Komputer Generasi Kelima Ada beberapa pendapat mengenai komputer generasi kelima ini.

Menurut Wikipedia, Mendefinisikan komputer generasi kelima menjadi cukup sulit karena tahap ini masih sangat muda. Komputer generasi kelima dikatakan sebagai komputer masa depan. Contoh imajinatif komputer generasi kelima adalah komputer fiksi HAL9000 dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul 2001: Space Odyssey. HAL menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer generasi kelima. Dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence atau AI), HAL dapat cukup memiliki nalar untuk melakukan percapakan dengan manusia, menggunakan masukan visual, dan belajar dari pengalamannya sendiri. Walaupun mungkin realisasi HAL9000 masih jauh dari kenyataan, banyak fungsi-fungsi yang dimilikinya sudah terwujud. Beberapa komputer dapat menerima instruksi secara lisan dan mampu meniru nalar manusia. Kemampuan untuk menterjemahkan bahasa asing juga menjadi mungkin. Fasilitas ini tampak sederhana. Namun fasilitas tersebut menjadi jauh lebih rumit dari yang diduga ketika programmer menyadari bahwa pengertian manusia sangat bergantung pada konteks dan pengertian ketimbang sekedar menterjemahkan kata-kata secara langsung. Banyak kemajuan di bidang desain komputer dan teknologi yang semakin memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel, yang akan menggantikan model non Neumann. Model non Neumann akan digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak. Kemajuan lain adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi. Jepang adalah salah satu negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek komputer generasi kelima. Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology) juga dibentuk untuk merealisasikannya. Banyak kabar yang menyatakan bahwa proyek ini telah gagal, namun beberapa informasi lain bahwa keberhasilan proyek komputer generasi kelima ini akan membawa perubahan baru paradigma komputerisasi di dunia.

Gambar-gambar yang ditampilkan . Motorola. yaitu : Pada generasi ini ditandai dengan munculnya: LSI (Large Scale Integration) yang merupakan pemadatan ribuan microprocessor kedalam sebuah microprocesor. 8088. 80486. Pentium-4 merupakan produksi terbaru dari Intel Corporation yang diharapkan dapat menutupi segala kelemahan yang ada pada produk sebelumnya. disamping itu. juga ditandai dengan munculnya microprocessor dan semi conductor. yaitu sesuatu yang berhubungan dengan penggunaan komputer untuk melaksanakan tugas-tugas yang merupakan analog tingkah laku manusia.Komputer generasi kelima ini difokuskan kepada AI (Artificial Inteligence / Kecerdasan Buatan). dan Pentium. misalnya dapat melihat serta mengerti sebuah foto. Perusahaan-perusahaan yang membuat micro-processor diantaranya adalah: Intel Corporation. Selain itu. Zilog dan lainnya lagi. kemampuan dan kecepatan yang dimiliki Pentium-4 juga bertambah menjadi 2 Ghz. 80386. Pada situs lain. Yang Sifat-sifatnya yaitu :       Dapat membantu menyusun program untuk dirinya sendiri Dapat menerjemahkan dari suatu bahasa ke bahasa lain Dapat membuat pertimbangan-pertimbangan logis Dapat mendengar kalimat perintah yang diucapkan serta melaksanakannya Dapat memilih setumpuk fakta serta menggunakan fakta yang diperlukan Dapat mengolah gambar-gambar dan grafik dengan cara yang sama dengan mengolah kata. 80286. Dipasaran bisa kita lihat adanya microprocessor dari Intel dengan model 4004. mengemukakan pendapatnya tentang komputer generasi kelima.

Pentium-4 diproduksi dengan menggunakan teknologi 0.menjadi lebih halus dan lebih tajam. memory RDRAM 128 MB. serta video card GeForce2 MX dengan memory 32 MB. Packard Bell iXtreme 4140i merupakan salah satu PC komputer yang telah menggunakan Pentium-4 sebagai processor dengan kecepatan 1.5 GB digunakan untuk recovery). arus dan tegangan panas yang dikeluarkan juga semakin kecil. Dengan processor yang lebih cepat dingin. . dapat dihasilkan kecepatan MHz yang lebih tinggi.4 GHz.18 mikron. mengirim ataupun menerima gambar juga menjadi semakin cepat. Kecepatan yang dimiliki adalah 20 kali lebih cepat dari generasi Pentium .3. Harddisk sebesar 40 GB (1. disamping itu kecepatan memproses. Dengan bentuk yang semakin kecil mengakibatkan daya.

org/wiki/Sejarah_komputer http://kuliah.com/2007/02/07/generasi-komputer/ .dinus. Harddisk 30 GB dengan monitor sebesar 17 inchi.wordpress. Memory yang dimiliki sebesar RDRAM 128 MB. PC Pentium-4 Hewllett-Packard ini dating dengan dominan warna hitam dan abu-abu.id/edi-nur/sb1-2.html http://radmarssy.wikipedia.4 GHz. Pavilion merupakan PC Pentium-4 dengan fasilitas terlengkap. http://id.HP Pavilion 9850 juga merupakan PC yang menggunakan Pentium-4 untuk processor nya dengan kecepatan 1.ac. Dibanding dengan PC lainnya.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful