Dinar Dirham

kembali pada syariah

amamv.}/

A

Merubah kebiasaan dari menerima nilai menjadi mengembangkan nilai. mudah dibagi-bagi menjadi berbagai bag ian dengan berattertentu. hari ini 1400 tahun kemudian harga seeker ayam masih retatu trdak berubah yaitu sekitar satu Dirham. satuan perhitungan dan tabungan untuk investasi. Mempromosikan paradigma perubahan yang mengarah pada penggunaan Dinar dan Dirham sebagi alat tukar menukar yang stabil dan aman. • • • DINAR&DIRHAM 1 .Mengapa emas dan perak ? Emas dan Perak merupakan komoditas yang paling unggul dad komoditas lain yang pernah dikenal manusia dengan memainkan berbagai fungsi keuangan antara lain sebagai. alat tukar menukar. nilai kedua logam ini sangat stabil. Semenjak masa-masa awal pertumbuhan Islam hingga kini. melalui penggunaan Dinar dan Dirham Menggunakan Dinar dan Dirham dalam perhitungan keuangan dan tabungan investasi. homogen. Tujuan pencetakan Dinar dan Dirham • Menyediakan Dinar dan Dirham yang dijual bebas guna mendukung secara infrastruktur upaya restorasi Dinar dan Dirham.mudah dibawa dan dapat digunakan sebagai alat tukar pada transaksi-transaksi besar. sebagai contoh harga seeker ayam pada zaman Rasullullah SAW adetah satu Dirham. Selain itu emas merupakan kornodlt! berharga yang terus diburu.

Berbeda dengan Dinar dan Dirham yang nilainya bersumber pada harga emas dan perak yang ditetapkan berdasarkan permintaan terhadap logam lnl. Peranan dan dominasi Dinar dan Dirham kemudin berangsur memudar ketika Kesultanan Turkl Ottoman runtuh. pelunasan hutang prlbadi. Nilainya dapat naik atau turun mengikuti perminataan dunia. dan kolonialisasi Negara Eropa negara-negara Islam dimulai.Sejarah Dinar dan Dirham Dinar dan Dirham diperkenalkan pertama kall semasa pemerintahan Khalifah Syadinna Umar bin Khattab sebagai satuan standar alat tukar menukar yang berlaku diseluruh negeri Islam. akan tetapi naik turunnya adalah keel! dan tetap memiliki nilai intrinsik yang pastL DINAR&DIRHAM 2 . Afrika dan Eropa. serta manipulasi para pemain dipasar uang antar Negara sepert! yang belakangan terjadi dan menyebabkan krisis moneter di kawasan Asia. Selain itu Dinar & Dirham juga digunakan sebagai mahar dan alat pembayaran zakat. investasi dan tabungan diseluruh Asia. Satuan alat tukar menukar sepertr ini sebenarnya tidak memiliki nilai yang past! dan bergantung sepenuhnya pada penerbitan uang tersebut. disini Bangsa Eropa memerlukan dan menerbitkan satuan alat tukar menukar berupa uang dengan nilai "Flat" yang nilainya tidak di dukung oleh cadangan em as atau komoditi berharga lainnya oleh lembaga penerbitan uang tersebut. selama berabad-abad setelah itu Dinar dan Dirham telah dikenal secara universal dan dipercaya sebagai satuan alat tukar menukar serta pembayaran yang dlpakal umum.

Dinar dan Dirham Logam Mulia Logam Mulia.dengan berat 'satu' Dinar Emas 4. yang dikeluarkan oleh KAN (Komite Akreditasi Naslonal) dengan menjalankan Sistem Manajemen 150 17025 dan Sertifikasi LBMA (London Bullion Market Association).975 gr dengan bahan baku perak (99. pada masing-masing Dinar dan Dirham ini akan tertulis kalimat '5yahadat' Dengan sertifikasi Laboratorium Penguji.sehingga satu Dirham akan memiliki berat 2. beretnya akan mengacu pada satu Dinar ini dengan kadar yang sama. Sesuai dengan tradisi Islam.95%). Dinar dan Dirham secara global akan memiliki nilai yang mengacu pada harga emas dan perak dunia.7% dan Perak 8. menggunakan bahan emas kadar 22 karat (Emas 91. sedangkan untuk denominasi lainnya.25 gram. adalah unit bisnis yang berpengalaman dalam Industri pengolahan dan manufaktur emas. perak dan logam berharga lainnya dibawah naungan PT Antam Tbk. yang bergerak aktif dibidang pertambangan umum antara lain Emas dan Petak.3%). DINAR&DIRHAM 3 . Untuk Dinar. berinisiatif turut menggalakan penggunaan Dinar dan Dirham dimasyarakat. Logam Mulia mencetak Dinar dan Dirham sebagaimana Dinar dan Dirham awal yang dicetak pada masa Khalifah Syadinna Umar bin Khattab. Demikian halnya untuk Dirham juga mengikuti standar yang sama yaitu beret 10 Dirham akan sarna dengan berat z Dinar. kadar Emas & Petak pada Dinar maupun Dirham yang dicetak oleh Logam Mulia sangatlah terpercaya.

investasi I simpanan untuk pembayaran dan mahar. Dinar dan Dirham menu rut syariah digunakan alat perdagangan resmi Dual bell). DINAR&DIRHAM 4 .Produk Dinar dan Dirham Logam Mulia PT Antam (Persero) Tbk. Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia dalam hal ini benar-benar menambang. sehingga Dinar dan Dirham yang dihasilkan ini dapat terhindar dari riba. zakat. mengolah dan mencetak sendiri Dinar dan Dirham.

lndonesia PO.Raya Bekasl Km.com .logammulia. www.)/ A .(021)4757108 (021)29980900 :(021)47863043 (021)4750665 DAN PEMURNIAN lOGAM MUUA : infolm@logammulia.JakartaI3010.18 Pulogadung.com amamv.UNIT BISNIS PENGOlAHAN Jl.8oxl079/JAT .com infolm@antam.