Nama : SHINTA AYU FEBRINA Stambuk : 13020110042 Kelas : TIW.1.

2 Universitas Muslim Indonesia FIKOM-Teknik Informatika

Tugas Logika Informatika Bab.2 hal.42 Soal
19. Tuliskanlah Peniadaan dari setiap pernyataan berikut dalam sebuah kalimat sesederhana mungkin. 1). Dia tinggi tetapi tampan. 2). Dia tidak kaya dan tidak bahagia. 3). Jika harga saham turun, maka pengangguran meningkat. 4). Baik Marc maupun Erik tidak kaya. 5). Dia berambut pirang atau bermata biru. 6). Dia berambut pirang jika dan hanya jika dia bermata biru. 7). Marc dan Erik kedua-duanya cerdas. 8). Jika Marc kaya, maka Erik dan Audrey keduanya bahagia. 9). Marc atau Erik cerdas dan Audrey cantik.

Jawaban :
1. Dia tinggi tetapi tampan = ¬(p ˅ = ¬(p ˅ ¬q) = Tidak benar bahwa dia tinggi dan tampan q)

2. Dia tidak kaya dan tidak bahagia = p ˅ = ¬(p ˅ q) = Dia kaya dan bahagia q 3. Jika harga saham turun , maka pengangguran meningkat = ¬(p ⇒ q) = ¬(p ⇒ ¬q) = Tidak benar bahwa jika harga saham turun maka pengangguran meningkat. 4. Baik Marc maupun Erik tidak kaya = ¬(p ˅ q) = ¬(¬p ˅ ¬q) = Tidak benar bahwa Marc dan Erik kaya 5. Dia berambut pirang atau bermata biru. = ¬(p ˅ q) = ¬(¬p ˅ ¬q) = Tidak benar dia berambut pirang dan bermata biru 6. Dia berambut pirang jika dan hanya jika dia bermata biru = p ⇔ q = ¬(p ⇒ q) ˅ (q ⇒ p) = Tidak benar bahwa jika dia berambut pirang maka dia bermata biru 7. Marc dan Erik kedua-duanya cerdas = ¬(p ˅ q) = ¬(p ˅ ¬q) = Tidak benar bahwa Marc atau Erik cerdas

8. Jika Marc kaya. Marc dan Erik cerdas dan Audrey cantik. tidak benar bahwa Erik dan Audrey bahagia 9. maka Erik dan Audrey keduanya bahagia = A ⇒ B ˅ C = ¬(B ˅ C) = ∴ Ā = Marc tidak kaya. = A ˅ B ˅ C = ¬(A ˅ B ˅ ¬C) = Tidak benar bahwa Marc dan Erik cerdas dan Audrey tidak cantik .