TUGAS PORTOFOLIO BIOLOGI

Disusun Oleh Nama : Zahida Kamalia Amir Kelas : X7 R-SMA-BI NEGERI 2 CIBINONG

IDENTIFIKASI FLORA DAN FAUNA
Tempat Pelaksanaan : R-SMA-BI NEGERI 2 CIBINONG Perum Taman Raya Citayam (Blok D1/34) Hari ,Tanggal : 23 Februari 2012

kulit buah digunakan untuk mengatasi disentri dan demam kulit kayu digunakan untuk mengatasi sariawan daun digunakan untuk mengatasi diare dan menghitamkan rambut akar digunakan untuk mengatasi demam .Kulit biji tipis berkayu. dan menjadi kuning atau merah kalau sudah masak. Biji berbentuk elips. Memiliki banyak jenis. RAMBUTAN ( Nephelium lappaceum ) a.. Daunnya berwarna hijau. b. terbungkus daging buah berwarna putih transparan yang dapat dimakan dan banyak mengandung air. Mempunyai akar tunggang. Ciri Morfologi : Mempunyai tinggi antara 8-15 m. Rasanya bervariasi dari masam sampai manis. Buah rambutan bentuknya bulat lonjong. Peranan : Di konsumsi biji digunakan untuk mengatasi kencing manis (diabetes mellitus). Kulit buah berwarna hijau. panjang 3-5 cm dengan duri temple (rambut) lemas sampai kaku.Umurnya relatif panjang.HASIL IDENTIFIKASI FLORA 1. Reproduksi: Vegetatif dan generatif c. Dinding buah tebal. Pohonya bercabang-cabang .

berbentuk lonjong dengan panjang 15 – 35 cm dan lebar 6 – 16 cm. memecah atau beralur. Kulit batang coklat kelabu sampai kehitaman. dapat mencapai tinggi 40 m atau lebih. b. melebar sampai 10 m. Ketika masih muda warnanya jambu merah jingga. Ciri morfologi : Mempunyai Daun berwarna hijau berselang seling. meski kebanyakan mangga peliharaan hanya sekitar 10 m atau kurang. MANGGA( Mangifera indica ) a. Buah berwarna hijau jika belum masak dan setelah masak berwarna kuning dan ada yang berwarna jingga. Bertajuk rimbun. Biji tunggal yang leper. bunga kecil berwarna putih. c. bijinya berserabut atau licin berperawakan besar.2. Bunga berbentuk bulir ujungnya. Reproduksi: Generatif dan vegetatif Peranan :  Dimakan  Di buat jus  Influensa  Batuk dan sesak napas  Untuk mengatasi radang kulit  Mabuk perjalanan . berbau damar dan sedikit harum. kemudian merah tua dan yang terakhir hijau.

Reproduksi: vegetatif c. Daunnya berwarna hijau.Peranan : Mengobati panu Rambut rontok Mengobati darah tinggi Penambah nafsu makan Menghilangkan ketombe Pewangi masakan . mulai dari 50cm hingga 5 meter. Memiliki akar lutut. PANDAN ( Pandanus amaryllifolius ) a.3. b. Ukuran tumbuhan ini bervariasi. Ciri morfologi : Memiliki Daun yang berbentuk memanjang spiral.

5 m. berukuran kecil. Daun tunggal. Daging buah berwarna putih. berwarna putih dan harum Buah bentuknya bulat. bertangkai pendek. ujung dan pangkal runcing. letaknya tersebar dibatang atau ketiak daun. Bunga keluar sepanjang tahun. berkayu dan bergetah. lebar 2-5cm. beralur. panjang 7-10 cm. b. warnanya cokelat. letaknya berhadapan. tepi rata. Ciri morfologi : Mempunyai Tumbuh yang tegak dengan tinggi 1-2. pertulangan menyirip. Buahnya berwarna merah. Biji bulat. berserat dan berair. dan berwarna cokelat. permukaan licin. bentuknya lanset atau lonjong. Reproduksi: Generatif dan vegetatif c. Memiliki akar tunggang. Peranan : Obat kanker dan tumor Obat diabetes mellitus Obat rematik dan asam urat Obat hepatitis Disentri Darah tinggi Kolesterol Maag Sesak napas dan asma Stroke dan ginjal Ambeien . permukaan licin. diameter 3-5 cm .memiliki Batang yang bercabang. bentuk tabung. warnanya hijau tua. permukaannya kasar.4. MAHKOTA DEWA ( Phaleria macrocarpa ) a. keras. ketika muda warnanya hijau dan merah setelah masak.

Kelopak bunga tumbuh menjadi buah bulat lonjong sebesar telur ayam bahkan ada yang berdiameter 7. Perbungaan mengkudu bertipe bonggol bulat. Peranan : Meningkatkan daya tahan tubuh Menormalkan tekanan darah Melawan tumor dan kanker Menghilangkan rasa sakit Anti-peradangan dan anti-alergi . dan ketika sudah tua berwarna putih dengan bintik-bintik hitam.5-10 cm. Bentuk daunnya jorong-lanset. berukuran 15-50 x 5-17 cm. ujung lancip pendek. MENGKUDU ( Morinda citrifolia ) a. tepi daun rata. Buahnya merupakan buah majemuk yang masih muda berwarna hijau mengkilap dan memiliki totoltotol..5. Reproduksi: vegetatif dan generatif c. Ciri morfologi : Pohon mengkudu memiliki tinggi mencapai 3-8 m. b. bergagang 1-4 cm berwarna putih.

6. Peranan :  Dimakan  Di buat jus  menurunkan tensi darah  Vitamin C  di buat wine buah . BELIMBING ( Averrhoa carambola ) : a. Buah belimbing berwarna kuning kehijauan . terutama untuk memberi rasa asam pada masakan. buahnya berwarna hijau. Berbiji kecil dan berwarna coklat. Memiliki akar tunggang. Ciri Morfologi : Pohon ini memiliki daun majemuk dan berukuran kecil dan oval yang panjangnya dapat mencapai 50 cm bunga berwarna merah muda yang umumnya muncul di ujung dahan Pohon ini bercabang banyak dan dapat tumbuh hingga mencapai 5 m. Reproduksi : generatif dan vegetatif c. Buah ini renyah saat dimakan. Jika dipotong. Salah satu jenis dari belimbing. buah ini mempunyai penampang yang berbentuk bintang. Saat baru tumbuh. yang disebut belimbing wuluh. b. rasanya manis dan sedikit asam. sering digunakan untuk bumbu masakan.

lancip atau tumpul pada bagian ujungnya. Peranan : sebagai obat memperlancar pengeluaran air kemih (diuretik) mengobati rematik. mahkota berwarna ungu pucat atau putih. kencing manis. bermanfaat untu pengobatan radang ginjal. . lanset.7. b. bundar. dengan ukuran panjang 13 – 27mm.5cm. dan penyakit syphilis. panjang tangkai daun 7 – 29cm. ukuran daun panjang 1 – 10cm dan lebarnya 7. KUMIS KUCING ( Orthosiphon stamineus Benth ) a. albuminuria. Batang bersegi empat agak beralur. panjang tabung 10 – 18mm.Ciri Morfologi Tinggi tanaman sampai 2m. Bunga bibir. Helai daun berbentuk bundar telur lonjong. urat dan pangkal berbulu pendek dan jarang sedangkan di bagian yang paling atas gundul. masuk angin dan sembelit. di bagian atas ditutupi oleh bulu pendek yang berwarna ungu atau putih. kumis kucing sebagai obat upaya penyembuhan batuk encok. batu ginjal.5mm – 1. panjang bibir 4. Kelopak bunga berkelenjar. helai bunga tumpul.5 – 10mm. Reproduksi: vegetative c.

batang tidak berkayu. Batang tanaman cabai berwarna hijau. Sedangkan permukaan daun pada bagian bawah umumnya berwarna hijau muda. bahkan ada yang Ian. hijau. dalam keadaan tunggal atau bergerombol dalam tandan. hijau pucat atau hijau. Ciri Morfologi : Buah cabai rawit berubah warnanya dari hijau menjadi merah saat matang. Peranan : untuk menambah nafsu makan menormalkan kembali kaki dan tangan yang lemas batuk berdahak melegakan rasa hidung tersumbat pada sinusitis  sering digunakan untuk pelengkap masakan . Bunga biasanya tumbuh pada ketiak daun. Ada daun yang berbentuk oval. lonjong. bahkan hijau kebiruan.Tanaman cabai memiliki perakaran akar serabut. Dalam satu tandan biasanya terdapat 2 — 3 bunga saja. Mahkota bunga tanaman cabai warnanya bermacam-macam. dengan lebar antara 1 — 5 cm. CABE RAWIT ( Capsicum frutescens ) a. dan ungu. hijau tua. atau hijau muda. Permukaan daun cabai ada yang halus adapula yang berkerut-kerut. Pada batang-batang yang telah tua (biasanya batang paling bawah). hijau tua. Ukuran panjang daun cabai antara 3 — 11 cm. ada yang putih. kemudian membentuk banyak percabangan. batang akan tumbuh sampai ketinggian tertentu. putih kehijauan.set. panjang batang biasanya tidak melebihi 100 cm.8. Reproduksi : generatif c. akan muncul wama coklat seperti kayu. Diameter bunga antara 5 — 20 mm b. Warna permukaan daun bagian atas biasanya hijau muda..

Satu pohon pisang hanya menghasilkan setandan pisang yang terdiri dari beberapa sisir pisang dan pada bagian ujungnya terdapat jantung. Peranan : Penderita liver Sumber tenaga ibu hamil Penderita anemia Penderita sakit maag Penderita luka bakar Meningkatkan kekuatan otak Yang mengalami stres a.9. Reproduksi: vegetatif dan generatif c. PISANG (Musa paradisica ) Ciri morfologi : Memiliki Batang yang bercabang semu karena tersusun oleh beberapa pelepah daun yang saling membungkus. dan disisi pohonnya terdapat tunas yang siap tumbuh.Memiliki bentuk daun yang bertulangan sejajar sehingga mudah sobek Memiliki akar serabut. . b. Memiliki barisan bunga yang banyak.

Tangkainya panjang. Tulang daunnya spiral menyirip lima. Reproduksi: generatif c.10. haid berlebihan. Ciri morfologi : Pohon pepaya memilki tinggi sekitar 5-10 m. PEPAYA ( Carica papaya L ) a. akan mengeluarkan getah berwarna putih. Gangguan saluran kencing. mengobati lambung mengobati batu ginjal. Diare. Ubanan menghaluskan kulit  Daunnya dapat digunakan melancarkan aliran darah . Sakit keputihan. Disentri. Malnutrisi. Peranan : memperlancar pencernaan. Sakit Perut saat haid.Daunnya berwarna Hijau. Buahnya bulat memanjang dan ujungnya runcing. Jerawat.Buahnya berwarna hijau kekuning kuningan jika masak. Memiliki akar tunggang. Malaria. Jika tangkainya dipatahkan. Kekurangan ASI. Jika sudah layu daunnya akan berwarna kuning. Hipertensi. Memiliki mahkota bunga berwarna kuning pucat. Jika di belah buah pepaya dalamnya berwarna merah. Reumatik. b.

mi. kolesterol tinggi dalam darah dan kencing manis. divertikular. BUNGA BANGKAI ( Amorphopalus titanium ) a. Reproduksi : vegetative dan generatif c. sebagai mekanisme untuk mencegah penyerbukan sendiri. b. Pada tanggal 20 Oktober 2005. agar-agar.91m di Kebun Botani dan Hewan Wilhelma. kosmetik dan roti. . menghasilkan bunga setinggi 2. tahu. berbentuk seperti linggayang dikelilingi oleh seludang bunga yang juga berukuran besar. lalu diikuti masaknya bunga jantan.Peranan : digunakan sebagai bahan lem.11. kegemukan. mekar bunga dengan ketinggian 2.74m pada tahun 2003.Ciri Morfologi : Bunganya sangat besar dan tinggi.  bermanfaat untuk menekan peningkatkan kadar glukosa darah sekaligus mengurangi kadar kolesterol serum darah yaitu makanan yang memiliki indeks glikemik rendah  dalam jumlah tinggi akan memberi pertahanan pada manusia terhadap timbulnya berbagai penyakit seperti kanker usus besar. kardiovaskular. Bunganya berumah satu dan protogini: bunga betina reseptif terlebih dahulu. Bunga Bangkai termasuk tumbuhan Langka.

Berkuku tajam. Memiliki kelenjar susu. Bulunya memilki banyak warna. Ciri morfologi : Kucing Memiliki bulu. KUCING ( Felis domesticus ) a. Reproduksi: Melahirkan c. Memiliki kumis yang panjang b. . Peranan : hewan peliharaan dapat digunakan untuk mengusir tikus.HASIL IDENTIFIKASI FAUNA 1. Kucing mempunyai ekor. Termasuk hewan Berkaki empat. Kucing Bergigi taring.

Di bagian dada semut terdapat tiga pasang kaki dan di ujung setiap kakinya terdapat semacam cakar kecil yang membantunya memanjat dan berpijak pada permukaan. pemutusan ekor . memiliki mata majemuk yang terdiri dari kumpulan lensa mata yang lebih kecil dan tergabung untuk mendeteksi gerakan dengan sangat baik. maag. Peranan : Semut juga di ternyata bermanfaat bagi petani kakao yang di gunakan sebagai pembasmi tanaman mengobati penyakit kanker. Kakinya empat dan dapat merekat ke dinding. Memiliki ekor yang dapat putus untuk melindungi diri dari pemangsa. Ciri morfologi : Cicak merupakan hewan melata. kloesterol. CICAK TEMBOK ( Cosymbotus platyurus ) a. Ciri morfologi : Binatangnya kecil. b.lubang pernapasan di bagian dada yang bernama spirakel untuk sirkulasi udara dalam sistem respirasi. asam urat dll 3.Memiliki antenna. Reproduksi: bertelur c.SEMUT ( Formicidae ) a.2. Memiliki lubang . memiliki sayap bagi semut ratu.

bagian luar tebal. Ukuran tubuhnya kecil. menaklukkan bakteri yang paling berbahaya 5. Reproduksi : bertelur c. IKAN MAS ( Cyprinus carpio ) a. Tubuhnya berwarna hitam. Peranan : kecoa mampu menghajar kuman dan bakteri yang paling tangguh sekalipun. Dibagian dada terdapat 6 kaki. Ciri Morfologi: Tubuh bulat telur dan pipih dorsoventral (gepeng). Memiliki lidah yang digunakan untuk menangkap nyamuk. Peranan : mengobati penyakit HIV/AIDS 4. biasanya bersayap 2 dan kaki disesuaikan untuk berlari b. KECOA ( Periplaneta brunnea ) a. Berwarna krem.bagian dalam berbentuk membran.2 pasang sayap. Ciri morfologi : Bentuk tubuh ikan mas agak memanjang dan memipih tegak. tidak lebih dari kadal b.dan mulut tipe pengunyah. Mulutnya terletak di bagian tengah ujung kepala (terminal) dan dapat disembulkan Memiliki sirip dan ekor . kepala agak tersembunyi dilengkapi.tersebut disebut dengan Autotomi. sepasang antena panjang yang berbentuk filiform yang bersegmen. Reproduksi: bertelur c.

b) Reproduksi: bertelur c) Peranan : untuk membantu pembusukan makanan 7. Memiliki sayap untuk terbang. Ciri Morfologi : Cacing termasuk hewan invertebrata. Biasanya terbang ditempat yang kotor. Memiliki mulut untuk menghisap.untuk berenang. LALAT RUMAH ( Musca domestica ) a) Ciri morfologi : Lalat merupakan Sejenis serangga. sirip punggungnya memanjang dengan bagian belakang berjarikeras dan di bagian akhir (sirip ketiga dan keempat) bergerigi b. CACING TANAH ( Lumbricus terstris ) a. Peranan : Sebagai bahan pangan Untuk peliharaan 6. Reproduksi: bertelur c. Memiliki 6 kaki. Memiliki sisik . Cacing tanah jenis Lumbricus mempunyai bentuk tubuh pipih Jumlah segmen yang dimiliki sekitar 90-195 dan klitelum yang terletak pada segmen 27-32 Biasanya jenis ini . Memiliki kaki yang kotor.

Ciri Morfologi : Kupu-kupu beristirahat atau hinggap dengan menegakkan sayapnya. Untuk makanan ternak dan ikan sebagai obat tifus 8. ngengat cenderung gelap. membantu bunga-bunga berkembang menjadi buah 9.kalah bersaing dengan jenis yang lain sehingga tubuhnya lebih kecil. Kupu-kupu umumnya hidup dengan mengisap madu bunga. Mempunyai tipe mulut penghisap dengan alat Bantu berupa belalai b. Kupu-kupu biasanya memiliki warna yang indah cemerlang. Ciri morfologi : Capung umumnya bertubuh relatif besar dan hinggap dengan sayap terbuka atau terbentang ke samping. ngengat hinggap dengan membentangkan sayapnya. Peranan : bermanfaat untuk membantu jalannya penyerbukan tanaman. Tetapi bila diternakkan besar tubuhnya bisa menyamai atau melebihi jenis lain b. Peranan : Membantu menyuburkan tanah. KUPU – KUPU ( Lycaena phlaeas ) . Reproduksi : seksual c. Sedangkan capung jarum umumnya bertubuh kecil (meskipun ada . CAPUNG ( Foeniculi Fructus ) a. a. Reproduksi : aseksual dan seksual c. kusam atau kelabu.

Reproduksi : seksual c. memiliki abdomen yang kurus ramping mirip jarum.1–3. dan hinggap dengan sayap-sayap tertutup. b.beberapa jenis yang agak besar). mengurangi gatal tenggorokan dan batuk.7 m. Menurut sebagian orang. Badak bercula satu dapat ditemukan di Ujung Kulon . Memiliki jengger yang berwarna merah. tegak menyatu di atas punggungnya. AYAM ( Gallus gallus domesticus ) a. Memiliki bulu. Reproduksi : Bertelur c.2 m dan tinggi 1.4–1. Peranan mengurangi bau mulut.Peranan : Dikonsumsi Bulunya dibuat kemoceng 11. Ayam termasuk hewan vertebrata. Ukuran culanya biasanya lebih sedikit daripada 20 cm. capung dapat digunakan agar anak tidak mengompol 10. Ciri Morfologi : Badak memiliki panjang 3. b. hanya 3 jari Memiliki sayap tetapi tidak bisa terbang. Badak ini lebih kecil daripada badak india dan lebih dekat dalam besar tubuh dengan badak hitam. lebih kecil daripada cula spesies badak lainnya. BADAK BERCULA SATU ( Rhinoceros sondaicus ) a. Memiliki dua kaki ceker. Ciri Morfologi : Memiliki paruh.

. Peranan :  culanya digunakan untuk obat-obatan tradisional China.b. Reproduksi : seksual c.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful

Master Your Semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master Your Semester with a Special Offer from Scribd & The New York Times

Cancel anytime.