralis. Arteri-arteri ini merupakan cabang dari lengkung aorta jantung.

Penyakit atau keadaan yang menyebabkan atau memperparah stroke disebut dengan faktor risiko stroke. Faktor tersebut antara lain hipertensi, penyakit jantung, diabetes mellitus, hiperlipidemia (peninggian kadar lipid dalam darah). Keadaan yang dapat menyebabkan stroke adalah usia lanjut, obesitas, merokok, suku bangsa (negro/spanyol), jenis kelamin (pria), kurang olah raga. Penyebab

Tidak ada penyebab tunggal dari MCI. Gejala MCI dapat tetap stabil selama bertahun-tahun, berkembang menjadi penyakit Alzheimer atau jenis lain dari demensia, atau memburuk dari waktu ke waktu.

Bukti saat ini menunjukkan bahwa MCI sering, namun tidak selalu, menyebabkan tingkat yang lebih rendah dari jenis yang sama dari perubahan otak yang terlihat pada penyakit Alzheimer atau bentuk lain dari demensia. Beberapa perubahan ini telah diidentifikasi dalam studi otopsi orang dengan MCI. Perubahan ini termasuk:

Perlu waktu lebih lama untuk memikirkan sebuah kata atau untuk mengingat nama seseorang. yang merupakan gumpalan abnormal dari protein beta-amyloid di seluruh otak 3. . di daerah otak kunci Gejala Perubahan otak karena telah bertambah tua seperti sisa dari tubuh. Mengurangi penggunaan glukosa. Penyusutan hippocampus 2. Pembesaran berisi cairan otak spasi (ventrikel) 4. dementia dengan Lewy body dan beberapa kasus penyakit Alzheimer 3. yang merupakan gumpalan protein mikroskopis karakteristik penyakit Alzheimer.1. Stroke kecil atau berkurangnya aliran darah melalui pembuluh darah otak Studi pencitraan otak menunjukkan bahwa perubahan berikut sering dikaitkan dengan MCI: 1. karena merupakan sumber utama energi untuk sel. Banyak orang melihat penurunan daya ingat bertahap meningkat dengan bertambahnya usia. yang merupakan gumpalan mikroskopis dari protein lain yang berhubungan dengan penyakit Parkinson. 2. Lewy body. Plak. Plak dan kusut.

Masalah kognitif mungkin dapat menunjukkan MCI jika mengalami salah satu atau semua hal berikut: 1. Menjadi lebih impulsif atau menunjukkan penilaian semakin menurun 7. Jika menderita MCI. Lupa peristiwa penting seperti janji. Mulai kesulitan menemukan jalan di lingkungan yang sering dikunjungi. 5. Merasa semakin kewalahan dengan membuat keputusan. mungkin juga mengalami: 1. 4. 6. 2. merencanakan langkah-langkah untuk menyelesaikan tugas atau menafsirkan instruksi. Melupakan sesuatu lebih sering. Keluarga dan teman-teman melihat adanya perubahan tersebut. Kehilangan serangkaian pemikiran atau percakapan. Depresi . 3.

meskipun kontroversial. adalah mapan. Penelitian ini mendukung gagasan bahwa otak dapat memperbaiki dirinya sendiri sampai batas tertentu dengan cara penyambungan kembali daerah yang rusak . sebelumnya dikenal sebagai electroshock. Tapi MCI adalah area penelitian aktif. Para ilmuwan meyakini arus listrik kecil ini mampu merangsang kembali koneksi saraf otak yang telah putus karena kekurangan oksigen akibat stroke. Hasil pengujian pada sejumlah sukarelawan sehat telah menunjukkan perbaikan aktivitas otak yang signifikan yang juga bisa bermanfaat untuk pasien stroke. Studi klinis sedang dilakukan untuk menjelaskan lebih lanjut tentang gangguan dan menemukan pengobatan yang dapat memperbaiki gejala atau mencegah atau menunda perkembangan yang mengarah pada demensia. Apati Pengobatan Saat ini. Lekas marah 3. psikiatri perawatan di mana serangan elektrik disebabkan akibat anesthetized pasien untuk efek terapeutik.2. Electroconvulsive therapy (ECT). Kegelisahan 4. ada obat MCI atau perawatan lain secara khusus yang telah disetujui oleh Food and Drug Administration (FDA). Pasien stroke yang mengalami kerusakan otak bisa pulih lebih cepat dengan bantuan arus listrik lemah yang disalurkan ke kepalanya.

Arus listrik sebesar 1 sampai 2 milliampere disalurkan dari satu elektroda ke elektroda lain. dengan satu studi yang menunjukkan bahwa meskipun beberapa orang kehilangan kenangan dari tahun sebelum pengobatan. Beberapa pasien mengalami nyeri otot setelah ECT. pemulihan kenangan seperti itu "hampir . Teknik ini dilakukan dengan cara menempatkan bantalan karet di setiap sisi tengkorak. Namun.Otak jauh lebih dinamis daripada yang kita duga sebelumnya. Perubahan aktivitas keseimbangan inilah yang paling umum ditemui pada pasien yang sulit disembuhkan. jauh melampaui stroke itu sendiri. Artinya. pasien dapat meningkatkan aktivitas daerah otak yang telah terputus Hasil pengujian pada pasien stroke menemukan bahwa bermain game komputer setiap hari dapat merangsang otak pada daerah yang rusak untuk memulihkan lagi sel-sel saraf yang terputus. Kerusakan akibat stroke biasanya hanya mempengaruhi sebagian otak. ada kerusakan sambungan serat saraf yang halus namun meluas. risiko fisik umum ECT yang mirip dengan anestesi umum singkat. laporan Amerika Serikat 'Surgeon General mengatakan bahwa ada "tidak ada kontraindikasi absolut kesehatan" untuk penggunaannya. dengan latihan yang berulang-ulang. daerah-daerah lain akan mencoba melakukan kompensasi dengan cara menyeimbangkan otak. Ada kemungkinan bahwa menyeimbangkan otak akan memberikan jalur pemulihan yang lebih baik Efek Samping Terapi electroconvulsive Selain efek di otak. Hal ini disebabkan oleh relaksan otot diberikan selama prosedur dan jarang karena aktivitas otot Efek pada memori Amnesia retrograde yang paling ditandai untuk peristiwa yang terjadi dalam minggu-minggu atau bulan sebelum pengobatan. Para ilmuwan memperdalam penelitian dengan menggunakan listrik arus kecil yang diyakini mampu merangsang penyambungan dan pertumbuhan kembali sel-sel saraf atau pembuluh darah. Serat-serat saraf yang menghubungkan otak berubah strukturnya akibat latihan Setelah mengalami stroke.

tetapi beberapa orang memiliki kerugian terus-menerus. peneliti Portugis melakukan studi tikus bertujuan untuk menjawab pertanyaan apakah seri kejut listrik menyebabkan perubahan struktural dalam bagian-bagian yang rentan dari otak . Kehilangan memori anterograde biasanya terbatas pada waktu pengobatan sendiri atau segera sesudahnya." Pada tahun 2008. ada kerugian yang signifikan dari neuron di bagian otak dan khususnya di bagian didefinisikan dari hippocampus dimana sampai 10% dari neuron tewas penyebab utama kematian neuron adalah kejang ditimbulkan oleh kejutan listrik. dengan hanya kehilangan kenangan yang berkesinambungan dalam beberapa pekan dan bulan sebelum pengobatan. terutama dengan Efek pada struktur otak para peneliti menemukan bahwa setelah seri kejut listrik. Pada minggu-minggu dan bulan berikutnya ECT masalah ini secara bertahap meningkatkan memori.selesai" dengan tujuh bulan pasca perawatan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful