Makalah Manajemen Pemasaran Lanjutan 2011

MANAJEMEN PEMASARAN LANJUTAN STUDI KASUS TERHADAP PRODUK MAICIH

MAKALAH Diajukan untuk Memenuhi Salah Satu Tugas Praktikum Manajemen Pemasaran Lanjutan

OLEH Haidir Aulia Reizaputra NPM 120310090128

JURUSAN MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS PADJADJARAN BANDUNG 2011

COMET MAICIH

Page 1

Makalah Manajemen Pemasaran Lanjutan 2011

PENDAHULUAN

LATAR BELAKANG

COMET MAICIH

Page 2

Makalah Manajemen Pemasaran Lanjutan 2011 Company Profile COMET MAICIH Page 3 .

umur: 10-45 tahun 10 tahun = level 3 16 tahun . mobile. Demografis: .jenis kelamin : pria dan wanita . Psikografis Primer . and Positioning # Segmenting a.Indonesia (fokus di pulau jawa terutama kota bandung dan jakarta) .30 tahun = level 5 dan level 10 . mengikuti perkembangan informasi dan teknologi.Malaysia b. Targeting.menyukai rasa super pedas.penghasilan : Masyarakat Menengah Keatas c. suka mencoba hal-hal baru. Geografis Negara : . . mudah bergaul. belum berkeluarga. memiliki komunitas. COMET MAICIH Page 4 .Makalah Manajemen Pemasaran Lanjutan 2011 BAB I Segmenting.

Familiar dengan internet dan social media .Makalah Manajemen Pemasaran Lanjutan 2011 Sekunder : memiliki keluarga (menikah dan memiliki anak) dan pekerjaan tetap. tingkat loyalitas  loyal. pribadi yang dinamis.Suka dengan rasa pedas . cemilan ringan. Lifestyle: .Memiliki waktu dan budget khusus untuk menikmati maicih .10) # positioning “Kripik asli Indonesia.5. sedang.Mempertimbangkan emotional benefit dalam melakukan pemilihan d. berkualitas internasional” COMET MAICIH Page 5 . memiliki keluarga yang menyukai rasa pedas. Behavioural status  Seseorang yang menyukai produk yang unik.Terbuka dengan sesuatu yang baru . dan menyukai tantangan unuk menikmati makanan pedas manfaat  wadah menyalurkan hobi. dan hanya sebagai sarana mengikuti trend # Targeting  Masyarakat kalangan menengah yang memiliki jiwa energik dan suka tantangan dan makanan pedas  Seseorang yang mencari kepuasan terhadap produk  Focus pada tingkat kepedasan(level 3.

Makalah Manajemen Pemasaran Lanjutan 2011 Maicih memposisikan diri sebagai kripik pedas yang spicy dan pedas serta memiliki ciri khas berupa tingkat level kepedasan. karena merupakan pelopor kripik pedas pertama maicih berperan sebagai market leader COMET MAICIH Page 6 .

jadi maicih bisa dibilang eksis di dunia maya Tidak memiliki toko yang permanen jadi orang2 susah untuk beli langsung ke tokonya khususnya Susah bagi orang yang jarang online atau berkecimpung di dunia maya. dan mereka hanya mendengar dari banyak orang yang sudah mencicipi maiicih Belum ada no contact yang khusus untuk menghubungi karena masih termasuk industri rumahan Saluran Distribusi Promosi SDM Mereka (pedagang2 maicih) sangat gencar dalam menawarkan maiicih dan memang maiicih memiliki rasa yang maknyyuuuuuusss abis dan krunchnya juga beda dari yang lain COMET MAICIH Page 7 . Sangat gencar dengan menggunakan twitter.000 cukup mahal DI daerah bandung dan jakarta. dan bisa langsung dimakan Kelemahan Tidak terlalu baik untuk kesehatan karena terlalu banyak vetsin dan dapat menyebabkan diare Harga Terjangkau Untuk kalangan menengah Bagi masyarakat menengah ke keatas dengan kisaran harga bawah.000 – Rp. mereka belum tentu mengetahui maicih lebih dalam. Pedas.18.14. harga yang ditawarkan Rp. biasanya menggunakan mobil-mobil yang sedang parkir atau membuka stand-stand dipinggir jalan.produknya menarik dan unik karena memiliki tingatan level. praktis.Makalah Manajemen Pemasaran Lanjutan 2011 BAB III Analisis Lingkungan Pemasaran 1) Lingkungan internal perusahaan (kelebihan kekurangan) Faktor Produk Keunggulan Rasanya enak. facebook juga banyak dibicarakan di dunia maya oleh banyak orang.

jadi mereka belum tentu dapat mengembangkan usahanya lebih lanjut yang memang bisa dikarenakan oleh adanya biaya2 yang yain.Makalah Manajemen Pemasaran Lanjutan 2011 dan akhirnya banyak disukai orang Produksi Produksinya cukup banyak sehingga maiicih mudah di cari di daerah BAndung Periode produksinya masih kurang baik soalnya kadangkadang mudah untuk mendapatkan maiicih kadang juga susah untuk mendapatkan maiicih Bumingnya maiicih baru-baru ini saja. mereka sangat gencar dalam mencari konsumen termasuk para wisatawan yng menjadi objek yang memang menyukai banyak kuliner di Indonesia. manajemen maiicih belum begitu baik dalam mengelola pemasukan dan pengeluaran mereka. SDM ataupun hal yang lainnya RnD Maiicih melakukan riset dan pengembangan dengan baik karena alhasil produknya berhasil dipasaran. para pengguna twitter yang memang dicari dan diinginkan masyarakat umumnya Bagi mereka yang sering jalan2 keliling kota Bandung maiicih dapat dengan mudah didapatkan karena banyak terdapat stand2 yang berada di pinggir jalan yang menjajakan maiicih Karena omzet maicih yang didapat cukup besar. maka merekapun akan mendapatkan profit yang cukup banyak pula dan dapat mengembangkan usahanya tersebut Lokasi Tidsk memiliki toko sendiri sehingga buat orang di luar Bandung cukup sulit untuk mendapatkannya karena kurang tahu letak stand2 maicih Kurangnya ramalan dalam usaha maiicih dan tergolong usaha kecil. Keuanga n 2) Lingkungan eksternal (pemasok) Faktor Nama Pemasok : Perkebunan singkong di wilayah Bandung Terutama dari PTPN dan perkebunan sekitar lembang COMET MAICIH Page 8 .

haraga MAICIH menjadi naik Perantara Agen penjual : Stand – stand .Makalah Manajemen Pemasaran Lanjutan 2011 Ketersediaan bahan baku : Cukup memadai. dan toko – toko tertentu yang dititikan produk maicih Distributor: Para jendral Maicih Perantara Keuangan: Hampir seluruh data keuangan Maicih disimpaan di BCA Pelanggan Jenis Pasar : Oligopoli Keterangan: Penjual produk sejenis banyak. karena tanaman singkong di wilayah kota bandung dan sekitarnya cukup banyak dan selalu panen Trend harga : karena ketersediaanya cukup banyak. pada awalnya harga MAICIH cukup stabil tapi karena makin laku dan terkenal. dan pasarnya pun dari berbagai kalangan COMET MAICIH Page 9 . mobil berjalan.

Mudah didapat Kekurangan: Kemasan Kurang menarik .1000 : Rasa Berbeda. brand unik : Keripik. Merk terkesan mengikuti maicih . saluran distribusi kurang COMET MAICIH Page 10 . Nama Pesaing : Ceu tety Chips Kelebihan Kekurangan : Terbuat dari Kentang :Harga yang mahal. kurang krunchy Nama Pesaing : Karuhun Kelebihan : Harga Murah. Rasa Bervariasi. kuranga ada Nama pesaing : Kribo Kelebihan Kekurangan : Rasa jeruk nipis lebih terasa.Makalah Manajemen Pemasaran Lanjutan 2011 Pesaing Nama Pesaing : Bukan Si Emak Kelebihan Kekuranagn sebuah brand : Harga Lebih Murah Rp. harga dibawah maicih.

Marketing strategy . Pengembangan yang dilakukan focus padacometyang meiliki kualitas kerenyahan yang bagu dan rasa yang gurih. sehingga terjadii integrasi antara perusahaan dan konsumen. serta meiliki rasa yang berbeda oleh karena itu penulis memilih mengembangkan comet maich. dalam divisi Research and Development.Makalah Manajemen Pemasaran Lanjutan 2011 BAB III Pengembangan produk Nama produk : Comet Lada Hitam Maicih Idea generation : Maicih level 20.40 Maicih Rasa Coklat Comet Lada Hitam Idea screening Berdasarkan pengembangan pasar. saat ini konsumen mencari produk yang unik dan eye catching.System pemasaran menggunakan system pelayanan public.Penentuan harga didasarkan pada riset daya beli masyarakat yang menjadi target pasar . Product development COMET MAICIH Page 11 . comet ialah comro lemet yang memiliki karakteristik renyah dan guih pesaing pun saat ini tidak ada atau belum ada yang mengembangkan produk ini Concept Development and testing Melibatkan timpeneliti.30.

menemani saat – saat nongkrong.Makalah Manajemen Pemasaran Lanjutan 2011  Melakukan riset produk berdasarakan permintaan pasar  Produksi produk tester (prototype) untuk dijual di masyarakat dalam rangka riset pasar  Melakukan pengembangan dari riset pasar Market testing Commercialization Hasil dari pengembangan riset pasar dapat untuk diproduksi masal. Basic Product Comet berfungsi sebagai makanan cemilan sehari – hari . Core Product Comro lemet (COMET) merupakan Makanan Ringan sehari – hari untuk konsumsi 2. serta memiliki rasa yang istimewa berupa ras pedas lada hitam. • • Praktis dan tahan lama. BAB IV Kebijakan produk 1. Konsumen akan melihat COMET Maicih sebagai produk yang memiliki keunikan tersendiri dan mempunyai harga yang terjangkau. • Product Expected Seorang konsumen akan mencari COMET yang enak dengan harga yang sesuai. Memberikan kesan Hot dan Unik pada Kemasan. COMET MAICIH Page 12 . dan media penyaluran hobi makanan pedas. 3.

Pada awal kemunculan produk ini perusahaan akan menawarkan bundling produk ini dengan produk kripik singkong maicih dengan harga promo untuk meningkatkan penjualan. Pengemasan Produk diawasi dengan ketat untuk menjaga kualtas produk. • COMET ini akan menjadi pionoir pertama COMET pedas.Makalah Manajemen Pemasaran Lanjutan 2011 4. COMET ini akan memiliki rasa yang gurih dan cruncchy. • • • Diproduksi dengan baik dengan indikator yang sudah ditentukan. Penutup kemasan akan mengginakan Zip & Lock untuk menjaga kualitas 2. Kuantitas Dipasarkan dalam satuan pak / bungkus. Augmented Product Selain memberikan pengalamn tersendiri dalam menikmati panganan/cemilan COMET dengan rasa pedas. Penekanan pada desain kemasn akan menggunakan sistem zip & lock sehingga memudahkan konsumen apabila ia ingin menyimpan produk COMET Maicih. COMET MAICIH Page 13 . Selain itu COMET LADA HITAM ini akan melakukan inovasi berupa sistem pembungkusan zip & lock sehingga lebih mudah untuk dikonsumsi 5. Kualitas. • • • Potential Product Maicih akan membuat COMET LADA HITAM dengan tingkat kepedasan sedang. 1.

Makalah Manajemen Pemasaran Lanjutan 2011 COMET MAICIH Page 14 .

Makalah Manajemen Pemasaran Lanjutan 2011 BAB V Kebijakan harga a. dan tawaran pesaing Pesaing Profuk Maicih ialah peroduk kripik singkong KRIBO. Memperkirakan biaya Untuk perkiraan biaya satu unit produk. harga.Bukan SI emak. sehingga dalam pasar ini MAICIH berperan sebagai Market Leader. Menganalisis biaya. 10.2.perusahaan melakukan survey dan eksprerimen harga ke pasar. d. Metode penetapan harga Penetapan harga COMET Maicih berdasarkan metode Mark up Pricing Perhitungan untuk satu unit produk: Biaya variable = Rp.250.450 Biaya tetap = Rp. c. Para pesaing tersebut menetapkan harga standar di bawah harga MAICIH. Dari hasil riset tersebut.MAICIH akan menetapkan Harga Yang sesuai dengan tingkat daya beli Konsumen. Tujuan penetapan harga Tujuan dalam penetapan harga produk COMET Maicih adalah untuk memaksimalkan pangsa pasar b. Karuhun.000 Unit penjualan = 2500 unit Keuntuungan yang diharapkan = 50 % COMET MAICIH Page 15 .

harga jual yang diinginkan adalah= Biaya per unit = biaya variable + (biaya tetap/unit penjualan) Harga mark up = biaya per unit/ (1.100 per unit BAB VI Saluran distribusi 1) Intensitas distribusi Intensitas distribusi Comet Maicih menggunakan pendekatan selektif yaitu dengan caramembuat jaringan distribusi sendiri yaitu mobil – mobil yang berdagang di pinggir jalan ditambah dengan Promosi pada medi sosial terutama twitter dalam rangka mempermudah Konsumen untuk mendapatkan produk ini.persentase pengembalian yang diinginkan) biaya per unit = Rp.Makalah Manajemen Pemasaran Lanjutan 2011 Maka.000/2500 unit) = Rp.10. 13. COMET MAICIH Page 16 .250. 2) Jangkauan area distribusi Nasional dan internasional. 2450 + (Rp. 6550 per unit Biaya Mark Up = Rp. 6550 per unit / (1.50 %) = Rp.

dan pelatihan mekanik. maka Polygon melakukan pelatihan ke toko-toko yang bekerjasama dengan Polygon. o o o o Toko memiliki space yang luas Bersih dan teratur Terletak di wilayah yang strategis dan pangsa pasar yang bagus Memiliki track record yang baik • Melatih Untuk dapat melakukan penjualan yang baik. Pelatihan tersebut mencakup.Makalah Manajemen Pemasaran Lanjutan 2011 3) Saluran Distribusi 4) • Pengelolahan Saluran Distribusi MemilihPerusahaan tidak serta merta menetapkan semua yang melakukan pengajuan kerjasama akan diterima. toko mana saja yang sesuai dengan kriteria Polygon. pelayanan konsumen. tetapi perusahaan akan memilih secara ketat. seperti. COMET MAICIH Page 17 . sistem transaksi (elektronik dan sistem pencatatan).

Cara lainnya dalam memotivasi adalah manajemn puncak perusahaan akan mendatangi toko-toko pengecer untuk memberikan motivasi langsung ke pegawai.Makalah Manajemen Pemasaran Lanjutan 2011 • Memotivasi Dalam melakukan pencerahan pemasaran. • Mengevaluasi Pengevaluasian dilakukan satu kali dalam satu bulan yaitu melalui kartu elektronik yang akan diawasi oleh manajemen Polygon di sidoarjo. perusahaan mengganti intensitanya dari eksklusif ke selektif. jika dirasa perlu diubah maka akan dilakukan perubahan. • Mengubah Sebenarnya perusahaan fleksibel dalam sistem distribusinya. COMET MAICIH Page 18 . Contohnya. perusahaan akan mengadakan lomba retailer yang memiliki penjualan yang bagus (mencapai atau melebihi target yang ditentukan) akan mendapatkan bonus.

Menawarkan produk langsung ke konsumen c) Public Relation Publicity. Melalui iklan televisi.Makalah Manajemen Pemasaran Lanjutan 2011 BAB VII Promosi 1) Identifikasi audiens sasaran Sasaran pemasaran produk polygon adalah Masyarakat yang memiliki jiwa cinta lingkungan. Melalui kegiatan yang mengangkat nama produk dan mengedukasi masyarakat. radio. Cara-cara yang bisa dilakukan untuk produk polygon adalah : a) Advertising. dan media cetak b) Sales promotion. e) Direct marketing. 2) Menentukan tujuan komunikasi Tujuan komunikasi adalah mengenalkan produk dan menimbulkan keinginan untuk membeli 3) Merancang komunikasi Komunikasi produk disampaikan agar masyarkat mengenal produk polygon. suka olahraga sepeda dan memiliki Penghasilan diatas Rp 2 juta per bulan. d) Personal Selling. media cetak. f) E-Commerce COMET MAICIH Page 19 .

Sales promotion.rodalink.com/ website rodalink www. Untuk polygon.polygoncycle. Personal Selling.Makalah Manajemen Pemasaran Lanjutan 2011 memanfaatkan media internet sebagai media promosi. 2) Menentukan anggaran Anggaran komunikasi adalah Rp. Direct marketing. dan E-Commerce COMET MAICIH Page 20 .com. 1 milyar per tahun 3) Merancang bauran komunikasi Bauran komunikasi melalui Advertising. 1) Memilih saluran komunikasi Saluran komunikasi yang digunakan adalah personal dan Non personal. Public Relation Publicity. konsumen dapat melihatnya di website polygon http://id.

Makalah Manajemen Pemasaran Lanjutan 2011 COMET MAICIH Page 21 .

Philips dan Kevin Lane Keller.2007.Jakarta:Indeks Kotler.Manajemen Pemasaran jilid 2 edisi 12.Philips dan Kevin Lane Keller.Endah Praspati.2011.Yogyakarta:Graha Ilmu. COMET MAICIH Page 22 .Makalah Manajemen Pemasaran Lanjutan 2011 DAFTAR PUSTAKA Kotler.Manajemen Pemasaran jilid 1 edisi 12.Jakarta:Indeks Lestari.Pemasaran Strategik.2007.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful