SATUAN ACARA PERKULIAHAN

A. Identitas : Mata Kuliah Pokok bahasan Tanggal / semester Waktu
Fakultas Jurusan/Jenjang

: Manajemen dan SIM 1* : : :
: Ilmu Komputer : Sistem Informasi / S-1 (2 sks)

B. Tujuan pembelajaran a. TIU : b. TIK :
Mg. Ke : I Pokok Bahasan Gambaran Umum Manajemen Tujuan Instruksional Umum (TIU) 1. Mahasiswa memahami pengertian manajemen, peran manajer serta kemampuan yang dituntut seorang manajer. 2. Mahasiswa memahami tentang evolusi teori Manajemen. 3. Mahasiswa memahami pengaruh lingkungan terhadap kehidupan organisasi dalam manajemen. Sub Pokok Bahasan 1. Pengertian Manajemen Definisi Manajemen. Manajemen sebagai ilmu dan seni. 2. Manajemen dan Manajer Tingkatan Manajemen. Fungsi-fungsi Manajemen. Ketrampilan-ketrampilan Manajerial. 3. Evolusi Teori Manajemen Teori Manajemen Klasik. Teori Perilaku. Teori Kuantitatif (Riset Operasi dan Ilmu Manajemen). Evolusi Teori Manajemen. 4. Manajemen dan Lingkungan Eksternal Definisi Lingkungan. Sasaran Belajar Mahasiswa dapat mengerti, memahami dan menjelaskan : 1. Definisi Manajemen dan Manajer. 2. Proses Manajemen. 3. Ketrampilan dan peran Manajer. 4. Pengertian Manajemen sebagai ilmu dan seni. 5. Teori Manajemen Klasik. 6. Teori Manajemen Perilaku. 7. Teori Ilmu Manajemen. 8. Faktor-faktor yang mempengaruhi manajemen, baik langsung maupun tidak langsung. 9. Akibat pengaruh lingkungan terhadap Manajemen. 10. Tanggung Jawab sosial manajemen dan etika dalam manajemen.

. Tanggung jawab sosial Manajer.- Faktor-faktor Lingkungan Eksternal Mikro dan Makro.

3. Managemen By Objective (MBO). Proses Perencanaan Pengertian Perencanaan. Bentuk-bentuk Organisasi. 3. 2. Fungsi Tujuan. Apa saja fungsi dari tujuan. Empat tahap dasar Perencanaan. Pengertian Pengorganisasian. . Proses Pengorganisasian dan pentingnya kegiatan ini bagi organisasi. 3. 7. Misi dan Tujuan organisasi.II PERENCANAAN Mengenalkan kepada mahasiswa bahwa proses perencanaan itu pada hakikatnya merupakan proses penentuan tujuan. 5. Mahasiswa dapat mengerti. Keterlibatan bawahan dalam pembuatan keputusan. Bagan organisasi. Departementasi Fungsional. Managemen By Objective (MBO). Rencana Operasional. Proses pembuatan keputusan. III PENGORGANISASIAN Untuk mengenalkan kepada mahasiswa bahwa fungsi manajemen yang berupa pengorganisasian dengan segala aspeknya itu penting dan perlu agar mahasiswa itu dapat menerapkannya sehingga segala sesuatu dapat berjalan dengan efektif dan efisien. 2. 3. 6. Pembuatan Keputusan Tipe-tipe Keputusan. penerjemahan ke dalam strategi. 5. Struktur Organisasi. Pengorganisasian. Departementasi Divisional. Kelemahan dan kelebihan setiap struktur organisasi. 1. 4. 1. Pemerkayaan dan pemekaran kerja. Teori-teori Organisasi. 6. Pengertian dari Perencanaan. Berbagai jenis keputusan yang diambil oleh manajer. Hubungan antara spesialisasi. Faktor waktu dan perencanaan. Departementasi. kebijaksanaan dan program organisasi. Faktor waktu dan Perencanaan 4. 2. Penetapan Tujuan Misi dan Tujuan Organisasi. Mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan : 1. 8. Struktur organisasi formal dan cara penyusunannya. Rencana Strategik. Perbedaaan rencana operasional dan rencana strategis. Pembagian Kerja. Organisasi Proyek dan matrik. 2. kepuasan kerja dan produktivitas. Berbagai proses pembuatan keputusan. memahami dan menjelaskan : 1.

Pelaksanaan latihan dan pengembangan karyawan. 3. 4.Pendekatan-pendekatan untuk mencapai koordinasi yang efektif.IV KOORDINASI Mahasiswa mengetahui pentingnya koordinasi berbagai kegiatan yang dilakukan dalam organisasi. . . Alasan suatu aktivitas dan tujuan organisasi harus dikoordinasikan. . V Wewenang. 5. Delegasi dan Desentralisasi Mahasiswa dapat memahami pengaruh dan pentingnya wewenang. .Pengertian Wewenang.Pengurangan kebutuhan akan koordinasi. pengaruh dan wewenang serta peranannya dalam organisasi. Barbagai proses penyusunan personalia dalam organisasi formal. 2. 2. 4.Masalah-masalah pencapaian Koordinasi yang efektif. Staf dan Fungsional. . Proses penyusunan Personalia. Latihan dan Pengembangan Karyawan.Kebutuhan akan koordinasi. . Staf dan Fungsional. Perencanaan Sumber Daya Manusia. - Mahasiwa dapat menjelaskan : 1. . Cara penarikan dan penyeleksian Karyawan. Mahasiswa dapat menjelaskan : 1. Alasan-alasan pendelegasian. . 5.Delegasi wewenang. Definisi Delegasi. .Struktur Lini dan Staf.Wewenang Lini. Pemberian kompensasi kepada Karyawan.Meningkatkan kooordinasi potensial. 3. Mahasiswa dapat menjelaskan : 1. Koordinasi : . Penarikan dan Seleksi Karyawan.Mekanisme-mekanisme pengkoordinasian dasar. pendelegasian wewenang dan desentralisasi serta faktor yang mempengaruhinya. Proses pemberian kompensasi. Arti sentralisasi dan desentralisasi.Sentralisasi vs Desentralisasi. 2. Wewenang Lini. 3. Bagaimana merencanakan SDM. Mekanisme dasar koordinasi. VI Penyusunan Personalia dan Organisasi Memberikan pandangan yang luas kepada mahasiswa tentang proses manajemen personalia dalam suatu organisasi. . Kekuasaan dan Pengaruh. Pendekatan dasar untuk koordinasi yang efektif. Definisi kekuasaan. .

. . . Teori-teori Motivasi yang ada. Faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas komunikasi dalam organisasi.Pengertian Komunikasi. 3. 5. 8. Hambatan-hambatan terhadap komunikasi dan cara mengatasinya.Pendekatan perilaku Kepemimpinan. 2. . 6. Terjadinya motivasi dalam perusahaan. Berbagai pendekatan studi kepemimpinan.Saluran Komunikasi dalam Organisasi. 2. Kepemimpinan : . .VII Pengarahan dan Pengembangan Organisasi Memberikan pengertian kepada mahasiswa tentnag pentingnya suatu pengarahan dalam manajemen dan proses pengembangan organisasi. Pendekatan perilaku. VIII Pengarahan dan Pengembangan Organisasi.Teori X dan Teori Y dari Mc Gregor. Proses komunikasi.Pentingnya Motivasi.Pendekatan sifat-sifat Kepemimpinan. Motivasi : . .Peranan Komunikasi Informal. 3.Pengertian Kepemimpinan.Teori-teori Isi.Teori-teori Motivasi. Anggapan-anggapan tentang teori X dan teori Y yang dikemukakan Mc Gregor.Hambatan-hambatan Komunikasi Efektif. Memberikan pengertian kepada mahasiswa tentnag pentingnya suatu pengarahan dalam manajemen dan proses pengembangan organisasi.Proses Komunikasi.Teori-teori Proses. 4. . Komunikasi : .Peningkatan Efektivitas Komunikasi.Pandangan Motivasi dalam organisasi. . . .Pendekatan-pendekatan studi Kepemimpinan. Mahasiswa dapat menjelaskan : 1. Pengertian dari kepemimpinana. 7. 4. . Perubahan perilaku yang mempengaruhi perilaku organisasi. . . . Pengertian dan pentingnya komunikasi dalam organisasi. Hubungan Motivasi dengan kehidupan organisasi. Mahasiswa dapat menjelaskan : 1.

Pentingnya Pengawasan. tipe-tipe yang ada.Karakteristik-karakteristik Pengawasan yang efektif. .Bidang-bidang Pengawasan Strategik.Perancangan Proses Pengawasan. . bidang-bidang pengawasan strategik.Tahap-tahap proses Pengawasan. Alat-alat bantu yang digunakan manajer dalam pelaksanaan pengawasan. . Proses perancangan pengawasan. . . 3.Tipe-tipe Pengawasan.Pengertian Pengawasan. tahap serta pentingnya pelaksanaan pengawasan dalam kegiatan manajerial. dan pentingnya pengawasan dalam suatu organisasi demi suksesnya manajemen. Dasar-dasar proses Pengawasan : . Arti dari pengawasan. . 2. . . Mahasiswa dapat menjelaskan : 1. . .Alat Bantu Pengawasan Manajerial. proses.Management Information System (MIS).Management By Exception (MBE).IX PENGAWASAN Memberikan kepada mahasiswa mengenai pengertian type.

XI Model Sistem Umum Perusahaan Mahasiswa memahami konsep dasar model sistem umum perusahaan. .X Pengenalan pada Manajemen Informasi Memberikan gambaran umum Manajemen informasi dan sistem informasi berbasis komputer.Pengertian model. 2.Penggunaan model sistem umum perusahaan. Keberadaaan alat untuk memecahkan persoalan. Mahasiswa mengetahui model sistem umum perusahaan dan penggunaan model sistem tersebut. . Evolusi Sistem Informasi Berbasis Komputer. 3. Meningkatkan kekompleksan tugas manajemen. Komputer sebagai elemen dalam Sistem Informasi. Ketrampilan Manajemen. Fokus Informasi (SIM). Fokus pada komunikasi (Otomatisasi Kantor). Fokus pada pendukung keputusan (SPK). Manajer dan Sistem Perusahaan. 4. Model Sistem Umum perusahaan : . Peranan manajer dalam pengelolaan Manajemen Informasi. Data dan Informasi. Mahasiswa memahami konsep dasar manajemen Informasi dan dapat menjelaskan peranan manajer dalam pengelolaan manajemen informasi di perusahaan. 5. Mahasiswa dapat menjelaskan evolusi Sistem Informasi Berbasis Komputer dan upaya pencapaiannya. Pentingnya Manajemen Informasi dalam Perusahaan. Fokus Konsultasi (Sistem Pakar). . 6. Fokus data (SIS / EDP). 1.Konsep dasar model sistem umum perusahaan. Upaya pencapaian Sistem Informasi Berbasis Komputer.

XII Sistem Informasi Manajemen Memberikan gambaran umum tentang Sistem Infomasi Manajemen. Sistem Informasi Manufaktur. Suryadi. seri Diktat Kuliah. Sistem Informasi Manajemen. Mahasiswa memahami konsep pendekatan sistem dalam memecahkan masalah dan membuat keputusan. Konsep Sistem Informasi Organisasional. Margianti. 4. . Pendekatan Sistem : . Jakarta 1991. Manajemen II.Pendekatan sistem dalam memecahkan masalah dan membuat keputusan Mahasiswa memahami konsep dasar pendekatan sistem dalam memecahkan masalah dan membuat keputusan. M. Sistem Informasi SDM. T.Pemahaman dasar pemecahan masalah dan pembuatan keputusan. 3. E. Jakarta. . - Mahasiswa mampu memahami konsep SIM. Seri Diktat Kuliah. Abdul Mukhyi dan Iman Hadi Saputro. Sistem Informasi Keuangan. Referensi : 1. 1994.Faktor manusia yang mempengaruhi pemecahan masalah. Hani Handoko. 2001. S. Peranan SIM dalam pemecahan masalah. 1. Pengaruh tingkah laku pada desain sistem. Sistem Informasi Marketing. Gunadarma. BPFE UGM. 4. Manajemen Umum. Prenhalindo. 3. Edisi Ketujuh. Mahasiswa dapat mengerti peranan SIM dalam memecahkan masalah. 2. Sistem Informasi Manjaemen jilid 1.Tahapan pemecahan masalah dengan menggunakan pendekatan sistem. Yogyakarta. Apa yang dimaksud dengan SIM. 2. Penerbit Gunadarma. Jakarta. D. 1990. . Mc Leod Raymond. Sistem Informasi Eksekutif.

5. Prenhalindo. Edisi Ketujuh. Jakarta. Note : MATERI UNTUK MID SEMESTER (UTS) DARI MINGGU I S/D MINGGU IX MATERI UNTUK UJIAN UTAMA (UJIAN NEGARA) DARI MINGGU I S/D MINGGU XII . Mc Leod Raymond. 2001. Sistem Informasi Manjaemen jilid 2.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful