Cloud Computer

1.

Komputasi awan (Cloud Computing) adalah di mana informasi secara permanen tersimpan di server di internet dan tersimpan secara sementara di komputer pengguna atau client seperti desktop, komputer tablet, notebook, komputer tembok, handheld, sensor-sensor, monitor dan lain-lain. Cloud Computing (Komputasi awan) adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer (komputasi) dan pengembangan berbasis Internet (awan). Awan (cloud) adalah metafora dari internet, sebagaimana awan yang sering digambarkan di diagram jaringan komputer. Komputasi awan (Cloud Computing) adalah suatu konsep umum tren teknologi terbaru lain yang dikenal luas mencakup SaaS, Web 2.0 dengan tema umum berupa ketergantungan terhadap Internet untuk memberikan kebutuhan komputasi pengguna. Sebagai contoh, Google Apps menyediakan aplikasi bisnis umum secara daring yang diakses melalui suatu penjelajah web dengan perangkat lunak dan data yang tersimpan di server. Sebagaimana awan dalam diagram jaringan komputer tersebut, awan (cloud) dalam Cloud Computing juga merupakan abstraksi dari infrastruktur kompleks yang disembunyikannya. Ia adalah suatu metoda komputasi di mana kapabilitas terkait teknologi informasi disajikan sebagai suatu layanan (as a service),

anda hanya harus membayar untuk resource pada saat terjadi peningkatan traffic atau hanya menggunakannya pada saat dibutuhkan. Para pemain ahli di bidang Cloud Computing yakin bahwa cloud mencakup halhal diatas. Dalam bahasa yang lebih sederhana. Cloud adalah sekumpulan perangkat (PC. mengubah dan menyimpan data-data anda (dokumen. sehingga mampu untuk menyediakan layanan bahkan pada trafik yang tinggi. gambar. dibandingkan memiliki 1 komputer untuk bekerja selama 1000 jam! Hal ini memungkinkan anda untuk mengakses program yang membutuhkan banyak resource tanpa harus menginstall atau melakukan maintenance. Server. Sejumlah besar resource atau data disimpan pada sejumlah server yang bekerja sama. atau memiliki kendali terhadap infrastruktur teknologi yang membantunya. Dengan kata lain. bahkan perangkat mobile) yang menggunakan internet untuk bersamasama menggunakan sejumlah resource. dll).sehingga pengguna dapat mengaksesnya lewat Internet (di dalam awan) tanpa mengetahui apa yang ada didalamnya. Cloud berarti anda mampu untuk membuat. email. serta mampu untuk memulihkan diri dari sytem crash. dari sejumlah komputer yang terdapat di tempat lain. bahkan lebih banyak lagi. ahli dengannya. melihat. Hal ini juga berarti. anda mampu memiliki 1000 komputer untuk bekerja dalam 1 jam. .

5 Hal Untuk Menjelaskan Cloud Computing Apabila anda ditanya mengenai bagaimana mendeskripsikan Cloud Computing dalam 5 atribut. maka atribut-atribut tersebut adalah: • Self service Konsumen dan penyedia layanan dapat mengelola dan penyediaan layanan awan melalui sistem yang otomasi • Akses luas .

• Elastis Melalui otomatisasi. Layanan-layanan yang bisa dipilih meliputi: . dikendalikan dan dihitung. Penggunaan sumber daya dapat dipantau.Kemampuan yang tersedia melalui jaringan atau internet dan dapat diakses melalui berbagai perangkat. 2. • Semua resource di tempat yang sama Sumber daya untuk menjalankan program / menyimpan data disatukan sehingga dapat melayani sejumlah besar pelanggan dengan menggunakan sejumlah besar penyelia. • Menggunakan sistem 'argo' Sistem cloud secara otomatis mengontrol dan mengoptimalkan penggunaan sumber daya dengan memanfaatkan kemampuan metering. dan juga mampu untuk mengurangi layanan seperti menurunkan permintaan. kapasitas sumberdaya cepat dapat diubah-ubah untuk memenuhi peningkatan permintaan.

Microsoft. Contoh terapan: remote application development Contoh vendor: BizNet.1) Infrastructure as a service Layanan ini diberikan dengan cara menyediakan komponen-komponen berupa server. Contoh vendor penyedia jasa: semua penyedia hosting 2) Platform as a service Layanan ini diberikan dengan cara menyediakan system software dan software pendukung yang diperlukan untuk membangun aplikasi yang akan dipasang pada server tersebut sesuai kebutuhan organisasi. Pelanggan dapat melakukan instalasi aplikasi yang digunakannya pada infrastruktur tersebut. Contoh terapan: hosting aplikasi web. LintasArta . dan jaringan yang dibutuhkan pelanggan dengan harga tertentu. Analogi yang dapat digunakan untuk menggambarkan layanan ini adalah seperti menyewa rumah lengkap dengan isinya sehingga pembeli/penyewa dapat langsung menggunakan rumah tersebut. hardware. Organisasi kemudian membangun aplikasi yang dibutuhkan pada platform ini dan menggunakannya.

dan twitter. tetapi jual layanan berupa pengembangan atau pelengkap dari layanan utama. layanan marketing dan advertisement oleh Facebook. tapi ada juga aplikasi tak berbayar seperti WP. FB. tinggal akses via internet. dengan pemahaman SaS adalah “layanan aplikasi via internet”. Amazon.3) Software as a service Layanan ini diberikan dengan menyediakan software maupun aplikasi yang dapat diakses pelanggan via internet.. facebook.Mekanisme bisnisnya berbeda. Kenapaa?? karena semua pengguna menggunakan aplikasi wordpress. dan bisa dapat manfaat dari akses ke aplikasi tersebut. dan twitter tanpa perlu repot menginstall. . Penyedia layanan cloud computing berinteraksi dengan pengguna dan pelanggan melalui sebuah front-end panel. twitter untuk publikasi itu juga bisa disebut layanan SaS. maka sampai wordpress untuk blogging. bukan jual layanan karena akses terhadap fitur utama yang ditawarkan. Contoh: layanan penambahan kapasitas oleh WP. dan lain-lain Untuk SaS ini sebenarnya masih sangat luas pengembangannya. Alasan lainnya adalah SaS tidak selalu soal bayar layanan utama dari aplikasi. SAP. online documents Contoh layanan (agak susah): SAP online Contoh vendor: Google. Contoh layanan sederhana: e-mail. facebook untuk marketing.

3. Sistem Operasi yang digunakan :  WINDOWS AZURE  Glide .

 Amoeba .

 myGoya  Kohive .

 Zimdesk  Ghost .

 Joli OS  Cloudo .

 CorneliOS  Lucid Desktop .

 eyeOS  Startforce .

4. d. c. e. b. Mainboard ( for KVM full Virtualization support ) . Memori . Spesifikasi minimum yang di perlukan untuk membangun server Cloud adalah sebagai berikut: a. VGA. CPU 64bit ( intel EMT64 atau AMD64 ). Harddisk .

. antara lain • • • • • • • Sistem operasi proxmox- Open Vz Microsoft Office Live Mozilla firefox JDK Open VNC Imagesistem operasi Infrastruktur Cloud Computing yang mendasar : • Proved web-services integreted : Sesuai dengan sifatnya.• Perangkat Lunak ( Software ) Untuk membangun virtualisasi server Cloud Computing ini membutuhkan beberapa perangkat lunak atau software. teknologi Cloud Computing jauh lebih mudah dan lebih cepat untuk mengintegrasikan dengan aplikasi lain Anda di perusahaan (baik perangkat lunak tradisional dan Cloud Computing infrastruktur-based).

Beberapa profesional TI keliru berpikir bahwa teknologi Cloud Computing sulit atau tidak mungkin untuk menyesuaikan luas. Keindahan teknologi cloud computing adalah kesederhanaannya … dan dalam kenyataan bahwa ia memerlukan belanja modal secara signifikan lebih sedikit untuk di bangun dan berjalan. pemulihan bencana yang lengkap. • No Hardware and Software to Install: infrastruktur cloud computing 100%. dan uptime mengesankan. dan karenanya bukan merupakan pilihan yang baik untuk perusahaan yang kompleks. • Faster and Lower-risk Deployment. Tidak menunggu bulan lagi atau tahun dan menghabiskan jutaan dolar sebelum ada yang sampai ke login ke solusi baru Anda. bahkan dengan kustomisasi yang luas atau integrasi. Cloud computing infrastruktur menawarkan skalabilitas yang jauh lebih besar.• World-class Services Delivery. Anda bisa membangun dan berjalan di sebagian kecil dari waktu dengan infrastruktur Cloud Computing. Infrastruktur . Teknologi Cloud Computing Anda yang tinggal dalam hitungan minggu atau bulan. • Support for Deep Cutomizations.

• Pre-built. pra-integrasi app for Cloud Computing Technology. 5. Cloud computing infrastruktur mengakhiri dilema besar IT: Jika kita upgrade ke versi terbaru-dan-terbesar aplikasi. teknologi Cloud Computing sangat ideal untuk pengembangan aplikasi untuk mendukung kebutuhan organisasi Anda.Cloud computing teknologi tidak memaksa Anda untuk memutuskan antara upgrade dan melestarikan semua kerja keras Anda. kustomisasi point-andklik dan generasi laporan untuk pengguna bisnis. Cloud computing teknologi memungkinkan on-the-fly. • Automatic Upgrades that dont Impact IT Resources. sehingga IT tidak menghabiskan setengah waktu membuat perubahan kecil dan menjalankan laporan. • Empowered Business Suport. kita akan dipaksa untuk menghabiskan waktu dan sumber daya (bahwa kita tidak memiliki) untuk membangun kembali kustomisasi dan integrasi. Penyedia layanan .Cloud Computing tidak hanya memungkinkan penyesuaian dalam dan konfigurasi aplikasi. Dan bahkan lebih baik. itu mempertahankan semua kustomisasi bahkan selama upgrade. karena mereka kustomisasi dan integrasi secara otomatis disimpan selama sebuah upgrade.

Seperti layaknya proteksi keamanan bagi situs perbankan. Microsoft Windows Live SkyDrive terproteksi dengan Secure Socket Layer (SSL) Windows Live SkyDrive memberikan quota 25 GB untuk mengunggah filefile kita ke dalam online storage. Menariknya. untuk setiap folder yang kita unggah.• Microsoft Live SkyDrive Microsoft Windows Live SkyDrive adalah salah satu keluaran anyar dari Microsoft yang memungkinkan kita untuk memakainya sebagai onlinestorage bagi file-file kita. User yang dapat mengakses folder dapat mengganti nama folder. ataupun mengubah isi daripada folder tersebut. kita dapat menentukan siapa saja yang bisa mengakses folder tersebut. merubah nama folder. Suatu quota yang cukup besar dimana .

Untuk layanan e-mail standar. social networking perusahaan. ditambah Microsoft Windows Live SkyDrive adalah layanan GRATIS! Layanan Cloud Computing Microsoft Office 365 Per pengguna. extranet. web conference. Office 365 versi ini juga mencakup opsi pembelian aplikasi dekstop Microsoft Office Professional Plus. setiap bulannya cukup membayarkan US$ 6 untuk paket pilihan Office Web Apps. . instant messaging. lisensi on-premise dan dukungan telepon selama 24 jam penuh. video conference. Microsoft Exchange Online. Microsoft Lync Online dan situs eksternal dalam hitungan 15 menit. Microsoft SharePoint Online.kebanyakan daripada provider lain jarang menyediakan quota lebih dari 5 GB. tarif Office 365 untuk korporasi US$ 2 per pengguna per bulan. Web portal. perusahaan dapat memiliki layanan komplit Office Professional Plus dengan e-mail. voicemail. Untuk yang ini berbasis pay-as-you-go. Kalau membayarkan US$ 24 per pengguna per bulan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful