PENGANTAR PEMBIAYAAN PEMBANGUNAN

Oleh: Mohammad Muktiali
PWK Undip Semarang
©2010 All rights reserved

E-mail : muktiealie@yahoo.com. mobile :
08179515052

KONTRAK KULIAH

MK PEMBIAYAAN PEMBANGUNAN SKS : 3 SKS / SEMESTER 6
Deskripsi Singkat
Mata kuliah ini memberikan pemahaman teoritis, normatif dan empiris pembiayaan pembangunan wilayah dan kota (khususnya infrastruktur bidang ke-PU-an yaitu meliputi air bersih, persampahan, sanitasi, jalan dan drainase ) baik yang dilakukan di negara maju maupun negara sedang berkembang (khususnya di Indonesia) Kelas Koordinator Pengajar : Selasa, Jam 13.00 – 14.40 Kamis, Jam 13.00 – 14.40 : Mohammad Muktiali, SE, MSi, MT (MMA)
E-mail : muktiealie@yahoo.com. mobile : 08179515052

: Mohammad Muktiali, SE, MSi, MT (MMA) Ir. Mardwi Rahdriawan, MT (MR) Maryono, ST, MT Wido Prananingtyas, ST, MDP

4. . 6. empiris serta aturan normatif yang berlaku di Indonesia . 3.Tujuan Instruksional : Pada akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan akan dapat menyusun perencanaan pembiayaan pembangunan wilayah dan kota terutama pada bidang infrastruktur dan juga bidang/sektor pembangunan lainnya berdasarkan kaidah teoritis.proyek publik Mengkaji banding strategi pembiayaan pembangunan infrastruktur baik yang bersifat cost recovery maupun non cost recovery yang dilakukan di negara maju maupun negara sedang berkembang 1. Untuk itu beberapa tujuan khusus yang akan dicapai meliputi kemampuan mahasiswa untuk: Mengidentifikasikan struktur dan pola pendapatan dan belanja pembangunan daerah di Indonesia Mengidentifikasikan kemampuan pembiayaan pembangunan daerah (kabupaten/kota) di Indonesia Menjelaskan sistem penganggaran di Indonesia Menjelaskan sumber – sumber pembiayaan pembangunan daerah baik yang bersumber dari internal maupun eksternal Melakukan perencanaan pembiayaan pembangunan bidang infrastruktur Melakukan studi kelayakan proyek . 2. 7. 5.

Retribusi.dst Sumber Pembiayaan Pembangunan Daerah (2) : Dana Perimbangan Sumber Pembiayaan Pembangunan Daerah (3) : Hutang & Obligasi Kemampuan Pembiayaan Pembangunan Daerah : Seminar Tugas #2 Sumber Pembiayaan Pembangunan Daerah (4) : User Charge Perencanaan Pembiayaan Infrastruktur & Analisis B/C Sektor Publik Sumber Pembiayaan Pembangunan Daerah (5) : Public Private Partnership 4 5 6 7 8 9 10 11 12 18 Maret 23 Maret 25 Maret 30 Maret 01 April 06 April 08 April 13 April 15 April 19 – 30 April Ujian mid semester .MINGGU TANGGAL MATERI PERKULIAHAN KULIAH 1 2 3 04 Maret 09 Maret 11 Maret 16 Maret Pengantar pembiayaan pembangunan Struktur Pendapatan & Belanja (Pengeluaran) Pemerintah Pengeluaran Pemerintah (Tinjuan Teoritis. Empiris. Normatif) Libur Nasional Hari Nyepi Sistem Perencanaan & Penganggaran di Indonesia Struktur & Pola Pengeluaran Pemerintah daerah di Indonesia : Seminar Tugas # 1 Sumber Pembiayaan Pembangunan Daerah (1) : Pajak.

Evaluasi :    Tugas Individual Tugas Besar Ujian (mid dan akhir) : 10% : 40% : 50% .

Tata Tertib Perkuliahan : • Alat komunikasi : silent mode/off • Absensi kehadiran : 75% (minimal) • Keterlambatan : 10 menit (maksimal) .

Ketidaksempurnaan pasar .POKOK BAHASAN 1. Apa itu pembiayaan pembangunan ? 2. Apa saja fungsi pemerintah? • • • 1) 2) Menurut Adam Smith Menurut Richard Musgrave Fungsi pemerintah pada berbagai tingkatan 1. Eksternalitas d. Public goods b. Mengapa fungsi pemerintah diperlukan? Mengatasi trade off efisiensi vs equity Mengatasi kegagalan pasar  Penyebab kegagalan pasar. Tragedy of common goods c. antara lain : a.

upaya pemerintah dalam rangka membiayai berbagai pengeluaran pemerintah sesuai fungsi yg diembannya terkait penyediaan barang dan jasa bagi masyarakat. . Hyman (1993)  Cabang dari ilmu ekonomi yang mempelajari upaya .  Penyediaan barang (dan jasa) yg dilakukan oleh pemerintah terjadi melalui proses politik dengan berbagai prosedur dan aturan yang berubah dari waktu ke waktu sesuai dengan pilihan masyarakat (public choice).Apa itu Pembiayaan Pembangunan ? David N.

dsb. 2. .Fungsi Pemerintah Menurut Adam Smith 1. Fungsi pemerintah untuk menyediakan barang-barang yang tidak disediakan oleh pihak swasta seperti jalan raya. Fungsi pemerintah untuk memelihara keamanan dalam negeri dan pertahanan. Fungsi pemerintah untuk menyelenggarakan peradilan. bendungan. 3.

. yaitu :  Fungsi Distribusi Fungsi pemerintah untuk mendistribusikan pendapatan dan kesejahteraan (golongan kaya kepada golongan miskin).  Fungsi Stabilisasi Fungsi pemerintah guna menciptakan stabilitas ekonomi (harga). pengurangan tingkat pengangguran melalui kebijakan fiskal dan moneter.Fungsi Pemerintah Menurut Richard Musgrave Terdapat 3 fungsi utama pemerintah.  Fungsi Alokasi Fungsi pemerintah untuk mengalokasikan sumber daya (resources) seefisien mungkin yang meliputi penyediaan layanan publik.

Fungsi Pemerintah Pada Berbagai Tingkatan •Fungsi Stabilisasi National Government (Pemerintah Pusat) • Fungsi Distribusi • Fungsi Alokasi State Government (Pemerintah Provinsi) Local Government (Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota) .

 Optimum Pareto adalah Tempat kedudukan di mana seorang  Mekanisme pasar dapat mengalokasikan barang secara efisien di antara para konsumen akan tetapi tidak dapat memecahkan masalah distribusi barang secara adil. Untuk itulah campur tangan pemerintah diperlukan dalam perekonomian.Mengapa Fungsi Pemerintah Diperlukan? # 1  Mengatasi trade off efisiensi vs equity (Optimum Pareto) konsumen tidak dapat meningkatkan kepuasannya tanpa menyebabkan kepuasan konsumen lain menjadi berkurang. .

Fungsi pemerintah diperlukan untuk mengatasi terjadinya kegagalan pasar.  Dalam hal ini mekanisme pasar akan menyebabkan barang yang dihasilkan menjadi terlalu banyak atau terlalu .  Kegagalan pasar (market failure) terjadi apabila mekanisme pasar tidak dapat berfungsi secara efisien dalam mengalokasikan sumber ekonomi yang ada di masyarakat.Mengapa Fungsi Pemerintah Diperlukan? # 2 Untuk mengatasi kegagalan pasar  Ditinjau dari mikro ekonomi.

 Selengkapnya lihat dalam Appendiks. Sebaliknya karakteristik barang publik adalah bersifat non.excludability dan non-rivalry.Penyebab Kegagalan Pasar (1) : Adanya barang publik (public goods) • Perbedaan antara barang publik (public goods) dan barang privat (private goods) meliputi 2 karakteristik utama yakni excludability (sifat pengecualian) dan rivalry (sifat penggunaan). Excludability artinya bahwa seseorang yang memiliki suatu barang dapat mengecualikan orang lain untuk menikmati barang yang dimilikinya. • Barang privat merupakan barang yang bersifat excludability dan rivalry. Sementara rivalry artinya konsumsi orang lain atas barang tersebut bisa mengurangi manfaatnya. .

Lingkungan alam BARANG PUBLIK Pertahanan keamanan.Appendix : BARANG PUBLIK VS BARANG PRIVAT YA YA RIVALRY TIDAK BARANG PRIVAT E X C L U D A B L E Es krim. jalan raya. jembatan. drainase TIDAK . Baju MONOPOLI ALAMIAH TV kabel COMMON RESOURCES Ikan di danau. Early warning system. bendungan.

Appendix : BARANG PUBLIK VS BARANG PRIVAT YA YA RIVALRY TIDAK BARANG PRIVAT E X C L U D A B L E MONOPOLI ALAMIAH jalan tol macet Jalan tol tidak macet Voucher pulsa COMMON RESOURCES BARANG PUBLIK jalan macet TIDAK jalan raya tidak macet Taman kota Pengendalian banjir .

Kondisi inilah yang disebut sebagai tragedi kebersamaan (tragedy of the commons). hak kepemilikan (property rights) barang tidak dapat diberikan kepada satu individu saja melainkan harus diberikan kepada sekelompok orang/masyarakat. yaitu suatu sikap yang tidak mau menyatakan dengan sebenarnya manfaat suatu barang (jasa) dengan maksud agar ia dapat memanfaatkan barang (jasa) tersebut tanpa harus membayarnya. . Pada kondisi seperti tersebut di atas maka campur tangan pemerintah diperlukan. • Oleh karena manfaat dari barang – barang di atas tidak hanya dirasakan oleh satu individu saja. • Dalam hal kekayaan bersama (common property) biasanya muncul sikap free riders (=gratisan). maka tidak seorang pun yang dapat menjual hakkepemilikannya.Penyebab Kegagalan Pasar (2) : Tragedy of The Commons • Untuk jenis barang tertentu.

• Eksternalitas bisa bersifat menguntungkan (eksternalitas positif) dan juga merugikan (eksternalitas negatif).Penyebab Kegagalan Pasar (3) Adanya eksternalitas : • Eksternalitas merupakan tindakan dari satu pihak yang berpengaruh terhadap pihak lain tanpa adanya kompensasi terhadap pihak yang menerima dampak tersebut. . • Campur tangan pemerintah diperlukan terutama untuk kasus – kasus eksternalitas negatif (misalnya pencemaran pabrik terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar).

Penyebab Kegagalan Pasar (4) Adanya ketidaksempurnaan pasar • Mekanisme harga dapat berfungsi secara efisien dalam mengalokasikan sumber daya ekonomi pada kondisi pasar persaingan sempurna. Pada kondisi ini motivasi produsen berupa keuntungan maksimum dapat bertemu dengan motivasi konsumen pada tingkat harga yang sama. : • Pada kondisi pasar persaingan tidak sempurna (misal pasar monopoli) mekanisme harga tidak berfungsi secara efisien sehingga menuntut adanya campur tangan pemerintah dalam perekonomian. .

Pertanyaan & diskusi Kontak : Mohammad Muktiali Email : muktiealie@yahoo.com mobile : 08179515052 TERIMA KASIH .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful