Teknik Fasilitasi │ Metode ORID

Metode diskusi adalah serangkaian metode yang berisi pertanyaan-pertanyaan yang akan mengarahkan diskusi kelompok untuk menjelajahi pikiran masing-masing partisipan. Tujuan Penjelajahan: 1. Memberikan dialog yang berarti bagi partisipan. 2. Memperluas perspektif 3. Menghasilkan ide, gagasan yang jelas, jernih dan memiliki kesimpulan 4. Melibatkan seluruh anggota diskusi untuk terlibat dialog

METODE ORID Objective ORID Reflective Interpretative Decisional .

permasalahan dan berhubungan dengan pemikiran makna. gagasan kolektif . pertanyaannya berhubungan dengan hati. emosi. ingatan dan asosiasi  Interpretative (penafsiran) Membutuhkan pemikiran kritik pada pengalaman.Objective (objektif) Bertujuan untuk membangun fakta dan data ( berhubungan dengan indera)  Reflective (reflektif) Pertanyaan yang mengeksplorasi reaksi awal ketika fakta dan data dihadirkan. mengajukan langkah selanjutnya dan memutuskan apa dan kapan sesuatu bisa dikerjakan  .  Decisional(pengambilan keputusan) Berhubungan dengan penentuan masa depan. membuat opini. nilai-nilai dan tanda.

Diskusi dengan isu yang disepakati 4. Menyiapkan workshop untuk pengambilan keputusan . Mengumpulkan data dan Gagasan 2.Tujuan dalam metode ORID: 1. Tujuan Rasional 2. Menyebarluaskan Informasi 3. Melakukan refleksi atas isu dan peristiwa yang muncul 5. Tujuan Pengalaman Guna metode ORID 1.

Metode ini sangat baik digunakan untuk menjembatani pendekatan berbasis isu dan visi Tujuan dari penggunaan metode workshop: Untuk membangkitkan energi dan kreativitas partisipan dalam waktu yang relatif terbatas/pendek 2.Teknik Fasilitasi│Metode WORKSHOP  Metode Workshop adalah proses lima langkah yang mengorganisasikan kelompok untuk menjelajah lebih dalam dan mencari konsensus untuk membuat tindakan. Menghasilkan konsensus  1. Menyaring dan menyatukan pikiran yang rasional dan intuisi 4. . Menyuntikkan tanggung jawab kepada kelompok 3.

Langkah -langkah Konteks 2) Curah pendapat 3) Pengorganisasian Gagasan 4) Penamaan 5) Refleksi 1) .

Langkah dalam tahapan konteks: Menegaskan fokus workshop Memberikan garis besar workshop dan jangka waktunya Warming up atau pemanasan . 2.Konteks Bagian awal dari workshop  Bertujuan menyiapkan suasana untuk partisipasi yang penuh/aktif . memberikan ringkasan tentang kegunaan workshop yang terkait dengan proyek/penugasan atau kejadian/aktivitas sehari-hari dan memproduksi rasa percaya diri sebagai bagian dari tujuan workshop   1. 3.

Gagasan individu 2. Gagasan Kelompok  .Curah Pendapat Bertujuan untuk membuat gagasan atau isu/permasalahan. Pengelompokan 3. mengajak peserta untuk melibatkan diri dalam diskusi dan memberikan pandangan-ppandangan mereka serta sebagai proses untuk mendapatkan pemikiran-pemikiran awal dalam kelompok  Langkah-langkah dalam curah pendapat 1.

Membuat pengelompokan 2.  Langkah-langkah: 1. cara untuk melihat gagasan mana yang disetujui. Menyisihkan kartu yang tidak masuk kelompok manapun  . cara melihat/membangun hubungan antar gagasan/isu. Membuat kelompok gagasan 3. serta sebagai cara untuk melihat apakah masih dibutuhkan datadata sebagai pelengkap gagasan.Pengorganisasian Gagasan Bertujuan sebagai cara mendorong intuisi kelompok.

Penamaan Bertujuan untuk mendalami dialog untuk memulai membuat konsensus kelompok. Bertanya dimulai dari kelompok gagasan terbesar 2. mengajak peserta agar masuk kedalam proses yang lebih serius dan membuat peserta merasa “memiliki forum” yang sedang berlangsung  Langkah-langkah: 1. Menandai kelompok  .5 kata) 3. Berikan nama pada kelompok-kelompok gagasan (3 .

menegaskan apa yang telah diputuskan bersama. dan menentukan langkah selanjutnya  Langkah-langkah: 1. Membuat diagram/tabulasi dari apa yang sudah dihasilkan 2. Nyatakan langkah berikutnya  . bagaimana kita telah bekerja sebagai sebuah tim. Mendiskusikan dengan menggunakan ORID hasil yang telah didapatkan 3.Refleksi Adalah proses terakhir dari workshop  Tujuannya.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful