1

BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Praktek Kerja Lapangan (PKL) Prektek Kerja Lapangan atau di singkat PKL merupakan bagian dari kegiatan penganbian masyarakat yang di lakukan di Universitas Muhamadiyah Tangerang dengan melibatkan pihak mahasiswa untuk praktek kerja pada berbagai instansi swasta dan pemerintah. Universitas Muhamadiyah Tangerang Khususnya Fakultas Ekonomi yang memiliki potensi pengenbangan di Ilmu Ekonomi (Manajemen dan Akuntansi)

sangat diperlukan untuk dipraktekan sehingga mahasiswa mampu mengasimilasi antara teori yang diperoleh di bangku Kuliah dengan realita yang terjadi di masyarakat, terutama pada berbagai instansi. Perusahaan atau Instansi baik swasta maupun pemerintah merupakan dunia kerja nyata yang akan dihadapi oleh mahasiswa kelak setelah mereka menyelesaikan studinya dari suatu jenjang pendidikan tinggi. Bertitik tolak kondisi tersebut maka suatu penyelenggara pendidikan tinggi perlu memberikan kesempatan kepada para mahasiswa untuk mengenal lebih jauh. Diharapkan setiap mahasiswa dapat mengetahui. Mendalami serta sekaligus menerapkan ilmu secara praktis yang diperolehnya selama menenpuh kuliah untuk di apklikasikan pada dunia kerja nyata. Dengan

2

demikian mahasiswa dapat memahami keadaan dilapangan yang sesungguhnya akan mereka hadapi seelah lulus nanti. Tidak dapat dipungkiri bahwa peningkatan taraf hidup masyarakat karna pembangunan nasional dalam berbagai bidang, telah menuntut perguruan tinggi juga untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan

Tridharma, khususnya pengabdian masyarakat dengan dharma pendidikan secara bersistem Sebagai Universitas Islam, Praktek Kerja Lapangan Ini hendaknya dikaitkan pula untuk mendekatkan Mahasiswa Universitas Muhamadiyah Tangerang dan atribut-atribut yang melekat padanya ditengah masyarakat dan instansi. B. Maksud dan Tujuan Praktek Kerja Lapangan (PKL) 1. Untuk menambah wawasan dan mendapatkan pengalaman yang berharga di dunia kerja. 2. Untuk mengaplikasi atau menerapkan teory ilmu yang diperoleh dibangku perkuliahan kedalam realitas kehidupan bermasyarakat. 3. Untuk mengetahui dan melihat langsung kegiatan pada PT. Cimory Jakarta. 4. Untuk mengetahui tingkat efektifitas Pelaksanaan PT. Cimory Jakarta.

maksud dan tujuan Praktek Kerja Lapangan. Cimory Jakarta. BAB II : RUANG LINGKUP PERUSAHAAN Didalam bab ini akan disajikan tentang sejarah singkat PT. dan Sistematika penulis. Cimory Jakarta BAB III : KEGIATAN LAPANGAN Dalam Bab ini akan diuraikan kegiatan selama Praktek Kerja Lapangan di PT.CIMORY. Cimory Jakarta. tempat dan kedudukan PT. Cimory Jakarta. mengenai jadwal Praktek Kerja Lapangan. dan data Praktek Kerja Lapangan. bidang pekerjaan PT. Sistematika Pelaporan Praktek Kerja Lapangan (PKL) Adapun sistematika pelaporan Praktek Kerja Lapangan ialah sebagai berikut : BAB I : PENDAHULUAN Didalam bab ini akan dikemukakan mengenai Latar Belakang Prektek Kerja Lapangan.Cimory Jakarta. SELAMA PRAKTEK KERJA . bentuk dan badan hukum PT. dan Struktur organisasi PT. cara / teknik Praktek Kerja Lapangan.3 C.

4 BAB IV : KESIMPULAN DAN SARAN Di dalam bab ini dibuat kesimpulan berdasarkan hasil pemahasan nalisa yang telah dilakukan. Dari kesimpulan tersebut disampaikan saran-saran yang bermanfaat bagi Universitas Muhammadiyah Tangerang .

PT Macroprima Panganutama (processed meat manufacturer). Bapak Bambang melihat peluang untuk mendirikan bisnis pengolahan susu dengan bahan baku yang diambil dari peternak di Cisarua dan sekitarnya. PT Cisarua Mountain Dairy (dairy products manufacturer). CIMORY JAKARTA A. PT Cimory berada di bawah pimpinan Bapak Bambang Sutantio yang juga memimpin perusahaan lainnya yang tergabung dalam Macro. Peluang tersebut dilihat dari perusahaan pengolahan susu segar yang masih sedikit di Indonesia. Sejarah Berdirinya Perusahaan PT Cimory menjadi salah satu unit bisnis yang berada di bawah PT. Pembentukan PT Cimory berawal dari adanya ketertarikan Bapak Bambang untuk membantu peternak di Cisarua yang tergabung dalam KUD Giri Tani. restoran Cimory dan PT Java Egg Specialities.5 BAB II RUANG LINGKUP PT. Permasalahan yang dilihat oleh Bapak Bambang adalah harga jual susu murni yang rendah sehingga peternak tidak mampu menghasilkan susu yang berkualitas. Hal tersebut disebabkan peternak tidak mampu membeli pakan yang berkualitas dan melakukan proses budidaya dengan baik dengan harga jual yang diterima oleh peternak. Perusahan tersebut antara lain PT Macrotama Binasantika (food ingredients & food processing equipment). . PT Macrosentra Niagaboga (food & beverage distributor). Macro.

B. Kemudahan kerjasama dengan perusahaan Belanda juga berkaitan dengan dukungan pemerintah Belanda kepada pengusaha-pengusaha Belanda untuk berinvestasi di negara-negara berkembang. Permintaan kerjasama dari Bapak Bambang ditanggapi dengan baik dengan akhirnya membentuk perusahaan PMA antara PT Macroprima Panganutama (Indonesia) dan HOS BV (Belanda) . Hal tersebut dimaksudkan untuk menjaga kualitas susu murni yang menjadi bahan baku utama pengolahan susu. Bogor. Pemilik perusahaan mendirikan pabrik pengolahan susu yang terletak dekat dengan sentra bahan baku yaitu kurang lebih 15 menit dari sentra bahan baku utama. Raya Puncak No 435 Km 77 Cisarua. CIMORY Kantor Pemasaran PT. . Rukan Taman Meruya Blok N 27-28 Kembang Kereb Jakarta Barat. PT Cimory didirikan pada bulan Februari tahun 2006 dengan menawarkan keunggulan dalam produk susu yang berkualitas dari segi kesegaran dan nutrisi. PT Cimory meluncurkan produk Fresh Milk Cimory dan Yoghurt Drink Cimory yang diberi merek Yo-lite pada tahun 2006.6 Bapak Bambang mengajukan kerjasama dengan salah satu perusahaan di negara Belanda untuk mendirikan perusahaan pengolahan susu. Sedangkan pabrik pengolahannya sendiri beralamat di Jl. Tempat dan kedudukan PT. CIMORY terletak di Jl.

Bidang Pekerjaan Perusahaan PT Cisarua Mountain Dairy (PT Cimory) merupakan salah satu perusahaan Penanaman Modal Asing (PMA) yang bergerak di bidang pengolahan susu (factory milk). Ranch Market. Bentuk dan Badan Hukum PT.7 C. Circle K. Cisarua Mountain Dairy (Cimory) yang berbadan hukum perseroan terbatas. Kerjasama tersebut dilakukan dengan pengelolaan usaha diserahkan sepenuhnya kepada pihak Macro. Perkembangan Perusahaan Pada perkembangannya. E. PT Cimory memiliki saham 60 persen dan mitra bisnis (HOS BV) memiliki 40 persen saham. Selain itu. Carrefour. merupakan perusahaan D. yoghurt drink . produk susu Cimory mulai dikenal oleh konsumen susu Indonesia terutama konsumen di daerah Jabodetabek yang menjadi wilayah distribusi produk Cimory. Makro. PT Cimory dibentuk dari adanya kerjasama antara PT Macroprima Panganutama (Indonesia) dan HOS BV (Belanda). PT Cimory mengganti merek produk menjadi Cimory Yoghurt Drink hingga saat ini. Indomaret dan lainnya. Produk Cimory dijual di modern retail seperti Giant. pada perkembangannya produk yoghurt drink yang diproduksi PT Cimory mengalami pergantian merek karena adanya larangan penggunaan merek Yo-lite pada produk yoghurt drink oleh BPOM RI.

Untuk menjadi pemimpin dalam kenyamanan. Untuk menjadi solusi bagi konsumen kami dalam hal gaya hidup dan kesadaran kesehatan. F. Keunggulan tersebut dapat dilihat dari produk susu segar yang diproduksi dengan proses pasteurisasi dan homogenisasi sehingga kandungan nutrisi yang ada dalam susu masih lengkap dibandingkan dengan susu bubuk dan susu kental manis. tinggi nutrisi dan nilai tambah industri minuman. keunggulan dari produk yoghurt drink adalah yoghurt yang diproduksi dari bahan baku susu segar Cimory. CIMORY 1. Selain itu. produk susu Cimory juga memiliki sertifikasi yang menunjukkan produk memiliki standar kualitas seperti adanya izin BPOM RI. b. PT Cimory melakukan diversifikasi produk dengan tujuan konsumen memiliki berbagai pilihan produk sesuai dengan selera dan kebutuhan. . Cool & Close). Visi a. Produk susu dari PT Cimory memiliki keunggulan yang dinyatakan oleh perusahaan dalam 3C (Clean.8 PT Cimory tidak hanya berorientasi pada profit tapi juga memiliki tujuan untuk ikut mensejahterakan peternak sapi perah yang menjadi pemasok bahan baku pengolahan susu. Produk susu Cimory menawarkan kualitas nutrisi dan kesegaran. Selain itu. Visi dan Misi PT. label halal dan HACCP (Hazard Analytical Critical Control Point).

PT Cimory telah memiliki strategi pemasaran sederhana walaupun tidak dilakukan oleh PT Cimory sendiri tetapi disusun oleh manajemen di PT Macrosentra Niagaboga. Hal tersebut berkaitan dengan kalangan usia yang dapat mengkonsumsi Cimory Yoghurt Drink adalah usia tiga tahun hingga orang lanjut usia. Strategi pemasaran tercakup dalam bauran pemasaran 4P (Product. Kreatif & Inovatif pengembangan produk baru. Selain itu. c. b.9 2. Price. Beroperasi dengan SOP internasional untuk dapat bersaing di pasar global. Menjaga kualitas produk untuk mencapai kepuasan pelanggan G. e. Perusahaan tersebut menangani distribusi dan pemasaran makanan dan minuman dari perusahaan-perusahaan yang juga tergabung dalam Macro. PT Cimory juga menetapkan segmentasi konsumen Cimory Yoghurt Drink adalah kalangan menengah ke atas dengan age group yang belum tersegmen. . Menciptakan nilai bagi mitra bisnis. Namun. Place & Promotion). Strategi Pemasaran Saat ini PT Cimory belum melakukan marketing effort yang maksimal karena masih fokus pada produksi dan distribusi. Misi a. Membangun jaringan distribusi yang sangat baik dan besar. d.

Dalam efisiensi kerja yang baik di perlukan penguasaan kerja yang baik pula.10 H. Cimory Jakarta. Dibawah ini akan menguraikan struktur organisasi PT. . Struktur Organisasi Perusahaan Struktur organisasi perusahaan merupakan hal yang terpenting dalam suatu organisasi baik itu instansi Pemerintah maupun swasta.

11 Gambar. H Struktur Organisasi PT. Cimory Jakarta .

melaporkannya kepada owner (pemilik) dari perusahaan. Owner (pemilik) Tugas dari seorang owner (pemilik) mengeluarkan modal atau dana untuk membiayai jalannya perusahaan agar perusahaan tersebut dapat beroperasi dengan baik dan menguntungkan bagi owner itu sendiri. Mengatur perusahaan agar dapat beroperasi dengan baik.12 I. Dengan menjual produk dengan harga yang tinggi sedangkan biaya pengeluaran produksinya sedikit / rendah. 2. Tetapi tetap memuaskan dihasilkan. Pembahasan Tugas Berdasarkan Struktur Organisasi Perusahaan Untuk lebih jelasnya mengenai uraian tugas atau pekerjaan ( job description ) dari masing-masing secara garis besarnya sebagai berikut : 1. bahwa perusahaan ini beroperasi dengan baik atau tidak. customer atas produk yang . General Manager General manager bertugas untuk mengatur : a. b. Manager Marketing Manager marketing ini bertanggung jawab untuk pengenalan dan penjualan produk dari perusahaan. 3.

Selain itu manager ini juga bertanggung jawab pada kualitas barang. dan mecencanakan kembali produk baru yang akan dihasilkan agar memenuhi kepuasan pelanggan.13 4. Manager Personalia Manager Personalia bertugas untuk mengatur tenaga kerja seperti : absensi. Tenaga kerja yang dibutuhkan adalah tenaga kerja yang berkualitas dan bertanggung jawab. 7. . Manager Maintenant Manager maintenant bertugas memelihara alat-alat yang di gunakan dalam perusahaan. dan perekrutan tenaga kerja. sehingga produk yang dihasilkan dapat diterima konsumen dengan baik. Manager Quality Control dan Planing Manager ini bertugas untuk atas kwalitas oroduk yang dihasilkan. penggajian. 6. Manager Production Manager Produksi ini bertanggung jawab pada kuantity produk yang akan dihasilkan. 5.

Yang Kemudian melaporkan kegiatannya pada supervisor. .masing departmen. dan melaporkan kegiatannya kepada manager masing.14 8. Supervisor Supervisor disini tugasnya adalah mengatur anak buahnya yaitu foremen dan Team Leader. 9. Forement Atau Team Leader Tugas Team Leader adalah mengatur anak buahnya yaitu operator dan lainnya.

Jadwal Praktek Kerja Lapangan (PKL) dilaksanakan mengikuti jam kerja karyawan PT. Cimory merupakan salah satu perusahaan yang memproduksi susu sapi segar beserta turunannya yaitu yogurt.Penulis juga harus melaporkan kegiatan PKL atau melaporkan hasil penjualannya ke kantor pusat setiap dua minggu sekali. CIMORY Jakarta yang kemudian ditempattkan di Hypermart Karawaci. Praktek kerja lapanga penulis dilaksanakan pada PT. A. yang tepatnya dibagian Promotion dan ordering yang tugasnya telah dijelaskan pada bagian struktur organisasi yang dipimpin oleh pembimbimg lapangan yang bertugas mengawasi kegiatan kinerja dan tugas karyawan.15 BAB III KEGIATAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN (PKL) PT. yang kemudian di tempatkan di Hypermart Karawaci. Selain Di tempatkan di Hypermart Karawaci. Jadwal Praktek Kerja Lapangan (PKL) Penulis melakukan Praktek Kerja Lapagan di PT Cimory. . Cimory khususnya pada bagian Promotion dan Ordering yaitu pada hari Senin sampai Minggu kecuali hari Rabu dikarenakan libur.

kecuali dalam keadaan khusus yaitu jika pengiriman mengalami hambatan. Memberikan estimasi order barang kepada bagian ordering toko yang kemudian akan di fax ke kantor pusat. 3. Estimasi orderan dilakukan dua kali dalam seminggu. Setelah itu penulis melakukan pengecekan ke kantor pusat apakah estimasi orderan sudah di terima. yaitu pada hari selasa dan jumat. dan memastikan barang yang telah diorder dapat terpenuhi sepenuhnya.16 B. begitu juga dengan pengiriman barang hanya akan di lakukan dua kali dalam seminggu. Cara dan Teknik Praktek Kerja Lapangan Pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan (PKL) ini adalah dengan cara melakukan kegiatan pekerjaan di bagian Promotion yaitu antara lain : 1. Oleh karna itu penulis harus memastikan ketersediaan barang untuk 3 hari. terutama pada barang-barang yang memang memiliki tingkat penjualan yang tinggi. Mengatur perputaran persediaan barang agar persediaan barang selalu dalam keadaan stabil dan agar tidak terjadi kekurangan atau kelebihan barang.. dan memastikan barang yang telah diorder sebelumnya dapat dikirim sepenuhnya. 2. . terutama pada barangbarang yang memiliki tingkat penjualan yang tinggi dan memang stoknya mulai menipis. yaitu setiap hari senin dan kamis. Melakukan pengecekan ke bagian pengiriman.

. Setelah selesai melakukan promosi.17 4. 7. 8. 6. Mencatat hasil pemjualan di form yang telah disediakan yang kemudian akan dilaporkan kepada Team Leader Departement. 5. kegiatan selanjutnya adalah penulis mengecek kembali persediaan barang yang tersedia seluruhnya. Cimory yakni di Jakarta. Menghadiri Breaving sekali dalam dua minggu di kantor pusat PT. maka selanjutnya penulis menghitung kembali perseediaan akhir barang. yang kemudian akan diketahui berapa penjualan atau berapa barang dagang yang sudah laku terjual. Setelah itu penulis melakukan promosi terhadap barang yakni Cimory tersebut. Menerima barang yang telah di order di bagian Receiving yang dibantu oleh Staf Receiving atau staf khusus penerimaan barang di Hypermart Karawaci. 9. Setelah di yakini bahwa persediaan barang sudah terpenuhi. yang bertujuan untuk mengevaluasi kinerja SPG beserta melaporkan hasil penjualan. Mengisi ulang barang yang kosong sesuai item atau nama barang masing-masing.

b. Laporan persediaan barang harian di Hypermart Karawaci selama satu bulan. Laporan Penjualan Cimory selama satu bulan di Hypermart Karawaci. Data Praktek Kerja Lapangan (PKL) Data Praktek Kerja Lapangan (PKL) adala berdasarkan data dan informasi yang diperoleh saat proses pengerjaan tugas yang diberikan oleh pembimbing lapangan. Adapun data yang di gunakan dalam melakukan pekerjaan adalah : a.18 C. .

Cimory yang kemudian Di tempatkan di Hypermart Karawaci. 3. 2. Kesimpulan Berdasarkan hasil analisis yang di hasilkan didalam melakukan pengamatan selama melakukan Praktek Kerja Lapangan (PKL) pada PT. Sehingga Customer akan merasa puas dan akan meningkatkan pula penjualan dari barang tersebut. Dengan Ketelitian dan kecermatan maka karyawan di PT Cimory akan mendapatkan hasil penjualan yang maksimal. Dengan kordinasi yang baik dengan kantor pusat maka penulis akan mendapat informasi yang baik mengenai persediaan barang yang tersedia di Gudang Pusat.19 BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN A. . Dengan mengedepankan mutu dalam pengadaan barang maka penulis selalu berusaha agar tetap terjaga kwalitas barang yang di tawarkan dengan selalu mengecek kondisi kelayakan barang yang di jual. maka dapat diambil kesimpulan yaitu : 1. dimana dengan ketelitian maka persediaan barang dagang akan tetap terjaga dan tidak akan ada kekuranngan persediaan barang.

disiplin dan teliti. Dalam melakukan suatu proses penjualan maka dibutuhkan sumberdaya manusia yang berkualitas. sehingga dapat mencapai tingkat penjualan yang maksimal.20 B. 2. Sebelum melakukan proses penjualan maka terlebih dahulu dilakukan pengecekan persediaan barang. apakah persediaan barang yamg tersedia cukup untuk memenuhi kebutuhan customer. maka yang dapat disampaikan adalah : 1. . Saran Sehubungan dengan hal-hal yang telah dikemukakan diatas dan untuk meningkatkan keberhasilan didalam melakukan proses produksi.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful