Materi “Perilaku Organisasi”

SAHAR B BUDIARTO YUSUF JAYA INDAH NURUL ISLAMIAH E21109257 E21110103 E21110901 E21110902 E21110903 .DISUSUN OLEH :      AINUN AZWARIAH MUH.

yakni suatu bidang studi yang menyelidiki pengaruh yang ditimbulkan oleh individu. dan organisasi adalah satuan sosial yang terkoordinasi secara sadar. kelompok. terdiri dari dua atau lebih orang. dan struktur terhadap perilaku (manusia) didalam organisasi dengan tujuan menerapkan pengetahuan yang didapat untuk meningkatkan efektivitas organisasi. Penggabungan dua istilah diatas menghasilkan pengertian mengenai perilaku organisasi. yang berfungsi atas dasar yang relatif kontinyu untuk mencapai suatu tujuan atau serangkaian tujuan-tujuan bersama. .Definisi Perilaku Organisasi Robins (1986) menyatakan bahwa perilaku berkenaan dengan tindakan-tindakan manusia yang dapat diamati atau diukur.

Johns (1983) menyatakan : “perilaku organisasi adalah suatu istilah yang agak umum menunjukkan kepada sikap dan perilaku individu dan kelompok dalam organisasi. yang berkenaan dengan studi sistematis tentang sikap dan perilaku.” Jack Duncan dalam bukunya Organizational Behaviour menyatakan : “perilaku organisasi adalah suatu studi yang menyangkut aspek-aspek tingkah laku manusia dalam suatu organisasi atau suatu kelompok tertentu.” . baik yang menyangkut pribadi maupun antarpribadi di dalam konteks organisasi.

” Serentetan defenisi tentang perilaku organisasi selalu titik awal pemberangkatannya dimulai dari perilaku manusia dan atau lebih banyak menekankan pada aspek-aspek psikologi dari tingkah laku individu. Chris Argyris menyatakan : “bidang baru dari ilmu tingkah laku yang dikembangkan dengan titik perhatiaannya pada pemahaman perilaku manusia di dalam suatu organisasi yang sedang berproses.Lebih lanjut. . dinamakan perilaku organisasi.

Sedangkan teori organisasi adalah studi tentang susunan.  Perbedaan antara perilaku organisasi dengan teori organisasi. dan hasil-hasil dari organisasi itu sendiri. antara lain: psikologi organisasi membatasi konstruksi penjelasannya pada tingkat psikologi saja. akan tetapi perilaku organisasi konstruksi penjelasannya berasal dari multi disiplin.Larry L Cummings memberikan suatu analisis perbedaan perilaku organisasi dengan disiplin lain yang erat hubungannya dengan ilmu perilaku : Perbedaan antara perilaku organisasi dengan psikologi organisasi. Kesamaan keduanya adalah kedua bidang tersebut menjelaskan perilaku orang-orang di dalam suatu organisasi.  . yakni perilaku organisasi dirumuskan sebagai suatu studi dari tingkah laku individu dan kelompok didalam suatu organisasi dan penerapan dari ilmu pengetahuan tertentu. proses.

Larry L Cummings juga menekankan bahwa perilaku organisasi adalah suatu cara berpikir. suatu cara untuk memahami persoalan-persoalan dan menjelaskan secara nyata hasil-hasil penemuan berikut tindakan-tindakan pemecahannya. .

. dan nilai dari suatu sistem tumbuh bersama-sama yang memungkinkan mereka dipelajari dan disesuaikan pada lingkungan. dan bagaimana perilaku dari anggota-amggota organisasi mempengaruhi. Titik berat dari pemahaman perilaku organisasi ini adalah pada tingkah laku dari organisasi. dan bagaimana pula suatu struktur.Perilaku organisasi dapat dipahami lewat suatu penelaahan dari bagaimana organisasi itu dimulai. tumbuh dan berkembang. proses.

baik didalam maupun diluar organisasi. mangkir dari pekerjaan. Dalam kaitannya dengan perilaku organisasi. maka masalah memprediksi kondisikondisi yang menyebabkan pekerja lebih produktif. membuat keputusan yang lebih baik. keteraturan perilaku dalam organisasi memberikan kemungkinan kepada kita untuk melakukan prediksi atas perilaku anggota pada masa yang akan datang. perilaku organisasi memiliki sejumlah tujuan. . atau senang dengan pekerjaan adalah hal-hal yang sangat penting.Tujuan Memahami Perilaku Organisasi Seperti halnya disiplin ilmu yang lain. antara lain sebagai berikut: Prediksi : Memprediksi perilaku orang lain adalah syarat penting bagi kehidupan keseharian kita. Singkatnya.

jelas bahwa perilaku organisasi penting untuk memungkinkan indentifikasi dari eksplanasi atas berbagai peristiwa keperilakuan yang terjadi. Bila dalam prediksi kita berhadapan dengan persoalan apa yang akan terjadi diwaktu mendatang. Harus dipahami bahwa prediksi dan eksplanasi adalah dua proses yang berbeda. misalnya kurang produktifnya karyawan. maka dalam eksplanasi kita dihadapkan dengan persoalan mengapa perilaku tertentu bisa terjadi. lamban dalam bekerja. . Dengan demikian. kurang puas.Eksplanasi : Tujuan lain dari perilaku organisasi adalah eksplanasi atau penjelasan terhadap berbagai peristiwa yang terjadi dalam organisasi. dan lainlain.

. maka pada gilirannya akan dibutuhkan bentuk kontrol atas pengendalian perilaku. yaitu perilaku yang menunjang pencapaian sasaran organisasi secara efektif.Pengendalian : Pengendalian atau kontrol atas perilaku yang terjadi dalam organisasi adalah tujuan ketiga dari bidang perilaku organisasi. Maksudnya tidak lain agar perilaku individu dalam organisasi dapat selalu diarahkan ke arah yang positif. Semakin banyak perilaku atau kejadian yang dapat dijelaskan.

Pengembangan Organisasi Pengembangan organisasi sangat erat hubungannya dengan perilaku organisasi. Pengembangan organisasi adalah salah satu pendekatan yang sistematik. dan juga sangat penting diketahui oleh pemimpin organisasi. . Ia dirancang untuk memecahkan masalah-masalah yang merintangi efisiensi pengoperasian organisasi pada semua tingkatan. terpadu dan terencana untuk meningkatkan efektivitas organisasi. Berbagai masalah tersebut mencakup kurangnya kerjasama dan lambannya komunikasi dalam suatu organisasi.

dan terutama bersangkutan dengan perubahan yang direncanakan dalam organisasi-organisasi kompleks. .Pengembangan organisasi berkaitan dengan aspekaspek terapan perilaku organisasi. Dalam hal ini. pengembangan sumber daya manusia dalam organisasi dan peningkatan prestasi merupakan sasaran utama dari upaya-upaya pengembangan organisasi.

Sekian dan Terimakasih … .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful