BAB I PENDAHULUAN

I.1 Latar Belakang Masalah Pelajaran yang kurang disenangi anak-anak kelas 5 SD ,adalah pelajaran matematika tentang bangun datar dan bangun ruang ,bangun datar dan bangu ruang bagi anak kelas 5 sangat sulit untuk itu guru harus memberikan atau menunjukan contoh-contoh atau alat peraga yang sesuai. Contoh-contoh atau alat peraga yang diberikan oleh guru disekolah sangat membantu siswa kelas 5 SD untuk mengerjakan soal-soal geometri . Dalam bidang studi matematika ini ,teradapat beberapa materi yang disenangi oleh siswa kelas 5.Namun ketertarikan siswa terhadap materi tersebut tidak semudah itu membuat siswa tersebut berhasil meningkatkan prestasi belajarnya. Permasalahan yang diusulkan itu harus dijabarkan dengan secara rinci dan hendaknya benar-benar diselesaikan dengan baik. I.2 Perumusan Masalah Dari identifikasi masalah-masalah yang ada maka kami membatasi masalah tersebut sebagai berikut :  Bagaimana cara meningkatkan hasil belajar matematika tentang bangun datar dan bangun ruang dapat ditingkatkan di kelas 5 SD. I.3 Tujuan Penelitian Adapun tujuan dari penelitian ini adalah

4 Manfaat Penelitian Adapun beberapa manfaat penelitian ini adalah sebagai berikut :    Meningkatkan kualitas pengajaran guru dalam pembelajaran bidang studi matematika. I. Meningkatkan keterampilan hasil belajar siswa terhadap bidang studi matematika terutama pada materi bangun datar dan bangun ruang di kelas 5 SD Cawang 04 Pagi. Meningkatkan kreatifitas dalam menyusun pelajaran yang sesuai dengan alat peraga. Meningkatkan kemampuan bagi guru dalam mengelola kelas dengan jumlah siswa yang banyak. .

2 Hasil Belajar Hasil belajar siswa dalam hal ini meliputi tiga aspek . Marris L. b.    Aspek konigtif : pengetahuan . dan aspek prsikomotorik. II. terbiasa .Moskowitza dan Ashur R. Perilaku dapat diramalkan bukan dari apa yang kita ketahui tentang sifat-sifat umum dari sistem saraf seseorang melainkan dari apa yang kita ketahui tentang pengalaman yang khusus dan unik dari orang tersebut.analisis. penerapan .BAB II LANDASAN TEORI II.Orgel Belajar adalah perubahan perilaku sebagai hasil langsung dari pengalaman dan bukan akibat hubungan – hubungan dalam sistem saraf yang dibawa sejak lahir . kesiapan . dan penentuan sikap. . sistematis Aspek afektif : penerimaan . pemahaman . Aspek psikomotorik : persepsi . penilaian .1 Pengertian Belajar Para ahli secara umum mendefinisikan bahwa belajar sebagai suatu perubahan pada diri orang yang belajar karena pengalaman Max Darsono dkk (2000:3) mengutip pendapat beberapa ahli tentang pengertian belajar sebagai berikut : a. yaitu aspek kognitif .aspek afektif .persepsi dan motivasi atau campuran dan semua secara sistematis sebagai akibat pengalaman dalam situasi-situasi tertentu. kreatifiras.Biege Belajar adalah perubahan yang menetap dalam kehidupan seseorang yang tidak diwariskan secara genetis . partisipasi . perubahan itu terjadi pada pemahaman perilaku . Marle J.

II. Mengamati kegiatan pembelajaran dari sisi siwa atau guru serta mencatat dalam jurnal harian. Peneliti melaksanakan pembelajaran sesuai dengan perencanaan kegitan pembelajaran. II.3 Penelitian Yang Relevan Ada beberapa penelitian yang relevan yaitu :    Peneliti mempersiapkan kegiatan pembelajaran sesuai dengan menerapkan metode inagurasi. II.4 Kerangka Berfikir Melakukan tindakan yang baru sesuai hasil refleksi dan evaluasi dilanjutkan diskusi untuk mencari alternatif tindakan yang lain yang cocok.bahwa media-media bangun datar dan bangun ruang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.5 Hipotesis Penelitian Dalam hipotesis penelitian ini . .

waktu penelitian dilaksanakan pada bulan April. Tes hasil belajar tertulis. 3. III.3 Sumber Data Adapun sumber data yang menjadi acuan penelitian berasal dari : 1. III.5 Validasi Data III.4 Teknik dan Alat Pengumpulan Data Adapun teknik dan pengumpulan data yang digunakan adalah 1. dan Juni pada tahun 2011 kelas 5 dengan jumlah siswa 40 terdiri atas 19 orang siswa dan 21 orang siswi .Mei.1 Setting Penelitian Penelitian dilakukan terhadap 40 orang siswa kelas 5 di SDN Cawang 04 Pagi . Data hasil Observasi atau pengamatan III.2 Subjek penelitian Penelitian diadakan di SDN Cawang 04 Pagi Jakarta Timur . 2. Observasi menggunakan pedoman observasi.6 Analisis Data . III. Catatan lapangan.BAB III METODOLOGI PENELITIAN III. 2. untuk peningkatan hasil belajar siswa bidang studi matematika. Tes menggunakan lembar soal dan lembar jawaban.

Penyelesaian e. f. Merancang soal. 4. Analisis c. 3. Melakukan obsevasi langsung dengan memberikan sebuah tes. Guru merancangkan RPP yang dibuat. Tahap Refleksi a. kegiatan inti dan kegiatan akhir. Kegiatan evaluasi b. b. Untuk menetapkan SK dan KD b. 2. Tahap Observasi a.8 Prosedur Penelitian 1. . Tahap Pelaksanaan Guru melakasanakan pembelajaran mulai dari kegiatan awal yaitu : eksplorasi . c.Teknik observasi dipresentasikan untuk mengetahui beberapa orang siswa yang belum bisa dan berapa orang yang sudah bisa kemudian hasil belajar siswa dipresentasikan yang sudah bisa …% dan yang belum bisa …% III. Untuk penelitian guru merumuskan SK dan KD.7 Indikator Kerja III. d. Menganalisis data. Penyimpulan tindak lanjut. elaborasi dan konfirmasi . Pelaksanaan d. Tahap Perencanaan Pada tahap perencanaan guru menganalisis kurikulum a.

Indikator Keberhasilan Jika dalam siklus pertama siswa belum memahami materi maka perlu adanya siklus kedua sehingga hasil yang diharapkan dapat tercapai . . hasil belajar yang diperoleh aka memuaskan.5.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful