You are on page 1of 4

2012

PERANCANGAN GEOMETRIK JALAN

NAMA : MARDI BANUREA NIM : 100404129

DEPARTEMEN TEKNIK SIPIL FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SUMATERA UTARA

efisiensi pelayanan arus lalu lintas dan memaksimalkan ratio tingkat penggunaan biaya pelaksanaan” Yang perlu direncanakan:   Standart perencanaan kriteria perencanaan:  kendaraan rencana  satuan mobil penumpang (SMP)  volume lalu lintas rencana  kecepatan rencana  Elemen Geometrik yang direncanakan:  Penampanng melintang dan bagian-bagiannya  Ruas jalan   Persyaratan jarak pandang Persyaratan Geometrik  Alinemen horizontal  Alinemen Vertikal  Koordinasi Alinemen 2. Sbutkan faktor apa saja yang mempengaruhi perencanaan geometrik…. DAMIJA. Coba Saudara Jelaskan Tujuan perencanaan Geometrik pada Jalan raya apa saja yang perlu direncanakan sehingga jalan tersebut dapat melayani lalu lintas sesuai fungsinya…? Jawab: Tujuan perencanaan Geometrik pada Jalan adalah “ untuk menghasilkan infrastruktur yang aman. dikedua sisi jalan.1. DAWASJA. BADAN JALAN pada potongan melintang jalan…? Jawab: DAMAJA : adalah daerah yang dibatasi oleh batas manfaat ambang jalan.5 meter dibawah muka jalan . Tinggi 5 meter. diatas perkerasan pada sumbu jalan dan kedalaman ruang bebas 1..? Jawab :     Lalulintas Topograpi Kapasitas Keamanan dan analisa untung rugi 3. Jelaskan pengertian DAMAJA.

Dawasja di daerah tikungan ditentukan oleh jarak pandang bebas. diukur dari sumbu jalan sebagai berikut:    Jalan Arteri minimum 20 m Jalan Kolektor minimum 15 m Jalan Lokal minimum 10 m Untuk keselamatan pemakai jalan. BADAN JALAN: adalah bagian jalan yang meliputi seluruh jalur lalu lintas. DAWASJA: adalah ruang sepanjang jalan diluar DAMAJA yang dibatasi oleh tinggi dan lebar tertentu. dan bahu jalan.DAMIJA: adalah daerah yang dibatasi lebar yang sama dengan DAMAJA ditambah ambang pengaman konstruksijalan dengan tinggi 5 meter dan kedalaman 1.5 meter. median. Apa tujuan penetapan jarak pandang pada perencanaan goemetrik jalan serta jelaskan dan buat gambar sket mengenai jarak pandang tersebut…. 4.? Jawab: A= kendaraan yang mendahului B= kendaraan yang berlawanan arah C= kendaraan yang didahului kendaraan A .

1 jalur. Gambarkan/ Jelaskan istilah lajur dan type sbb: a.1 arah) ( 2 jalur-4 lajur-2 arah) . memiliki lebar yang cukup untuk dilewati suatu kendaraan bermotor sesuai kendaraan rencana. 2/1 TB : 2 lajur.2 lajur. pengemudi dapat melakukan sesuatu tindakan untuk menghidari bahaya tersebut dengan aman. Dibedakan dua Jarak Pandang. 4/2 B : 4 lajur. terbagi ( 1 jalur. 2/2 TB : 2 lajur. 4/2 B Jawab : Lajur adalah bagian dari lalulintas yang memanjang dibatasi oleh marka jalan.2 lajur-2 arah) ( 1 jalur. a. 2/1 TB c. tak terbagi c. tak terbagi b. yaitu Jarak Pandang Henti (Jh) dan Jarak Pandang Mendahului (Jd).Tujuan penetapan jarak pandang : untuk memberikan kesempatam kepada pengemudi. 2 jalur. 2/2 TB b. 5. 2 jalur. sehingga jika pengemudi melihat suatu halangan yang membahayakan.