Penanganan Gigi Retak dengan Reversible Pulpitis

Connie Fredicia Widjaja 1.144.12.002

1

PENDAHULUAN

Kebingunan Definisi Retakan

Diagnosa & Penanganan RETAKAN
2

Tahun 1990 American Association of Endodontists

5 tipe retakan gigi
1. Infraksi Email 2. Retakan 3. Fraktur

3

RETAKAN

 Penyebab penyakit Pulpa  Jalan masuk bakteri

TETAPI tidak semua retakan  Penyakit Pulpa dan Periradikular

*Jumlah bakteri virulen *Kondisi kesehatan pulpa
4

Bahan dan Cara 100 gigi retak Diagnosa Reversible Pulpitis • Dirujuk ke ahli endodontik  Diagnosa gigi ditetapkan  penjelasan mengenai masalah yang ada dan rencana perawatan Informed consent 5 .

karies. 6 . Pasak/retensi intraradikular (utk retensi 1.INGAT  Prinsip penanganan Retakan = Karies Retakan hilang  Jalan masuk bakteri hilang • Tahap pertamarestorasi.gigi Hilangkan "investigasi" dan retakan dari gigi Nilai : Pulpa terbuka/tidak (krn karies / retakan) 2.

Gigi segera perlu perawatan endodontik  Lining Sedatif (semen Ledermix) efek sedasi pulpa & membantu respon penyembuhan Restorasi Sementara dgn GIC (Ketac Silver atau Ketac Fil) 7 .

Ormco) : Bagian dari restorasi sementara bila dibutuhkan retensi tambahan Meretensi restorasi sementara (GIC) Bukan sebagai ‘splint’ untuk menahan retakan atau cusp 8 .   Band Stainless Steel ("A" Bands.

Setelah Lining dan Restorasi Sementara Peringatkan pasien  Rasa sakit postoperatif Bila Sakit Berlanjut Re-evaluasi dan Perawatan Bila Sakit Hilang lanjutan Kembali 3 bulan kemudian Pemeriksaan klinis + Ro postoperatif 9 .

Pada Bulan Ke-3  Respon normal thd uji sensitivitas pulpa Pulpitis berhasil dirawat Restorasi dgn overlay/crown Tidak ada respon thd tes sensitivitas Nekrosis pulpa 3 bulan berikutnya Perawatan Endodontik Pasien dijadwalkan untuk pemeriksaan lanjutan 5 tahun ke depan untuk memeriksa status 10 .

HASIL 11 .

12 .

13 .

14 .

15 .

16 .

17 .

18 .

19 .

20 .

Tabel 11. Waktu yang diperlukan untuk menyembuhkan gejala RP pada 85 gigi yang menerima perawatan pulpa konservatif dengan semen Ledermix 21 .

Status pulpa pada penilaian tiga bulan untuk 85 gigi yang menerima perawatan pulpa konservatif dengan semen Ledermix 22 .Tabel 12.

23 . Status pulpa pada penilaian lanjutan (hingga 5 tahun) pada 46 dari 85 gigi yang menerima perawatan pulpa konservatif dengan semen Ledermix.Tabel 13.

Kesimpulan seluruh hasil penanganan dan perawatan 100 gigi retak yang disertai pulpitis reversible 24 .Tabel 14.

Pembahasan 100 Gigi RETAKAN PULPITIS REVERSIBLE Rasio ♀ : ♂ = 2:1  Mayoritas Kelompok Umur: 30-50 tahun  25 .

26 . pemeriksaan.Dari 85 gigi Perawatan konservatif dan 15 gigi yg memerlukan perawatan endodontik 9% Kasus dirujuk untuk pemeriksaan lebih lanjut  kebingungan  belum melakukan penilaian yang akurat terhadap status pulpa Butuhnya riwayat. dan tes yang akurat  diagnosa yang tepat.

sakit saat menggigit. Banyak penulis mengklasifikasi retakan berdasarkan gejala yang ditimbulkan pulpa sensitivitas pulpa (thd panas/dingin).  Hasil dari studi ini : Gejala klasik atau khusus ini bisa bervariasi 27 . dan riwayat rasa sakit. durasi rasa sakit (setelah stimulus dihilangkan).

status periradikular & mengidentifikasi gigi yang terlibat  Pemeriksaan lebih lanjut dilakukan dengan membuang semua restorasi. dan retakan dokter menilai kembali prognosa gigi dan rencana perawatan lebih lanjut.Diagnosa :  Pengumpulan riwayat yang lengkap dan komprehensif  Pemeriksaan klinis  menentukan penyebab penyakit  Tes  Radiografi  Memastikan diagnosa status pulpa/saluran akar. 28 . karies.

tanpa sakit saat pelepasan tekanan) Beberapa gigi tidak mengalami rasa sakit tanda klasik dari rasa sakit saat pelepasan tekanan tidak dapat diandalkan Yang berhubungan dengan tekanan gigit : Posisi. juga Cara yang digunakan untuk menguji tekanan gigit dan arah gigit 29 .Tooth Slooth    Menguji rasa sakit saat  menggigit 8% : sakit saat pelepasan tekanan gigit 25% : sakit saat pemberian dan pelepasan tekanan gigit. Arah. Perluasan retakan. Rasa sakit saat pemberian tekanan >> (68%.

retakan tersisa Penilaian penuh dari gigi : Keterlibatan pulpa Jumlah struktur gigi yang Apakah dapat direstorasi kembali 30 . arah) Transluminasi cahaya fiber Digunakan Pre-operatif Selama pemeriksaan dan Setelah pembuangan restorasi Membuang semua restorasi. karies. perluasan.PENTING !!! Melihat retakan optic pada gigi (keberadaan.

Lining pilihan untuk kasus ini : Semen Ledermix Triamnicolone (0.4%) Zinc Oxide Eugenol 31 .67%) Kalsium Hidroksida (33.

• Hume dan Kenney  70% dilepaskan dalam 24 jam pertama aplikasi pada dentin.Sisanya dilepaskan pada akhir hari ke-3. komponen yang tersisa terus mengeluarkan efek terapeutiknya pada pulpa. Ca(OH)2  Efek yang sangat terkenal terhadap pulpa gigi Eugenol  Antiimflamatori dan antibakteri Brannstrom  ZOE mencegah bakteri masuk ke kavitas  membantu mengurangi atau mencegah inflamasi pulpa.Triamnicolone  Agen kortikosteroid & antiinflamasi. 32 . • Setelah semua dilepaskan.

Gejala pulpitis  bisa berlanjut Kesalahan interpretasi saat pemeriksaan Trauma lanjutan (inflamasi lebih lanjut)  prosedur operatif Tampaknya gejala berhasil disembuhkan  tetapi kemudian terdiagnosa: nekrosis pulpa  periodontitis apikalis akut  infeksi saluran akar Pulpa awalnya normal  setelah perawatan konservatif  tanda-tanda pulpitis stlh dilakukan restorasi inti 33 .

Hasil Penelitian Dari 100 gigi yang dirujuk untuk perawatan endodontik Hanya 15% : Perawatan Endodontik Sisanya 85 % : Perawatan Konservatif Ditumpat dg Restorasi Sementara : GIC Traditional ^^ Tidak mengalami shrinking ^^ Untuk kavitas besar ^^ Tidak membutuhkan light curing 34 .

Ketac Silver Bila estetik tidak diperlukan Perbedaan warna membantu operator untuk membuang bahan ini dan mempertahankan lebih banyak struktur gigi. Ketac Fil Bila estetik diperlukan. Tidak getas dan memiliki kekuatan yang cukup terhadap preparasi akses kavitas. misalnya pada gigi anterior rahang atas dan rahang bawah serta beberapa gigi premolar 35 .

Tidak mencegah penetrasi bakteri  Apabila retakan tidak dihilangkan.  Reference point yang stabil (ukur panjang SA)  Memudahkan pemasangan rubber dam.Berdasarkan Penelitian  76 % gigi : Band SS sebagai restorasi sementara 1.Membantu perlekatan (bukan untuk splinting) 2. 3.Membantu perawatan endodontik jika diperlukan selama periode follow up  Restorasi sementara yang stabil.  iritasi pulpa berlanjut dan 36 .

Roh dan Lee  154 kasus gigi dengan retakan 43%  mahkota tanpa Root Canal Filling (RCF) 43%  mahkota dengan RCF 14% dicabut Kesimpulan : Bila gigi sensitif terhadap tes thermal dan tes gigit  Terdapat retakan 37 .

38 .Krell dan Rivera Evaluasi 6 tahun thd 127 gigi retak dgn pulpitis reversible Dibuatkan Mahkota Gigi  Evaluasi Bila Pulpa Nekrotik Perawatan Endodontik (akses kavitas dari mahkota) * 21 % : pulpitis irreversible dlm 2bulan / pulpa nekrosis dlm 5 bulan * 4 % : memerlukan perawatan endodontik sebelum peletakkan mahkota. * Tidak ada gigi yang memerlukan perawatan endodontik setelah peletakkan mahkota Kesimpulan : Bila tdk ada keluhan dalam 6 bulan  Perawatan Endodontik tidak akan diperlukan lagi (kecuali terjadi kejadian lain yang mengiritasi).

Diagnosa dari Pulpitis Reversible Diagnosa sementara dan harus dikonfirmasi lagi setelah pulpa ‘sembuh’ (paling sedikit 6-8 minggu) Dengan waktu 3 bulan : waktu yang lebih panjang kepada operator untuk membedakan Nekrosis Pulpa dan Pulpa Normal (yang mana keduanya tidak menunjukkan gejala) 39 .

Penelitian ini mendukung konsep bahwa : Retakan Merupakan Penyebab Penyakit Pulpa dan Bukan Menjadi Suatu Penyakit atau Sindrom 40 .KESIMPULAN Gigi dengan Pulpitis Reversible Akibat Retakan 80 % Dirawat Secara Konservatif (Tanpa Perawatan Endodontik) Perawatan Endodontik (alasan mekanis atau restoratif)  Bila Pulpa Terbuka HARUS Ditentukan pada Pertemuan Awal Dengan Membuang Seluruh Restorasi dan Retakan dari Gigi.

K E T A C S I L V E R 41 .

K E T A C F I L L 42 .

TERIMA KASIH 43 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful