Proposal Kerja Praktek PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG UNIT BEDAH/OK

RS MATA Dr. YAP YOGYAKARTA

Disusun oleh : NAMA NIM : ADRIANUS PRIMASONDHY : 05 01 12166

PROGRAM STUDI TEKNIK ARSITEKTUR UNIVERSITAS ATMAJAYA YOGYAKARTA 2008

A.LEMBAR PENGESAHAN PROPOSAL KERJA PRAKTEK Bentuk Kerja Praktek Lingkup Proyek Instansi Proyek : Pengawasan dan Pelaksanaan : Pengawasan dan Pelaksanaan Pekerjaan Dinding : PT Rahayu Trade and Contractor : Gedung Unit Bedah/OK RS Mata Dr.Djoko Istiadji MSc.SCi . MSP.Bld. Purwanto Hadi. YAP Yogyakarta Proposal ini telah disetujui dan disahkan pada tanggal : Oleh : Dosen pembimbing Kerja Praktek. Ir. Ign. Koordinator Kerja Praktek. Ir.

khususnya program studi Teknik Arsitektur melengkapi kurikulumnya dengan kerja praktek yang berbobot 2 sks. Latar Belakang Kerja Praktek merupakan pelatihan secara magang pada perusahaan konsultan perancangan atau pelaksana yang bertujuan untuk memperluas pengetahuan dan melatih mahasiswa menghadapi dunia kerja yang sangat luas. YAP Yogyakarta. Cik Dik Tiro Yogyakarta : Pengawasan dan Pelaksanaan : Pengawasan dan Pelaksanaan Pekerjaan Dinding : PT Rahayu Trade and Contractor Proyek : Gedung Unit Bedah/OK RS Mata Dr.1. kompleks. rasa etika nasional dan mampu bekerja dalam menghadapi situasi-situasi baru dengan perkembangan iptek yang mendukung. yang saat ini sedang dalam tahap pembangunan. Bila Perguruan Tinggi memberikan hanya sebatas teori kepada mahasiswa. maka bisa dikatakan perguruan tinggi tersebut hanya akan meluluskan sarjana yang kurang mampu menerapkan ilmu yang diperolehnya selama di perkuliahan. Universitas Atma Jaya Yogyakarta. dan penuh dengan persaingan . terampil. hingga pada akhirnya dapat mendidik mental mahasiswa untuk siap kerja. Menyadari akan hal ini. YAP Yogyakarta 2. Seiring dengan perkembangan teknologi dan arus globalisasi dewasa ini tenaga kerja dituntut untuk dapat menguasai pekerjaannya dengan baik. Perguruan Tinggi sebagai suatu lembaga pendidikan mempunyai tujuan untuk menghasilkan calon-calon tenaga kerja profesional yang berintegritas kepribadian tinggi. dan wajib dilaksanakan oleh seluruh mahasiswa sebagai persyaratan yudisium. Proyek yang dipilih adalah Pembangunan Gedung Unit Bedah/OK RS Mata Dr. Topik Bentuk Kerja Praktek Lingkup Proyek Instansi Lokasi : Jl. dan professional serta menguasai perkembangan teknologi. Proyek ini dipilih dengan mempertimbangkan tujuan penyusun untuk mempelajari dan melihat .

yang akan diamati adalah bagaimana cara memasang pasangan bata pada dinding secara benar. penyusun ingin mempelajari lebih dalam tentang pekerjaan dinding dalam sebuah proyek. dan sesudah pekerjaan dinding dan lantai tersebut. Tujuan dan Sasaran . Dengan mengetahui proses tersebut sebagai Sarjana Arsitektur. saat. 3. Sebagai calon tenaga kerja. Rumusan permasalahan Proses pekerjaan dinding pada pembangunan Gedung Unit Bedah/OK RS Mata Dr. dan atap. dituntut untuk dapat menghasilkan suatu karya melalui proses detail desain sesuai dengan tahapan. tahap pelaksanaan di lapangan dan peralatan dan bahan yang dipakai. pelaksanaan proses pekerjaan dan alat serta bahan yang digunakan. dan mencermati tahapan-tahapan yang dilakukan. mahasiswa diharapkan mampu mengamati. Dalam pelaksanaan kerja praktek ini. mahasiswa teknik arsitektur diharapkan mampu untuk memahami perencanaan. Pekerjaan dinding merupakan tahapan pekerjaan yang penting dalam sebuah pembangunan. serta peralatan yang digunakan sebelum. desain sebuah bangunan. 4. khusunya dilihat dari aspek arsitektur.lebih jauh tentang proses pekerjaan dinding dan lantai. Selain itu penyusun juga akan mengamati alat dan bahan yang digunakan dalam kedua item pekerjaan itu. yang kemudian dapat menganalisa permasalahan yang timbul di lapangan dengan dasar-dasar teori yang telah didapat. yang mampu mendukung desain sebuah bangunan di masa yang akan datang. mempelajari. perlu diadakannya pengamatan secara langsung maupun tidak langsung. Seperti yang telah diketahui bahwa lingkup arsitektur meliputi lantai. dinding. Dalam pelaksanaan pekerjaan dinding. serta mengidentifikasi kendalakendala yang mungkin muncul saat proses pekerjaan tersebut. YAP yang akan diamati oleh penyusun saling terkait antara saat persiapan. Oleh karena alasan-alasan tersebut. Dengan melihat permasalahan di atas maka.

1 Tujuan Umum • Untuk memenuhi kurikulum yang telah ditetapkan oleh Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Atma Jaya Yogyakarta. o Dapat menambah wawasan dan pengalaman tersendiri. khususnya peralatan dan prosedur serta tahapan yang harus dilakukan dalam sebuah proyek. Mengetahui alat dan bahan yang digunakan dalam pekerjaan Mengetahui campuran pada pembuatan spesi maupun Mampu mengetahui cara pemasangan pasangan bata dengan .1 Bagi Mahasiswa o Mengenal cara kerja secara umum.4.  Melengkapi teori yang diperoleh di perkuliahan dengan keadaan sebenarnya yang ada di lapangan. • Melengkapi ilmu yang diperoleh di perkuliahan melalui penerapan secara praktis dalam industri.2 Manfaat Kerja Praktek 4.   Melihat secara langsung aktivitas sebuah proyek. Melatih kedisiplinan. Tujuan Khusus  baik dan benar  trasram  pasangan bata  Melatih kemampuan beradaptasi dengan lingkungan kerja. 4. • Memperdalam pengetahuan dalam dunia arsitektur khususnya yang berhubungan dengan iptek.2. o Menambah pengetahuan dan pemahaman teknik secara praktis yang diterapkan pada proyek. • Memahami situasi dunia kerja nyata yang sesungguhnya.

o Memberikan bekal tentang cara kerja dalam sebuah proyek. kerja praktek yang bersifat membangun dan menyempurnakan sistem yang 5. o Dapat mengetahui korelasi antara ilmu yang diberikan di bangku kuliah dengan kondisi nyata.2 Bagi Fakultas o Terjalinnya hubungan kerja sama dengan perusahaan yang ditempati untuk kerja praktek.2. 4. o Tidak tertutupnya kemungkinan bahwa permasalahan yang diperoleh selama kerja praktek dapat diangkat menjadi tugas akhir. sebelum terjun ke lapangan kerja secara nyata. Batasan Pengamatan Bagian dari struktur atas yang akan diamati merupakan meliputi : • Pekerjaan dinding 6. o o ada. Metoda Kerja Praktek Metode pengumpulan data yang dipergunakan oleh penyusun adalah : . o Sebagai bahan evaluasi di bidang akademik untuk perbaikan kurikulum.3 Bagi Kontraktor o Terjalinnya hubungan dengan dunia pendidikan. 4. Dapat membantu menyiapakn sumber daya manusia yang potensial Tidak tertutup kemungkinan adanya saran dari mahasiswa pelaksana untuk perusahaan.2.

Metode primer Metode ini dilakukan untuk memperoleh data secara langsung sesuai dengan kondisi sebenarnya. rumusan permasalahan. Metode Observasi Dengan melakukan pengamatan dan peninjauan catatan secara langsung terhadap data yang diperlukan untuk mengetahui proses pekerjaan dinding. yakni dengan mempelajari literature yang berkaitan dengan masalah dan subjek penelitian. Metode Wawancara Mengadakan tanya jawab secara langsung dengan pihak-pihak yang berwenang maupun tenaga kerja untuk memperoleh data. batasan pengamatan. 7. tujuan dan sasaran. Bab 2 : Kajian Teori Penjelasan tentang teori pekerjaan dinding dan lantai pada sebuah bangunan Bab 3 : Deskripsi Proyek Membahas tentang pengamatan pelaksanaan pekerjaan dinding dan lantai dari awal hingga akhir . Metode Sekunder Metode ini dilakukan untuk memperoleh informasi pendukung yang diperlukan dala penyusunan laporan kerja praktek dengan cara studi pustaka. i. Sistematika Penulisan Ahkir Bab 1 : Pendahuluan Berisi tentang latar belakang. ii. metode pengamatan dan sistematika penulisan.1. yang berkaitan dengan permasalahan yang akan dibahas. 2.

Perencana 6. YAP : Jl. Rahayu Trade and Contractor 9. 2 = 540 m² : 2 lantai : PT. Lokasi Proyek 3. Jumlah lantai 5. 8. Global Rancang Selaras : CV. Cik Dik Tiro Yogyakarta : Lt. Cik Dik Tiro Yogyakarta : Mei 2008 – Februari 2009 10.Bab 4 : Analisis Permasalahan Berisi tentang pembahasan masalah yang muncul di lapangan dan pemecahannya. Elmaco : PT. Spesifikasi Proyek 1. Kontraktor : Gedung Unit Bedah/OK RS Mata Dr. Nama Proyek 2. Rahayu Trade and Contractor : Jl. 1 = 846 m² dan Lt. Pelaksanaan Kerja Praktek Mulai Selesai : 11 Agustus 2008 : 11 Oktober 2008 . Bab 5 : Kesimpulan dan Saran Berisi tentang kesimpulan dan analisa pembahasan dan mengemukakan beberapa saran yang berkualitas. Konsultan 7. Luas tiap lantai 4. Pelaksana Proyek Instansi Lokasi Proyek Waktu Pelaksanaan : PT.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful

Master Your Semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master Your Semester with a Special Offer from Scribd & The New York Times

Cancel anytime.