Nama NIM Tutor

: Hanna Anggitya : 2010730138 : dr. Yusnam Syarief

7. Etiologi sakit perut sebelah kanan bawah? 1. 2. 3. 4. Infeksibakteri Obstruksi Tumor Benda asing dalam tubuh misalnya parasit

10. Organ apa saja yang terdapat pada perut bagian kanan bawah? Abdomen dapat dibagi menjadi 4 kuadran dan 9 regiones (daerah). Abdomendapat dibagi menjadi 4 kuadran oleh bidang median dan bidang transumbilicale.Bidang transumbilicale adalah bidang horizontal yang melalui umbilicus. Keempatkuadran tersebut adalah: 1.Kuadran dexter superior (kanan atas) 2.Kuadran dexter inferior (kanan bawah) 3.Kuadran sinister superior (kiri atas) 4.Kuadran sinister inferior (kiri bawah). Abdomen dapat dibagi menjadi 9 regiones oleh dua bidang vertikal dan dua bidang horizontal. Dua bidang vertikal tersebut adalah bidang medioclaviculare dexter dan sinister. Dua bidang horizontal tersebut adalah bidang subcostale di sebelah atasdan bidang transtuberculare di sebelah bawah. Bidang subcostale adalah bidanghorizontale yang melalui bagian bawah arcus costarum. Bidang transtuberculareadalah bidang horizontal yang melalui spina iliaca anterior superior (SIAS) kanan dankiri. Kesembilan regiones tersebut adalah: 1. Regio hypochondrium/hypochondriaca dexter 2. Regio hypochondrium/hypochondriaca sinister 3. Regio epigastrium/epigastrica 4. Regio lumbalis/lateralis dexter 5. Regio lumbalis/lateralis sinister 6. Regio umbilicalis 7. Regio inguinalis/iliaca dexter 8. Regio inguinalis/iliaca sinister 9. Regio hypogastrium/suprapubic

sigmoid.Menurut letaknya colon dibagi menjadi: a. lebarnya sekitar 5-6 cmUsus besar berbentuk saluran muscular berongga yang membentang dari saecum hingga canalis ani. Panjangnya ± 14 cm Kolon ascendens (kanan) terletak vertikal di bagian paling lateral kanan dari rongga perut. Ujung proksimal yang buntuyang berbentuk dari kolon ascendens disebut caecum.Organ yang terdapat pada kuadran kanan bawah  Usus Besar (Colon) Usus besar merupakan sambungan dari usus halus dan berakhir di rectum yang memiliki panjang sekitar 1. yang memiliki jalur horizontal dari kanan ke kiri.5 meter.Ekstra peritoneal (colon asendens dan colon desendens) b.  Apendiks . Kolon ascendens berbelok tepat di bawah hati membentuk flexura coli dextra/ flexura hepatica dan menjadi kolon transversum. dan colon transversum) Yang terdapat pada abdomen bagian kuadran kanan bawah adalah colon asendens. Intra peritoneal ( caecum.

retroileal.Apendiks merupakan suatu evaginasi dari bagian apex sekum. jumlahnaya ada 2 buah kiri dan kanan. dan melekat langsung pada dinding abdomen. .  Sistem Perkemihan o Ginjal Kedudukan ginjal terletak dibagian belakang dari kavum abdominalis di belakang peritonium pada kedua sisi vertebra lumbalis III.Pada orang dewasa berat ginjal ± 200 gram. dan musin. sedangkan persarafan simpatis berasal dari n. o Ureter Terdiri dari 2 saluran pipa masing – masing bersambung dari ginjal ke kandung kemih (vesika urinaria) panjangnya ± 25 – 30 cm dengan penampang ± 0. erepsin.Bentuknya seperti biji buah kacang merah (kara/ercis).5 cm. apendikularis. batas apendiks dari sekum semakin jelas dan bergeser ke arah dorsal kiri. Apendiks terdiri dari membran mukosa tanpa adanya lipatan. Posisi apendiks bisa retrosekal. Pada bagian dalamnya kadangkala ditemui valvula yang tidak konstan yang disebut valvula Gerlach. X yang mengikuti arteri mesenterika superior dan a. Pada orang dewasa panjang apendiks rata-rata 9-10 cm.5 cm. memberikan gambaran klinis yang tidak sama. torakalis X. Pada masa kanak-kanak. Apendiks mengeluarkan cairan yang bersifat basa mengandung amilase. ginjal kiri lebih besar dari pada ginjal kanan. subileal atau di pelvis. Persarafan parasimpatis berasal dari cabang N. Tonjolan apendiks pada neonatus berbentuk kerucut yang menonjol dari apeks sekum sepanjang 4. terletak posteromedial sekum kira-kira 3 cm inferior dari valvula ileosekalis.

terletak di belakang simfisis pubis di dalam ronga panggul.Pada laki. . bagian yang maju kearah muka dan berhubungan dengan ligamentum vesika umbilikalis. yaitu bagian yang mengahadap kearah belakang dan bawah. Fundus. o Vesica Urinaria Kandung kemih dapat mengembang dan mengempis seperti balon karet.Bagian vesika urinaria terdiri dari : 1. 2. vesika seminalis dan prostate. yaitu bagian antara verteks dan fundus.Bentuk kandung kemih seperti kerucut yang dikelilingi oleh otot yang kuat. berhubungan ligamentum vesika umbikalis medius. Verteks. 3. Korpus. o Uretra Uretra merupakan saluran sempit yang berpangkal pada kandung kemih yang berfungsi menyalurkan air kemih keluar.laki uretra bewrjalan berkelok – kelok melalui tengah – tengah prostat kemudian menembus lapisan fibrosa yang menembus tulang pubis kebagia penis panjangnya ± 20 cm. bagian ini terpisah dari rektum oleh spatium rectosivikale yang terisi oleh jaringan ikat duktus deferent.Ureter sebagian terletak dalam rongga abdomen dan sebagian terletak dalam rongga pelvis.

Anatomi Klinis Dasar. dkk. 2002. Jakarta: Hipokrates .Referensi Moore. Keith L.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful