Nama : Resha RDP Absen : 21 Tanggal : 05-03-2012 Instalasi LAN : Praktek DHCP Server

Nama pembimbing : Ibu Chandra D Matpel : Instalasi LAN Nilai : Paraf :

1. Pendahuluan
DHCP atau kepanjangan dari Dynamic Host Configuration Protocol adalah suatu layanan yang secara otomatis memberikan alamat IP komputer yang meminta ke DHCP server. Komputer yang memberikan alamat IP disebut DHCP server, sedangkan komputer yang meminta IP disebut DHCP client. IP yang diberikan DHCP server pada Client tidak selamanya, dan dapat dibatasi waktu. Maka, selama client tidak melakukan permintaan lagi maka IP akan dikembalikan kepada DHCP server.

2. Tujuan
a. Siswa dapat melakukan konfigurasi DHCP server pada Ubuntu 10.04 b. Siswa dapat mengetahui cara kerja DHCP server

3. Alat dan Bahan
a. 2 buah PC atau notebook atau netbook b. 1 kabel straight UTP cat 5e c. OS Ubuntu 10.04 yang sudah terinstall software DHCP server dan Client

4. Langkah kerja
a. Pastikan software DHCP server dan Client sudah terinstall ( di sini untuk mengecek software yang digunakan telah diinstall dpkg -l |grep [nama paket]). Sebagai contoh saya menggunakan software dhcp3-server dan dhcp3-client. b. Pilih salah satu PC yang akan dijadikan DHCP server dan setting Ipnya static c. Dan kita ketikkan perintah “ nano /etc/default/dhcp3-server “ untuk merubah default interface yang digunakan sebagai DHCP server. Lalu tekan enter ( lihat gambar 4.1)

Gambar 4.1 d. Setelah itu ubah interface ( lihat gambar 4.2). Dan save

Gambar 4.2 e. Setelah itu ketikkan perintah “nano /etc/dhcp3/dhcpd.conf” . (lihat gambar 4.3). Disini kita bisa mengedit range IP yang akan disebarkan ( gambar 4.3) serta waktu pemakaiannya.

Gambar 4.3 f. Lalu uji coba pada PC 2 dengan setting DHCP. Tapi sebelum itu kita restart interfaces dan juga DHCP servernya. Dan buat laporannya.

5. Hasil Kerja
a. Yang pertama adalah Range IP yang saya gunakan adalah 172.22.22.5 – 172.22.22.10. Juga netmask 255.255.255.0. ( lihat gambar 5.1)

Gambar 5.1 b. Dan rubah juga eth0 ( karena disini saya menggunakan 1 adapter) satu network dengan range IP ( kalau bisa diluar range). ( lihat gambar 5.2)

Gambar 5.2

c.

Setelah itu save. Dan restart untuk restart interfaces “ /etc/init.d/networking restart” untuk restart DHCP ketikkan “ /etc/init.d/dhcp3-server restart” ( lihat gambar 5.3)

Gambar 5.3 d. Lalu kita pindah ke komputer client, dan koneksikan melalui kable straight UTP cat 5e, setelah itu rubah pengaturan IP menjadi DHCP di Ubuntu 10.04, lalu ketikkan “ /etc/init.d/networking restart” bila berhasil kita akan mendapatkan IP address sesuai dengan IP range yang telah kita tentukan ( lihat gambar 5.4)

6. Kesimpulan
Jadi, dalam melakukan praktek DHCP server harus dilakukan secara hati – hati dan teliti. Dalam melakukan pengaturan network harus satu jaringan( untuk penghubungan komputer fisik dan virtual). Lalu jangan lupa untuk restart dahulu pengaturan agar pengaturan dapat berubah.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful