1. 2.mengapa harus menggunakan GIS?

beberapa alasan mengapa kita menggunakan GIS, sebagai berikut : - GIS bisa digunakan untuk keperluan perencanaan dan tata desa. Dengan GIS kita bisa menentukan lokasi paling baik untuk sebuah sekolah, halte ataupun pemadam k ebakaran, berdasarkan keberadaan jalan maupun kedekatan dengan daerah yang berpe nghuni. - Selain itu, GIS juga dapat digunakan untuk memprediksi pergerakan asap akibat kebakaran hutan atau asab limbah beracun. GIS juga bisa digunakan untuk mempredi ksi perkembangan daerah berpopulasi tinggi, yang membantu perencanaan pembanguna n fasilitas public. - GIS sangat bermanfaat, karena bisa digunakan untuk menjelaskan dampak-dampak d ari sebuah bencana terhadap suatu daerah. Melalui pendataan yang cepat dari loka si bencana, kita bisa memperoleh sebuah peta baru yang menunjukan pergeseran-per geseran yang terjadi akibat gempa tersebut. Selain itu, GIS dapat digunakan untu k menyimpan data lokasi dan kondisi instalasi seperti gardu listrik PLN, pompa a ir PDAM, Puskesmas, pompa bensin dan lokasi gedung-gedung pemerinthan. 3. apa yg bs anda lakukan menggunakan GIS? Beberapa pendapat/contoh yang bisa dilakukan menggunakan GIS : 1. Dengan GIS anda dapat memetakan suatu lokasi di mana hal-hal yang memungk inkan anda menemukan tempat-tempat yang memiliki fitur yang Anda cari dan untuk melihat pola. 2. Dengan GIS anda dapat membuat peta jumlah orang untuk menemukan tempat ya ng memenuhi kriteria mereka dan mengambil tindakan. Sebuah perusahaan pakaian an ak-anak mungkin ingin mencari Kode ZIP dengan keluarga muda banyak dengan pendap atan yang relatif tinggi. Pejabat kesehatan masyarakat mungkin ingin untuk memet akan jumlah dokter per 1.000 orang di setiap saluran sensus untuk mengidentifika si daerah mana yang dilayani secara memadai, dan yang tidak. 3. Dengan GIS anda dapat memrepresentasikan sebuah peta kepadatan memungkink an anda mengukur sejumlah fitur menggunakan unit areal yang seragam sehingga And a dapat dengan jelas melihat distribusi. Hal ini sangat berguna saat memetakan d aerah, seperti traktat sensus atau kabupaten, yang sangat bervariasi dalam ukura n. Pada peta yang menunjukkan jumlah orang per sensus saluran, saluran yang lebi h besar mungkin memiliki lebih banyak orang daripada yang lebih kecil. Tetapi be berapa traktat yang lebih kecil mungkin memiliki orang-orang lebih per mil perse gi-kerapatan yang lebih tinggi. 4. Dengan GIS dapat membantu anda mencari tahu apa yang terjadi dalam jarak tertentu dengan memetakan apa yang di dekatnya.

4. untuk merubah bumi 3D menjadi 2D Pada kenyataannya bumi berbentuk seperti bola (3 dimensi) dengan permukaan yang tidak beraturan. Untuk dapat menggambarkan keseluruhan permukaan bumi pada sebidang kertas (2D) maka kita memerlukan suatu upaya transformasi dari bentuk 3D ke bentuk 2D. Agar keseluruhan permukaan bumi dapat tergambar dengan proporsional maka diperlu kan suatu perhitungan matematis yang tepat. dengan adanya Perhitungan itulah yang kemudian lebih dikenal dengan proyeksi, sy stem koordinat serta datum. 5. macam" sistem proyeksi : Ada 3 macam sistem proyeksi : 1. Proyeksi bidang datar / Azimuthal / Zenithal

3. d. Proyeksi Azimut Oblique yaitu bidang proyeksinya menyinggung salah satu temp at antara kutub dan ekuator. Proyeksi Kerucut 1. c. a. b. Daerah kutub yang berupa titik digambarkan seperti garis lurus. Mengukur kecepatan. Proyeksi TM (Transverse Mercator) 3. Proyeksi Kerucut Transversal Jika kedudukan sumbu kerucut terhadap sumbu bumi tegak lurus. Dapat menggambarkan daerah sekitar khatulistiwa. Proyeksi Kerucut Oblique (Miring) Jika sumbu kerucut terhadap sumbu bumi terbentuk miring. 2. Makin mendekati kutub. Mengukur jarak suatu tempat. Proyeksi Polyeder 6. Proyeksi Silinder Dapat menggambarkan daerah yang luas. makin luas wilayahnya. 2. Proyeksi Peta Mecator (mercator Map Projection) 2. Membuat rute dari satu titik ke titik lai . e. fungsi GPS: Membuat koordinat suatu tempat. 3. Proyeksi kerucut normal atau standar Jika garis singgung bidang kerucut pada bola bumi terletak pada suatu paralel (P aralel Standar).Proyeksi Azimut Normal yaitu bidang proyeksinya menyinggung kutub. Mencari suatu lokasi. Proyeksi Azimut Transversal yaitu bidang proyeksinya tegak lurus dengan ekua tor. Proyeksi UTM (Universal Transverse Mercator) 4. Untuk wilayah INDONESIA dapat menggunakan 4 sistem proyeksi: 1.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.