P. 1
ISTILAH-ISTILAH MINYAK DAN GAS BUMI

ISTILAH-ISTILAH MINYAK DAN GAS BUMI

|Views: 550|Likes:
Published by Delta Milano
ISTILAH-ISTILAH MINYAK DAN GAS BUMI

A
> Abnormal (subsurface) pressure = tekanan (bawah permukaan) tak normal. Tekanan fotmasi pada kedalaman tertentu yang lebih tinggi atau lebih rendah dari tekanan normal Gradien tekanan normal adalah 0,465 Psi/ft . tekanan normal pada kedalaman 10.000 feet adalah 4650 Psi. >Abrasion platform = paparan terkikis. Permukaan pantai yang terbentuk akibat pengikisan dan penggundukan oleh ombak yang masih tetap berlangsung dan masih berada pada posisi semula yaitu
ISTILAH-ISTILAH MINYAK DAN GAS BUMI

A
> Abnormal (subsurface) pressure = tekanan (bawah permukaan) tak normal. Tekanan fotmasi pada kedalaman tertentu yang lebih tinggi atau lebih rendah dari tekanan normal Gradien tekanan normal adalah 0,465 Psi/ft . tekanan normal pada kedalaman 10.000 feet adalah 4650 Psi. >Abrasion platform = paparan terkikis. Permukaan pantai yang terbentuk akibat pengikisan dan penggundukan oleh ombak yang masih tetap berlangsung dan masih berada pada posisi semula yaitu

More info:

Categories:Types, Resumes & CVs
Published by: Delta Milano on May 16, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/15/2014

pdf

text

original

ISTILAH-ISTILAH MINYAK DAN GAS BUMI

A
> Abnormal (subsurface) pressure = tekanan (bawah permukaan) tak normal. Tekanan fotmasi pada kedalaman tertentu yang lebih tinggi atau lebih rendah dari tekanan normal Gradien tekanan normal adalah 0,465 Psi/ft . tekanan normal pada kedalaman 10.000 feet adalah 4650 Psi. >Abrasion platform = paparan terkikis. Permukaan pantai yang terbentuk akibat pengikisan dan penggundukan oleh ombak yang masih tetap berlangsung dan masih berada pada posisi semula yaitu disekitar garis pasang surut. > Absolute age = umur absolut. Umur yang dinyatakan dalam jumlah tahun,yang mengacu pada kejadian geologi dan ditentukan berdasarkan pengukuran laju peluruhan radioaktif, radio isotop dan pembentukan mineral atau batuan. > Absolute alcohol = alkohol absolut Alkohol berkadar 100% , umumnya diterapkan pada etil alkohol atau metil alkohol.

>

B
> Back pressure = tekanan lawan Tekanan yang melawan aliran pada peralatan atau sistem yang dialiri fluida. > Back-up line = kabel kunci Kabel kawat baja yang dipakai untuk memegang sepasang kunci ketika dua bagian pipa bor sedang disambung atau dibuka.

> Bail = cantol Bagian perangkat pengeboran tempat menggantungkan leher angsa dan kerek bor.

> Barrel = barel Satuan ukuran volum cairan yang biasa dipakai dalam perminyakan. 1 barel kira-kira 159 liter. > Barrel oil per day ( BOPD ) = barel minyak per hari ( BMPH ) Jumlah barel minyak per hari yang di produksi oleh sumur suatu perusahaan minyak. > Barrel per calender day ( BPCD ) = barel per hari takwim ( BPHT )

> Blending = pencampuran proses pencampuran dua jenis minyak atau lebih untuk memperoleh campuran homogen dengan sifat yang diinginkan. > Blow-by = rembesan gas Gas bakaran yang bocor melalui cincin torak. misalnya beberapa jenis minyak lumas dicampur untuk memperoleh kekentalan yang diinginkan. Nafta dan bensin dicampur untuk memenuhi syaratsyarat distilasi dan angka oktan yang diperlukan. > Barrel per stream day ( BPSD ) = barel per hari operasi ( BPHO ) Jumlah barel minyak perhari yang diolah oleh sebuah satuan penyuling minyak yang beroperasi terus menerus. atau di lubang terbuka sewaktu operasi pengeboran atau penyelesaian sumur supaya tidak terjadi semburan liar. yang dipengaruhi oleh kebebasan gerak cincin dan kekentalan minyak lumas. > Blow out = semburan liar Semburan gas. > Blow out preventer (BOP) = pencegah semburan liar (PSL) Peralatan yang dipasang di kepala sumur untuk tujuan pengendalian tekanan di annulus antara pipa selubung dan pipa bor. > Base stock = minyak dasar ( pelumas ) Minyak yang dapat digunakan secara langsung atau sebagai komponen utama dalam pembuatan minyak lumas.Jumlah minyak yang diolah di unit pengilangan pada suatu periode waktu dibagi dengan jumlah hari dalam periode waktu tersebut. > Bloom = pendar Kemilau minyak lumas karena pantulan cahaya. kebocoran ini meningkat dengan bertambah ausnya cincin dan silinder. . atau fluida lain secara tak terkendali dari dalam sumur ke permukaan. pengeboran biasanya tidak dilanjutkan bila telah mencapai batuan tersebut. > Basic rock = batuan basa Batuan beku yang mengandung mineral berkadar silika rendah dan kaya akan logam basa. > Barrel water per day ( BWPD ) = barel air per hari ( BAPH ) Jumlah barel air per hari yang di produksi oleh sumur.minyak. > Basement rock = batuan dasar Batuan beku atau batuan metamorf yang melandasi batuan sedimen dan yang umumnya tak mengandung minyak.

C > Cap Rock = batuan tudung Formasi ( lapisan batuan ) yang berada tepat diatas batuan reservoir dan mempunyai sifat kedap terhadap fluida. Pipa baja yang dipasang di dinding sumur minyak atau gas. yang . >carbon knock = ketukan karbon ketukan mesin yang diakibatkan oleh endapan karbon di ruang bakar motor bensin. >cased hole = lubang berselubung lubang sumur yang didalamnya telah dipasang pipa selubung. yang timbul sebagai akibat pembakaran tidak sempurna dari gas atau cairan hidrokarbon. misalnya minyak menjadi arang atau kokas akibat pemanasan tanpa udara. >Carbon Burning Rate = laju bakar karbon banyaknya karbon yang terbakar dari katalis perengkahan didalam regenerator. > casing adapter = adaptor selubung pipa pendek yang ujung atasnya mekar. kadang-kadang membentuk reservoir minyak. >Carbon Black = Jelaga Butiran carbon yang halus dan lunak. >carbonization = karbonisasi perubahan senyawa organik. biasanya berbentuk kerucut terpancung. > Casing = pipa selubung. dinyatakan dalam berat per satuan waktu. untuk menahan runtuhan dinding lubang dan mencegah air formasi masuk kedalam lubang bor. >carbon residue = residu karbon bahan yang bersifat karbon yang tersisa setelah penguapan dan pirolisis minyak dengan metode uji baku Conradson dan Ramsbottom. > carbonate rock = batuan karbonat batuan yang utamanya terdiri dari kalsium karbonat ( batu gamping ) atau kalsium magnesium karbonat ( dolomit ).

untuk mencegah migrasi fluida antara lapisan tidak kedap air dan menyangga pipa selubung. > casing head gas = gas ikutan gas yang terlarut dan dihasilkan bersama-sama dengan minyak bumi dari instalasi perminyakan. > casing head = kepala selubung perangkai tetap yang dipasang atau dilas dibagian atas sumur. > casing coupling = soket selubung pipa pendek yang berulir dibagian dalamnya dan dipergunakan untuk menghubungkan dua pipa selubung. berbentuk kerucut terpancung dibagian luar. selongsong selubung penutup pendek yang berulir yang dipasang pada ujung pipa selubung untuk melindungi ulir pipa tersebut dari kerusakan dan pengotoran. > casing shoe = sepatu selubung alat dari baja. pendek dan berat. > casing centralizer = pegas pemusat alat yang dipasang pada pipa selubung untuk menempatkan pipa selubung pada posisi ditengah lubang bor pada saat penyemenan. yang ditempatkan pada ujung rangkaian pipa selubung. > casing cutter = pemotong selubung alat berbentuk silinder yang dilengkapi dengan seperangkat pisau. berfungsi sebagai tempat kedudukan silang sembur.dipasang pada bagian atas rangkaian pipa yang ada didalam sumur. > casing cementing = penyemenan selubung pengisian anulus antara pipa selubung dan dinding lubang bor dengan bubur semen. juga dapat merupakan saluran keluar untuk gas ikutan. dipakai sebagai alat . permukaan dalam silindris. > casing head gasoline = bensin sumur hidrokarbon cair yang dipisahkan dari gas ikutan. agar terbentuk lapisan semen yang merata disekitar pipa bor. > casing pressure = tekanan selubung tekanan gas yang tertimbun diantara pipa selubung dan pipa produksi. > casing protectors =pelindung selubung. digunakan untuk memotong bagian-bagian pipa dalam sumur.

> casing spear = pencabut selubung alat pemancing bermata tombak yang diturunkan ke dalam selubung dan mencengkramnya dari dalam agar selubung itu dapat diangkat dari lubang sumur.bantu untuk memudahkan masuknya pipa selubung kedalam lubang sumur dan mencegah aliran balik semen. > . > cat walk = limban titian yang menghubungkan bagian atas tangki-tangki timbun. > casing swage = pelurus selubung benda padat silindris yang runcing bagian bawahnya dan pada bagian atasnya terpasang penyambung yang dapat dihubungkan dengan penyentak. digunakan untuk memprbaiki selubung yang penyok karena runtuhan. > cat walk = penyandar pipa jalur menanjak pada sisi perangkat pengeboran tempat meletakkan pipa sebelum diangkat kelantai derek dengan bantuan tali bulan. > casing tong = kunci selubung kunci pipa besar yang gunanya untuk mengencangkan atau membuka pipa selubung. biasanya dilakukan setelah selubung itu dipotong dengan pemotong selubung. > cat cracker = unit perengkah katalitik unit kilang minyak untuk memecahkan molekul hidrokarbon besar pada distilat berat dengan menggunakan katalis untuk menjadi molekul hidrokarbon yang lebih kecil. > Catalysis = katalisis Proses yang memanfaatkan prinsip pengendalian reaksi kimia melalui kontak dengan zat lain yang dinamakan katalis. > casing string = rangkaian selubung keseluruhan pipa selubung yang masing-masing dibuat dengan panjang kira-kira 30 kaki dan disambung satu sama lain pada waktu dimasukkan kedalam sumur.

> Dew Point = Titik Embun Suhu dimana uap mulai mengembun dan berubah kembali menjadi fasa cair. > Derrick = Menara Pengeboran Bangunan berbentuk menara berkontruksi baja yang dibangun diatas sumur dengan tujuan menyangga posisi katrol. > DERV ( Diesel Engine Road Vehicle ) Fuel = Minyak ( Solar ) Jenis bahan bakar minyak yang cocok dipakai sebagai bahan bakar untuk mesin diesel putaran tinggi. > Derrickman = Pekerja di Menara Anggota regu kerja yang tugasnya di menara pengeboran bagian atas pada waktu rangkaian pipa bor dicabut atau dimasukkan ke sumur. sebagai penahan rangkaian pipa bor. . > Dead Well = Sumur Mati Sumur yang sudah tidak berproduksi. dengan tujuan mendapatkan produksi yang diinginkan.D > Dead Line = Kabel Mati Kabel bor dari kumpulan kerek puncak ke penambat. > Development Well = Sumur Pengembangan Sumur yang di bor pada daerah yang telah terbukti mengandung minyak atau gas. > Detergent = Detergen Zat pembersih yang berupa cair ataupun padat. > Dead Oil = Minyak Mati Minyak bumi yang pada dasarnya tidak lagi mengandung gas. dan untuk pemasangan pipa selubung.

> Effective Porosity = Porositas Efektif Persentase volume pori yang saling berhubungan terhadap volume batuan total. > Electrical Well Log Survey = Survei Rekaman Kelistrikan Sumur Survei bagian sumur yang tak berselubung untuk memperoleh rekaman sifat-sifat listrik formasi. . biasanya sekitar 90. dipakai untuk interpretasi mengenai formasi dan fluida yang dikandungnya. dan pori tersebut dapat dilalui fluida. Di sisi-sisi hidrokarbon dalam antiklin dan dapat berfungsi sebagai tenaga pendorong ( water drive ). pelarut sipulihkan kembali secara elektrolitik.E > Edge Water = Air Sisi Lapisan air yang terletak dibawah batuan tudung. >Electrolytic Mercaptan Process = Ekstraksi Merkaptan Elektrolitik Proses ekstraksi merkaptan dari fraksi minyak bumi dengan memakai larutan soda. > Electric Well Log = Rekaman Kelistrikan Sumur Rekaman sifat-sifat listrik dari formasi sepanjang lubang sumur. > Elbow = Siku Pipa bengkok pendek yang digunakan untuk menyambung dua pipa dengan sudut kurang dari 180. > Elecro Drilling = Elektro Bor Pengeboran dengan menggunakan motor listrik yang ditempatkan di ujung rangkaian pipa bor untuk memutar mata bor.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->