You are on page 1of 4

Arthropoda

Hewan berkaki beruas-ruas atau berbuku-buku, Arthropoda biasa ditemukan di laut, air tawar, darat, dan lingkungan udara, serta termasuk berbagai bentuk simbiotis dan parasit. Arthropoda dalam dunia hewan merupakan filum yang terbesar di dunia,hampir dari 90% yaitu sekitar 900.000 spesies dari seluruh jenis hewan yang diketahui orang adalah Arthropoda. Arthropoda dianggap berkerabat dekat dengan Annelida, contohnya adalah Peripetus di Afrika Selatan.

Arthropoda memiliki empat kelas, diantaranya yaitu : 1.Kelas Myriapoda,Golongan hewan berkaki banyak.Dibedakan menjadi 2 ordo: *)Chilopoda *)Diplopoda 2.Kelas Crustacea,Golongan udang-udangan 3.Kelas Arachnida,Golongan labah-labah 4.Kelas Insecta,Golongan serangga

Karakteristik
A. -Tubuhnya bilateral simetris,Bersifat triploblastik dan bersegmen-segmen. -Tubuh terbagi atas kepala,dada,abdomen.(ada beberapa jenis yang kepala dan dadanya menyatu). B. -Alat embelan atau appendage berjumlah sepasang pada setiap segmen tubuhnya -Rangka Luar terbuat dari kitin.Pada selang waktu tertentu kulit akan mengalami Eksidis -Ototnya tersusun kompleks,umumnya terdiri atas otot serat lintang C. -Alat pencernaan telah berkembang sempurna.mulutnya dilengkapi rahang lateral.

-Peredarahan darahnya terbuka.Jantung terdapat pada bagian dorsal.Darahnya tidak berwarna merah D. -Alat respirasinya berupa: a.Insang b.Trakea c.Paru-paru buku d.Permukaan tubuhnya -Ekskresinya dilakukan oleh koksal atau kelenjar hijau dengan saluran malphigi yang bermuara pada usus E. -rongga tubuh utama disebut hemocoel. Hemocoel terdiri dari sejumlah ruangan kecil yang dipompa oleh jantung. Jantung terletak pada sisi dorsal dari tubuhnya.

Crustacea
Klasifikasi:
a.Entomostraca(udang tingkat rendah) 1.Branchiapoda 2.Branchiura 3.Copepoda 4.Ostracoda

5.Cirripedia b.Malakostraca(udang tingkat tinggi) 1.Isopoda 2.Stomatopoda 3.Dekapoda

Insecta
Klasifikasi:
a.Hemimetobola(Metamorfosis tidak sempurna) 1.Archiptera Rayap

2.Orthopetra Belalang,Jangkrik 3.Hemiptra Walang sangit,Kutu busuk

b.Holometabola(Metamorfosis sempurna) 1.Neuroptera Undur-undur 2.HimenopteraLebah,Semut 3.Diptera Lalat,Nyamuk

4.SiphonopteraKutu kucing,Kutu tikus 5.Lepidoptra Kupu-kupu,Ulat sutra 6.Coleoptra Kumbang,Kepik,Kunang-kunang

Myriapoda
Klasifikasi:
a.ChilopodaKelabang b.DiplopodaKeluwing

Arachnoidea
Klasifikasi:
a.Arachnida b.Acarina Laba-laba Tungau

c.Scorpionida Kalajengking

Peranan Dalam Hidup Manusia


A.Sumber protein hewani.Contoh:Udang(dekapoda) B.Membantu penyerbukan tanaman.Contoh:Lebah C.Penghasil bahan baku industri pakaian.Contoh:Ulat sutra D.Penghasil madu.Contoh:lebah E.Merupakan salah satu mata rantai untuk berlangsungnya kehidupan di bumi