“ HUMANITY : KEMANUSIAAN ”

1. Humanitarian Values : adalah salah satu dari lima nilai Moral Islam. Setiap jiwa layak dihargai dan tidak boleh dihilangkan secara semena-mena. Islam mengatur bagaimana menghargai jiwa manusia di masa perang maupun di masa damai (hukum pidana). 2. Volunteer Team for Humanity : adalah organisasi massa yang berbasiskan pada relawan di Indonesia yang bekerja dalam gerakan kemanusiaan untuk kepentingan masyarakat korban kekerasan politik negara. 3. War crimes : adalah suatu tindakan pelanggaran, dalam cakupan hukum internasional, terhadap hukum perang oleh satu atau beberapa orang, baik militer maupun sipil. Pelaku kejahatan perang ini disebut penjahat perang. Setiap pelanggaran hukum perang pada konflik antar bangsa merupakan kejahatan perang. Pelanggaran yang terjadi pada konflik internal suatu negara, belum tentu bisa dianggap kejahatan perang. 4. Peace : adalah kedamaian berubah sesuai dengan hubungannya dengan kalimat. Perdamaian dapat menunjuk ke persetujuan mengakhiri sebuah perang, atau ketiadaan perang, atau ke sebuah periode di mana sebuah angkatan bersenjata tidak memerangi musuh. Damai dapat juga berarti sebuah keadaan tenang, seperti yang umum di tempat-tempat yang terpencil, mengijinkan untuk tidur atau meditasi 5. Jan Egeland : adalah Wakil Sekretaris Jenderal untuk Urusan Kemanusiaan dan Koordinator Bantuan Darurat Perserikatan Bangsa-Bangsa. 6. Pritzker Award : adalah penghargaan tahunan yang diberikan kepada arsitek yang masih hidup, dan telah memberikan kontribusi bagi kemanusiaan dan lingkungan binaan melalui seni arsitektur Penghargaan diberikan sejak tahun 1979 oleh Hyatt Foundation untuk menghormati pendiri jaringan hotel Hyatt, pengusaha Jay A. Pritzker. 7. World Vision International : adalah organisasi Kristen yang bergerak di bidang kemanusiaan dengan fokus pelayanan kepada anak. Organisasi ini aktif dalam kegiatan kemanusiaan baik yang bersifat tanggap darurat (penanggulangan bencana, pasca perang maupun konflik) , advokasi dan pengembangan masyarakat. Organisasi ini adalah lembaga non pemerintah yang melayani semua orang tanpa melihat latar belakang suku, agama, ras, budaya dan antar golongan 8. Universal : konsep yang dipercaya berlaku universal, sebab konsep ini dipercaya dimiliki oleh setiap manusia tanpa membedakan apakah manusia tersebut berkulit hitam, berkulit putih, baragama Islam atau beragama Kristen, apakah ia orang

15. 16. 10. Sathya Sai Baba : lahir dengan nama Sathyanarayana Raju pada 23 November 1926. Timur Tengah dan Eropa Timur. netral. dan sebagainya. ia adalah seorang Guru.—. Peristiwa ini ditandai dengan ditemukannya 30 mayat orang Tionghoa (laki-laki dan perempuan) di bekas pabrik pembuatan mi di Mergosono. Lawan kata dari universal bisa khusus. Jose juga merupakan pendiri organisasi kemanusiaan MER-C (Medical Emergency Rescue Committe) yang melakukan pertolongan medis dalam wilayah-wilayah konflik dan peperangan. Joserizal Journalists : merupakan dokter sekaligus aktivis yang membantu masyarakat korban perang. Amerika Latin. 14. orang yang . Fast Action Response : adalah organisasi nirlaba profesional yang memfokuskan kerja-kerja kemanusiaan pada penanggulangan bencana mulai fase darurat sampai dengan fase pemulihan paska bencana. 17. Pancasila merupakan rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia. bisa pula diskriminatif.Tionghoa atau orang Amerika. Obi : adalah sebuah yayasan di Indonesia yang bergerak di bidang kemanusiaan dengan komitmen memberikan pelayanan di bidang medis dan pendidikan. Nama ini terdiri dari dua kata dari Sansekerta: pañca berarti lima dan śīla berarti prinsip atau asas. 13. 11. profesional. didirikan dengan memperhatikan persyaratan formal yang ditentukan dalam undang-undang. Mer-C (Medical Emergency Rescue Committee): adalah organisasi sosial kemanusiaan yang bergerak dalam bidang kegawatdaruratan medis dan mempunyai sifat amanah. OBI berdiri pada bulan Agustus 1999 12. sukarela dan mobilitas tinggi. tergantung pada konteks kalimat yang memuat kata universal.dengan nama keluarga "Ratnakara". Tragedy Mergosono : adalah sebuah tragedi kemanusiaan yang terjadi pada tanggal 31 Juli 1947 di kota Malang tepatnya di daerah Mergosono. 9. Foundation : adalah suatu badan hukum yang mempunyai maksud dan tujuan bersifat sosial. Didirikan pada tahun 1943 oleh uskup-uskup Amerika Serikat. keagamaan dan kemanusiaan. mandiri. Asia. organisasi ini memberikan bantuan kepada 80 juta orang di lebih dari 100 negara dan teritori di benua Afrika. Catholic Relief Services : adalah sebuah organisasi kemanusiaan internasional milik komunitas Gereja Katolik Roma di Amerika Serikat. Pancasila : adalah ideologi dasar bagi negara Indonesia.

pencipta lagu/puisi dan filsuf India Selatan yang sering digambarkan sebagai orang suci. 22.mengabdikan hidupnya untuk perbaikan kemanusiaan. 18. Doctors Without Borders : adalah sebuah LSM pemberi bantuan kemanusiaan sekular yang paling terkenal untuk proyek-proyeknya yang menghadapi penyakitpenyakit endemis. 20. Hal ini saat ini dianggap sebagai penghargaan tertinggi bagi mereka yang mempunyai jasa besar terhadap dunia. Adapun ilmu sejarah adalah ilmu yang digunakan untuk mempelajari peristiwa penting masa lalu manusia. 21. pengamanan internasional. menemukan teknik atau peralatan yang baru atau telah melakukan kontribusi luar biasa ke masyarakat. Doctor Justice : adalah merupakan peradilan pertama dari 12 rangkaian peradilan atas kejahatan perang yang ditangani oleh kewenangan Amerika pada wilayah pendudukannya di Nuremberg. Peradilan ini dilaksanakan pada ruangan yang sama dengan ruangan Peradilan Militer Amerika ataupun Peradilan Militer Internasional namun dilaksanakan pada saat kedua peradilan tersebut belum diberlakukan. riwayat. terutama bagi raja-raja yang memerintah. 19. hikayat. History : Sejarah. Anggota PMR merupakan salah satu kekuatan PMI dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan kemanusiaan dibidang kesehatan dan siaga bencana. Jerman setelah Perang Dunia II. babad. Raphael Lemkin. mempromosikan Prinsip-Prinsip Dasar Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional. Nobel Prize : dianugrahkan setiap tahun kepada mereka yang telah melakukan penelitian yang luar biasa. orator. i wilayah-wilayah yang tercabik-cabik perang dan di negara-negara berkembang 24. pada tahun 1944 dalam bukunya Axis Rule in Occupied Europe yang diterbitkan di Amerika Serikat. serta mengembangkan kapasitas organisasi PMI. Genocide : adalah sebuah pembantaian besar-besaran secara sistematis terhadap satu suku bangsa atau kelompok dengan maksud memusnahkan (membuat punah) bangsa tersebut. Kata ini pertama kali digunakan oleh seorang ahli hukum Polandia. Red Cross Youth : adalah wadah pembinaan dan pengembangan anggota remaja yang dilaksanakan oleh Palang Merah Indonesia. . lembaga ekonomi. 23. atau tambo dalam bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai kejadian dan peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau atau asal-usul (keturunan) silsilah. Terdapat di PMI Cabang seluruh Indonesia dengan anggota lebih dari 1 juta orang. Lembaga ini dibentuk untuk memfasilitasi dalam hukum internasional. United Nations : adalah sebuah organisasi internasional yang anggotanya hampir seluruh negara di dunia. dan perlindungan sosial.

Baginya. "Kelas B" (kejahatan perang). Kelas yang pertama merujuk pada konspirasi bersama mereka untuk memulai dan menjalankan perang. memperjuangkan HAM dan nilai-nilai kemanusiaan maupun kesadaran penuh untuk menghentikan aksi kekerasan sistematik termasuk memberikan inisiasi pada proses perdamaian. dan "Kelas C" (kejahatan terhadap kemanusiaan). Dianggap sebagai salah satu ungkapan paling populer budaya Brasil. dan dua yang terakhir merujuk pada kekejaman. Geneva Declaration : Deklarasi ini berisi tentang dedikasi para dokter pada tujuan kemanusiaan. ilmu sosial harus juga mengemban tugas transformasi menuju cita-cita yang diidealkan masyarakatnya. Hal ini diakui di seluruh dunia sebagai simbol dari Brasil dan Karnaval Brasil. Princen Poncke Human Rights Prize : adalah penghargaan yang diberikan untuk orang atau lembaga yang berani mengambil inisiatif pertama kali untuk melindungi dan memajukan HAM baik dalam bentuk aksi yang konsisten mempromosikan. Prophetic Social Sciences : adalah salah satu gagasan penting Kuntowijoyo. samba telah menjadi ikon identitas . dimana salah satunya yang paling terkenal adalah Pembantaian Nanking. Sesuai kriteria tersebut. Tujuan pendirian kolese adalah untuk mempersiapkan/mendidik para pemuda supaya memiliki kecakapan intelektual dan hidupnya akrab dengan Tuhan. dengan demikian siap menjadi pemimpin keagamaan dan masyarakat. USAID : adalah badan independen dari pemerintahan Amerika Serikat yang bertanggung jawab atas bantuan untuk bidang ekonomi. 27. sebagai reaksi dari tindakan jahat medis yang dilakukan para dokter saat masa Nazi Jerman. penghargaan ini di ambil dari figur HJC Princen yang di catat sejarah sebagai orang yang mampu dan konsisten menunjukan kepeduliaannya terhadap martabat umat manusia. Samba : adalah tarian Brasil dan genre musik yang berakar dari Afrika. International Military Tribunal for the Far East : adalah pengadilan internasional yang mulai diselenggarakan pada 3 Mei 1946 dengan tujuan untuk mengadili para pemimpin kekaisaran Jepang atas tiga kategori kejahatan: "Kelas A" (kejahatan terhadap perdamaian). Deklarasi ini dapat dianggap sebagai versi modern dari Sumpah Hippokrates.25. yang dilakukan selama Perang Dunia II. 30. pembangunan. 28. ilmu sosial tidak boleh berpuas diri dalam usaha untuk menjelaskan atau memahami realitas dan kemudian memaafkannya begitu saja tapi lebih dari itu. perdamaian dan hak asasi sejak ia remaja. 29. 31. 26. College : adalah lembaga pendidikan yang dimiliki dan dikelola oleh Yesuit (sebutan bagi para rohaniwan ordo Serikat Yesus atau SJ). dan kemanusiaan untuk negara-negara lain didunia dalam mendukung tujuan-tujuan kebijakan luar negeri Amerika Serikat.

Samba de Roda (tari lingkaran) dari Bahia. Konsili ini menolak doktrin monofisitisme dari kaum pengikut Eutikus. C-130 Hercules : adalah sebuah pesawat terbang bermesin empat turboprop yang bertugas sebagai pengangkat udara taktikal utama untuk pasukan militer di banyak bagian dunia. namun pengadilan ini dapat melaksanakan yurisdiksinya bila pengadilan negara tidak mau atau tidak mampu untuk menginvestigasi atau menuntut kejahatan seperti di atas. Jakarta Charter : adalah hasil kompromi tentang dasar negara Indonesia yang dirumuskan oleh Panitia Sembilan dan disetujui pada tanggal 22 Juni 1945 antara pihak Islam dan kaum kebangsaan (nasionalis). Konsili ini adalah yang ke-4 dari tujuh Konsili Ekumenis dalam agama Kristen. 37. terutama Rome Statute of the International Criminal Court. tiga kelompok golongan keraya atau profesi yang menjadi pilar penciptaan kemakmuran masyarakat . kejahatan terhadap kemanusiaan.nasional Brasil. International Criminal Court : Pengadilan Kriminal Internasional (bahasa Inggris: International Criminal Court/ICC) dibentuk pada 2002 sebagai sebuah "tribunal" permanen untuk menuntut individual untuk genosida. Bersama-sama dengan Brahmana dan Ksatria. Council of Chalcedon : adalah sebuah konsili ekumenis yang berlangsung dari tanggal 8 Oktober sampai 1 November tahun 451 di Khalsedon (sebuah kota di Bithinia di Asia Kecil) yang kini merupakan bagian kota Istanbul di sisi Asia dari selat Bosforus dan dikenal sebagai distrik Kadıköy. dengan tujuan untuk mengembangan teknologi untuk meningkatkan harkat kemanusiaan. yang menjadi warisan dunia oleh UNESCO bidang kemanusiaan pada tahun 2005. 36. beranggotakan para insinyur. samba yang dimainkan dan ditarikan di Rio de Janeiro. sebagaimana didefinisikan oleh beberapa persetujuan internasional. dan menjadi "pengadilan usaha terakhir". dan kejahatan perang. 32. Panitia Sembilan merupakan panitia kecil yang dibentuk oleh BPUPKI. adalah akar utama dari Carioca samba. Vaishya : adalah golongan karya atau warna dalam tata masyarakat menurut agama Hindu. dan menetapkan Pengakuan Iman Khalsedon. 33. mereka disebut Tri Wangsa. dan oleh karena itu dianggap infalibel (tak bercela)dalam definisi dogmatisnya oleh Gereja Katolik Roma dan Gereja Ortodoks Timur. yang menggambarkan kemanusiaan penuh dan keilahian penuh dari Yesus. meninggalkan kewajiban utama untuk menjalankan yurisdiksi terhadapt kriminal tertuduh kepada negara individual 35. ICC dirancang untuk membantu sistem yudisial nasional yang telah ada. 34. Institute of Electrical and Electronics Engineers : adalah organisasi internasional. pribadi kedua dari Tritunggal Kudus.

46. dan Buddhisme. Jainisme. Korea Selatan. Deviant behavior : adalah perilaku yang tidak sesuai dengan nilai-nilai kesusilaan atau kepatutan. organisasi bawahan SS. Rotary Club : adalah para pemimpin bisnis dan profesional yang memberikan jasa kemanusiaan. Sebenarnya Max Stirner adalah nama samaran.yang lalu digantikannya sebagai ketua RSHA. selama Perang Dunia II . baik dalam sudut pandang kemanusiaan (agama) secara individu maupun pembenarannya sebagai bagian daripada makhluk sosial. Cekoslowakia pada tahun 1942. 45. yang terbentuk lewat penggabungan SD dengan Geheime Staatspolizei di masa Reich Ketiga. International Tribunal for the Former Yugoslavia : adalah sebuah badan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang didirikan untuk mengadili para penjahat perang di Yugoslavia.38. Belanda. 39. Ia meninggal pada tahun 1856 40. Pengadilan atau tribunal ini berfungsi sebagai sebuah pengadilan ad-hoc yang merdeka dan terletak di Den Haag. yang salah satu bagiannya berasal dari tahun 800 SM. Monumen ini sering disebut sebagai Arche de la Défense atau La Grande Arche. Ltd. 43. mendorong adanya standar etika yang tinggi dalam setiap kegiatan sukarela. Ahimsa merupakan bagian penting dari agama Hinduisme. Stirner dilahirkan di Bayreuth pada tahun 1805. Max Stirner : adalah seorang filsuf Jerman yang terkenal dengan teorinya tentang individualisme radikal. Pope Sixtus III : adalah Paus Gereja Katolik Roma sejak 31 Juli 432 hingga meninggalnya pada 18 Agustus 440. dan membantu membangun kebersamaan dan kedamaian di dunia. Karya terpenting Stirner adalah buku berjudul "Individu dan Miliknya" (dalam bahasa Jerman "Der Einzige und sein Eigenthum") yang terbit pada tahun 1845. Kapal ini merupakan kapal pertama dari dua kapal yang dibangun di Korsel dan dirancang sebagai kapal LPD (Landing Platform . Ernst Kaltenbrunner : adalah seorang pejabat Nazi bawahan Reinhard Heydrich jenderal SS yang terbunuh akibat serangan di Praha. Ahimsa : adalah sebuah istilah Sansekerta yang berarti "antikekerasan". KRI Makassar (590) : adalah sebuah kapal LPD buatan Daesun Shipbuildings & Engineering CO. Konsep ini kemudian dijelaskan lebih lanjut di Bhagavad Gita. Puranas dan kemudian teks-teks Buddhis. Arche de la Défense : merupakan sebuah monumen yang terletak di distrik bisnis La Défense di barat Paris. Motto mereka adalah "Service above Self" (Mementingkan Kegiatan Saling Membantu daripada Kepentingan Diri Sendiri) 41. 44. Konsep ini pertama kali digunakan dalam sebuah kitab Hindu yang disebut Upanishad. sedangkan nama aslinya adalah Kasper Schmidt. 42.

48. Kedua-dua kitab digabungkan dan diperkenalan sebagai Daode Jing yang kepunyaan 5000 huruf Tionghua dalam 81 bab. yang berjudul Frankenstein atau The Modern Prometheus. Ratko Mladić : ialah pemimpin tentara Serbia Bosnia selama Perang Bosnia. Sersi Putri Sakti . 50. Bersama dengan Radovan Karadzic. Daodejing : merupakan sebuah ajaran Laozi yang berasal dari Taoisme. Monster Frankenstein : adalah karakter fiksi yang pertama kali muncul dalam novel Mary Shelley. International Physicians for the Prevention of Nuclear War : adalah kelompok internasional yang terdiri atas 60 organisasi medis internasional.Dock) atau kapal yang mempunyai platform docking dan undocking untuk mengoperasikan LCU. 47. IPPNW menggunakan penelitian. Atas permintaan Guan Yixi. pendidikan. Laozi meninggalkan dua karya yang berjudul De dan Dao (Judul pertama adalah "De" dan kedua adalah "Dao" ) sebelum meninggalkan Chuguo. Kelompok 6 1. 49. Pandu Dwi Kusuma Salam 2. Husni Thamrin 3. ia melambangkan gerakan pembersihan etnis Kroasia dan Muslim di Bosnia dan merupakan salah satu tersangka yang paling diburu atas konflik Bosnia. Dalam novel makhluk tersebut tidak memiliki nama-sebagai sebuah simbol tidak memiliki orang tua dan kurangnya rasa kemanusiaan dari dirinya sendiri dan identitas. Heri Saputra 4. dan penganjuran untuk membantu mencegah perang nuklir dan mendorong pemusnahan semua senjata nuklir.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful