No 1

Criteria Biaya

Optik Biaya pemasangan dan pengoperasian yang rendah

2

Kecepatan

3

Attenuasi

Lebar jalur besar dan kemampuan dalam membawa banyak data, dapat memuat kapasitas informasi yang sangat besar dengan kecepatan transmisi mencapai gigabit-per detikdan menghantarkan informasi jarak jauh tanpa pengulangan Redaman sangat rendah dibandingkan dengan kabel Kualitas komunikasi yang yang terbuat dari tembaga, terutama pada frekuensi lebih baik karena sedikit yang mempunyai panjang gelombang sekitar 1300 menggunakan repeater nm yaitu 0,2 db/km.

Satelit Radio Biaya material, instalasi dan Biaya pemeliharaan pemeliharaan paling mahal yang relatif lebih kecil. diantara semua media komunikasi Kapasitas cukup besar

Tembaga Harga / biaya yang murah (low cost)

Kecepatan transmisi randah

Rawan terhadap kerusakan sinyal (signal error)

4

Electromagnetic Kebal terhadap gangguan gelombang Transmission loss yang Interference elektromagnet. Fiber optik terbuat dari kaca atau sangat besar akibat thermal (EMI). plastik yang merupakan isolator, berarti bebas dari noise dari matahari interferensi medan magnet, frekuensi radio dan gangguan listrik Keamanan Tingkat keamanan yang lebih tinggi Karena bersifat broadcast, maka dari segi keamanan komunikasi kurang baik sehingga perlu pengamanan yang sedikit ketat

• Tingkat yang

distorsi tinggi

• Rentan terhadap induksi

5

Keterangan: 1.Biaya, meliputi biaya material, instalasi dan pemeliharaan 2.Kecepatan, adalah jumlah maksimum bit per detik yang dapat dikirimkan media itu dengan handal.

3. EMI adalah ketahanan media terhadap energi elektromagnetik lain yang masuk ke jalam jalur. merupakan proteksi terhadap penyabot. adalah kecenderungan sinyal elektromagnetik untuk semakin lama atau rusak dengan makin jauh jarak yang ditempuh. 5. 4. .Electromagnetic Interference (EMI). Attenuasi. Keamanan/security.