MENINGKATKAN PROFESIONALISME DI BIDANG TEKNOLOGI INFORMASI

PENINGKATAN PROFESIONALISME
1.

2.

3.

Dasar ilmu yang kuat dalam bidangnya sebagai bagian dari masyarakat teknologi dan masyarakat ilmu pengetahuan di abad 21 Penguasaan kiat-kiat profesi yang dilakukan berdasarkan riset dan praktis, bukan hanya merupakan teori atau konsep-konsep belaka Pengembangan kemampuan profesional berkesinambungan. Profesi di bidang TI merupakan profesi yang berkembang terusmenerus dan berkesinambungan sehingga para pemain di dalamnya harus proaktif dan tidak boleh pasif dalam menyikapi perkembangan tersebut

LANJUTAN.....
Beberapa hal yang dapat dikategorikan sebagai penyebab rendahnya profesionalisme pekerja di bidang TI yaitu: 1. Masih banyak pekerja di bidang TI yang tidak menekuni profesinya secara total atau hanya sekedar sambilan 2. Belum adanya konsep yang jelas dan terdefenisi tentang norma dan etika profesi pekerja di bidang TI 3. Masih belum ada organisasi profesional yang menangani para profesional di bidang TI

.MEMPERSIAPKAN SDM (Program Pendidikan di Bidang TI) Program sekolah 2000 Program Sekolah 2000 merupakan sebuah program yang diselenggrakan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia yang bertujuan untuk menjaring sekolah-sekolah di seluruh Indonesia dengan Internet. Diharapkan dengan program ini pelajar Indonesia sudah berkenalan dengan internet sejak dini sehingga membuka akses informasi dan pengetahuan yang tidak terbatas dengan dunia luar. 1.

technical support. 2. Adanya SMK TI diharapkan bahwa lulusan SMK dapat dikaryakan secara profesional di bagianbagian seperti operator..Lanjutan. Program SMK TI SMK merupakan sekolah yang bertujuan mencetak tenaga kerja yang siap pakai dalam kegiatan operasional. atau web designer.. help desk.. .

tetapi lebih berpengalaman seperti yang diharapkan pada levelnya.Lanjutan. . Banyak perusahaan menginginkan tenaga kerja yang siap pakai. program diploma ini juga diharapkan menjadi tenaga kerja yang siap digunakan dan terampil di bidangnya... 3.. Program Diploma TI Hampir sama dengan SMK.

Program sarjana tidak hanya meluluskan seseorang dengan kalitas programmer. 4. menghasilkan lulusan yang tidak hanya terampil. Program Pendidikan Sarjana TI Program pendidikan sarjana.Lanjutan. . tetapi diharapkan juga mampu menghasilkan insan-insan software enginer yang baru... tetapi dilengkapi dengan kemampuan analisis dan perancangan sistem yang kuat.

sehingga dibuktikan melalui sertifikasi karena untuk menuju sertifikasi ada proses ujian atau tes yang tidak mudah dan memenuhi standar tertentu. Expertise atau kepakaran tersebut akan didapatkan jika seorang pelaku profesi mampu menguasai secara mendalam sampai ke akar-akarnya. pekerjaan di bidang TI membutuhkan expertise. . Bahwa untuk menuju pada level yang diharapkan.MENJADI PROFESIONAL DENGAN SERTIFIKASI 1.

Bahwa profesi di bidang TI dapat dikatakan merupakan profesi menjual jasa.Lanjutan. 2. Kepercayaan tersebut akan semakin kuat jika bukti keahlian dari seseorang di bidang TI dapat ditunjukkan dengan adanya sertifikat yang dikeluarkan oleh Lembaga Sertifikasi yang bertaraf Internasional .. dan bisnis jasa bersifat kepercayaan...

MANFAAT YANG BISA DIPEROLEH DENGAN MELAKUKAN SERTIFIKASI 1. Memperoleh peningkatan karier dan pendapatan sesuai perimbangan dangan pedoman skala yang diberlakukan. 2. regional. . 4. Ikut berperan dalam menciptakan lingkungan kerja yang lebih profesional Pengakuan resmi pemerintah tentang tingkat keahlian individu terhadap sebuah profesi Pengakuan dari organisasi profesi sejenis (benchmarking). baik pada tingkat regional maupun internasional Membuka akses lapangan pekerjaan secara nasional. 5. 3. internasional.

.SERTIFIKASI BERORIENTASI PRODUK SERTIFIKASI MICROSOFT Microsoft sebagai salah satu perusahaan perangkat lunak terbesar saat ini. memberlakukan sertifikasi dengan label Microsoft Certified Professional (MCP). MCDST Microsoft Certified Desktop Support Technicians (MCDSTs) merupakan sertifikasi untuk technical and customer service skills yang mampu melakukan troubleshoot pengoperasian perangkat keras dan perangkat lunak yang berhubungan dengan lingkungan Microsoft Windows. 1. paket MCP adalah: a.

. Terdapat dua spesialisasi MCSA: Messaging dan MCSA: Security .Lanjutan.. b. MCSA Microsoft Certified Systems Administrators (MCSAs) merupakan sertifikasi untuk administrator jaringan yang berada dalam lingkungan platform Microsoft Windows.

Lanjutan... Terdapat dua spesialisasi sertifikasi yaitu MCSE:Messaging dan MCSE: Security . MCSE Microsoft Certified Systems Engineers (MCSEs) merupakan sertifikasi untuk design dan implementasi infrastruktur berbasis Windows dan Microsoft Servers software. c.

MCDBA Microsoft Certified Database Administrators (MCDBAs) merupakan sertifikasi untuk design.Lanjutan. implementasi dan administer database berbasis pada Microsoft SQL Server database. MCT Microsoft Certified Trainers (MCTs) adalah sertifikasi untuk kualifikasi instruktur. e. d.. certified by Microsoft untuk melakukan pelatihanpelatihan perangkat lunak Microsoft ..

MCAD Microsoft Certifed Application Developers (MCADs) menggunakan teknologi Microsoft untuk melakukan pembangunan dan pemeliharaan departemen di level application.. web atau desktop clients. components. f..Lanjutan. sampai pada back-end data services .

.. platforms dan arsitektur Windows .Lanjutan. technologies. MCSD Microsoft Certified Solution Developers (MCSDs) merupakan sertifikasi untuk melakukan design dan membangun leadingedge business solutions dengan menggunakan Microsoft development tools. g.

. h.. Office Specialist Microsoft Office Specialists (Office Specialists) dibutuhkan untuk menunjukkan kemampuan penggunaan Microsoft desktop software untuk kepentingan perkantoran.Lanjutan...

OCA (Oracle Certified Associate) b.. OCM (Oracle Certified Master) . 2.Lanjutan. SERTIFIKASI ORACLE Oracle sebagai salah satu perusahaan pengembang database terkemuka di dunia. OCP (Oracle Certified Professional) c. menawarkan tiga jenis sertifikasi yaitu: a..

struktur fisik database..Lanjutan.. Untuk mendapatkan OCP harus mampu menguasai konsep serta aplikasi database dengan Oracle seperti a.. kaitan antara basisdata dengan instans. Produk-produk Oracle database server: caracara koneksi ke database services. sintaks SQL dan permodelan relasi antartabel b. startup modes dan shutdown modes . struktur logic database. struktur instance. Konsep-konsep dasar : database. data dictionary views.

Lanjutan. Aspek teoritis basisdata: Perintah DDL (data Defenition Language). temporary segment d. DML (Data Manupulation Language).. mengelola profil.. Mengelola User :mengelola keamanan. c. PL (Procedure Language .

Professional) c... CCNA (Cisco Certified Networking Associate) b...Lanjutan.. CCNP (.. CCIA (.....Internetworking Expert) . 3.. SERTIFIKASI CISCO Bagi pekerja TI yang ingin meningkatkan profesionalisme di bidang jaringan komputer (Cisco Systems Internasional) : a..

router. Mengkonfigurasikan switch dan router untuk mendukung protokol 2. protokol mampu beroperasi pada standar spesifikasi yang telah ditentukan ..Lanjutan. Mampu memverifikasi bahwa switch. Mengkonfigurasi access list untuk mengontrol akses ke peralatan jaringan atau segments dan general network traffic 3. Hal-hal yang harus dikuasai adalah : 1..

.. merupakan sertifikasi untuk ahli Novell dengan kombinasi sistem oeprasi Linux dengan kemampuan administrator jaringan yang andal . 4. Novell CLP Novell Certified Linux Professional.Lanjutan.. SERTIFIKASI NOVELL Novell merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam pengembangan sistem operasi jaringan yang pernah berjaya di era ’90an a.

merupakan sertifikasi dan pengakuan bagi yang menguasai administrasi dalam lingkungan jaringan Linux Suse .. b.. Suse CLP SUSE Certified Linux Professional.Lanjutan. Novell CLE Novell Certified Linux Enginer merupakan sertifikasi yang merupakan kelanjutan dari novell CLP c.

Lanjutan. d... merupakan sertifikasi dan pengakuan bagi pemiliknya yang menguasai administrasi dalam lingkungan jaringan dengan titik berat multi vendor serta spesialisasi multisolusi jaringan industri . MCNE Master Certified Novell Engineer.

SERTIFIKASi BERORIENTASI PROFESI Beberapa Institusi yang menyelnggarakan Sertifikasi yang berorientasi pada pekerjaan di bidang IT 1. Institute for Certification of Computing Professionals (ICCP) meruapakan sebuah Badan Sertifikasi Profesi Teknologi Informasi di Amerika Serikat yang melakukan pengujian terhadap 19 bidang minat .

Internet dll. Communication. System Security Object Oriented Analysis and design. Software Engineering. System Development. 19 minta tersebut adalah : Bussiness Information Systems.Lanjutan... . Office Information Systems. Data Resources Management.

CSP (Certified Systems Professional) Merupakan sertifikasi untuk para profesional yang bekerja pada bidang analis desain dan pengembangan sistem berbasis komputer ..Lanjutan. CCP (Certified Computer Programmer) Meruapakan sertifikasi untuk para profesional yang bekerja sebagai programmer 3. Sertifikasinya yaitu: 1. CDP (Certified Data Processor) Meruapakan sertifikasi untuk para profesional yang memiliki orientasi pekerjaan pada bidang pemrosesan data 2...

Linux. Novell. Institute for Certification of Computing Profesionals ComTIA meruapakan Asosiasi Industri Teknologi Komputer di Amerika beranggotakan : Microsoft.. Computer Technical dll . HP dan Cisco Asosiasi ini menentukan kurikulum training dan ujian sertifikat internasional. Intel. 2.Lanjutan. IBM.. misalnya Network Support.

. A+ (Entry Level Computer Service) Merupakan sertifikasi untuk para profesional yang memiliki orientasi pekerjaan di bidang teknisi komputer (entry level) Sertifikasi ini ekivalen dengan pengalaman 500 jam handson experience . Contohnya: a..Lanjutan.

organisasi keamanan...Lanjutann. infrastructure. . Security (Computer and Information security) Bidang keaamanan komputer : comunication security.Network + (Network suport and administrator) Merupakan sertifikasi untuk para profesional orientasi pekerjaan di bidang jaringan komputer c. b.

Lanjutan. menganalaisis dan meyelesaikan masalah pada aktivitas dalam Mproject Manajemen Process atau PM life Cycle . IT Project + Merupakan sertifikasi dibi9ddang manajemen proyek PM dan IT< intinya mampu merencanakan .. d. HTI +(home Technology Installation Bidang Instalasi sampai pada pemeliharaan dan teknisi home technology e.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful