Hiperemesis Gravidarum

Oleh Resti Farida Kusyana, dr.

Pengertian  Mual dan muntah berlebihan pada wanita hamil sampai menganggu pekerjaan sehari-hari karena pada umumnya buruk karena terjadi dehidrasi. MD) . dehidrasi dan penurunan berat badan. (Ben-Zion. 1998)  Mual dan muntah dalam kehamilan yang brkembang sedemikian luas sehingga menjadi efek sistemik. (Mochtar.

gemelli. Masuknya villi khorialis dalam sirkulasi maternal dan perubahan metabolic akibat hamil serta resistensi yang menurun dari pihak ibu. 3.Etiologi dan Faktor Predisposisi   1. mola hidatidosa. Faktor psikologi. HCG yang dikeluarkan plasenta yang meningkat dalam darah. 2. Alergi sebagai respon dari jaringan ibu terhadap anak. 5. Penyebab pasti belum diketahui Faktor predisposisi : Primigravida. 4. .

Patofisiologi  Dapat mengakibatkan cadangan karbohidrat dan lemak habis terpakaia untuk keperluan energi. Karena oksidasi lemak yang tidak sempurna terjadilah ketosis dengan tertimbunnya asam aseton. Natrium dan khlorida air kemih turun sehingga hemokonsentrasi berkurang.  Terjadi robekan pada selaput lendir esofagus dan lambung dengan akibat perdarahan gastrointestinal. .  Kekurangan cairan menyebabkan dehidrasi sehingga cairan ekstraseluler dan plasma berkurang.

lidah kering. I: Ku lemah. nyeri ulu hati. TD menurun.Tanda dan Gejala  Tk. oliguria.  Tk III: muntah berhenti. nadi kecil cepat. mata cekung.temp naik. apatis. nadi=100 x/m. BB menurun. ikterus. kesadaran menurun. nadi menurun. .  Tk II: Lemah. turgor baik. temp naik. lidah kering dan kotor. ikterus.

 Komplikasi yang fatal : gangguan SSP. . encepalopathy Wenickle (nistagmus dan diplopia) gangguan mental.

Diagnosis  Ulkus peptikum  Appendisitis  Tumor otak  Hepatitis .Diff.

Diagnosis  Adanya kehamilan muda dan muntah secara terus-menerus sehingga mempengaruhi keadaan umum. .

Isolasi: istirahat di kamar yang tenang. menenagngkan pikiran. Terapi cairan : Glukosa 5% dalam NaCl sebanyak 2-3 liter sehari. Terapi psikologik: hilangkan rasa takut karena kehamilan.Penatalaksanaan  Obat-obatan: vitamin B1 dan B6.  . anti histamika dan antasida.    antiemetik. Jika kesadaran membaik dan keadaan umum membaik pasien boleh pulang.

Diet Hiperemesis Gravidarum     Karbohidrat tinggu Lemak rendah Protein sedang Makanan dalam bentuk kering. . mudah dicerna dan tidak merangsang pencernaan  Berikan dalam porsi kecil dan sering  Bila makan pagi dan siang sulit diterima. optimalkan [ada malam hari dan selingan malam.

Prognosis  Dengan penanganan yang baik keluhan akan berkurang. namun penyakit akan kambuh jika faktor predisposisinya timbul kembali. .

Terima Kasih .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful