Tugas Keamanan Jaringan Komputer

Hubungan Kriptografi, Steganografi dan Watermaking

Rizki Oktrivialini (09091002020) Fitri Meicha (09091002030) Bella Anindita (09091002032) Arif Aziz (09091002035) Nidia Valency (09091002050)

Jurusan Teknik Informatika Fakultas Ilmu Komputer Universitas Sriwijaya 2012

Maka bagi pihak ketiga yang melihat pesan hasil keluaran kriptografi akan curiga walaupun pihak ketiga tersebut juga tidak mengetahui maksud dari pesan tersebut. Sama-sama bertujuan menyembunyikan isi informasi agar tidak diketahui oleh pihak yang tidak diinginkan.  PERBEDAAN:  Steganografi: menyembunyikan keberadaan (existence) pesan. Tujuan: untuk menghindari kecurigaan (conspicuous). Tujuan: untuk mencapai tingkat ketahanan yang lebih tinggi Perbedaan yang mendasar antara steganografi dan kriptografi adalah pada hasil keluaranya. Sehingga pihak ketiga tidak tahu bahwa dibalik pesan asli (cover text) tersembunyi pesan rahasia dibaliknya. Ilustrasi mengenai perbedaan kriptografi dan steganografi dapat dilihat pada gambar . Beberapa metode yang sudah ditemukan untuk penyisipan watermark adalah metode LSB. dan sebagainya. metode adaptif. Kriptografi: menyembunyikan isi (content) pesan agar tetap aman. Watermaking : menyembunyikan suatu data pada data yang lain.tapi keberadaan pesan diketahui hanya saja isinya dirahasiakan.sedangkan steganography dan watermarking menyembunyikan baik itu isi pesannya serta keberadaan bahwa ternyata di dalam suatu gambar ada pesan rahasia. Kriptografi lebih penekanan ke penyimpanan konten pesan. metode spread spectrum. Sedangkan pada steganografi.   Pada kriptografi pesan yang sudah disisipi pesan rahasia akan sangat berbeda dengan pesan sebelum disisipi pesan rahasia. Tujuan: agar pesan tidak dapat dibaca. Hasil dari kriptografi adalah data yang berbeda dari aslinya sehingga data tersebut seolaholah menjadi berantakan sedangkan hasil dari steganografi memilikki bentuk persepsi yang sama dengan bentuk data awalnya.PERSAMAAN:  Secara prinsip proses penyisipan informasi ke dalam data digital pada steganografi dan watermarking tidak jauh berbeda. pesan yang sudah disisipi pesan rahasia akan tampak sama (dengan kasat mata) dengan pesan sebelum disisipi pesan rahasia (pesan rahasia tersamarkan dalam cover text).

Steganografi. Steganografi dapat dianggap pelengkap kriptografi (bukan pengganti). maka pesan rahasianyapun menjadi hilang. data yang telah disandikan (chipertex) tetap tersedia. HUBUNGAN:  Steganografi dapat dipandang sebagai kelanjutan kriptografi. mengejar kapasitas dan keamanan tinggi. Watermarking merupakan aplikasi/penerapan dari steganografi. sangatlah mustahil untuk menghilangkan suatu proses watermarking tanpa menurunkan tingkat kualitas objek data.id/bitstream/123456789/21667/5/Chapter%20I. karakter pesan diubah atau diacak menjadi bentuk lain yang tidak bermakna. bukan berarti tidak ada kekurangan pada steganografi ini.php http://repository. terlihat seperti pesan biasa sehingga kecil kemungkinan untuk dicurigai. dengan menggunakan keduanya. Jika pada kriptografi. Bahkan modifikasi kecil kepada media stego dapat menghancurkannya. Perbedaan utama dari steganografi dan digital watermarking adalah jika pada steganografi informasi rahasia disembunyikan di dalam media digital dimana media penampung tidak berarti apa-apa. Namun demikian. Pesan yang disampaikan dalam kriptografi menjadi mencurigakan karena ketidak bermaknaannya tersebut. maka pada watermarking justru media digital tersebut yang akan dilindungi kepemilikannya misalnya untuk pemberian label hak cipta. Data rahasia yang disembunyikan dapat diekstraksi kembali persis sama seperti keadaan aslinya. yaitu Kriptografi dan Steganografi maka kita dapat menyembunyikan pesan yang telah ter-enkripsi dan meningkatkan keamanan dari pesan kita.pdf http://4mie.     Sumber http://asyhadione. Penyembunyian informasi biasanya berhubungan dengan watermarking dan steganografi. Pada kriptografi.net/index.ac.wordpress.usu. yang dimana sering diketahui bahwa informasi yang tersembunyi mudah diketahui. Sedang pesan dalam steganografi. Watermarking menggunakan teknik-teknik dalam steganografi hanya tujuannya yang berbeda.com/2007/11/11/apa-itu-kriptografi/ . pada sisi lain.net76. Kelemahan pada steganografi ini terjadi apabila kita mengubah format pesan yang dikirimkan. Tujuan utama sistem watermarking adalah untuk mencapai tingkat ketahanan yang lebih tinggi. maka dengan steganografi ciphertex dapat disembunyikan sehingga pihak ketiga tidak mengetahui keberadaannya.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful