Name NIM Date Subject

: Rondonuwu, Jefon A. D. E. : 10518065 : April 26, 2012 : Object Oriented Programming

Module Topic : Class and Constructor

A. CLASS
Class menunjukan jenis dari object dan bertindak sebagai blueprint untuk menciptakan object tersebut. Class juga merupakan abstraksi untuk mendefinisikan property dan behavior dari object. Property dari object dari suatu kelas disebut juga dengan attribute yand definisikan sebagai field dalam Java. Behavior dari object dari suatu kelas disebut juga dengan operation yang didefinisikan sebagai method dalam Java. Field dan method dalam sebuah class disebut dengan member. Dalam Java, kelas didefinisikan menggunakan kata kunci “class”. Contoh kelas sederhana dalam Java dan C++ adalah sebagai berikut:

Fig.1.1 Java
OBJECT

Fig.1.2 C++

Objek merupakan hasil(instance) dari sebuah kelas, jika diibaratkan Objek adalah kue,, maka kelas adalah cetakan kuenya, dimana kue dibuat menggunakan cetakan tersebut. Dan sebuah cetakan kue dapat membuat beberapa kue, artinya sebuah kelas dapat membuat beberapa objek. Setiap objek memiliki atribut dan method.

nama metode harus sama dengan nama kelas dan tidak mengembalikan nilai balik dan tidak pula menggunakan kunci void. nilai baliknya menggunakan kata kunci void. 2.Atribut merupakan ciri-ciri yang melekat pada suatu objek (state).2. Contoh: Fig. lalu membuat nama metodenya.2 C++ . Fungsi : merupakan metode yang memiliki nilai balik jika metode tersebut dipanggil. dan method merupakan fungsi-fungsi yang digunakan untuk memanipulasi nilai-nilai pada atribut atau untuk melakukan hal-hal yang dapat dilakukan suatu objek (behaviour) Dalam Java terdapat dua buah method/metode: 1. CONSTRUCTOR Konstruktor merupakan metode yang secara otomatis dipanggil ketika sebuah objek dipanggil. Prosedur: merupakan metode yang tidak memiliki nilai balik. Cara membuat metode konstruktor adalah.2.1 Java Fig. cara pembuatan prosedur sama dengan fungsi namun bedanya. cara pembuatan sebuah fungsi adalah dengan cara menentukan nilai baliknya. B.

overloading juga bisa dilakukan pada metode. misal kita akan membuat dua buah metode ubah. ada ketambahan destructor yang akan jalan setelah seluruh program dijalankan.Dengan demikian. Yang membedakan antara satu constructor dengan constructor lainnya adalah pada parameternya (nama constructornya tetap sama). Namun dengan ketentuan. OVERLOADING CONSTRUCTOR Overloading merupakan mekanisme dimana kita dapat membuat lebih dari satu buah konstruktor pada sebuah kelas. dengan keyword „~‟ pada awal nama kelas. maka kita dapat menambahkan sebuah parameter nama di konstruktor. saat membuat sebuah objek Mahasiswa. metode pertama menggunakan parameter nama dan metode kedua menggunakan parameter nama dan alamat. bisa berbeda jumlah parameternya ataupun bisa berbeda tipe data parameternya. dimana konstruktor pertama kita dapat membuat objek mahasiswa tanpa harus menggunakan nama dan konstruktor kedua kita harus menggunakan nama untuk membuat objek mahasiswa. misal saat membuat sebuah objek mahasiswa. setiap konstruktor harus memiliki parameter yang berbeda. Misal jika kita membuat sebuah objek mahasiswa. maka nama mahasiswa tersebut harus ditentukan. Misal kita akan mengubah kelas Mahasiswa tersebut menjadi memiliki dua konstruktor. . maka akan menampilkan tulisan “Object mahasiswa dibuat” Konstruktor juga mendukung penggunaan parameter. OVERLOADING METHOD Selain pada konstruktor. maka konstruktor tersebut akan otomatis dipanggil. Multiple constructor adalah adanya lebih dari satu constructor untuk sebuah class. Pada contoh bahasa C++.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful