Ceceran Minyak Cemari Teluk Gilimanuk

Pemerintah setempat tengah mencari tahu dari mana minyak tersebut berasal. Rabu, 2 Mei 2012, 19:49 WIB

Warga Bali di tepi pantai (REUTERS/Beawiharta)

VIVAnews – Gubernur Bali, Made Mangku Pastika, memberi perhatian serius atas laporan masyarakat mengenai ceceran minyak di kawasan Teluk Gilimanuk. Menanggapi laporan itu, Made langsung menginstruksikan Badan Lingkungan Hidup (BLH) Bali untuk melakukan peninjauan ke Gilimanuk. Menindaklanjuti intruksi tersebut, Kepala BLH Bali AA. Gede Alit Sastrawan, beserta sejumlah staf langsung meninjau lokasi ceceran minyak di Teluk Gilimanuk. Kepala Biro Humas Setda Provinsi Bali, I Ketut Teneng, mengatakan bahwa ceceran minyak mulai terlihat sejak 29 April 2012. Menurut hasil pantauan, ceceran minyak terlokalisir pada kawasan Teluk Gilimanuk pada hamparan seluas kurang lebih 100 hektar. “Sejauh ini, sebarannya tidak sampai ke kawasan kolam Pelabuhan Gilimanuk,” ujar Teneng, Rabu 2 Mei 2012. Tim BLH yang turun ke lapangan juga tidak mencium bau yang menyengat, sehingga dapat diduga jika volume tumpahan tidak terlalu besar. Selain itu, pada kawasan tersebut juga tidak ditemukan kematian biota. “Masyarakat sekitar juga masih dapat melaksanakan kegiatan memancing dan mendapatkan ikan dari aktivitas tersebut,” imbuhnya. Untuk mengetahui tingkat pencemaran air laut akibat tumpahan atau ceceran minyak tersebut, BLH Bali telah mengambil sampel air laut untuk diuji di laboratorium dan hasilnya baru dapat diketahui dalam tiga hari ke depan.

1

Belum diketahui sumber ceceran minyak tersebut. BLH bersama petugas Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) dan Satuan Polisi Perairan Pelabuhan Gilimanuk tengah melakukan identifikasi sumber ceceran minyak tersebut. (sj)

Sumber : http://nasional.vivanews.com/news/read/309957-ceceran-minyak-cemariteluk-gilimanuk

2

Lingkungan Memburuk, Bahan Baku Obat Terancam
Muncul sejumlah masalah baru akibat penurunan daya dukung lingkungan. Sabtu, 3 Maret 2012, 17:40 WIB VIVAnews - Menteri Negara Riset dan Teknologi, Gusti Muhammad Hatta, mengatakan perubahan lingkungan pasti berdampak terhadap kesehatan. Contoh langsung, penipisan lapisan ozon di strastofer telah meningkatkan risiko terkena kanker kulit, penyakit pernafasan, dan kehilangan keanekaragaman hayati yang menyebabkan langkanya bahan baku obat dari tumbuhan. “Bahkan perubahan iklim bisa mempengaruhi kesehatan melalui jalur kontaminasi mikroba dan transmisi dinamis. Selain itu, perubahan iklim juga akan mempengaruhi agro-ekosistem dan hidrologi, serta sosio-ekonomi dan demografi,” kata pria kelahiran Banjarmasin, Kalimantan Selatan, ini ketika menjadi keynote speaker dalam acara Dies Natalis Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada ke-66, di Yogyakarta, Sabtu 3 Maret 2012. Dampak kesehatan yang dapat terjadi dari proses perubahan iklim di antaranya efek peningkatan temperatur terhadap kesakitan dan kematian, bencana akibat cuaca ekstrem, peningkatan pencemaran udara, penyakit bawaan air dan makanan, dan penyakit bawaan vektor dan hewan pengerat. Masalah kesehatan juga dapat terjadi sebagai akibat dampak tidak langsung perubahan iklim, yaitu terjadinya gagal panen yang dapat menyebabkan kekurangan pangan dan gizi, perubahan sifat vektor penyakit yang dapat menyebabkan meningkatnya kejadian penyakit menular, dan buruknya kualitas udara dan air yang dapat menyebabkan berbagai gangguan. Menurut Guru besar Universitas Lambung Mangkurat tersebut, untuk mempertahankan kualitas udara dan air perlu dikembangkannya pemanfaatan berbagai sumber energi terbarukan seperti angin, mikrohidro, arus laut, panas bumi, dan nuklir. Selain itu dikembangkan pula berbagai alat transportasi ramah lingkungan, hemat BBM, dan rendah emisi, serta teknologi hujan buatan. Untuk itu, lanjutnya, para peneliti dibidang kesehatan telah bersepakat untuk memfokuskan kegiatan kepada pengembangan obat anti malaria Artemisinin, pengembangan vaksin tuberkulosis, flu-burung, dan dengue; pengembangan alat
3

Sumber : http://nasional. telah dikembangkan pula nyamuk jantan steril. Gusti mengatakan untuk mengatasi dampak perubahan iklim terhadap sektor kesehatan diperlukan langkah adaptasi yang ditunjang oleh tingginya kesadaran. sikap mental.com/news/read/293149-lingkungan-memburuk-bahan-baku-obat-terancam 4 . hiperkholesterolemia dan hipertensi.kesehatan berupa Ultra-sonografi bergerak. sebagai upaya menekan populasi vektor berbagai virus. Selain itu. dan pengembangan obat bahan alam untuk penyakit diabetes. dan perilaku masyarakat. Terakhir.vivanews.

energi terbarukan dari Matahari dan ombak akan dimanfaatkan demi kelangsungan hidup sekitar 500.Pulau Sampah Raksasa Siap Jadi Saingan Hawaii Tim ilmuwan Belanda mengumpulkan 44 juta kilogram sampah plastik. "Ada tiga tujuan yang ingin kami raih -. menciptakan sebuah pulau." Sampah yang mengapung itu akan dihimpun dan dijadikan dasar bagi pulau apung seluas 10." "Pulau daur ulang adalah usaha untuk mendaur ulang sampah plastik di lokasi pembuangan dan mengubahnya menjadi sebuah entitas yang mengambang.Sebuah pulau seukuran Pulau Hawaii yang seluruhnya terbuat dari botol plastik suatu saat nanti akan menjadi destinasi wisata paling panas di muka Bumi. dan mengkonstruksi sebuah habitat yang terbarukan. 06:31 WIB VIVAnews . 2 Juli 2010. Juru bicara dari proyek ambisius ini mengatakan.000 kilometer persegi. tim ilmuwan Belanda berencana mengumpulkan 44 juta kilogram sampah plastik yang kini terapung di Samudera Pasifik dan mengubahnya menjadi pulau daur ulang.000 orang penghuninya. Kamis 1 Juli 2010. Seperti dimuat laman Daily Telegraph. Berdasarkan computer-generated imagery (CGI) atau pencitraan yang dihasilkan komputer. Mengubahnya jadi pulau. pembangunan pulau dari botol bekas ini bukan tanpa tujuan. 5 . Jum'at.membersihkan lautan dari sampah plastik raksasa. Ini adalah bagian dari visi lingkungan yang luar biasa di masa depan.

"Saya melihat botol sabun. misalnya Albratos raksasa. seperti dilansir Washington State University Today. "Diperkirakan ada sekitar 100 juta ton plastik terjebak di dalam pusaran arus laut (North Pacific Gyre). juga dirancang lahan cukup luas untuk pertanian -. Selain ada kompleks kota modern. Burung laut. penyumbat botol atau sisa-sisa sampah plastik dari rambut palsu. saya berada di tengah samudera tapi tidak dapat menghindari plastik yang ada di berbagai titik".menyediakan makanan dan pekerjaan untuk penduduknya. Adalah Kapten Charles Moore. binatang-binatang itu memakan sampah-sampah plastik yang kecil-kecil. Ini sangat berbahaya bagi kehidupan mahluk laut. Pemandangan yang sangat tidak indah didapat. Sampahsampah itu menjelma menjadi sampah raksasa di tengah laut. menganggap sampah-sampah itu sebagai makanan. dia menyempatkan diri melihat garis horizon antara laut dan langit. "Pulau daur ulang harus dilihat sebagai sebuah kesempatan unik. Saat ini. Juga ikan.com/news/read/161675-pulau-sampah-raksasa-siapjadi-saingan-hawaii 6 . pelaut yang menemukan lokasi sampah raksasa itu.Desainer pulau sampah itu berencana membuat pulau yang dikelilingi jalan air -seperti Venesia. "Ironis." **** 'Samudera sampah' telah ditemukan sekitar tahun 1997. Setiap kali dirinya berjalan ke atas dek kapal. Sabtu 10 April 2010. (hs) Sumber : http://dunia. Italia.vivanews. sekaligus membersihkan laut dari pencemaran plastik. Lokasinya berada di tengahtengah bagian utara Samudera Pasifik." kata dia. menciptakan habitat mengapung." kata Moore. Samudra Pasifik adalah 'tempat sampah' plastik terbesar di dunia.

asap dari knalpot sepeda motor saya. transportasi merupakan kontributor utama (lebih dari 90%).4% dan pada hari libur/minggu menurun menjadi 28. deputi Pengendalian Pencemaran Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup (KLH). Hal ini ditandai dengan adanya polutan udara yang melampaui baku mutu udara ambien. Mudah-mudahan tahun 2012 ini segera finalisasi dan bisa kami umumkan. Menurut MR Karliansyah.8%. terjadi penurunan kualitas udara di areal perumahan penduduk dan di perkotaan sejak tahun 2005 sampai saat ini. pemerintah sedang memfinalisasi aturan draf peraturan menteri LH tentang baku mutu emisi gas buang sepeda motor EURO 3.” tuturnya.Motorku Ikut Mencemari Udara Sabtu.” kata Karliansyah. ”Pemberlakukannya sekitar dua tahun setelah standar ini ditetapkan. Boleh jadi karena setiap hari disesaki oleh asap dari knalpot kendaraan. baru-baru ini. 25 Februari 2012 Jakarta – Kualitas udara di Jakarta tergolong cukup buruk. ”Transportasi diperkirakan menyumbangkan 76% dari total emisi pencemar oksida nitrogen (NOx). Salah satunya. saat memberi sambutan dalam seminar Forum Wartawan Otomotif (Forwot) di Jakarta. Sedangkan untuk emisi hidrokarbon (HC) dan karbon monoksida (CO). dan kadar tertinggi SO2 (0-50 ppm) banyak ditemukan di areal perumahan. Hasil studi KLH – BTMP – JARI tahun 2011 terkait studi penentuan faktor emisi kota Jakarta menunjukkan volume sepeda motor pada hari kerja mencapai 39. Bagaimana supaya kualitas udara tidak terlalu buruk? Salah satunya. contoh : kadar tertinggi NO2 (0 – 30 ppm) yang banyak ditemukan di kota-kota dengan aktifitas transportasi tinggi. 7 .

Selain itu. dan teknonologi kendaraan. Kepadatan lalu lintas yang ditandai dengan kemacetan di jalan maupun perilaku pengemudi juga akan mengaitkan beban emisi ke udara. Adanya perbaikan dalam pengelolaan lalu lintas yang disinergikan dengan tata ruang perkotaan seperti perluasan jalan. peremajaan angkutan umum akan sangat menunjang dalam menurunkan bahan emisi ke udara. Sistem transportasi dan pilihan teknologi juga mempengaruhi pola pergerakan manusia dan kendaraan dari suatu kota yang pada akhirnya mempengaruhi kualitas udara. penerapan manajemen transportasi.com/2012/02/25/motorku-ikut-mencemariudara/ 8 . (edo rusyanto) Sumber : http://edorusyanto. Bahan bakar yang bersih berpotensi untuk meningkatkan kinerja mesin kendaraan sekaligus mengurangi pencemaran udara melalui emisi gas buang. pengalihan moda transportasi ke jenis angkutan lain seperti kereta api.wordpress. komponen kegiatan yang perlu dilakukan dalam kerangka pengendalian pencemaran dari sumber bergerak di antaranya adalah penggunaan bahan bakar bersih. jelas dia.

Hal itu. Namun belum ada tindakan tegas dari pemerintah atas kondisi itu. dua industri gula. kenapa sekarang tidak ada keberanian seperti ini?" tutur Prigi.com/read/2008/05/11/19011650 9 . dan dua industri kertas (di hulu Waduk Sutami) yang membuang limbah dengan kandungan bahan kimia tinggi (BOD) melebihi 1000mg/L bahkan hingga mencapai 10.Pencemaran Kali Barantas. "Jika tahun 1980-an dahulu gubernur Jatim Sunandar Priyo Sudarmo bisa menutup empat pabrik yang mencemari Kali Surabaya. Jawa Timur. Sumber : http://nasional. Pemerintah Tidak Tegas Dahlia Irawati – Minggu. MINGGU – Selama tiga tahun terakhir ini ada delapan perusahaan di hulu Waduk Sutami yang membuang limbah industri di atas standar baku mutu limbah cair.551 mg/L. Prigi Arisandi. Respon pemerintah terhadap persoalan pencemaran Sungai Brantas yang berujung pada kematian ikan di Waduk Sutami sangat lambat.kompas. Data 2004-2006 terdapat empat industri tapioka. menurut Prigi. dan Gubernur Sularso bisa menutup Kali Sadar Sidoarjo yang mencemari Sungai Brantas. rata-rata per tahun ada perusahaan yang membuang limbah melebihi baku mutu ke Sungai Brantas. Minggu (11/5) saat dihubungi dari Malang. Padahal standarnya nilai BOD limbah industri berkisar 50-100 mg/L. Demikian dituturkan Direktur Lembaga Kajian Ekologi dan Konservasi Lahan Basah (ECOTON). merupakan contoh nyata ketidaktegasan pemerintah menindak pelaku pencemaran lingkungan. 19:01 WIB MALANG. Berdasar data yang diperoleh ECOTON dari provinsi. 11 Mei 2008 .

PT Godang Tua Jaya (GTJ) meminta seluruh pihak menelusuri dugaan pencemaran limbah sampah dari TPST Bantar Gebang. Kebanyakan mereka (pemulung) setelah melakukan pencucian plastik tersebut langsung membuang ke saluran air. termasuk TPA Burangkeng dan TPA Sumur Batu. karena kami punya tempat pengelolaan limbah sendiri. di sekitar Bantar Gebang terdapat tiga pengelola sampah. ”Selain TPST ada tempat pengelolaan sampah lainya.” imbuhnya. Senin. "Bisa juga mereka yang mencemari. selain tempat pengelolaan sampah. 24 Oktober 2011. 20:28 WIB VIVAnews .Pengelola Tempat Penampungan Sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang. 24 Oktober 2011.Pengelola Bantar Gebang: Telusuri Pencemaran Di sekitar Bantar Gebang terdapat tiga pengelola sampah. Menurut Douglas. Godang Tua menilai limbah itu bukan dari milik pengelolaan TPST Bantar Gebang. Jadi belum tentu limbah sampah dari TPST mencemari sungai. ada puluhan pemulung yang melakukan pencucian plastik di sekitar TPST. Douglas mengaku mengikuti semua aturan yang disepakati oleh Pemerintah DKI Jakarta dan Pemerintah Kota (Pemkot) 10 .” katanya. Senin. Direktur PT Godang Tua Jaya Douglas Manurung mengatakan. Terkait pembagian dana kompensasi sampah.

Untuk dana kompensasi sendiri. ”Jika dalam pengelolaan sampah ada yang kurang dan perlu dibenahi menjadi tugas tim pengendali mendesak pengelola teknis melakukan perbaikan. Apakah termasuk berhak memberi sanksi atau sekedar monitoring saja.Bekasi beberapa waktu lalu.” paparnya.” jelasnya.” paparnya tanpa merinci lebih lanjut. Karena masih dilakukan pembahasan. beberapa waktu lalu. masih kita pelajari. keterlambatan itu hingga April. Dia menambahkan tim terdiri dari perwakilan tiga pihak dan unsur profesional yang memahami masalah lingkungan. Kesepakatan itu tercapai dalam pertemuan tripartit antara Pemrov DKI. Pemkot Bekasi dan Pemprov DKI Jakarta sepakat membentuk tim pengendali TPST Bantargebang untuk mengatasi pencemaraan limbah sampah. termasuk masalah air sampah. hingga saat ini kesepakatan itu belum berjalan. Sebelumnya. sehingga kami harus mengganti sementara dana kompensasi tersebut. ”Memang ada dua poin pembahasan yang sudah disepakati. Hanya saja belum disepakati mulai kapan tim tersebut akan bertugas dan apa saja yang menjadi kewenangannya. 11 . "Kami harapkan terlaksana dalam waktu dekat dan langsung bekerja ke lapangan untuk memonitoring semua kegiatan pengelolaan sampah di TPST Bantargebang. misalnya pencemaran. kata dia. ”Biasanya. Pemkot Bekasi dan pengelola TPST Bantargebang PT Godang Tua Jaya. Tugas tim pengendali itu. Akibatnya.” jelasnya. pihak DKI Jakarta sering terlambat mencairkan dana tersebut. Namun. diantaranya mengawasi sistem pengelolaan sampah di TPST Bantargebang secara keseluruhan. pihak GTJ sementara waktu harus menalangi akibat terlambatnya anggaran dari APBD DKI Jakarta tersebut. Teka teki tersebut langsung dijawab Kepala Badan Pengelola Lingkungan Hidup (BPLH) Kota Bekasi Dadang Hidayat yang menyatakan pembentukan tim akan dilakukan dalam waktu dekat.

dalam pertemuan itu juga disepakati pembayaran dana Community Development (CD) sebesar 20 persen atau Rp3. Seperti diketahui. rekening PT Godang Tua Jaya tetap dipertahankan.300 ton per hari.vivanews. (Laporan: Erick Hamzah | Bekasi. Satu untuk kas daerah dan satu rekening lagi untuk PT Godang Tua.com/news/read/258435-pengelola-bantar-gebang-telusuri-pencemaran 12 . dengan jumlah sampah yang dibuang sekitar 5. dana kompensasi itu dihitung berdasarkan volume sampah sebesar Rp107 ribu per ton.2 miliar dari nilai kompensasi Rp16 miliar.Selain kesepakatan membentuk tim pengendali. dibayarkan langsung ke rekening kas daerah Pemkot Bekasi.200 sampai 5. Sehingga tidak ada lagi permasalahan terkait hal tersebut lagi. Meski begitu. umi) Sumber : http://metro." katanya. ”Rekening pembayaran kompensasi sampah akan dibuat dua.

Wahyu Prihantono. Karena itu. kini dalam kondisi yang buruk akibat tercemar bakteri ecoli dalam jumlah tinggi." ujar Direktur Utama PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi. pencemaran bahkan sudah terjadi hingga wilayah Kabupaten Bogor. 13 . Laporan mengenai hal ini sudah disampaikan kepada pemerintah daerah. Sejauh ini PDAM Tirta Bahagasasi mengaku kesulitan mengambil tindakan bila ada mobil tinja yang membuang limbah ke Kali Bekasi.Kali Bekasi yang menjadi air baku Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Bhagasasi. "Marak pembuangan limbah tinja langsung ke kali. tanpa dilakukan pengolahan terlebih dahulu. Bila dibiarkan maka dalam beberapa tahun lagi. Karena itu kapasitas produksi akan diturunkan. Tidak hanya dari Bekasi." katanya. 16:55 WIB VIVAnews . 29 September 2011. "Setiap dilakukan uji laboratorium ditemukan bakteri e-coli dalam jumlah tinggi. Kamis. air Kali Bekasi tidak bisa digunakan sebagai air baku. Kamis.Sumber Air Bersih Bekasi Tercemar E-Coli Pencemaran terjadi karena banyak pembuangan limbah tinja langsung ke kali. 29 September 2011. diminta kesadaran dari pemilik usaha sedot tinja agar tidak membuang limbahnya secara langsung ke Kali Bekasi.

Bila limbah itu harus dibuang ke instalasi pembuangan limbah terpadu di Pulogebang. agar bisa diambil langkah serius guna mengatasi pencemaran. "Mendorong kepada Gubernur Jawa Barat. Sementara pengusaha sedot tinja yang tidak mau disebutkan namanya mengaku membuang limbah langsung ke Kali karena tempat pembuangan limbah di TPA Sumur Batu sejak beberapa bulan ini tengah di renovasi. agar segera membuat perjanjian antara Kabupaten Bogor dengan Kota Bekasi. dengan kapasitas produksi untuk pengolahan Rawa Tembaga sebanyak 200 ribu liter per detik dan di pengolahan Kota Bekasi mencapai 450 ribu liter per detik. Karena untuk pencemaran limbah diperlukan perjanjian lintas daerah. PDAM Tirta Bhagasasi juga sedang bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan untuk pengujian sample air Kali Bekasi di mana hasil uji laboratorium nantinya akan diteruskan ke Kementrian Lingkungan Hidup. memerlukan biaya lebih untuk bensin dan uang retribusi. Sumber : http://metro.Selama ini Kali Bekasi digunakan sebagai air baku PDAM Tirta Bhagasasi.com/news/read/251306-sumber-air-bersih-bekasitercemar-e-coli 14 .vivanews." katanya.

Singapura. terancam oleh pencemaran Senin. pemindangan ikan.Pencemaran. Angka ekonomi tersebut sebenarnya bisa ditingkatkan apabila daya dukung dan kualitas perairan Muncar tetap dapat dipertahankan dari kemungkinan terjadinya 15 . Jika tidak. Dalam dialog pada Minggu kemarin itu. Berdasarkan data yang ada.” kata Gusti M Hatta dalam rilis yang diterima VIVAnews. tepung ikan.72 kg per bulan dengan nilai ekonomi sebesar hampir 20 miliar rupiah. Jepang. Banyuwangi. “Pengendalian pencemaran lingkungan di Muncar memerlukan komitmen bersama untuk merumuskan program dan rencana kegiatan yang terpadu dan berkesinambungan bagi perbaikan ekonomi dan lingkungan di Kabupaten Banyuwangi dan Muncar khususnya. Di antaranya seperti industri pengolahan ikan yang terdapat di Muncar seperti pengalengan ikan.562.748 ton. Muncar merupakan penghasil ikan terbesar di Jawa Timur dengan produksi ikan tahun 2010 sebesar 27. produksi ikan dari Jawa Timur terancam karena Banyuwangi merupakan pemasok utama.249. Keberadaan Muncar tentu saja memberikan arti penting bagi Provinsi Jawa Timur karena memberikan kontribusi besar terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor perikanan. Australia. Di mana produksi ikan olahan diekspor ke Eropa. Sentra Ikan Jawa Timur Terancam Perairan Banyuwangi. sejumlah nelayan serta pengusaha ikan di Muncar mengeluhkan mulai langkanya ikan di perairan Muncar. 11 Juli 2011. produsen ikan terbesar Jawa Timur.Menteri Negara Lingkungan Hidup Gusti M Hatta menyebut perlu komitmen bersama mengatasi pencemaran lingkungan di Muncar. setiap hari ikan yang dibongkar di Muncar minimal 500 ton dan sekitar 90 persen di antaranya dipasok ke industri pengolahan ikan setempat. Amerika Serikat. kawasan Muncar terkenal sebagai sentra pendaratan ikan terbesar dan sentra industri pengolahan ikan di Jawa Timur. minyak ikan. Data Sekretariat Kabinet RI menunjukkan. dan Kanada sebanyak 1. dan produk pengolahan ikan lainnya. Jawa Timur. Uni Emirat Arab. 06:44 WIB VIVAnews . Senin 11 Juli 2011. Padahal.

Dalam kaitannya dengan pengendalian pencemaran. Termasuk. tingkat BOD di permukaan air laut Muncar jarak 350 meter dari pantai sudah mencapai 34 mg/L. akibat pencemaran tersebut produksi penangkapan menurun drastis.” kata Guru Besar Universitas Lambung Mangkurat (Unlam) itu. hasil pengujian kualitas air Kali Mati di Muncar tahun 2010 menunjukkan kondisi yang sudah tercemar berat. Dokumen tersebut bertujuan mensinergikan kegiatan pada masing-masing sektor. Kalaupun ada. potensi besar tidak dapat dimaksimalkan lantaran banyak perusahaan perikanan di Muncar dalam melakukan aktivitas produksinya kurang memperhatikan pengelolaan limbah dari kegiatan produksi.” kata salah satu nelayan peserta dialog. Sayangnya. Seluruh parameter melebihi baku mutu (sebagai contoh parameter BOD sudah mencapai 951 mg/L. Kementerian Lingkungan Hidup akan memberikan bantuan berupa unit instalasi pengolahan air limbah (IPAL) 16 . “Sekarang ikan sudah susah didapat. Padahal standar baku mutu BOD seharusnya 20 mg/L. lanjutnya.overfishing dan pencemaran. ikan-ikan di Muncar pada pindah ke perairan lain. Data Kementerian Lingkungan Hidup tahun 2010 menunjukkan. tingkat pencemaran sudah menjangkau kawasan perairan Muncar sejauh 200 hingga 350 meter dari bibir pantai. Respons Pemerintah Karena itu. Bagaimana harus menanggulanginya? Rasanya perlu kita menggalakkan program perbaikkan terumbu karang dan penanaman pohon bakau. Itu merupakan program 5 tahunan sampai tahun 2014. ikan-ikannya tidak merasa nyaman (karena pencemaran). Kondisi kali tersebut cukup parah. target yang ingin dicapai dan menghindari tumpang tindih kegiatan untuk menciptakan keterpaduan dalam pelaksanaannya. Berdasarkan hasil penelitian terbaru Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Jakarta tahun 2010 terungkap. sedangkan standar baku mutu adalah 3 mg/L). memperjelas siapa berbuat apa. untuk merumuskan program dan rencana kegiatan yang terpadu dan berkesinambungan bagi perbaikan ekonomi dan lingkungan di Kabupaten Banyuwangi dan Muncar khususnya. Bisa tebak. “Boleh jadi karena kondisi pencemaran tersebut. Kali Tratas. dan Kali Moro. sungai-sungai di Muncar yang dijadikan tempat pembuangan limbah seperti Kali Mati. Kementerian Lingkungan Hidup telah memprakarsai penyusunan dokumen rencana aksi penanganan Muncar bersama-sama dengan instansi terkait. Pak. Selain itu.

komunal senilai Rp 30 Miliar yang akan dibangun pada tahun 2012.com/news/read/232335-pencemaran--sentra-ikanjawa-timur-terancam 17 . serta kajian kelembagaan pengelolaan IPAL tersebut.vivanews. pada tahun 2011 ini akan dilakukan revisi terhadap detail engineering design (DED) IPAL. (sj) Sumber : http://bisnis. dibutuhkan komitmen dari pemerintah kabupaten serta pengusaha di Muncar untuk menjaga dan menjalankan IPAL tersebut sehingga pencemaran dari usaha/kegiatan di Muncar dapat diatasi. pembangunan IPAL komunal tersebut. Selain bantuan berupa IPAL komunal. Untuk itu. Gusti M Hatta bersama Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas juga melihat kondisi anak sungai yang bermuara ke perairan Muncar. Dalam kesempatan itu. Sebagai persiapan." kata dia. Kementerian Lingkungan Hidup juga akan memberikan bantuan berupa tempat sampah terpilah serta mesin pencacah plastik untuk membantu pemerintah kabupaten serta masyarakat Muncar dalam mengatasi masalah sampah. Kondisi anak sungai itu terbilang parah lantaran pencemarannya. “Masalah ini (pencemaran) harus segera ditanggulangi. Ini merupakan salah satu upaya KLH mendukung program Minapolitan yang telah dicanangkan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Pencemaran air dilihat dari tingginya tingkat BOD (Biological Oxygen Demand). Pencemaran air di danau tersebut. yang tercemar limbah logam berat. 04 Januari 2011. 18 .ID. Selain itu.5 hingga 8. Provinsi Sumatera Selatan. Walhi mendata selama 2010 telah terjadi 75 kali pencemaran yang mengakibatkan 65 sungai dan lima lokasi perairan laut tercemar. JAKARTA--Limbah sawit dan kegiatan penambangan yang mendominasi pencemaran lingkungan selama 2010. "Selain sungai. Senin." kata Kepala Departemen Advokasi Eksekutif Nasional Wahana Lingkungan Hidup (Walhi). selain mencemari sungai-sungai juga turut mencemari lima danau besar di Indonesia.Duh. sejumlah sungai juga turut tercemar selama 2010 seperti sungai Batota di Kutai Timur Provinsi Kalimantan Timur dan 18 sungai lainnya di sejumlah daerah yang tercemar limbah tambang batubara. Provinsi Sulawesi Selatan.5.907/Menkes/ SK/VII/2002 menyebutkan. Provinsi Kalimantan Tengah. Lima Danau Tercemar Limbah Selasa. terdapat lima danau yang juga tercemar limbah.5. COD (Chemical Oxygen Demand) dan Ph yang melampaui baku mutu yang ditetapkan. Mukri Friatna di Jakarta. tingkat keasaman air (Ph) harus antara 6. Selain lima danau tersebut. menyebabkan masyarakat setempat tidak bisa lagi memanfaatkan air danau untuk kebutuhan sehari-hari. Provinsi Papua. yang tercemar limbah CPO dan Danau Penantian di Muaraenim Palembang. Nilai ini sama dengan yang telah ditetapkan oleh badan kesehatan dunia (WHO) yaitu air bisa diminum jika Ph 6. Danau Unhas di Makassar. tercemar limbah domestik. Situ Rawabadung di Jakarta Timur tercemar merkuri. 02:03 WIB REPUBLIKA. yang tercemar limbah PLTU.CO. Bila mengacu kepada Keputusan Menteri Kesehatan No. juga Danau Sembuluh di Kabupaten Seruyan. baik untuk konsumsi maupun membudidayakan ikan.5 hingga 8. Danau yang tercemar tersebut yaitu Danau Sentani di Jayapura.

lima sungai tercemar tambang emas.Di samping itu.republika. yang tercemar minyak. tercemar bijih besi serta sungai Ulu Muntok di Bangka yang tercemar timah. tercemar limbah sawit serta 22 sungai juga tercemar limbah industri dan campuran. 21 sungai dimana 18 di antaranya di wilayah Sumatera dan lainnya di Provinsi Kalimantan Barat.id/berita/breakingnews/lingkungan/11/01/04/156088-duh-lima-danau-tercemar-limbah 19 .co. sungai Rembang dan Indralaya di Ogan Ilir. Provinsi Sumatera Selatan. Redaktur: Siwi Tri Puji B Sumber : http://www. sungai Nuangan di Manado tercemar limbah B3 dan sungai Bali di Kotabaru. Sementara itu. Kaltim.

Pencemaran Sungai di Indonesia Meningkat 30 Persen Kamis. pencemaran air sungai tersebut paling tinggi diindikasikan dari semakin meningkatnya limbah domestik. Papua yang pada 2009 menduduki peringkat pertama untuk indeks kualitas lingkungan hidup turun ke peringkat dua. 16:25 WIB Sampah di Sungai Citarum.ID. Intensitas meningkatnya pencemaran akibat kegiatan tambang meningkat terutama di daerah timur seperti Maluku dan Papua. indeks kualitas air sungai di Indonesia menunjukkan kecenderungan adanya peningkatan pencemaran hingga 30 persen. "Sungai yang tercemar di Provinsi Papua tersebut yaitu Sungai Mamberamo dan Danau Sentani. 20 .CO. JAKARTA -. salah satunya disebabkan karena meningkatnya pencemaran air sungai." kata Deputi Menteri Lingkungan Hidup bidang Pembinaan Sarana Teknis Lingkungan dan Peningkatan Kapasitas. Jawa Barat REPUBLIKA." jelas Henry. 05 April 2012. walaupun dibeberapa sungai disebabkan oleh kegiatan tambang. Kamis (5/4).Kementerian Lingkungan Hidup mengungkapkan. Henry menjelaskan. Henry Bastaman di Jakarta. "Dari 52 sungai yang dipantau hampir 30 persen kecenderungan meningkat pencemaran sungai dari cemar sedang menjadi cemar berat.

id/berita/nasional/lingkungan/12/04/05/m2026ipencemaran-sungai-di-indonesia-meningkat-30-persen 21 .republika.co." sebut dia menandaskan. Kecenderungan meningkatnya pencemaran air sungai tersebut dapat diartikan semakin banyaknya kegiatan yang membebani media air sungai dan semakin padatnya jumlah penduduk. Upaya yang dilakukan salah satunya KemenLH menyampaikan ke daerah agar pengukuran indeks kualitas air ditingkatkan supaya menjadi landasan kebijakan di masing-masing daerah. Sumber : http://www. Sehingga mendesak untuk membuka pemukiman baru hingga ke daerah aliran sungai. Tapi kenyataanya di wilayah timur ada kecenderungan pencemaran meningkat. "Saya kira kondisi seperti ini harus menjadi peringatan bahwa upaya yang sudah kita lakukan cukup gencar tapi masih terjadi pencemaran yang cukup berat. selama ini pemerintah berkonsentrasi memperbaiki indeks kualitas air sungai-sungai yang berada di Pulau Jawa.Ditambahkannya.

Dia menilai usaha pengerukan sedimentasi di Sungai Batanghari pun seakan sia-sia. masyarakat terancam kehilangan sumber air minum. “Di hulu sungai banyak penambang emas putih yang mencemari hingga hilir. Sungai dengan panjang sekitar 3. “ ujarnya. sungai tersebut menjadi muara sejumlah sungai seperti sungai Batang Sangir.ID. Hal ini lantaran hampir 70 persen sumber air di PDAM Provinsi Jambi mengambil dari Sungai Batanghari. menurutnya banyak mendapat pencemaran di daerah hulu. “Kalau tidak segera dibenahi. “Sebelum marak perkebunan kelapa sawit. Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jambi. Padahal. munculnya pertambangan batu bara dan emas putih menambah polutan di sungai tersebut. Kepala Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Batanghari.Perkebunan Kelapa Sawit Perparah Pencemaran Sungai Batanghari Rabu. “ ujarnya. Sekarang ini sudah kuning keruh. Hal ini lantaran sedimentasi berasal dari kerusakan di bagian hulu sungai. sungai terpanjang di pulau Sumatera itu merupakan sumber mata air utama Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) setempat. Garendel mengaku pihaknya telah membentuk tim bersama yang terdiri dari pengelola Daerah Aliran Sungai (DAS) 22 . Selasa (11/10) petang. Untuk mengatasi kerusakan di Sungai Batanghari. Kerusakan di Sungai Batanghari bakal mengancam sumber air minum warga setempat. “ ujarnya.JAMBI---Pencemaran Sungai Batanghari yang mengalir di wilayah Provinsi Jambi dinilai semakin parah. dan Batang Tembesi. Hal ini terlihat dari warna air yang mulai menguning dan keruh. 08:17 WIB REPUBLIKA. Hasvia menuding alih fungsi lahan dari hutan menjadi perkebunan kelapa sawit merupakan factor utama penyebab semakin keruhnya Sungai Batanghari. sedimentasi di Sungai Batanghari akan terus-terusan terjadi. illegal logging juga masih ada dimana-mana. “ tegasnya. Selain itu.322 km itu. Penyebab pencemaran tersebut semakin maraknya kebun kelapa sawit baik di Jambi maupun di Sumatera Barat. “Selain kebun sawit yang marak. warna air sungai masih bening. 12 Oktober 2011. “ ujarnya. Garendel Siboro membenarkan pencemaran di Sungai Batanghari semakin parah. “Kalau hulu tidak diperbaiki. Padahal. Batang Tebo.CO.

republika. Mereka mendesak perbaikan DAS Batanghari menjadi peraturan daerah di Pemprov Sumbar dan Jambi. mereka bisa lebih peduli sekitar.id/berita/nasional/lingkungan/11/10/12/lsxi8operkebunan-kelapa-sawit-perparah-pencemaran-sungai-batanghari 23 .Batanghari dari Solok Selatan hingga Kota Jambi. Sungai Batanghari merupakan sungai terpanjang di pulau Sumatera yang memotong pulau itu menjadi dua bagian jika dilihat mulai dari hulu hingga hilir. “Ilegal logging masih marak. Sumber : http://www. semua sudah menjadi perkebunan sawit. “ ujarnya. Industri itu yang harus menjadi perhatian pemerintah. Hal ini untuk meningkatkan kepedulian masyarakat sekitar DAS untuk menjaga kelestarian hutan. Sungai tersebut memiliki panjang hampir empat kali lipat Sungai Musi. kalau masyarakat setempat diberikan akses mengelola hutan. “Kalau jalan dari hulu Batanghari.co. Sungai Batanghari berhulu di Provinsi Sumatera Barat dan bermuara di Kabupaten Tanjung Jabung Timur Provinsi Jambi. Selain mendesak regulasi. “ ujarnya. akses masyarakat untuk mengelola hutan juga perlu dibuka.

Pulau Tidung Kecil dan Pulau Tidung Besar. Mereka pun berang dan mengancam akan mempidanakan pelaku yang sengaja mencemari empat pulau di Kepulauan Seribu tersebut. Tim KLH Kepulauan Seribu. Dijelaskan Bowo." ujar Bowo. 24 . "Bila bukti-bukti sudah kuat.com. Hal ini disampaikan KLH Kepulauan Seribu. pencemaran terbesar terjadi di empat pulau.Kepulauan Seribu Tercemar Minyak Mentah Melly Febrida Senin. pelaku akan kita seret ke meja hijau untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya. membuat Kantor Lingkungan Hidup (KLH) Kabupaten Kepulauan Seribu melakukan tes kadar limbah minyak mentah di empat pulau. 8 Agustus 2011 12:18 Liputan6. Jakarta: Pencemaran di perairan kepulauan Seribu. Bowo Suroso. yakni Pulau Pari. saat ini tengah melakukan survei dan mengambil contoh minyak mentah untuk kepentingan uji laboratarium. Menurutnya. Senin (8/8). "Saya berjanji akan mempidanakan pelaku yang membuang minyak mentah ke laut hingga terjadi pencemaran." tegasnya. Pulau Payung. pihaknya akan mencari siapa yang sengaja mencemari empat pulau tersebut.

5 sentimeter di atas permikaan laut." jelas Bowo. Gumpalan memiliki 0. terancam mati."Tekstur minyak mentah yang terdapat di empat pulau semuanya sama. salah satu anggota Lembaga Musyawarah Keluarahan (LMK) Pulau Pari. "Pencemaran terbesar terjadi di Pulau payung dengan luas permukaan laut tertutup cairan sekitar 100 meter persegi. Cairan itu hampir ada di sepanjang pantai Pulau Payung. Kepulauan Seribu Selatan. Sampel yang kita ambil akan diuji lab untuk mengetahui asal minyak mentah tersebut. Pencemaran tersebut. ribuan bibit mangrove yang ditanam di pantai selatan Pulau Pari.liputan6. Akibatnya sangat merugikan. "Saya mendukung penuh langkah untuk mencari pelaku pencemaran dan melakukan penuntutan. tanaman yang menjadi penopang utama gerusan abrasi bibir pantai pulau tersebut diserang pencemaran tumpahan minyak mentah. dan kelurahan Pulau Tidung untuk melakukan pengecekan langsung ke lapangan. Dampak dari pencemaran tersebut. Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan. Kelurahan Pulau Pari. dan sampai saat ini belum ada upaya pembersihan minyak mentah tersebut dari laut. pihaknya juga akan berusaha mengetahui pelaku pencemaran melalui foto satelit. terutama kelestarian ekosistem laut. Untuk itu. Selain uji lab." katanya. mengutuk keras pencemaran yang terjadi di wilayah Kepulauan Seribu Selatan.000 bibit pohon mangrove di selatan Pulau Pari. orang nomor satu di wilayah Jakarta kepulauan ini mengintruksi tim yang terdiri KLH." ungkap Mugiyanto. Bagian Ekonomi dan Pembangunan. Pasalnya.com/read/347780/kepulauan-seribu-tercemar-minyakmentah 25 . "Ceceran minyak mentah itu sudah menyerang sekitar 5. Sudin Kelautan dan Pertanian." tegasnya. telah mengancam kelangsungan nelayan dan wisata Kepulauan Seribu.(ANT/MEL) Sumber : http://berita. Bupati Kepulauan Seribu Achmad Ludfi.

Pasalnya.liputan6. Blora yang bocor. semburan minyak mengalir menuju Sungai Ngraho yang berpotensi menimbulkan pencemaran. Kecamatan Kedungtuban. 11:22 Sumur tua Pertamina di Desa Ngraho. Warga berharap kebocoran sumur minyak ini bisa secepatnya ditangani.com. dan kini sudah mencapai 10 meter. Jika tidak. Semakin bertambahnya jumlah semburan. Sumur yang memiliki kandungan minyak itu menimbulkan semburan minyak bercampur gas dan lumpur setinggi sepuluh meter. Kecamatan Kedungtuban. Blora: Sumur tua Pertamina di Desa Ngraho. ketinggiannya hanya dua meter. semakin melebar pula diameter sumur. Warga sekitar pun mengaku mulai khawatir. jarak antara sumur dengan permukiman warga hanya 200 meter. Jawa Tengah. Kamis (28/7).com/read/346230/sumur-minyak-pertamina-bocorwarga-resah 26 . Blora. Liputan6.Sumur Minyak Pertamina Bocor. Bocornya sumur yang sudah tidak dieksplorasi itu diketahui sejak Rabu malam.(APY/ADO) Sumber : http://berita. Pasalnya. Awalnya. Warga Resah Arif Nur Kamis. 28 Juli 2011. bocor. dikhawatirkan akan berdampak buruk pada warga sekitar.

com/read/397196/sejumlah-sungai-di-mandailingtercemar-limbah-kimia 27 .liputan6. 23:59 Liputan6. 04 Mei 2012. Jumat (4/5).Sejumlah Sungai di Mandailing Tercemar Limbah Kimia Muhammad Hanapi Jum’at. Sumatera Utara. banyak beroperasi usaha pengolahan batu yang mengandung emas. Warga mengaku dalam sebulan terakhir ini menemukan banyak ikan mati di sungai. Dinas kesehatan setempat belum memastikan apakah sampel air dari sejumlah aliran sungai tersebut positif mengandung kimia merkuri atau asam sianida karena masih dalam penelitian. (ADI/Vin) Sumber : http://berita. Mandailin Natal: Tim dari Dinas Kesehatan Mandailing Natal. Tragisnya lagi limbah pabrik yang mengandung merkuri dan asam sianida ini dibuang ke sejumlah aliran sungai di sekitarnya. Meski usaha ini tidak memiliki izin dari pemerintah setempat namun mereka bebas beroperasi. Huta Bargot.com. Tim dinas kesehatan mengambil sejumlah sampel air dari sejumlah aliran sungai di tiga kecamatan yakni Kecamatan Panyabungan. melakukan peninjauan ke sejumlah kecamatan yang melaporkan aliran sungai tercemar bahan kimia berbahaya jenis merkuri dan asam sianida. dan Naga Juang yang diduga tercemar Informasi yang diterima redaksi Liputan6 menyebutkan di daerah Mandailing Natal.

e-coli.(Ant/ADO) Sumber : http://berita. 11:57 Liputan6. minyak dan lemak.Tiga Danau di Sulut Tercemar E-coli Kamis. Tapi saya tidak tahu persis apakah tata ruang tersebut benar-benar digunakan sebagai arahan atau tidak. Badan Lingkungan Hidup (BLH) Provinsi Sulawesi Utara.com/read/362225/tiga-danau-di-sulut-tercemar-e-coli 28 . Selain itu. Manado: Danau Makalehi di Kabupaten Sitaro. Sonny Runtuwene di Manado. Di atas ambang batas paramater e-coli dan nitrat menurut Runtuwene ada kaitannya dengan aktivitas pertanian dan limbah warga yang di buang ke sungai yang menuju kolam danau. "Untuk pengendalian pencemaran yang ada di danau yang diakibatkan pemanfaatan pestisida secara perlahan bisa menggunakan pupuk organik sebagai pengganti pestisida. Harus dihindari kotoran ternak dibuang langsung ke danau tanpa melalui pengelolaan. total coli (T-coli)." katanya." katanya.com. derajat keasamaan (pH). aktivitas peternakan yang ada di sekitar danau juga perlu diawasi.liputan6. Selain bakteri e-coli. nitrat serta fosfat. 10 November 2011. "Indikator e-coli di tiga danau ini sudah berada di atas baku mutu yang ditetapkan. dan Danau Moat di Kota Kotamobagu diduga tercemar bakteri escherichia coli (e-coli) karena sudah melebihi baku mutu. ujar Runtuwene." kata Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Pengelolaan. Kamis (10/11). paremeter uji lainnya yang berada di atas baku mutu adalah parameter nitrat. "Saya pernah mendengar ada Tata Ruang Danau Tondano. "Kurang lebih ada 15 paremeter uji yang kami gunakan di empat titik sampel yang ada di masing-masing danau. Dia mengatakan. Sedangkan untuk e-coli perlu dibangunnya instalasi pengolahan limbah di permukiman ataupun restoran dan rumah makan yang berjejer di pinggiran danau. uji kualitas air di tiga danau ini menggunakan beberapa parameter uji yaitu suhu." katanya. Danau Tondano di Kabupaten Minahasa.

Jawa. Erny mengatakan." katanya. sehingga buang air besar sembarangan. Limbah yang mencemari lingkungan di Pulau Jawa bervariasi. Bedanya limbah industri lebih berbahaya karena mengandung zat kimia. Yogyakarta: Pulau Jawa dengan kepadatan penduduk yang tinggi menjadi penyumbang limbah terbanyak yang mencemari sungai di Indonesia.com. "Volume limbah di Pulau Jawa yang besar semakin sulit dikelola. Pusat Limbah Sungai Syaiful Halim Jum’at. dan berupa kotoran manusia. 18 November 2011. "Fasilitas yang belum memadai. 11:24 Liputan6." kata Humas Bremen Overseas Research and Development Association (BORDA) Asia Tenggara Erny Mardhani di Yogyakarta. Kamis (17/11)." katanya. pencemaran lingkungan dari limbah rumah tangga di sekitar sungai. seperti minimnya MCK membuat orang kurang memperhatikan kebersihan lingkungan. 29 . limbah di Pulau Jawa berasal dari industri maupun rumah tangga yang banyak mencemari sungai dan danau. sampah. Erny menjelaskan. sehingga mencemari lingkungan. contohnya adalah pembuangan limbah sabun setelah mencuci. berupa limbah padat dan cair. "Limbah yang dihasilkan industri dan rumah tangga hampir sama volumenya.

(Ant/SHA) Sumber : http://berita. atau sasaran pembangunan milenium 2015. Indonesia selama ini belum mencapai target dalam pengurangan limbah agar sesuai standar dalam deklarasi MDG`s. Menurut Erny." katanya.Menurut Erny. "Kami sebut sanitasi masyarakat. berdasarkan data pemerintah. di antaranya di Kecamatan Ngaglik. karena satu bangunan mampu menampung 400 orang.liputan6. bangunan itu hanya diperuntukkan bagi wilayah yang memiliki kepadatan penduduk yang tinggi. BORDA sebagai salah satu organisasi nonpemerintah yang peduli terhadap sanitasi lingkungan berupaya memberikan kemudahan masyarakat untuk mengakses toilet. pengurangan produksi limbah adalah 64 persen.com/read/363571/jawa-pusat-limbah-sungai 30 . Erny mengatakan. Di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Erny mengatakan. dengan cara membangun toilet berbasis masyarakat di 500 lokasi di seluruh Indonesia. dampak jangka panjang dari limbah yang mencemari sungai adalah mencemari permukiman warga yang tinggal di sekitar bantaran sungai." katanya. "Sanitasi lingkungan yang kurang baik berdampak bagi kesehatan masyarakat yang tinggal di sekitar sungai." katanya. dan Desa Minomartani. sesuai standar MDG`s. BORDA telah mendirikan sanitasi masyarakat di Kabupaten Sleman. Sedangkan. "Indonesia saat ini masih berada di posisi 52 persen pengurangan produksi limbah.

tanah. zat energi. dampak suatu kegiatan. Sehingga. masyarakat. dan pihak ketiga yang membuang limbah. Baku mutu lingkungan bisa digunakan untuk mengatakan atau menilai lingkungan telah rusak atau tercemar. yaitu upaya sadar dan berencana dalam menggunakan dan mengelola sumberdaya secara bijaksana untuk pembangunan yang berkesinambungan guna meningkatkan mutu hidup (UU LH No. 31 . misalnya seperti baku mutu lingkungan dan AMDAL (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan). banyaknya pencemaran lingkungan karena lepasnya bahanbahan kimia yang belum diproses tuntas ke lingkungan. perlu juga adanya pembangunan wawasan berlingkungan. air. pasal 1 ayat 7). baik negatif maupun positif harus sudah diperkirakan sebelum kegiatan dimulai ini menjadi penting bagi pengambilan keputusan (Undang-undang No. lingkungan yang kita tempati dan cintai ini masih bisa dinikmati oleh anak cucu kita sebagai tempat yang layak dihuni bagi manusia dan makhluk hidup lainnya. adanya minyak yang tumpah ke laut. ada bakteri E-Coli yang terdapat melimpah pada air yang harusnya layak pakai oleh masyarakat. Sedangkan AMDAL merupakan hasil studi mengenai dampak suatu kegiatan yang direncanakan terhadap lingkungan hidup yang diperlukan untuk proses pengambilan keputusan. ada yang di udara. 4 tahun 1982 tentang ketentuan-ketentuan pokok pengelolaan lingkungan hidup. dan atau komponen lain ke dalam lingkungan atau berubahnya tatanan lingkungan oleh kegiatan manusia atau oleh proses alam sehingga kualitas lingkungan turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan lingkungan menjadi kurang atau tidak dapat berfingsi lagi sesuai dengan peruntukannya (UU RI No. perlu disadari juga bahwa kegiatan tersebut perlu diadakannya dukungan dan berpartisipasinya pemerintah. Hal itu bisa dilihat dari berbagai contoh kasus pencemaran lingkungan pada artikel yang saya kumpulkan. Pencemaran terjadi dimana-mana. Dari semua upaya penanganan pencemaran lingkungan di atas. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengontrol pencemaran lingkungan. Pencemaran sebenarnya bisa dicegah atau setidaknya diminimalisir ke tingkat yang bisa ditoleransi oleh lingkungan dan makhluk hidup yang tinggal disekitarnya. Pencemaran terjadi karena adanya beberapa faktor yang tidak memenuhi standar ataupun ketidakpeduliannya pihak-pihak tertentu.4 tahun 1982 pasal 1) Selain kedua hal tersebut. 4 / 1982).KESIMPULAN Polusi atau pencemaran lingkungan adalah masuknya atau dimasukkannya makluk hidup. maupun suara.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful