You are on page 1of 9

http://abuafif.wordpress.

com/2007/05/26/sekilas-info-mengenai-qatar-i/ Tulisan berikut merupakan informasi kaitannya dengan banyaknya pertanyaan yang disampaikan melalui email dari kawan-kawan di Indonesia mengenai Qatar, karena sifatnya juga pandangan pribadi, ya otomatis masih subyektif, paling nggak mewakili… kalo ada tambahan ditunggu masukannya. Atau ada kawan di Indo yang menanyakan hal serupa, dipersilakan untuk ngelink ke sini, yang penting bisa untuk saling menolong. Semua saya coba susun dalam sebuah ringkasan berikut : 1. Geografi dan iklim Qatar merupakan semenanjung kecil dengan luas sekitar 11.437 km2 di teluk Arab dengan beberapa pulau kecil di sekitarnya antara lain Halul,Sharaauh, kepulauan hawar dan alBasyria,al Safiliya dan al aliya.Jumlah penduduk sekitar 800.000 orang dengan pertumbuhan rata-rata 9 % pertahun.Sebagian besar penduduk tinggal di Doha sebagai ibukota Negara dengan dikelilingi kota kecil seperti Messaid dan Wakrah, Raslafan, Alkhor dan Dukhan. Penduduk asli disebut Qatari dengan jumlah sekitar 350.000 orang diikuti expatriate India yang hampir mengisi seluruh lini kehidupan Qatar (termasuk Pakistan, Srilangka, Bangladesh dan Nepal), negara Arab lain seperti Mesir Libanon, Palestina, Sudan, dll , Philipina, dan Negara lain dari seluruh dunia termasuk Indonesia. Jumlah orang Indonesia sekitar 30.000 orang didalamnya termasuk pekerja professional seperti di perminyakan dan non professional seperti PRT dan pekerja bangunan. Karena banyaknya pekerja expatriat, membuat sebagian dari kawan kita jadi nggak betah karena gesekan-gesekan di lingkungan kerja misalnya. Meskipun ini sifatnya subyektif juga karena di tempat lain ada yang merasa situasinya cukup kondusif dan bahkan saling mendukung keberhasilan kerja. Prinsipnya kalo kita orangnya ‘biasa aja’ ,gak usah ‘irian’, hormat sama orang, Insya Alloh dimana pun tempat kita…. Orang akan segan dengan kita. Iklim di Qatar memiliki dua musim yaitu musim panas pada bulan Mei s/d Oktober dan musim dingin dari bulan November s/d April. Maksimum tempertur pada musim panas sekitar 50 0C dengan kelembaban bisa mencapi 90 %! Bagi yang kena asma bisa sangat menyesakkan.Dan temperatur pada musim dingin bisa mencapai 4 0C! Biasanya disertai dengan angin kering sehingga kulit bisa pecah-pecah. Waktu Qatar adalah GMT + 3 jam atau 4 jam duluan Indonesia. Bahasa yang digunakan adalah Arab dan Inggris, jangan heran orang Qatar lebih jago Inggrisnya daripada kita, ada kursus (lembaga pendidikan) gratis yang mengajarkan kedua bahasa ini. 3 September 1971 adalah hari kemerdekaan Qatar dan pengusahaan minyak dimulai sejak 1974. Tanggal 27 Juni 1995 Sheikh Hamad bin Khalifa Althani mulai memerintah kerajaan dengan konsep modernisasi dan keterbukaan jadi jangan heran Qatar sekarang sudah begitu modern dan terbuka, tidak seketat Saudi. Jadi jangan heran kalo kita jalan-jalan udah biasa melihat ‘pemandangan’ seperti di negara kita. Tapi untuk wanita pribumi diharuskan memakai baju kurung hitam (abaya) dan cadar, meski juga sekarang udah mulai ada polemik untuk melepas cadar. 2. MATA UANG Mata uang yang digunakan adalah Qatari Riyal (QR) dengan nilai nominal 500 QR, 100 QR, 50 QR, 10 QR, 5 QR dan 1 QR. (1QR=100 dirhams) dan 1 US $ = 3.65 QR yang dari tahun ketahun selalu tetap. Fluktuasinya sangat kecil.

Banyak lagi yang lainnya. 1 ruang tamu. TEMPAT TINGGAL Selain pribumi dilarang memiliki tanah. 4. Grade 1 dimulai umur 5 tahun. Yang kasihan jika subsidi perusahaan tidak cukup… maka kita harus nombok.com/berita. Sayangnya tidak ada aturan khusus mengenai tarif …. 3. Doha Internasional School milik pemerintah. harganya relatif mahal. Walu ini sich relatif juga tergantung selera masing-masing.4 LISTRIK dan AIR Ditanggung pribadi (Kalo nggak dapat jatah perusahaan). Meskipun berbasis bahasa Inggris tetapi diperdalam juga bahasa Arab.000 QR belum termasuk jemputan. The International School 5. Transport menggunakan taxi jika tidak memiliki kendaraan pribadi. Biaya pendidikan di Qatar cukup mahal. Biaya yang ditanggung perusahaan adalah dari grade 1-5 (100%) dan 5 ke atas hanya 75%. 3. Cambridge School berkurikulum Inggris. 1 ruang makan. 3. Apalagi mobil –mobil sedan…. Biaya internet 3 QR/jam. Sedangkan untuk flat dalam satu compound (perumahan yang tidak bertingkat) minimal 9000 QR. Park house English school 6. BIAYA HIDUP 3.2 TELEPON dan INTERNET Biaya telepon lokal gratis hanya abonemen 30 QR per tiga bulan dan bisa menggunakan mobile phone dengan tarif 70 dirhams untuk SMS dan SLI 50 QR untuk 15 menit (jika ke Indonesia). sehingga praktis expatriat hanya bisa menyewa perumahan dalam bentuk flat atau apartemen. Sebagai contoh Toyota Land Cruiser baru hanya sekitar 300 juta rupiah atau Grand Cherokee second th 95 hanya 25.3. Yang lumayan murah adalah sekolah-sekolah milik Pakistan dan India yg kurikulumnya relatif mirip dengan di Indonesia hanya Inggrisnya ya…logat India sambil geleng-geleng kepala…. 3.000 QR – 16. anak 3 seperti saya rata-rata 350 QR perbulan. Ideal Indian School 8. dapur dan 2 kamar mandi sekitar 5000 QR.5 MAKAN dan TRANSPORT Sayuran dan bumbu termasuk lengkap. maka bisa memilih diantara yang suka antara lain : 1.000 QR (60 jutaan)..3 PENDIDIKAN Biaya pendidikan sebagian besar ditanggung perusahaan dan karena Indonesia belum memiliki sekolah sendiri. Info lain menyusul… http://www. French School 7. 20 juta udah lumayan.php?pil=13&dn=20080502003058 .1. Dan yang favorit dan punya nilai jual adalah Toyota.. American International School. Sebagian sama dengan di Indonesia ataupun lebih murah seperti susu. 3. Harga normal perbulan untuk apartemen di kota dengan 2 km tidur. Tentu lebih ngirit jika punya kendaraan pribadi.kabarindonesia. sebagai contoh cambridge school 1 tahun ajaran bisa mencapai 12. 2.karena harga mobil di sini murah ……. sehingga kecendurangan harga sekarang semakin.

Nancy Allen memberi waktu kepada tiga pria dan 11 perempuan peserta kursus pendalaman untuk berdiskusi dan memperhatikan agar semua menyampaikan pendapatnyaHal yang paling menarik bagi saya adalah bagaimana warga di Cina begitu serius menghadapi ujian. Tanpa pekerja asing yang berjumlah lebih dari satu juta orang. 14 guru sekolah dasar berkumpul. Penduduk Qatar adalah warga minoritas di negaranya sendiri. Di Qatar kritik tersebut ditanggapi serius. burka sepanjang tubuh para perempuan Katar. kecuali mata. antara lain untuk Universitas Qatar. Demikian dikatakan seorang mahasiswi. Shaikha Jabor al-Thani adalah wakil rektor Universitas Qatar. dimana tidak hanya dalam buku-buku pelajaran tertera peran mereka sebagai ibu rumah tangga atau pekerja di ladang. Selain Bahasa Arab. sistim pendidikan disesuaikan dengan standar internasional. Kursus pendalaman tersebut adalah bagian dari reformasi pendidikan yang luas di Qatar. Bahasa Inggris menjadi bahasa pengantar utama di Qatar. Suaranya terdengar tertahan. Sebagian besar pendapatan Qatar dari minyak dan gas bumi diinvestasikan di bidang pendidikan. tidak merupakan penghalang untuk secara dinamis menyampaikan pendapatnya. Terutama kritik akan kurangnya peluang bagi anak-anak perempuan dan perempuan dewasa. yang dikelola Yayasan Qatar. yang meliputi bangunan kampus seluas 10 kilometer persegi di Doha. Mulai dari Taman Kanak-Kanak hingga tingkat perguruan tinggi. mukanya tersembunyi di balik cadar. Tapi Abbaya. Doha dalam mata kuliah pendalaman bagi tenaga pimpinan di fakultas pendidikan.KabarIndonesia . Berulang kali Perserikatan Bangsa-Bangsa dan Bank Dunia mengkritik negara-negara Arab akan minimnya politik di bidang pendidikan dan jauh terbelakangnya standar pendidikan negaranegara ini dibanding kawasan lainnya di dunia. Di Universitas Qatar di ibukota Qatar. tahun 2004 dimulai reformasi pendidikan di Qatar. Pada agenda kuliah tercantum perbandingan sistim pendidikan antara Cina dengan Katar. mula-mula sebagai sekolah . Hal ini tidak lepas dari pasangan pemimpin di Qatar yang berpandangan luas. Nancy Allen memimpin mata kuliah tersebut. Sebelumnya tidak ada kualifikasi pendidikan untuk guru-guru di Katar. Syeikh Mozah juga aktif sebagai utusan khusus badan urusan pendidikan PBB. Dosen perempuan itu berasal dari Texas Amerika Serikat dan bekerja di Qatar sejak dua tahun.Negara minyak Qatar saat ini adalah negara dengan pertumbuhan ekonomi terpesat di dunia. Syeikh Hamad Bin Khalifa al-Thani dan istrinya Syeikh Mozah Binti Naser al-Misned menempuh pendidikan di perguruan tinggi Barat. Dengan motto „Pendidikan untuk era baru". UNESCO. bangunan sekolah dan sistim pendidikannya terlalu tua. Demikian disebutkan dalam catatan penilaian. Pendidikan kurang dibiayai. satu-satunya universitas nasional di negara itu „Universitas Qatar lahir tahun 1973. boom ekonomi ini tidak akan terjadi.

namun baru tahun 1977 menjadi universitas. Tentu saja keragaman sangat penting bagi kami. yang bekerja di institusi-institusi di Qatar gratis. juga di luar perguruan tinggi. dosen-dosen. Mereka harus belajar sepanjang hidupnya. Tenaga kerja dari seluruh dunia. dan menduduki jabatan penting di negara itu seperti menteri pendidikan atau kepala sekolah. kami bersikap terbuka. kewarganegaraan tidak menjadi masalah bagi kami. karena itu kami harus memastikan bahwa kami mendidik orang-orang yang mampu terus mendidik dirinya sendiri. Pendidikan harus ditunjang mulai dari tingkat keluarga. agar mereka memiliki peluang untuk memanfaatkan ilmunya secara luas dalam dunia global. Lima tahun lalu 96 persen warga Qatar menyetujui . Mahasiswa. Di negara kaya seperti Qatar. Dengan kekayaan dari tambang minyak dan gas bumi. Demikian disampaikan Shaikha Jabor dengan prihatin. menempuh pendidikan di perguruan tinggi masih belum begitu dianggap penting." Bahasa Inggris dan Teknik Informatik adalah Mata Kuliah Dasar Mata kuliah diberikan dalam bahasa Inggris dan Arab. Pendidikan bagi warga Qatar dan bagi anak-anak dari kaum pekerja migran. Demikian Shaikha Jabor „Dan apa yang tinggal dari yang mereka pelajari? Dunia berubah setiap hari. Berbagai program bea siswa yang ditawarkan menjadi perangsang bagi anak-anak semua lapisan dan kelompok umur. terutama di kalangan pria muda. berpikir secara kritis dan mencari penyelesaian masalah sebelum mulai dengan perkuliahan sebenarnya." Sejak tahun 1995 Qatar dipimpin oleh Syeikh Hamad bin Khalifa Al-Thani. Juga tampak jelas aktivitas yang mendorong anak-anak perempuan dan perempuan dewasa. ilmu humaniora dan pengetahuan. Selama mereka dapat membaca dan menulis. semua dilibatkan dalam sistim baru ini. Tanpa bantuan know-how asing Qatar tidak akan mungkin melakukan reformasi yang ambisius itu. para dosen dan orang tua. Jumlah perempuan meliputi 73 persen dari 8000 mahasiswa Universitas Qatar. terbuka banyak peluang untuk mendapat uang dengan minyak dan gas bumi. Pendidikan adalah gaya hidup. Syeikh Hamad bin Khalifa al-Thani mendorong sumber daya alam paling berharga negara itu. Dengan kriteria ini kami menyeleksi orang-orang. Semua mahasiswa di tingkat kuliah dasar harus lulus bahasa Inggris dan teknologi informatik. itulah tantangan terbesar bagi universitas. ilmu-ilmu ekonomi. Mereka dididik bagaimana melakukan penelitian. Tahun 1999 untuk pertama kalinya berlangsung pemilihan umum yang bebas di parlemen tingkat komunal. Perempuan memiliki hak pilih pasif maupun aktif. yang memodernisasi negara teluk ini dengan kecepatan tinggi. guru dan konsultan dibayar tinggi oleh Qatar untuk mencapai standar pendidikan internasional „Kami memasang iklan lowongan kerja di seluruh dunia. juga fakultas kajian studi dan hukum Islam. satu fakultas untuk ilmu teknik. Yang penting adalah kualifikasi dan apa yang diperlukan universitas. bukan hanya untuk mendapat pekerjaan.tinggi pedagogik. yang disebutnya adalah para remaja." Qatar tidak memiliki masalah keuangan. ilmu hukum. Sekarang kami memiliki enam fakultas: Pedagogik. tanpa sekolah.

Kebanyakan Muslim di Qatar mengikuti aliran Islam Sunnah. Dataran Qatar terdiri dari gurun pasir.!!! Kunjungi segera: www.org/wiki/Qatar Geografi Dataran Qatar hanya sebesar 160 km dan lebih kecil dari negara bagian Connecticut di Amerika Serikat. Texas A&M University.com http://id. Pemerintah Qatar telah membangun sekolah dari tingkat taman kanak-kanak sampai dengan universitas. Hamad bin Khalifa Al-Thani.com Berita besar hari ini. diantaranya adalah Carnegie Mellon University.com Alamat ratron (surat elektronik): redaksi@kabarindonesia. sedangkan yang mengikuti Syi'ah hanya 3 %.php?t=19331&pagenumber= . Stasiun televisi Al Jazeera berasal dari Qatar dan didukung oleh Emir Qatar.pewarta-kabarindonesia. Virginia Commonwealth University.or. pemerintah Qatar menaruh perhatian yang besar terhadap pendidikan. Seperti misalnya. Sedangkan penganut Kristen kebanyakan berasal dari ekspatriat asal Eropa yang bekerja di Qatar. [sunting]Demografi Kebanyakan penduduk Qatar beragama Islam. [sunting]Komunikasi Qatar memiliki sistem komunikasi yang modern di Doha. Emir Qatar.. Kebanyakan ekspatriat berasal dari Asia Selatan. [sunting]Pendidikan Pada beberapa tahun ini. Sheikh Hamad bin Khalifa Al-Thani telah membentuk Dewan Pendidikan Qatar pada tahun 2002. Dibawah kepemimpinan Emir Qatar.. dan Cornell University's Weill Medical College. Perusahaan telekomunikasi resmi di Qatar adalah Qtel dan Vodafone. yaitu wilayah India. [sunting]Hukum Meskipun berada di kawasan Arab.wikipedia.id/showthread.acehforum. alkohol diperbolehkan dalam jumlah terbatas saja.blogspot. hukum di Qatar cenderung lebih bebas dan liberal. Beberapa universitas Amerika Serikat telah membuka cabangnya di Qatar dengan dukungan Qatar Foundation. Sumber berita Deutsche Welle Blog: http://www. Qatar mengalami modernisasi dan liberalisasi. Area ini mengandung jumlah gas alam yang sangat besar. Pakistan dan Maladewa.undang-undang yang demokratis. dimana antara lain tercantum kebebasan beragama. http://www. Tempat tertinggi di Qatar adalah di Jabal Dukhan. Selain etnik Arab.kabarindonesia. Qatar juga terdiri dari banyak ekspatriat yang bekerja di Qatar dalam industri minyak. Tahun 2005 konstitusi tersebut mulai dijalankan. Georgetown University School of Foreign Service. Sistem ini memakai penggunaan 2 Intelsat dan 1 Arabsat. Qtel juga menjadi ISP di Qatar yang dinamai Internet Qatar.

Sementara gajinya dan fasilitas yang diterima dari kantor.Sebab selain hukum hudud. Walau pun barangkali di sini tidak atau belum lagi diterapkan hukum hudud. Mereka diberi rumah oleh perusahaan tempat bekerja. sampai ada anekdot yang entah benar entah tidak. Wah. pemandangan para wanita menutup aurat di jalan. walau pun levelnya hanya pegawai . seperti merajam pezina. Itulah yang kami saksikan selama beberapa hari di Qatar ini. setidak jelas polisinya juga sih. Dibawah ini adalah cerita pengalaman dari salah seorang WNI yang menetap dan bekerja disana. Bajaj. Pemerintah atau pun para pemilik perusahaan benar-benar memperhatikan kesejahteraan karyawan. dan itu jam resmi kantor. kalau polisi Indonesia. kami katakan bahwa sebenarnya kita tidak bisa pungkiri bahwa Qatar ini termasuk negara Islam. "Pak ustadz. Bioskop pun boleh dibilang tidak ada. Semua membuat jalanan macet tidak jelas. kecuali mungkin dengan izin khusus buat kalangan amat terbatas non-muslim ekspatriat. hukum Islam yang lain tetap berjalan. Beda dengan Jakarta yang 'dikuasai' oleh Metromini. Rakyat Makmur Kami lihat bahwa teman-teman dari Indonesia digaji lebih dari cukup. "Hilang motor lapor polisi.Indonesia VS Qatar Related Links Qatar adalah salah satu negara yang makmur dengan pemimpin yang sangat peduli dengan rakyatnya. Padahal beban pekerjaannya hanya 1/3 dari yang menjadi tugas mereka sebelumnya di negeri sendiri. Meurut pengakuan sebagian teman yang sempat kami tanyai. lalu lintas teratur. Salah seorang ibu rumah tangga pernah bilang. jam 2 siang sudah pulang. bilang begini. teman-teman kita tidak perlu bingung menghidupi diri dengan berbagai pajak dan harga yang selalu melambung seperti Indonesia. setidaknya sampai 4 atau 5 kali dari gaji yang mereka terima di Indonesia." Bahkan di negara ini kami melihat contoh bagaimana tipologi sebuah negara Islam ideal terpenuhi. bisa puluhan kali pendapata PNS jujur kita (baca: kalau tidak korupsi). suami saya bekerja di sini kayak pegawai negeri di Indonesia. memotong tangan pencuri atau pun mencambuk peminum khamar. eh malah hilang mobil. Qatar adalah penduduk yg mayoritas beragama islam. Kerjaannya melindungi dan bukan 'ngobyek' seperti di negeri kita." Di Qatar ini. Ojek dan Mikrolet. Polisi bekerja dengan benar dan sangat melindungi masyarakat.Mengenai apakah Qatar ini negara Islam atau bukan. Shalat berjamaah di masjid-masijd. Kehidupan berlangsung sangat baik. semua pengemudi sangat displin mentaati aturan. bahkan tidak ada tempat judi atau 'ngedugem'. Bagaimana tidak.

sekolah itu bukan sembarang sekolah. harganya rata-rata hanya sepertiga dari harga di negeri sendiri. tidak ada korupsi. Tidak Ada Korupsi Dan pemerintah Qatar ini benar-benar baik. Maka sebagaimana Anda dan banyak teman-teman lainnya. tidak ada sejarahnya mereka harus bayar AC. Anda sebagai orang asing di sini. tapi rajanya adil. tidak semata-mata diukur hanya lewat apakah hukum potong tangan dan rajam berjalan. walau pun dengan pinjaman lunak selunak-lunaknya. bahkan sekelas SDITpun masih terasa mahal. tapi sekolah dengan kualifikasi standar international. kami tidak mau komentar. Mobil pun dibelikan. kan?Jangankan international. anda terbiasa naik Pajero. Pantes saja pada betah dan tidak mau pulang ke Indonesia.tis. tinggal pakai. kalau pada sisi yang lainnya malah jeblok. bayar listrik. Dan yang menarik. Rumahnya mewah dan nyaman sekali. Bagaimana dengan pemerintah Indonesia? Ah. kalau rakyat malah sengsara. Memang Qatar tidak atau belum melaksanakan hukum rajam dan potong tangan. Sesuatu yang kalau di negeri kita sendiri. atau 'bahan jualan' untuk pemilu 2009.tis. kepastian hukum dan penerapannya. Nah senaif-naifnya Qatar. Lebih tepat dibilang apartemen atau vila. korupsi merajalela. profesionalisme. Bahkan Anda pun tidak akan mampu di Indonesia menyekolahkan anak di Sekolah International. perusahaan memberi tiket gratis sekeluarga untuk pulang ke Indonesia. Semua gratis. pejabat makan duit rakyat. Pokoknya tinggal masuk dan duduk manis. Yang menarik lagi. Land Cruiser. piring dan gelas. dilayani sedemikian rupa.. bukan 12 hari tapi 24 hari. . dan merek-merek ngetop lainnya. Anda bayangkan sendiri. dan perhatian pemerintah terhadap kesejahteraan rakyatnya. Ukuran keIslaman suatu negara juga harus diukur dari tingkat kemakmuran. tapi lengkap dengan furniturnya. Fasilitas rumah itu kadang sudah ada isinya. Sampai ada yang komentar bahwa TERPADU itu artinya adalah: TERpaksa PAkai DUit. tapi syariah Islam yang lainnya benar-benar berjalan.biasa atau operator. bahkan yang di Indonesia tidak ada. gas apalagi parkir. tidak ada nilep duit rakyat.. Buat apa ada potong tangan dan sejenisnya. termasuk kompor. jujur dan memikirkan rakyatnya. masih merupakan wacana.. bukan isteri maksudnya. sampai-sampai sekolah anak pun gratis sampai SMA. Semua kekayaan alamnya digunakan buat kesejahteraan rakyat. Dan untuk menghabiskan cuti. karena Anda sudah tahu semua jawabnya. tetap saja pemerintahnya punya kepedulian kepada rakyatnya. meski bentuknya kerajaan. air. Sebab ukuran keIslaman suatu negara. Tiap tahun perusahaan memberi cuti panjang. Dan seperti yang Anda ceritakan sendiri.

ini pun . Qatar kan Kaya Minyak? Mungkin apa yang kami sampaikan tentang kemakmuran Qatar akan mau Anda sanggah dengan ungkapan di atas. tapi rakyat sudah sejahtera. sebagai contoh ideal sebuah negara Islam. Biar penguasa seumur hidup pun. sebenarnya kita sebagai negara muslim bisa membanggakan Qatar. Tapi ternyata anggapan kami salah. keadilan pasti. sehingga dia mengatakan bahwa di Eropa ada Islam tanpa orang muslim. Perampok international tentu harus bekerjasama dengan perampok lokal. Qatar memang dihuni oleh jumlah penduduk yang terbatas. Dan sepanjang negeri. Qatar dan Indonesia sebenarnya berada dalam skala perbandingan yang sama.Walau pun di Qatar ini tidak ada partai politik. kita butuh 2 minggu naik mobil dari ujung Sabang di Barat sampai ke Marauke di Timur. Peradaban manusia yang tinggal di atas tanah itu sama sekali tidak bisa menikmati anugerah Allah. kita sudah berada di luar negeri. sama dengan yang keluar di bumi Indonesia. minyak dan gas di dalam tanah diobral. minyak berlimpah. Ternyata kekayaan alam Indonesia tidak kalah dengan Qatar. Pantas Saja. Qatar kan kaya minyak. kita hanya butuh waktu 1-2 jam saja dari ujung negara di Utara sampai ujung negara di Selatan. kesejahteraan mutlak." Ungkapan seperti itulah yang awalnya jadi pendapat kami juga. biar saja. Bahkan dari segi luasnya. Tapi hal itu karena memang luasnya juga terbatas. Kalau pun ada sekedar pembanding. baik dari segi jumlah atau pun kualitasnya. "Ah pantas saja. buat apa ribut-ribut mengganti penguasa. tanah subur. yang penting hukum berjalan. di mana pemerintahannya berfungsi dengan benar. profesional dan makmur. Lewat dari itu. Jadi buat apa berpolitik lagi. Sedangkan Indonesia sangat luas membentang. Sebab yang keluar dari bumi Qatar berupa minyak dan gas bumi. Sementara di Indonesia. Masalahnya tinggal bagaimana pemerintahnya mengambil kebijakan. Habis dirampas oleh para 'perampok lokal' dan 'perampok international'. Kalau dibilang bahwa tenaga Indonesia belum mampu mengolah hasil alamnya. Di Qatar kalau naik mobil. kalau tujuannya memang sudah tercapai? Betul nggak? Kok penguasanya raja dan tidak diganti? Halah. ya tidak apa-apa kan? Dari pada semua potensi kita habis hanya untuk mengurus urusan politik yang tidak ada habisnya. laut penuh dengan ikan. sekedar untuk dapat 'komisi' (baca: sogokan) untuk mensejahterakan segelintir pejabat. Tanahnya subur tapi tidak terurus. negara Qatar ini hanya sepertiga Jawa Barat saja. Kalau ada orang bangga dengan Eropa yang katanya teratur. Pemerintah Qatar tidak menjual murah minyak dan gas kepada luar negeri. jumlah penduduk Indonesia yang berjumlah 200 juta itu sebanding dengan luas wilayahnya. Nah. gas alam juga berlimpah. Pokoknya rizki dari Allah SWTtidak pernah kurang.

Jadi dibandingkan Indonesia. Sebab kehadiran teman-teman dari Indonesia ke Qatar ini justru karena mereka ahli di bidang pengeboran minyak dan gas bumi.juga sebuah apologia. Siapa bilang tenaga kerja kita tidak mampu mengolah sendiri kekayaan alamnya? Buktinya Qatar malah memakai tenaga mereka. Nah. ya hijrah dari negeri yang kurang Islami ke negeri yang lebih Islami. sumber : http://www. Qatar jauh lebih 'Islami'. kami hanya bilang bahwa teman-teman dari Indonesia ke Qatar sebenarnya sedang melakukan hijrah.bluefame.com .