KUIZ II FISIOLOGI TUMBUHAN DASAR ISILAH DENGAN JAWABAN YANG BENAR 1.

Tumbahan berpembuluh memerlukan berapa elemen esensial? a. 16, b. 17 c. 20 d. 50 2. Elemen esensial adalah elemen yang a. ditemukan dalam jeringan tanaman ketika dianalisis secara kimia b. ketika tidak ditemuan dlm jaringan, tumbuhan itu tidak bisa berbuah dengan biji fertil c. kadang2 ditemukan dlm jaringan kadang2 tetapi tumbuhan tetap segar dan fertil d. ditemukan sangat banyak dalam jaringan dan berbuah lebat 3. Elemen esensial dikelompokan dalam 4 kelompok, elemen Fe termasuk dalam a. kelompok 1, bagian senyawa karbon b. Kelompok 2. energi, c. kelompok 3. elektrolit d. kelompok 4 untuk transfer elektron 4. Elemen esensial yang diambil dari tanah biasanya dalam bentuk a. ion yang larut dalam air. b. Air saja sebagai nutrisi c. senyawa kimia d. Jus tanah 5. Elemen esensial sebagai ion yang terlarut dalam air itu berada dalam beragam kombinasi dan elemen esensial itu harus diambil a. serempak dalam jumlah yang seragam b. Dalam jumlah yang berbeda tapi tidak berpengaruh pada pertumbuhan c. Dalam jumlah berbeda dan pertumbuhan ditentukan oleh konsentrasi elemen esensial terendah d. dalam jumlah seperti apa adanya dilapang. 6. Elemen esensial dalam tanah itu kalau berbentuk anion biasanya a. dijerap kolid tanah b. Larut dalam air c. tersimpan dalam kristal tanah d. terikat dalam bahan organik 7.Komponen tanah penting untuk tempat jerapan ion esensial adalah a. bahan inorganik tanah b. Air c. udara d. bahan koloid tanah 8. Ion bergerak dari tanah ke permukaan akar dengan mekanisme apa? a. trasnpor aktif b. Transpor aliran massa b. difusi c. Osmosis 9. Ion ion itu setelah sampai dipermukaan akar akan terus bergerak ke jaringan terluar akar yaitu a. epidermis b. Korteks c. apoplas d. Simplas 10. Ion sebagai elemen esesnsial itu tadi tidak saja melalui apoplas tetapi juga simplas artinya a. melewati dinding sel b. Melewati membran sel c. melewati plamodesmata d. Melewati xilem

difusi d. Pompa proton mempompa ion H+ dari dalam sel keluar sehingga a. 3.2. Ketika nitrat diabsorpsi oleh sel epidermis akar. sintesis ATP b.4. tumbuhan tidak dapat memanfaatkan gas nitrogen 15. Pompa transpor aktif dikenal bekerjasama langsung dengan reaksi yang melepas energi misalnya a. b.kanal. tanah menjadi kekurangan nitrogen karena a. Hutan hujan tropika yang ditebang pohonnya membuka kanopi tumbuhan sehingga memaparkan tanah pada udara. osmosis 19. perjalan ion terbawa air 12. tidak mempunyai nitrogenase b. plasmodesmata. dan tenaga itu untuk membawa ion kedlam sel. Simport c. c. cahaya matahari. nilai pH dinding sel dalam sisi basa b. 1. 2. Gas nitrogen tdak dapat dimanfaatkan tumbuhan tinggi karenaapa? a. serta curahan air hujan. protein integral dan 6. kahat molybdenum d. nilai pH dinding sel dalam sisi masam c.6 c. yaitu 1. Tanah teroksidasi merubah amoniak menjadi nitrat atau gas nitrogen dan terlindi air masuk sungai sedang gas hilang ke udara c. protein periferal Tiga jenis protein transpor itu adalah a. karena itu terjadi sintesis ATP d.11.4 18. 4. 13. 4. tidak mempunyai nitrate reduktase c. ion NH4+ terjerap pada partikel tanah c. Dalam membran sel dikenal ada bermacam jenis protein.3. membran sel akar mempunyai pompa proton b. Hidrolisis ATP c. transpor pasif b. Itu karena a. 5. tanah miskin bahan organik d. tanah teroksidasi merubah nitrat menjadi amoniak dan terjerap partikel tanah d. fermentasi d. aliran massa transpirasi 17. ini disebabkan karena a. carrier. membran sel mempunyai kanal c. 1.2. Membran sel akar yang masih aktif hidup mempunyai potensi membran. tanah menjadi masam b. pompa. nitrat direduksi lebih dulu disini diperlukan ensim yaitu . nitrit menjadi beracun bagi tumbuhan 16. ion nitrat larut dalam air dan terbawa ke sungai b. tidak mepunyai bintil akar 14. Elemen esensial nitrogen walaupun terdapat diatmosfir dalam jumlah yang melimpah tetapi tumbuhan tinggi sering kekurangan nitrogen.3.5. perjalanan ion dalam difusi tidak sama kecepatannya sehingga sebelah dalam bermuatan positif d. 2. Tumbuhan darat biasanya mengambil elemen esensial nitrogen dalam bentuk ion nitrat melalui mekanisme a.

GOGAT d. sitoplasma b. terbentuknya glutamin d. glutamin c.ensim nitrogenase c. memerlukan donor elektron 22. asam glutamat b. glutamin sentetase b. Nitrat reduktase adalah ensim yang sangat penting dan sangat reaktif terhadap lingkungan yang menginduksi transkripsi mRNA dari Nitrat reduktase itu. ensim nitrit reduktase 20 Asimilasi amoniak dilakukan oleh sel yang masih hidup dan itu terjadi dalam apa? a.a. memerlukan nitrogenase d. Kloroplas c. asam glutamat b. Herbisida glufosinat bekerja mematikan gulma digan menghambat reaksi yang dikataliser oleh ensim apa? a. terbentuknya asparagin 24. asam glutamat sitase c. hasil reaksi itu menghasilkan gas hidrogen c. Nitrit reduktase . ensim rubisco d. Pada reaksi daam Azotobakter ketika merubah gas nitrogen menjadi amoniak diperlukan energi yang besar sekali ini karena a. Hasil asimilasi elemen esensial sulfur adalah a. ikatan antar atom dalam molekul nitrogen kuat sekali b. Sistein c. Peroksisom 21. ensim nitrat reduktase b. Adanya amoniak c. asparagin 25. asam oksalat 23. asam malat d. mitokondria d. sistein d. misalnya a. Hasil asimilasi amonak adalah a. adanya nitrat b.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful