Sesuai dengan kemampuan menghadapibaik aktif (innovator, early adopter, dan early majority) dan pasif (late majority

, dan laggard). Hal ini dapat diartikan bahwa inovasi merupakan sikap termotivasi untuk memecahkan masalah yang didukung oleh kemampuan berpikir kreatif. Keputusan perusahaan untuk melakukan inovasi tergantung pada beberapa hal di antaranya faktor biaya dan permintaan pasar. Hal lainnya dapat lebih diakibatkan pula oleh kelangkaan sumber daya termasuk permintaan tenaga kerja yang meningkat. Inovasi merupakan salah satu faktor penentu dari kesuksesan perusahaan yang dapat memberikan pengaruh terhadap peningkatan yang bekesinambungan serta perbaikan. Inovasi yang berkelanjutan dapat dilakukan dengan look outside selama masa ketidakpastian dalam antisipasi perubahan pasar, teknologi, dan kompetisi untuk mendorong pengembangan teknologi yang baru, maupun produk yang baru. Apabila melihat jenisnya, Machfoedz (2004;24) mengemukakan bahwa inovasi terdiri dari empat jenis yaitu penemuan, pengembangan, duplikasi, dan sintesis sebagaimana pada Gambar 9.2. 1. Dikatakan penemuan apabila merupakan kreasi suatu produk, jasa, atau proses baru yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Konsep ini cenderung disebut revolusioner. 2. Untuk hal pengembangan merupakan kelanjutan perubahan, perbaikan dari suatu produk, jasa, maupun proses yang sudah ada sebelumnya, dan konsep seperti ini menjadikan aplikasi ide yang telah ada dan berbeda. 3. Halnya dengan duplikasi, ini merupakan peniruan suatu produk, jasa, maupun proses yang telah ada, namun demikian upaya duplikasi bukan semata-mata meniru melainkan menambah sentuhan kreatif untuk memperbaiki konsep agar lebih mampu menangani persaingan. 4. Adapun sintesis merupakan perpaduan konsep dan faktor yang telah ada menjadi formula baru. Proses ini meliputi pengambilan sejumlah ide atau produk yang telah ditemukan dan dibentuk sehingga menjadi produk yang dapat diaplikasikan dengan cara baru.

Dalam dunia bisnis. . pengetahuan telah tersedia yang diperlukan dalam inovasi adalah kerja keras yang terfokus dan bertujuan. Sering mengemukakan bahwa apabila suatu hasil inovasi dari awal tidak dimaksudkan sebagai leader. 2003). suatu inovasi tampaknya dikatakan tidak cukup inovatif. dimulai dengan menganalisis peluang. Apabila bakat. Inovasi dilihat dari Jenisnya (visualisasi dan modifikasi) Seperti kegiatan lainnya. menentukan arah teknologi atau industri (new era). Dalam “keharusan” terdapat hal-hal sebagai berikut : 1. inovasi merupakan hasil kerja keras yang memerlukan pengetahuan dan kemurnian (ingenuity). Diketahui bahwa tujuan awal dari inovasi yaitu menjadi standard setter (pembuat norma).149) terdapat sejumlah “keharusan” yang harus dilakukan dan terdapat berapa “larangan” yang lebih baik tidak dikerjakan serta ada juga yang disebut “persyaratan”. mengubah aturan main atau hanya sebuah prestasi biasa.PENEMUAN REVOLUSIONER PENGEMBANGAN INOVASI DUPLIKASI APLIKASI IDE YANG TELAH ADA ADA SENTUHAN KREATIF SINTESIS PERPADUAN KONSEP Gambar 9. Inovasi yang mempunyai tujuan dan sistematis. justru seringkali inovasi dikatakan efektif bila sederhana dan fokus dalam melakukan atau membuat suatu hal. Yang menjadi prinsip inovasi menurut Drucker (1985.2. tidak mengubah lingkungan. Ini dimaksudkan bahwa semua sumber peluang inovatif tidaklah cukup hanya dengan memerhatikan. tetapi pencariannya perlu diorganisasikan serta dikerjakan dengan cara benar dan sistematis. kemurnian. Dalam kenyataannya tidak seorang pun dapat memastikan apakah inovasi akan mengakhiri sebuah bisnis besar. karena inovasi yang memiliki kekuatan mentransformasikan seluruh industri dan mengakhiri strategi bisnis biasanya sering tidak berhasil (Grove dalam Bataris Gorat.

Di sini inovasi perlu ditangani apabila hendak mencapai ukuran dan kepentingan tertentu. Jika tidak dimulai dari yang kecil tidaklah akan cukup waktu untuk mengadakan penyesuaian dan perubahan apabila sebuah inovasi mau berhasil. dan tidak akan menjadi inovasi. dan akan tetap hanya tinggal gagasan. menyimak. dan kebutuhannya. 4. Ini dimaksudkan supaya tidak memberikan kesulitan dan dapat berjalan. yang lebih baik tidak dikerjakan dalam inovasi sebagai berikut : 1. Agar efektif sebuah inovasi harus sederhana dan harus terfokus. memerhatikan. Ini dimaksudkan bahwa sebuah inovasi tidaklah muluk-muluk dan mencoba untuk melakukan sesuatu yang khas. 5.2. Tidak mencoba mengerjakan terlalu banyak pekerjaan sekaligus. Kaitannya bahwa inovasi harus mengarah pada kepemimpinan karena jika tidak demikian hanya akan menciptakan peluang bagi persaingan belaka. 2. Inovasi yang efektif dimulai dari kecil. karena secara umum gagasan yang terlalu muluk seperti mengarah kerevolusi industri mungkin tidak dapat berjalan dan sulit terwujud. 3. Di sini ditekankan bahwa pada prinsipnya untuk berinovasi harus dapat mencari informasi dengan melihat. . Tidak merasa superior dan serba mengetahui karena pada prinsipnya ketidakmampuan merupakan faktor yang tersedia dalam jumlah yang tidak pernah kekurangan. Sebuah inovasi yang berhasil harus mengarah pada kepemimpinan. Di sini pekerjaan harus difokuskan. Nilai tertinggi yang dapat diterima oleh sebuah inovasi adalah kejelasan dan yang sebelumnya mengapa tidak terpikirkan. yang selanjutnya dengan inovasi terefleksi dapat bersedia menggunakan karena manfaat yang dirasakannya. karena dalam kenyataannya tak seorangpun dapat memastikan terlebih dahulu apakah inovasi tertentu akan berakhir sebagai bisnis besar atau sebagai sebuah prestasi yang biasabiasa saja. Inovasi bersifat konseptual dan perseptual. nilai. Inovasi tidak perlu mengarah pada tujuan akhir untuk jadi sebuah bisnis besar. karena apabila inovasi menyimpang dari intinya akan cenderung terpecah. Berkaitan dengan larangan. serta mempelajari para customer dalam hal harapan. disebabkan sesuatu yang baru terlebih lagi rumit akan sulit melakukan pengaturan dan perbaikan.

Inovasi juga merupakan perubahan dalam sebuah proses. 3. 3. keuletan. Tidak perlu melakukan inovasi untuk masa depan. inovasi harus senantiasa dekat.Inovasi pun menghendaki orang-orang yang mengerti dan dapat memahami satu sama lainnya. oleh karenanya dituntut ketekunan. Di samping hal tersebut terdapat pula persyaratan yang harus dipenuhi bagi sebuah inovasi yaitu : 1. Oleh karena itu. Agar inovasi berhasil seorang inovator perlu membina kekuatannya mengingat risiko dan keuntungan yang diperolehnya. Inovasi merupakan dampak dalam suatu perekonomian maupun masyarakat pada umumnya. Bahwa inovasi adalah karya sehingga menghendaki pengetahuan dan kepandaian. kecerdikan di samping kepekaan. Sebuah inovasi mungkin mempunyai dampak jangka panjang dan mungkin tidak akan mencapai kematangannya yang penuh hingga beberapa tahun kemudian. mampu melihat peluang yang lebih luas. serta kerja keras yang terarah dan bertujuan. 2. tertuju. dan mengambil kesempatan yang sesuai bagi usahanya. di samping juga dalam inovasi perlu bakat. tetapi lakukanlah inovasi untuk masa sekarang/saat ini. dan benar-benar digerakkan oleh pasar. . serta komitmen.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful