PENGEMBANGAN, PENJELASAN DAN PENERAPAN SABUN PEMBERSIH MUKA YANG MERUPAKAN PRODUK BIOTEKNOLOGI

Oleh : Indra Septian 230210090044

Kenapa harus membersihkan kulit? Terutama kulit muka? Karena membersihkan kulit sangat dipelukan untuk kesehatan kulit dan kehigienisan. Selain itu juga untuk mengurangi pertumbuhan mikroorganisme dan mengurangi infeksi. Permukaan kulit kita ada banyak keringat, minyak berlebih, debu serta polusi udara dan bakteri, tanpa pembersihan yang efektif, mungkin saja kulit anda, terutama muka, akan menjadi kusam. Sabun cuci muka terdapat dari berbagai formula untuk berbagai kebutuhan dan berbeagai bentuk dari itu berupa sabun batangan, maupun berbentuk cair. Surfactants adalah komposisi utama dari banyak sabun pembersih muka. Pembersih sintesis baru dengan silikon surfactant dapat memperkecil resiko iritasi ke kulit. Jaman sekarang, banyak orang menggunakan kata sabun sebagai alat pembersih tanpa memperhatikan kandungan kimianya. Sejarah sabun cuci muka kurang lebih bermula dengan ditemukkannya sabun sejak tahun 2800 SM pada masa Romawi kuno. Konon, kata sabun/soap/sapo itu berasal dari nama sebuah gunung, yaitu Gunung Sapo. Dulu, sering diadakan ritual, yaitu ritual pengorbanan binatang, dan yang biasa digunakan adalah kambing. Mitos nya adalah, badan kambing yang dikorbankan kemudian bercampur dengan serbuk kayu lalu terbentuk lah sabun. Sabun tradisional adalah kombinasi sederhana dari lemak, minyak dan garam yang didapat dari beberapa riwayat kuno Romawi. Sabun, pertama kali digunakan kira-kira pada tahun 600 SM oleh suku Pheonic yang mengkombinasikan lemak kambing, air dan debu potasium karbonat untuk membentuk sabun berbentuk batangan. Struktur kimia pada sabun diemukan oleh Micheal Eugene Chevreul pada awal 1800an. Dia membuka tabir hubungan antara lemak, glycerine dan asam lemak. Pada tahun 1878, Harley Procter dan sepupunya James Gamble, memperkenalkan tipe baru dari sabun. Mereka memisahkan air dari kandungan sederhana itu lalu membuat Sabun Ivory, yang merupakan perkembangan dari sabun tidak berbusa. Produk nya masih dijual sampai sekarang. Pada tahun 1916, para ilmuwan Jerman yang waktu itu dipicu oleh Perang Dunia I , menemukan formula dari syndets yang merupakan singkatan dari syntetic detergens. Syndets inilah yang menjadi awal mula berkembangnya sabun pembersih muka. Pada tahun 70’an, Perusahaan Dove/Unilever mulai mengembangkan suatu program yang mengebangkan lemak dan “cream” menjadi sebuah sabun batangan. Ini merupakan revolusi dari dunia kosmetik di seluruh dunia. Pengembangan pun terjadi dimana-mana, hingga berkembang lah sabun pecuci muka dari yang berbentuk batangan maupun yang cair.
Indra Septian 230210090044 Bioteknologi Kelautan

Noda ini biasanya menempel pada bagian luar dari permukaan minyak di kulit. cetyl alkohol atau propylene glycol. Pembersih yang terlalu kasar dapat merusak pelindung kulit ini. yang diyakini selama ini oleh ilmuwan adalah bagian penting bagaimana pelindung kulit ini melindungi kulit kita dari bakteri. Jadi. Pembersih ini juga punya pH yang hampir sama dengan kulit normal dan umumnya digunakan juga untuk membersihkan muka dari make-up (kosmetik). 2. 6. Juga untuk melindungi kulit dari bahan-bahan kimia dari polusi maupun dari bakteri. Kesehatan permukaan kulit sangat penting sebagai penyedia air dan minyak alami untuk melembabkan dan mempertahankan kehalusan dan fleksibel dari kulit. kebanyakan sabun cuci muka berbentuk cair. 8. Garnier. 5. Membersihkan muka dengan air. 3. seperti Biore. Pemberisih muka cair secara garis besar mengurangi intensitas kulit agar terhindar dari ritasi. Studi menunjukkan. Biasanya terkandung glycerin. oleh karena itu membersihkan noda ini secara sembarangan dapat menimbulkan gangguan pada permukaan kulit. Oleh karena itu perubahan keseimbangan pH dapat menyebabkan kulit lebih sensitif terhadap iritasi. 4. Vaseline dll sebagainya. indikasi nya adalah dengan adanya iritasi pada permukaan kulit dan menyebabkan perubahan pada pH kulit. ataupun yang bersifat cair mempengaruhi pelindung kulit.Kebanyakan pembersih muka mengandung sebuah kombinasi dari beberapa bahan baku ini : 1. Saat ini. sabun yang berbentuk batang punya banyak dampak dalam merubah pH kulit. Air Surfactant (untuk menghilangkan noda) Moisturizer (untuk menstabilkan permukaan kulit dan meneghidrasi kulit) Binders (untuk menstabilkan bahan baku dari pembersih) Busa Filler (untuk mengeraskan cairan agar menjadi sabun batang) Bahan Pengawet (untuk mencegah tumbuhnya mikroorganisme) Pewangi (untuk mengcover bau dari zat surfactant) Zat Pewarna (pigmen) Bagaimana pembersih muka bekerja? Pembersih berinteraksi dengan bagian kulit yang mengatur kelembabam dan pH untuk mengemulsi noda-noda dan minyak yang berlebihan agar lebih mudah dibersihkan. pelindung ini bereproduksi lebih lama ketika pH netral dan lebih cepat ketika kulit berada pada pH yang tingkat keasamannya tinggi. Pembersih muka yang bagus biasanya menggunakan nonionik dan silikon surfactan. Indra Septian 230210090044 Bioteknologi Kelautan . 9. sabun pencuci muka digunakan untuk memanipulasi pelindung kulit muka agar berada pada kondisi ideal agar dapat bereproduksi lebih cepat agar dapat melindungi kulit muka dan agar kotoran yang ada dapat hilang. dengan sedikit perubahan pada pH kulit. sabun batangan muka. Sementara sabun yang cair membersihkan lebih halus. 7.

krim. masih ada pilihan lain. Agar hasilnya maksimal. Cream Cleansers (Krim Pembersih) Jenis krim pembersih ini selain membersihkan kulit wajah. Indra Septian 230210090044 Bioteknologi Kelautan . Jangan sampai terlalu keras dan tidak cukup ramah pada kulit wajah. lalu bilas dengan air. Tapi berhati-hatilah dalam memilih pembersih muka. 6. pilih sabun yang mengandung pelembab/moisturizer. 2 in 1 Cleansers (Pembersih dan penyegar) Kalau mau praktis dan tidak memiliki banyak waktu. gunakan krim pembersih dengan tangan yang bersih. Toners (Penyegar wajah) Setelah kulit wajah dibersihkan dengan sabun. Ada beberapa jenis-jenis sabun pembersih muka diantaranya : 1. diamkan sebentar agar meresap. yaitu pembersih 2 in 1 cleansers. 2. jenis pembersih ini tidak untuk digunakan setiap hari. sebaiknya pilih toner (penyegar wajah yang dikenal juga dengan nama face tonic) sesuai jenis kulit. Foaming Cleansers (busa pembersih) Untuk jenis kulit yang membutuhkan pembersihan lebih dalam. foam/busa pembersih dapat dijadikan pilihan. Harus diingat. berhati-hatilah dalam memilih isi sabun. atau foam pembersih. Sapukan busa pembersih secukupnya pada wajah yang sudah dibasahi sebelumnya. karena tidak semua orang mempunyai tingkat kesensitifan muka yang berbeda. Jadi.Tapi untuk Anda yang menyukai kesegaran "cuci muka" dengan sabun dan air. 5. Jenis pembersih berbentuk cair ini juga mengandung toner sehingga pemakaiannya bisa digunakan sekaligus. pembersih jerawat dll. kemudian bersihkan dengan kapas atau tisu. 4. bisa berfungsi melembabkan. Sebaiknya pilih produk sesuai dengan jenis kulit Anda. seperti oil control. Glycerine Soaps/CleansingBars Kulit wajah lebih lembut dari sebagian besar kulit tubuh. karena akan menyebabkan kulit menjadi kering. Tiap pembersih muka juga mempunyai takaran berbeda dalam setiap produk nya. setelah itu banyak juga varian yang hanya mengkhususkan dalam hal tertentu. Facial Scrub (scrub muka) Ini termasuk sejenis pembersih wajah yang berpasir dan bisa mengangkat sel mati pada kulit wajah sehingga kulit muka tidak lagi kusam dan lebih bercahaya. Sabun transparan juga dapat digunakan karena tidak mengandung deterjen.Nonionik seperti polysorbate mempunyai resiko iritasi lebih rendah dan pH nya yang kompatibel dengan kulit Silikon seperti dimethicone berguna untuk menghilangkan kotoran-kotoran yang menempel pada muka. 3. Namun sebaiknya Anda pilih yang bebas alkohol agar terbebas dari problema kulit kering.

debu. Pemilihan pembersih muka yang salah juga dapat menyebabkan potensi tumbuhnya jerawat karena komposisi nya yang tidak pas dengan kulitnya. sehingga mengacaukan mekanisme dari perlindungan kulit alami yang dipunyai tubuh. polusi. minyak berlebih. rajin-rajin lah membersihkan muka setiap hari nya setiap selesai beraktifitas karena kita tidak tahu seberapa banyak nya kotoran yang menempel pada muka kita. Dan karena remaja-remaja masih aktif dalam memproduksi hormon. maupun kotoran yang menempel pada muka. setelah seharian beraktifitas diluar.Tujuan utama diciptakan nya pembersih muka ialah agar dapat membersihkan muka dari bakteri. Indra Septian 230210090044 Bioteknologi Kelautan . baik itu yang sensitif maupun yang normal. \ Berikut ini ada beberapa keterangan yang bisa didapat untuk panduan kita melakukan hal yang tepat pada tipe kulit kita: Oleh karena itu. Pembersih muka yang bagus adalah yang tidak membuat iritasi muka serta bisa dipakai bagi semua tipe kulit. dan jika kita tidak membersihkan muka kita bisa timbul gejala yang umum terjadi pada remaja. yaitu jerawat. maka kulit muka pun semakin sensitif.

ca http://www.com/articles/health/froam-soap-to-facial-cleanser-anevollution.wikipedia.html http://www.org Indra Septian 230210090044 Bioteknologi Kelautan .ca http://www.net/fashion/23075-jenis-jenis-sabun-pembersih-wajah.articlesfactory.acneguide.forumkami.html http://en.DAFTAR PUSTAKA      http://ww.mildcleanser.