BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Indonesia merupakan salah satu negara penghasil tanaman obat yang potensial dengan keanekaragaman hayati yang dimilikinya. Pada hutan tropika di Indonesia, tumbuh subur sekitar 30.000 spesies tumbuhan berbunga dan diperkirakan sekitar 3.689 spesies di antarannya merupakan tumbuhan obat. Dari sejumlah tanaman obat tersebut menurut Dirjen POM baru sebanyak 283 spesies tumbuhan obat yang sudah digunakan dalam industri obat tradisional (Djauhariya dan Hernani, 2004). Ini menunjukkan bahwa masih banyak tumbuhan obat yang berpotensi untuk dikembangkan. Sebagian besar tumbuhan telah banyak menarik perhatian ilmuan untuk diteliti lebih lanjut terutama tumbuhan yang bermanfaat untuk pengobatan berbagai penyakit, terutama penyakit degenaratif seperti halnya diabetes mellitus (Djauhariya dan Hernani, 2004). Diabetes adalah suatu penyakit akibat gangguan produksi atau penggunaan insulin. Insulin adalah hormon yang diperlukan untuk mengubah gula, karbohidrat dan zat makanan lain menjadi energi yang digunakan untuk proses hidup. Sampai saat ini penyebab diabetes masih merupakan misteri, walaupun faktor genetik, kegemukan dan kurangnya olah raga memiliki peranan penting (ADA, 2008). Diabetes melitus merupakan salah satu penyakit yang menjadi masalah pada kesehatan masyarakat, termasuk dalam urutan keempat prioritas penelitian nasional untuk penyakit degeneratif setelah penyakit kardiovaskular, serebrovaskular, dan geriatrik (Ribawan dkk., 2004).

1

Universitas Sumatera Utara

Menurut penelitian diabetes di Surabaya dan hasil analis data dari poliklinik diabetes di seluruh Indonesia. Minyak kelapa murni/ virgi n dessicated coconut . Di negara lain seperti Amerika Serikat sekitar 5-10% dari penderita diabetes penduduk tipe 1 selebihnya adalah tipe 2 (ADA. Bagian terpenting dari kelapa adalah buahnya karena bagian tersebut dapat diolah menjadi berbagai produk seperti kopra. rasa. tempurung. sehingga perlu dicari obat alternatif lain bagi penderita diabetes. Pada tahun 2000 penderita meningkat menjadi 4 juta jiwa. Kelapa sangat populer di masyarakat karena memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia. santan Universitas Sumatera Utara . sabut. bau dan tentu saja khasiatnya. Minyak kelapa pada umumnya dibagi menjadi 2 (dua) kategori utama yaitu RBD ( Refined. tentu banyak biaya yang dikeluarkan dan ini menjadi beban bagi penderita. Sekarang sudah banyak obat-obatan untuk diabetes melitus terlebih obat hipoglikemik. Pada tahun yang sama paling sedikit 240 juta penduduk dunia menderita diabetes (Ribawan dan Hernani. kelapa dan minyak kelapa (Alamsyah. Beragam manfaat tersebut diperoleh dari daging buah. air. daun dan batangnya.5 juta jiwa. Salah satu jenis tanaman obat yang berpotensi dan sudah dikembangkan adalah kelapa. Bleached and dan Virgin . diperkirakan jumlah penderita diabetes di Indonesia pada tahun 1994 adalah 2. 2008).Kasus penyakit diabetes mellitus sekarang ini banyak terjadi di Indonesia maupun di negara lain. 2005). perlu dilakukan penelitian tumbuhan yang memiliki khasiat hipoglikemik. penampakan. Perbedaannya adalah Deodorized) pada proses pembuatan dan pemilihan buahnya yang mempengaruhi kualitas. Berdasarkan hal-hal tersebut di atas. 2004). tetapi karena penggunaannya terus menerus untuk menjaga kadar gula darah agar terkontrol. yaitu obat yang berasal dari tumbuhan.

Berdasarkan hal di atas maka peneliti merasa perlu dan tertarik melakukan penelitian sesuai dengan bidang kefarmasian. a Pada masyarakat. KGD (mg/dl) b. influensa. penyakit jantung. kolesterol. 2005).coconut (VCO) merupakan salah satu hasil olahan dari buah kelapa ( Coco oil s nucifer ) yang diperoleh melalui pendinginan tanpa penambahan bahan kimia. 1. yaitu untuk mengetahui pengaruh VCO terhadap besarnya penurunan kadar gula darah akibat pemberian Streptozotocin (STZ).1 Skema yang menggambarkan kerangka pikir penelitian Universitas Sumatera Utara . dkk. dan penuaan dini (Sutarmi.2 Kerangka Pikir Penelitian Kerangka penelitian ini terdiri dari 2 variabel yaitu variabel bebas dan variabel terikat ditunjukkan pada Gambar 1. melembutkan rambut dan menyembuhkan berbagai penyakit misalnya diabetes mellitus. luka bakar. badan (g) Berat X2 CMC tanpa VCO /Glibenklamid Tikus Diabetes X3 X4 VCO y4 y5 KG D Berat badan Glibenklamid d an CMC Gambar 1.1. umumnya minyak kelapa sering digunakan untuk menggoreng. Hasil tersebut diharapkan akan memberi informasi ilmiah untuk menjadikan VCO sebagai salah satu alternatif pengobatan diabetes melitus yang banyak dialami masyarakat. Variabel bebas Variabel Terikat Parameter X1 STZ/kontrol Tikus Putih y1 y2 y3 KG D Berat badan a. antikerut..

? c. VCO dapat meningkatkan berat badan tikus diabetes yang diinduksi STZ. apakah ada perbedaan efek pemberian VCO dengan glibenklamid? 1.4 Hipotesis Berdasarkan rumusan masalah di atas. VCO dapat menurunkan kadar gula darah tikus putih yang diinduksi STZ. sebagai bahan pertimbangan bahwa VCO dapat digunakan sebagai obat tradisional dalam pengendalian diabetes mellitus Universitas Sumatera Utara . ? b.6 Manfaat Penelitian Manfaat penelitian ini diharapkan: a. maka tujuan penelitian ini adalah untuk: a. c.3 Perumusan Masalah Berdasarkan latar belakang yang dipaparkan di atas. maka rumusan permasalahan penelitian adalah: a. apakah VCO menurunkan kadar gula darah tikus putih yang diinduksi STZ. b. apakah VCO meningkatkan berat badan tikus diabetes yang diinduksi STZ.1. mengetahui efek penurunan kadar gula darah tikus putih yang diinduksi STZ oleh VCO b. tidak ada perbedaan efek diabetes yang VCO dengan glibenklamid. mengetahui perbedaan efek penurunan kadar gula darah antara VCO dengan glibenklamid. 1.5 Tujuan Penelitian Berdasarkan hipotesis di atas. mengetahui efek VCO terhadap peningkatan berat badan tikus diabetes yang diinduksi STZ. 1. maka hipotesis penelitian adalah: a. c.

menunjang program pemerintah dalam pengembangan obat tradisional sehingga dapat diikutsertakan dalam pelayanan kesehatan masyarakat c.b. Universitas Sumatera Utara . menambah inventaris obat antidiabetes yang mudah didapat dengan harga terjangkau.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.