Pak Herman

Kegiatan Kreatif Bagi Anak Cerdas

oleh: PanicSurfer Pengarang : Lara Fridani S.Psi More About : pembentukan motorik anak melalui cerita dan dra... Melatih kecerdasan anak sejak dini sangat penting dan dianjurkan. Selain melepaskan anak untuk terus berimajinasi atas dasar kemauannya sendiri, kita bisa melatih dan memberikan beberapa kegiatan untuk anak terus berkreasi dengan kreatif. Apa saja kegiatan kreatif tersebut.

Bercerita dan Menceritakan Kembali

Kegiatan ini cukup menarik bagi anak-anak. Karena tidak banyak yang bisa melakukan kegiatan bercerita dan menceritakan kembali oleh sebagian anak-anak. Dibutuhkan pemikiran cepat dan kreatif untuk bisa mengulang cerita dan menambahkan sedikit karangan. Guru atau orangtua yang terbiasa menceritakan dongeng sebelum tidur merupakan contoh baik yang bisa ditiru oleh sang anak. Menanyakan sesuatu kepada anak tentang hari-harinya di sekolah, apa saja yang didapat sang anak, adalah latihan tepat untuk menstimulasi kreatifitas bercerita.

Bermain Pura-pura/peran

Banyak sekali kreatifitas yang akan anak dapatkan saat mereka diminta untuk berperan. Menjadi seseorang lain dan berpura-pura mengalami sesuatu pada sebuah cerita merupakan pengalaman menyenangkan bagi anak. Aspek lain yang berkembang adalah berkembangnya rasa sosialisme, emosi dan sebagainya. Anda bisa bergabung dengan permainan cerita sang anak, berperan dan mendorong kreatifitas yang dimunculkan sang anak.

Melukis/Menggambar

Jika kita melihat dulu waktu kecil kita bisa menggambar dengan meniru, maka saat sekarang Anda cermati anak Anda untuk lebih bisa menggambar dengan mendapatkan idenya sendiri. Ajaklah anak ke dalam ruangan satu dengan yang lain. Rekreasi bisa membantu anak menemukan ide sendiri, dan mulailah membantunya menggambar dengan memberi semangat. Jika anak merasa bingung apa yang harus digambar, tunjuklah sesuatu untuk digambarnya, kemudian mintalah dengan tulus agar anak menggambar sesuatu yang berbeda. Biasanya contoh digunakan hanya untuk memancing kreatifitas anak.

Kegiatan Visual Arts atau Membuat Prakarya

Unsur kreatif yang terdapat pada kegiatan ini adalah mencipta, berkreasi dan mengekplorasi. Anak-anak bisa menempel, mencetak dan menggunting. Kemampuan kognitif dan perkembangan saraf motorik anak akan meningkat melalui kegiatan ini.

astisin menjadi bentuk yang beraneka macam sesuai pemikiran anak. Anak yang bisa memainkan warna dengan baik dan indah. Tujuannya adalah menghindari anak-anak memakan cat atau benda-benda lainnya yang mengandung bahan kimia. Sumber: http://id.  Main Balok Pada kegiatan ini. sudah terlihat bakat di bidang seninya. layaknya arsitek kecil seorang anak akan mampu membuat bangunan dari ide sendiri meskipun masih berupa susunan balok.  Membentuk Plastisin Kegiatan ini berpengaruh pada sistem motorik anak. Setelah anak menemukan kesenangan mengikuti musik. Bantulah anak mengerjakan sendiri paselnya. Dalam memberi contoh tarian kepada anak. selanjutnya harus diserahkan kepada kreatifitas anak. Anak-anak dibiarkan mengolah p. Setelah itu kita tinggal melihat bagaimana sang anak memodifikasi sendiri gerakannya. Main Pasel Memasang potongan-potongan dari bentuk yang beraneka ragam akan membantu mengembangkan cara berpikir anak. Mainan robot yang bisa dibongkar pasang juga membantu anak lebih kreatif. Kecepatan dan kejelian sang anak bisa terlihat pada permainan pasel. guru atau orangtua harus selalu mendampingi. Lakukan kegiatan ini dengan menyenangkan bersama iringan musik ceria yang disukai anak. Gerak motorik anak akan terlatih dengan cepat dan aktif.shvoong. Jika anak suka dengan tarian dan cepat dalam mengikuti gerakan tari yang dicontohkan. Guru dan orangtua hanya memberi contoh saja dalam hal menggunakan plastisin dan bentuk sederhana.  Mencampur Cat Merupakan kegiatan yang banyak mengandung unsur seni. Memasang balok-balok kecil dengan rapi atau bahkan bisa dibuat sebagai menara meningkatkan sistem keseimbangan berpikir anak. maka perkembangan motorik dan daya ingat anak sangatlah baik. Sistem motorik dan aktifitas memfungsikan seluruh gerak dan indra tubuh terdapat pada kegiatan menari. Agar anak terlatih untuk mandiri. barulah memasukkan gerakan baru yang akan diajarkan. tidak diperbolehkan adanya pemaksaan contoh. Biarkan anak bergerak dengan sendiri terlebih dulu mengikuti alunan musik yang ada.  Menari Kegiatan yang sarat akan kesenangan ini sangat baik.com/exact-sciences/1913669-kegiatan-kreatif-bagi-anakcerdas/#ixzz1t5AvxsH7 . Pada permainan cat.

Pada usia ini. Aspek pengembangan fisik Aspek perkembangan fisik ini meliputi: 1. menangkap dan melempar bola dari jarak 3-4 meter. Ø Memanjat dan bergelantungan/berayun. menuruni. Pengembangan motorik halus. 2011 Aspek-aspek perkembangan anak tk berdasarkan kurikulum 2004 antara lain: 1. Ø Menendang. Ø Melipat kertas lebih dari satu lipatan. segitiga secara bertahap. Ø Menggambar bebas dengan menggunakan beragam media. melengkung. ide-ide anak mulai berkembang. x. vertikal. Usia 4-5 tahun Anak usia 4-5 tahun sangat aktif dan energik. 1. yaitu gerakan yang dilakukan dengan menggunakan otot besar. lingkaran. seperti berlari. dan berjalan di papan titian dengan jarak 40 cm. yang meliputi:        Ø Berjalan dengan berbagai variasi. Anak juga mulai dapat berteman dan ada keinginan untuk bergabung dengan kelompok. Ø Senam dengan gerakan sendiri. Ø Menaiki. Ø Membuat garis lurus. Ø Berlari dengan stabil. yaitu gerakan yang dilakukan dengan menggunakan otot halus dan koordinasi mata serta jari-jari tangan yang meliputi:      Ø Mencontoh bentuk +.PEMANFAATAN PERMAINAN ANAK SESUAI PERKEMBANGAN ANAK TK Posted by chayat December 18. Aspek pengembangan kognitif Aspek pengembangan kognitif meliputi: . 1. Pengembangan motorik kasar. bujur sangkar. Waktunya dihabiskan untuk bermain. Ø Membedakan permukaan 7 jenis benda melalui perabaan. Manfaat Permainan anak sesuai perkembangan anak tk 1. Ø Naik-turun tangga tanpa berpegangan.

1. Aspek pengembangan bahasa Aspek pengembangan bahasa meliputi:          Ø Membedakan berbagai jenis suara. Ø Mengerti akibat jika melakukan kesalahan atau melanggar peraturan. Ø Mengenal masing-masing bunyi huruf. balon ditiup dll. Ø Mengerti dan melaksanakan 1-2 perintah. Ø Membedakan beragam ukuran. memasangkan benda yang sama dan sejenis atau sesuai pasangannya. Ø Dapat memimpin kelompok kecil. Aspek pengembangan sosial emosional Aspek pengembangan sosial emosional meliputi:                Ø Mematuhi etika dan jadwal makan. Ø Berbicara lancar dengan kalimat sederhana. Ø Bercerita tentang kejadian di sekitarnya. Ø Bergaul dengan sopan. 1. Ø Mulai mengerti aturan main dalam suatu permainan. 1. Ø Menjadi pendengar dan pembicara yang baik. Ø Menyatakan dengan 6-10 kata. Ø Menjaga kerapian diri. Ø Berdoa sebelum dan sesudah melaksanakan kegiatan . Ø Terbiasa menggunakan WC atau kamar mandi. Ø Sabar menunggu giliran. Ø Menunjukkan ekspresi yang wajar sesuai perasaannya. Ø Mencoba menceritakan apa yang terjadi jika warna dicampur. Ø Menyebutkan bilangan 1-10. bau. Ø Terbiasa antri. Ø Menyebutkan 7 bentuk. Ø Berani ke sekolah tanpa diantar. fungsi serta sifatnya. Ø Menyebutkan nama benda. Ø Bangga dengan hasil pekerjaannya. Aspek pengembangan moral dan nilai-nilai agama Aspek ini meliputi:   Ø Menyanyikan lagu keagamaan. Ø Membuat sebanyak-banyaknya kata dari suku kata awal yang disediakan. biji ditanam.      Ø Mengelompokkan. Ø Mengembalikan alat/benda pada tempatnya semula. Ø Dapat memilih kegiatan sendiri. Ø Membedakan rasa. Ø Menjawab dengan kalimat lengkap.

Ø Mengucapkan salam. Berlari: lurus. Ø Mengucapkan kata-kata santun. Aspek pengembangan fisik untuk motorik halus meliputi:     Mencontoh bentuk +. Manfaat Permainan anak tk 1.        Ø Bersikap yang benar saat berdoa. Ø Mengucapkan terimakasih setiap menerima sesuatu. yang kaya dengan stimulus untuk membantu mereka mengembangkan seluruh aspek dirinya. berjingkat. dikuasai dan penuh tantangan. Berjalan lurus. bujur sangkar. 6. Aspek pengembangan fisik. Dunia sekitar mereka seakan mengundang mereka. Ø Mengenal sifat-sifat Tuhan. Ø Menolong teman apabila kesulitan. Lingkaran. Usia 5-6 Tahun Anak usia 5-6 tahun adalah anak yang periang dan imajinatif. mengangkat tumit dll. B. bentuk-bentuk lain. Ø Membedakan ciptaan Tuhan dengan buatan manusia. . benang woll dll. Menjahit sederhana dengan menggunakan tali sepatu. Merangkak dengan berbagai variasi. Memasukkan surat ke dalam amplop. Untuk itulah perlu disediakan suatu lingkungan yang baik. a. Memainkan alat musik. Mereka tiada hentinya bergerak dan berbuat sesuatu. berjingkat. Aspek Pengembangan seni Aspek ini meliputi:     Mengekspresikan gerakan dengan irama yang bervariasi. b. Menjiplak angka. Meloncat dari ketinggian 20-50 cm sambil menghadap ke arah tertentu. X. Berjingkat dengan satu atau dua kaki. Membentuk irama dengan bertepuk atau membunyikan benda-benda. Berjalan di atas papan titian dengan membawa cangkir berisi air tampa tumpah Melompat dengan menggunakan satu dan dua kaki dengan alat/tanpa alat secara bervariasi. Ø Menunjukkan rasa sayang dan cinta dengan membelai/merangkul. segi tiga. Melukis dengan alat yang bervariasi. Aspek pengembangan fisik untuk motorik kasar meliputi:         Merayap dengan berbagai variasi. menunggu untuk ditemukan. mengangkat tumit dll.

Menunjukkan prilaku atas dasar keyakinan adanya tuhan. 1. Memasukkan benang ke dalam jarum Menggunting mengikuti bentuk Menganyam. bagaimana dll. Selalu berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan dengan sikap berdoa yang benar. Mengenal perbedaan benda berdasarkan ukuran. Menghargai teman. Dapat melakukan ibadah. 1. Selalu mengucapkan terimakasih setiap menerima sesuatu. kata (latihan pendengaran) Mengukuti 2-5 perintah sekaligus. Aspek pengembangan bahasa Aspek ini meliputi:         Menirukan 2-4 urutan angka. Tidak memaksakan kehendak. 1. Memecahkan masalah dengan berdialog. Menunjukkan rasa sayang. Memberikan keterangan tentang suatu hal. mengapa. Membedakan ciptaan tuhan dengan buatan manusia. Mengenal sebab akibat. Berbicara lancar dengan kalimat yang kompleks. . Menceritakan kembali isi cerita yang sudah diceritakan guru. Mengenal lambang bilangan. Mengelompokkan benda dengan berbagai cara. Menolong teman bila kesulitan. Menyebutkan semua jenis bentuk-bentuk. Memnyayangi semua ciptaan tuhan. Menguasai konsep bilangan. cinta dengan membelai dan merangkul. Aspek pengembangan kognitif Aspek ini meliputi:        Menyebut urutan bilangan 1-20. di mana.    Membentuk dengan plastisin. Mengucapkan salam. berapa. Mengucapkan kata-kata santun. Aspek pengembangan moral dan nilai-nilai agama Aspek ini meliputi:              Memnyayikan lagu keagamaan. Menggunakan dan dapat menjawab pertanyaan apa. Memberikan batasan beberapa kata/benda. ciri-ciri fisik benda dll.

Menunjukkan ekspresi yang wajar sesuai perasaannya. Dapat memimpin kelompok kecil.1. Aspek ini meliputi:                 Mematuhi etika dan jadwal makan. Mengerti aturan main dalam suatu permainan. Permainan berdasarkan tinggi rendahnya keterlibatan anggota tubuh. 1. Bertepuk tangan membentuk irama. Jenis Permainan Yang Sesuai Dengan Aspek-Aspek Pengembangan Anak Tk 1. Sabar menunggu giliran. Berani ke sekolah tanpa diantar. Menjadi pendengar dan pembicara yang baik Mengembalikan alat atau benda ke tempat semula. Alat permainan. Terbiasa antri. Terbiasa menggunakan wc atau kamar mandi. Mengerti akibat jika melakukan kesalahan. Melukis dengan bahan bervariasi. Aspek pengembangan sosial emosional. Mengetahui hak dan kewajibannya. Macam-macam kegiatan bermain aktif:  Bermain bersama teman. Bangga dengan hasil pekerjaannya. Tingkat kecerdasan anak. Lingkungan tempat. 1. Kegiatan bermain aktif. Memainkan alat musik. Dapat memilih kegiatan sendiri. . Menjaga kerapian diri. Kegiatan bermain jenis ini sangat dipengaruhi beberapa faktor yaitu:       Kesehatan Jenis kelamin. Aspek pengembangan seni Aspek ini meliputi:     Menari sesuai dengan irama musik. Penerimaan sosial dari kelompok teman bermain. Bermain bersama dan bergantian menggunakan alat permainan.

Sampai di sini Artikel tentang Manfaat Permainan anak sesuai perkembangan anak tk jika arikel ini bagus tolong tinggalkan komentar di baah. 1. Belajar memusatkan perhatian terhadap apa yang dilihat. Melakukan identifikasi dengan contoh-contoh cerita. . 4. Bermain air. Manfaat dari bermain pasif yaitu :         Sebagai sumber pengetahuan. Kegiatan bermain pasif. 5. Sudut rumah tangga. Bermain untuk pengembangan kemampuan kognitif 2. Bermain di perpustakaan. 5. Menonton film 1. 6. Beberapa jenis hiburan dapat menghasilkan ilham untuk berkreasi. Bermain balok. Bermain di luar. Bermain sebagai latihan koordinasi gerakan motorik (fisik). Bermain drama sebagai latihan pengembangan berbahasa. 3. Bermain alat manipulatif. 4. Bermain konstruktif untuk pengembangan kemampuan kognitif dan ketrampilan motorik halus. 2. Membantu anak menangani masalah emosional yang dialaminya. Bermain sebagai penumbuhan aspek morsl dan nilai-nilai kehidupan. 6. 7. Penyaluran kebutuhan dan keinginan anak yang tidak mungkin diwujudkan dalam kehidupan nyata. Belajar mematuhi peraturan. Bermain pasir. Program Bermain Yang Sesuai Dengan Aspek-Aspek Pengembangan Anak Tk 1. 3. Bermain dengan kelompok. Permainan berdasarkan kemampuan dan ketrampilan yang dikembangkan anak 1. Menambah perbendaharaan kata. Bermain untuk pengembangan kemampuan seni. Macam-macam kegiatan bermain pasif:     Membaca Mendengarkan radio Mendengarkan musik.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful