PENGKAJIAN KELUARGA PADA Tn. S KHUSUSNYA PADA An.

D

A. Data Umum Pengkajian terhadap data umum keluarga meliputi : 1. Nama Kepala Keluarga (KK) 2. Umur 3. Alamat dan telepon 4. Pekerjaan Kepala Keluarga 5. Pendidikan Kepala Keluarga : Tn. S : 30 th : Ds. Karang sari rt. 04 Kec. Bojong : Karyawan : SMP

6. Komposisi Keluarga dan Genogram No Nama TTL/Umur L/P Agama Hubungan Pend dengan KK 1 Slamet basuki 2 3 fitriningsih 18th Doni hermawan 1th 2bln P L Islam islam 30th L Islam Kepala keluarga Istri Anak SMP IRT SMP Karyawan Pek

Genogram : Keterangan : : Laki-laki : meninggal : Perempuan : anak : Pasien : menikah .

dan dua ipar. S menganut kepercayaan Agama Islam 10. F istrinya untuk mengasuh dan memenuhi tugas tumbuh kembang An. Pada tahun 2010 Tn. S meluangkan waktu untuk berekreasi ke tempat wisata dan pusat perbelanjaan selama Satu minggu sekali. S menikah dengan Ny. S pernah gagal berumah tangga : . D 3. ibu). S adalah keluarga besar yaitu terdiri dari : mertua (ayah. Status Ekonomi : Keluarga Tn. anak. Tn. Sejauh mana keluarga memenuhi tugas-tugas perkembangan yang sesuai dengan tahap perkembangan saat ini : Tn. Aktivitas Rekreasi atau Waktu Luang Keluarga Tn. S berasal dari jawa dan menggunakan kebudayaan jawa. B. Riwayat keluarga inti : Tn. Riwayat keluarga sebelumnya Tn. 4. Tipe Keluarga Tipe keluarga Tn. Tahap perkembangan keluarga saat ini : Saat ini An. 2. ibu. ayah. 8. F mempunyai anak yang saat ini berusia 1. Latar Belakang Budaya (Etnis) : Keluaraga Tn. S dan Ny. S yang saat ini berusia 18 th. 9. Riwayat dan Tahap Perkembangan Keluarga 1.7. D telah berusia 1 tahun 3 bulan dan telah memasuki masa berjalan dan mampu melewati tugas tumbuh kembang seperti merangkak dan merambat. S berstatus ekonomi menengah ke atas karena mampu memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mampu memenuhi kebutuhan rekreasi satu minggu sekali 11.3 th. S berusia 30 th pernah menikah dan mempunyai seorang anak yang tinggal bersama mantan istrinya. Identifikasi Religius : Keluaraga Tn. S mampu menjadi ayah yang baik dan bekerja sama dengan Ny.

dan aman untuk An. kemudian dimalam hari An. nenek. Dapur : Terdapat dapur dengan ventilasi udara.00 WIB f. Dari sanitasi limbah yang tidak tertata dengan benar maka menimbulkan bau busuk yang mengganggu pernapasan An. 2 tante) c. Bojong bersama kedua orang tuanya beserta keluarga besarnya (kakek.D dan warga sekitarnya. dan sekarang mereka beralih menggunakan fasilitas Air PAM SIMAS. Gambaran kondisi rumah : An. Data Lingkungan 1. Keadaan umum kebersihan dan sanitasi rumah Awalnya An. Karakteristik rumah a. Tetepi satu bulan yang lalu daerah setempat sudah menutup sanitasi limbah yang mencemari pemukiman .D diajarkan untuk tidur siang setiap harinya. b. D tinggal di sebuah rumah yang sederhana di daerah karang sari Kec. Mengkaji pengaturan tidur dalam rumah An. D tinggal bersama keluarganya di pedesaan yang notabene daerah industri celana jeans yang limbahnya mencemari air di sekitar daerah tempat tinggalnya. e.sehingga air di rumah-rumah penduduk menjadi kotor karena bercampur dengan limbah.D tinggal didaerah perkampungan yang dekat dengan industri celana jeans yang limbahnya mencemari daerah sekitar.D tidur sebelum jam 21. Keluarga Tn. Dan untuk . S menggunakan kompor gas untuk memenuhi kebutuhan memasak. D yang memasuki fase Tumbuh kembangnya karena letaknya jauh di belakang. Kamar mandi : Terdapat kamar mandi yang bersih dan juga terdapat WC didalamnya. d. Kebersihan terjaga. Karena menimbulkan ketidaknyamanan maka warga sekitar mengadakan demo pada satu bulan yang lalu dan menutup paksa sanitasi tersebut. Gambaran tipe tempat tinggal : An.C.

pembersih lantai. k.D merasa cukup puas mengenai pengaturan di rumahnya.D menggunakan air PAM SIMAS yang sudah digunakan selama satu tahun yang lalu. makan dapur wc R . k e l u a r g a kamar U kamar m u s o l a 1 .S merencanakan untuk membangun rumah sendiri karena merasa sudah mempunyai tanggung jawab sebagai kepala keluarga untuk memenuhi kebutuhan istri dan tumbuh kembang An. Evaluasi pengaturan privasi.softener.D belum memperhatikan keamanan An. g.memenuhi kebutuhan air sehari-hari keluarga An.D untuk pembuangan sampah sudah terstruktur secara baik. karena masih melatakkan barang-barang yang berbahaya disembarang tempat misalnya detergen.D h. karena setiap seminggu 2x ada truk pengangkut sampah. Ada tidaknya bahaya-bahaya terhadap keamanan rumah Keluarga An. Evaluasi adekuasi pembuangan sampah Dilingkungan tempat tinggal An. Gambarkan denah rumah kamar 3 R u a n g t a m u kamar r. dan alat-alat bengkel. 2 2 . Kaji perasaan puas atau tidak puas anggota keluarga secara keseluruhan terhadap pengaturan rumah Keluarga An. j. Mengkaji perasaan-perasaan subjektif keluarga terhadap rumah Tn.D yang sedang dalam tahap pertumbuhan dan perkembangan fase berjalan. i.

1 = halaman belakang b. 5. STRUKTUR KELUARGA 1. Struktur kekuasaan Di keluarga Tn. anggota keluarga menyampaikan secara terbuka dengan sikap positif. S memanfaatkan fasilitas kesehatan di lingkunganya seperti melakukan progam KB di Bidan terdekat. mereka selalu mengomunikasikan bersama. kemudian dalam penggunaan keuangan diputuskan . Menurut Ny. S yang membuat keputusan dalam keluarga adalah ayah mertua Tn.S dan Tn. F. Pola-pola komunikasi Pola komunikasi yang digunakan adalah pola komunikasi terbuka. Mayoritas tetangganya bersuku Jawa. Mobilitas geografis keluarga Tn. Lingkungan tetangga akrab dan saling menolong bila ada kesusahan. Anggota keluarga bertemu setiap hari sehingga dapat berkomunikasi setiap hari. Apabila ada yang tidak sesuai. S memiliki mobil angkutan yang bisa dimanfaatkan sendiri atau tetengganya jika membutuhkan alat transportasi ke fasilitas kesehatan atau Rumah sakit terdekat. a. Hubungan keluarga dengan fasilitas-fasilitas kesehatan dalam komunitas Istri TN. 3 = halaman depan 2. S tinggal di lingkungan yang berpenduduk padat. Bila ada masalah. S baru 2 tahun berada di lingkungan tersebut sedangkan untuk istrinya sudah tinggal selama 18 tahun 4.Ket. 2. tidak ada hal yang ditutupi didalam keluarga. 3. S. Sistem pendukung keluarga Keluarga Tn. Setiap anggota keluarga bebas menyampaikan keluhannya. D. Karakteristik lingkungan dan komunitas tempat tinggal yang lebih luas Keluarga Tn. 2 = sumur c.

perhatian. E. b) Saling memperhatikan Setiap anggota keluarga bebas memberikan perhatian dan kasih sayang kepada anggota keluarga yang lain. membiayai kepreluan anak dan mempernaiki rumah. Fungsi Perawatan Kesehatan Dikaitkan dengan kemampuan keluarga dalam melaksanakan 5 tugas keluarga di bidang kesehatan yaitu : . mengurus anak dan mengatur keuangan keluarga. 3. Struktur nilai-nilai keluarga Dalam keluarga Tn. 2. 4. Fungsi Afektif a) Pola kebutuhan keluarga – respons Orang tua menyadari adanya kebutuhan – kebutuhan pada setiap anggota keluarga. S. untuk membesarkan dan mendidik anaknya dilakukan bersama dengan Tn. seperti kebutuhan terhadap makanan. S tergolong keluarga pasangan muda. S disiplin dalam melakukan ibadah dan melakukan nilainilai keagamaan. F dan yang mendidik anak adalah Ny. dan pasangannya. Ayah memanatu perilaku anak dan mau mengajak anak bermain apabila ada kesepatan. F berhak penuh dalam mengasuh anaknya juga memilih kebutuhan anaknya . Fungsi Sosialisasi Ny. Ibu berperan sebagai pengatur rumah tangga. kasih sayang. Anaknya juga tamapak senang bermain dengan ayah dan ibunya.oleh Ny. S dibantu ibunya. Tanggung jawab membesarkan anak menjadi beban bersama sesuai dengan peran yang berlaku. merawat dan mengasuh anggota keluarga lainnya. Karena keluarga Tn. Struktur peran Peran formal bapak adalah sebagai bapak yang mencari nafkah. bermain untuk anak – anak. Ibu juga berperan sebagai perawat keluarga. Fungsi Keluarga 1. seperti memasak. 3.

e.a. tanda dan gejala. Memanfaatkan fasilitas pelayanan kesehatan di sekitarnya bagi keluarga . b. Memodifikasi lingkungan keluarga untuk menjamin kesehatan keluarga Pemeliharaan lingkungan yang baik akan meningkatkan kesehatan keluarga dan membantu penyembuhan. disebabkan karena keluarga tidak memahami mengenai sifat. Merawat keluarga yang mengalami gangguan kesehatan. Ketidakmampuan keluarga dalam memodifikasi lingkungan bisa disebabkan karena terbatasnya sumber-sumber keluarga diantaranya keuangan. Ketidak sanggupan keluarga dalam mengenal masalah kesehatan pada keluarga salah satunya disebabkan oleh kurangnya pengetahuan . Memutuskan tindakan kesehatan yang tepat bagi keluarga Tugas ini merupakan upaya keluarga yang utama untuk mencari pertolongan yang tepat sesuai dengan keadaan keluarga. Ketidakmampuan keluarga merawat anggota keluarga yang sakit dikarenakan tidak mengetahui cara perawatan pada penyakitnya. Ketidak sanggupan keluarga mengambil keputusan dalam melakukan tindakan yang tepat. kondisi fisik rumah yang tidak memenuhi syarat. Jika demikian. dengan pertimbangkan siapa diantara keluarga yang mempunyai kemampuan memutuskan menentukan tindakan keluarga. tetapi keluarga memiliki keterbatasan. perawatan dan pengobatan penyakit. berat dan luasnya masalah serta tidak merasakan menonjolnya masalah. anggota keluarga yang mengalami gangguan kesehatan perlu memperoleh tindakan lanjutan atau perawatan dapat dilakukan di institusi pelayanan kesehatan. d. c. pancegahan. Tindakan kesehatan yang dilakukan oleh keluarga diharapkan tepat agar masalah kesehatan dapat dikurangi bahkan teratasi. Mengenal masalah kesehatan keluarga Kesehatan merupakan kebutuhan keluarga yang tidak boleh diabaikan karena tanpa kesehatan segala sesuatu tidak akan berarti dan karena kesehatanlah kadang seluruh kekuatan sumber daya dan dana keluarga habis. Keluarga dapat mengambil tindakan yang tepat dan benar. akibat. Kurangnya pengetahuan keluarga tentang pengertian.

D Sakit. pakaian dan tempat untuk berlindung (rumah). Stresor jangka panjang : Menurut keluarga stresor jangka panjang ada. seperti kebutuhan makan. F. F melakukan program KB suntik 3 bln sekali. Strategi koping yang digunakan Koping yang digunakan adalah dengan memecahkan masalah secara bersama – sama. Menurut keluarga. Fungsi Ekonomi Keluarga berfungsi untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Fungsi reproduksi Ny . keluarga akan minta pendapat orang tuanya dan saudara-saudaranya. F menginginkan untuk memiliki 2 anak tapi masih takut kalau nanti punya anak akan operasi lagi. . 4. c. b. Apabila tidak menemukan pemecahnnya atau mengalami kebuntuan. Untuk itu Ny. mencari alternatif penyelesaiannya. Dan tempat untuk mengembangkan kemampuan individu meningkatkan penghasilan untuk memenuhi kebutuhan keluarga. dan menyakini setiap masalah ada jalan keluarnya. masalah yang sangat penting diatasi adalah bila anak sedang sakit d. S adalah keuangan keluarga seperti untuk membiayai anak-anaknya yang masih kecil dan membutuhkan perhatian lebih untuk memenuhi kebutuhanya. karena keluarga takut bila An. keluarga menghadapinya dengan tenang. 5. Stresor jangka panjang dan pendek Stresor jangka pendek : stressor yang dirasakan oleh keluarga Tn. STRESS dan KOPING KELUARGA a. Kemampuan keluarga berespon terhadap situasi/stresor Jika ada masalah.Kemampuan keluarga dalam memanfaatkan fasilitas pelayanan kesehatan akan membantu anggota keluarga yang sakit memperoleh pertolongan dan mendapat perawatan segera agar masalah teratasi.

G. HARAPAN KELUARGA TERHADAP PETUGAS KESEHATAN I.e. PEMERIKSAAN FISIK . Strategi adaptasi disfungsional Tidak terlihat adaptasi yang disfungsional.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful