1.

Pengertian Daya Tahan (Endurance) Daya tahan merupakan komponen biomotorik yang sangat dibutuhkan dalam aktifitas fisik. Dan salah satu komponen yang terpenting dari kesegaran jasmani. Daya tahan diartikan sebagai waktu bertahan yaitu lamanya seseorang melakukan sesuatu intensitas kerja atau jauh deri keletihan. Daya tahan tubuh merupakan kemampuan fisik, yang berfungsi untuk membentengi tubuh dari masuknya kuman. Oleh karena itu penting sekali bagi kita untuk tetap menjaga daya tahan tubuh yang kita miliki. Jika daya tahan tubuh yang kita miliki baik, maka tubuh akan sehat. Sebaliknya, jika daya tahan tubuh menurun, maka kuman akan mudah masuk ke dalam tubuh, dan tubuh akan lebih mudah terjangkit penyakit. Oleh karena itu, penting sekali menjaga daya tahan tubuh agar tetap baik. Beberapa cara di antaranya adalah : a. Perhatikan gizi makanan Salah satu cara untuk menjaga daya tahan tubuh agar selalu baik, adalah makan makanan yang bergizi. Makanan bergizi adalah makanan yang mengandung 4 sehat 5 sempurna, yang mengandung unsur-unsur (karbohidrat, lemak, protein, mineral, dan lainnya) yang dibutuhkan oleh tubuh. b. Istirahat yang cukup Kurang istirahat dapat mengakibatkan penurunan terhadap daya tahan tubuh. Untuk itu kebutuhan tidur harus dapat dipenuhi dengan baik. Normalnya, kebutuhan tidur orang dalam sehari dapat tercukupi jika ia telah beristirahat selama kurang lebih 8 jam. c. Olahraga yang teratur Tidak perlu berolahraga terlalu berat dan berlebihan. Asalkan dilakukan secara teratur, hasil yang didapat akan lebih baik. Jenis olahlaga dapat dipilih sesuai kemampuan tubuh masingmasing, misalnya senam, lari, berenang, tenis, dan lainnya. Idealnya olahraga yang baik dilakukan secara teratur 3 kali dalam seminggu. d. Stres berlebih Stres membuat seseorang tidak semangat dalam melakukan berbagai aktivitas., mudah emosi, sulit tidur, dan nafsu makan menurun. Jika tetap dibiarkan, maka akan mengganggu kesehatan tubuh. Tanggulangi sesegera mungkin e. Konsumsi vitamin Vitamin dapat membantu memenuhi kebutuhan tubuh. Pilihlah vitamin yang benar-benar telah teruji dan aman untuk dikonsumsi. http://novitaclubjombang.blogspot.com/2010/03/pengertian-daya-tahan-endurance-daya.html

high pull C . c u r e l D .Weight Training harus didahului oleh warm up(pemanasan yang menyeluruh) B.Setiap mengangkat. yaitu daya tahan yang bertalian denganpernafasan jantung dan peredaran darah.Agar hasil perkembangan otot efektif. Istilah lainyang sering digunakan adalah respiration-cardiovascularendurance. jantung.Weight training sebaiknya dilakukan 3 kali dalamseminggu dengan hari yang diselingi dengan 1hari istirahat untuk memberikan kesempatan bagiotot berkembang dan mengadaptasikan diri padahari istirahat tersebutH. A .Prinsip – prinsip Wight Training A.Setiap bentuk latihan harus dilakukan dalamruang gerak yang seluas – luasnya.triceps strength F .Selama latihan pengaturan pernafasan harusdiperhatikan G. mendorong. L a t i h a n d a y a t a h a n o t o t Daya tahan otot adalah kemampuan otot – otot untukmelakukan tugas gerak yang membebani otot dalamwaktu yang cukup lama. Salah satu bentuk latihan dayatahan otot adalah latihan beban (weight training). dan paru –parudaya tahan adalah kemampuan seseorang untukmelakukan kerja dalam waktu yang relatif lama. E. he a l r i s e . yaitu dariekstensi penuh dan kontraksi penuh F.latihan peningkatan daya tahan otot.Weight training harus diawasi oleh seorang pe. Weight training adalah latihan – latihan yang sistematis dengan beban yang hanya dipakai sebagai alat untukmenambah kekuatan otot guna mencapai berbagaitujuan tertentu.atih yang mengerti betul masalah weighttraining 2.s qu a t E.Sebagai patokan dianjurkan untuk melakukantidak lebih dari 12 RM dan tidak kurang dari 8atau 12 RM (Repetisi maksimal) untuk setiapbentuk latihan. p r e s s B. setiapbentuk pelatihan dilakukan dalam 3 set denganistirahat antara setiap set sekitar 3 – 5 menit D. 8 RM dilakukan melalui proses trialand error (coba-coba) C. atau menarikbeban harus dilakukan dengan teknik yang benar.full over . 1.Bentuk – bentuk weight training A .

Cepat. Jadi latihan istirahat – latihan istirahatdan seterusnya. dll. Bentuk latihan dalam intervaltraining dapat berupa lari. tetapi dengan jarak yang lebih jauh B. tetapi dengan jarak yang lebih dekat http://www.Masa istirahat setelah setiap ulangan latihanSecara mendasar ada 2 bentuk interval trainingyaitu sebagai barikut : A.Factor – factor yang harus dipenuhi dalammenyusun interval training.Lambat. antara lain sebagaiberikut : A. s n a t c h J .Beban latihan C.Ulangan melakukan latihan D. s ho l d e r s h r u g B.com/doc/18278324/Kliping-Olah-Raga .H.benc press I .scribd.Lamanya latihan B. renang.Latihan meningkatkan daya tahan jantung dan paru –paru 1 . I n t e r v a l T r a i n i n g Interval training adalah system latihan yangdiselingi interval – interval yang berupa masaistirahat.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful