Prosesor Intel 22nm Terbaru Bernama Valley View

WASHINGTON -Intel mengonfirmasikan prosesor dengan teknologi 22 nanometer terbarunya dinamakan Valley View (VWV). Perangkat mutakhir ini akan menambah jajaran prosesor canggih besutan Intel.

Seperti dilansir Dailytech, Sabtu (24/3/2012), prosesor Intel atom generasi terbaru tersebut merupakan bagian dari platform bernama Balboa Pier, sebagai penerus Cedarview, yakni salah satu platform Intel mobile saat ini. Prosesor ini tampaknya tidak menggunakan grafis PowerVR seperti generasi Cedar Trail lainnya.

Prosesor terbaru ini akan menggunakan integrasi Graphics Processing Unit (GPU) dari Intel yang ditemukan dalam teknologi Ivy Bridge yang memberikan kinerja 20 sampai 50 persen lebih cepat dari GPU di Sandy Bridge.

Menurut analisis dari driver grafis, terungkap bahwa VWV akan menampilkan fitur Turbo Mode, meskipun penerapannya akan berbeda dengan teknologi 22 nanometer lainnya, seperti Haswell dan Ivy Bridge. Prosesor VWV ini juga akan mendukung hingga empat inti (core), memiliki memori DDR3 8Gb dan USB 3.0. Selain itu, Valley View ini juga akan memperkenalkan sesuatu yang disebut Pondischerry memory arbiter dengan salah satu patch kernel tambahan. Prosesor ini juga akan mendukung dua panel DisplayPort, High-Definition Multimedia Interface (HDMI) output dan interrupt architecture baru. Intel tampaknya serius menggarap prosesor terbarunya ini. Dikabarkan perusahaan raksasa prosesor itu telah siap merilis prosesor untuk perangkat tablet. Disisi lain, sang kompetior Advanced Micro Devices (AMD) juga meluncurkan dukungan opensource Southern Islands (keluarga GPU) dan Trinity APU (Accelerated Processing Units).