P. 1
Bab 1

Bab 1

|Views: 42|Likes:
Published by Deon Surya

More info:

Published by: Deon Surya on May 24, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/24/2012

pdf

text

original

BAB 1 PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah Pembudidayaan tanaman Rosela pada saat ini sangat diminati oleh masyarakat. Bunga rosela memiliki banyak manfaat. Banyak orang mengonsumsi rosela untuk menurunkan tekanan darah, membasmi cacing, melancarkan air seni, antiseptik, antiradang, menurunkan panas, hingga meluruhkan dahak. Pengusaha pun berlomba mencari celah untuk mengolah tanaman ini menjadi produk yang laku dijual. Salah satu olahan rosela yang paling menjamur adalah dalam bentuk teh. Tapi belakangan, muncul kreasi lain, misalnya, memasarkan rosela dalam bentuk sirup, manisan, dan minuman sari buah. Dengan hanya modal yang lumayan sedikit dengan lahan yang relatif kecil pun sudah bisa memulai pembudidayaan tanaman ini, tetapi banyak dari masyarakat yang kurang mengetahui tata cara atau harus bagaimana untuk memulai usaha tersebut, masyarakat juga tidak mengetahui tentang perencanan keuangan atau pandangan tentang modal yang mereka keluarkan itu akan digunakan seperti apa kedepannya. Oleh sebab itu masyarakat memerlukan panduan yang cepat dan dapat dipercaya untuk memulai usaha penanaman tanaman rosela tersebut. System yang akan dibangun dapat dipergunakan oleh masyarakat untuk bisa mendapat perhitungan tentang modal yang mereka keluarkan; berapa banyak lahan yang harus disediakan; kapan waktu yang tepat untuk memulai menanam; berapa banyak untung yang mereka bisa dapatkan, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan modal usaha itu kembali, bagaimana resiko yang dihadapai dan perhitungan-perhitungan dari segi ekonomi yang lain. System akan membantu pengusaha ataupun petani dengan menghitung Return On Investment (ROI), Break event poin (BEP), Manajemen Resiko, PBP

1

2 Perumusan Masalah Berdasarkan latar belakang yang telah dipaparkan maka dapat dirumuskan beberapa perumusan masalah sebagai berikut : 1. Break event poin (BEP).(Payback periode). Bagaimana aplikasi ini dapat memberikan dukungan dalam pemberian keputusan dalam penentuan jadi tidaknya usaha tanaman rosela? 1. pestisida. Dari hasil yang diterima dapat dihitung untungnya. serta dapat juga pengusaha tersebut memprediksi jika harga jual naik ataupun turun. dan Net Present Value (NPV) untuk menentukan apakah usaha tani tersebut layak atau tidak layak untuk dijalankan. dia mempunyai modal yang cukup dengan lahan yang cukup luas. pupuk kimia. pupuk organik. Bagaimana metode Return On Investment (ROI). tenaga kerja keluarga. Manajemen Resiko. dari benih. system akan membaca letak tinggi lahan yang dimiliki oleh petani dan pengusaha sekaligus mencoba membaca juga perkiraan usaha tersebut dijalankan. dan dari pembacaan tersebut system akan memberikan perhitungan tentang layak tidaknya usaha tersebut dilaksanakan. PBP (Payback periode). Tetapi dia tidak mengetahui harus memulai dari mana. Dari modal itu akan dijabarkan biaya produksi penggunaannya. Contoh seorang pengusaha ingin memulai usaha di bidang penanaman rosela. 1. Disamping metode-metode tersebut. Dari biaya-biaya tersebut dapat dihitung jumlah biaya produksi. dan dari untung tersebut dapat dihitung berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk dapat mengembalikan modal awal. dan lain-lain.3 Batasan Masalah Batasan masalah yang akan dibahas dalam penulisan skripsi ini adalah: 2 . tenaga kerja mesin. Net Present Value (NPV) dapat memberikan pandangan kepada masyarakat dalam usaha tanaman rosela? 2. dan dapat di perkirakan hasil yang akan diterima.

Dengan 3 . Pengelolaan data (Data Management) Pengelolaan data termasuk database. batas dari BEP. 2. Manajemen resiko. PBP. BEP. Diasumsikan bahwa untuk menghitung ROI. sedangkan tujuan khusus penelitian ini bertujuan untuk membangun sistem pendukung keputusan yang dapat membantu masyarakat dalam mencari informasi tentang penanaman tanaman rosela umumnya dan perhitungan-perhitungan yang didasari dari ilmu ekonomi khususnya dan juga dalam pengambilan keputusan oleh masyarakat mau menjadi pengusaha rosela atau tidak. Sistem ini hanya akan mendukung keputusan. sedangkan keputusan final ada di tangan user. 3.5 Metode Penelitian Metode penelitian system pendukung keputusan yang digunakan dalam pembuatan program dan laporan tugas akhir adalah sebagai berikut : 1.1. Manajemen resiko. 1. 1. PBP dan NPV dibutuhkan faktor-faktor yang berpengaruh. Sistem ini memberikan gambaran tentang usaha rosela kepada masyarakat. Data didapat dari teknik wawancara dan studi pustaka. NPV dan menghitung pula pengaruh yang ditimbulkan dari letak lahan dan waktu memulai menanam dari usaha tanaman Rosela berbasis web.4 Tujuan Penelitian Tujuan utama pembuatan tugas akhir dan penulisan laporan akhir ini adalah untuk pemenuhan Tugas Akhir. Wawancara dilakukan terhadap para petani rosela yang dalam studi kasus ini yaitu para petani yang berada di daerah Klaten Jawa Tengah. Sistem pendukung keputusan ini untuk menentukan ROI. dari sumber yang berkompeten. 4. dimana berisi data yang relevan untuk situasi dan dikelola oleh software yang disebut DBMS (database management sistem).

bab ini memuat tiga hal pokok. Manajemen Resiko. serta sistematika penulisan. Bab Keempat adalah Implementasi dan Analisis Sistem. tujuan penelitian. batasan masalah. 2. Break event poin (BEP). management science. dan software managemen yang cocok. yang akan menjelaskan teori yang mendukung dalam penyelesaian tugas akhir. metode yang dipakai dalam penelitian. Komunikasi (subsistem dialog) System akan dibangun dengan user interface yang dapat mengkomunikasikan dan memerintahkan system. Pengelolaan Pengetahuan (Knowledge Management) System ini dibangun menggunakan dasar ilmu ekonomi yaitu dengan metode Return On Investment (ROI). dimana menyediakan kemampuan analitis sistem. serta cara perancangan. Bab Kedua adalah Landasan Teori.wawancara. 1. adapun ringkasannya sebagai berikut : Bab Pertama adalah Pendahuluan. yaitu bahan / materi yang menyatakan alat yang digunakan dalam riset.6 Sistematika Penulisan Tugas akhir ini disusun dalam laporan yang dibagi secara sistematis menjadi lima bab. perumusan masalah. 4 . 4. diharapkan penulis akan memperoleh data mengenai hal-hal yang berhubungan dengan sistem yang akan dibuat. 3. Net Present Value (NPV). atau model kuantitatif lainnya. yang berisi: latar belakang masalah. yang akan memberikan informasi berisi tentang implementasi hasil perancangan program dan analisis terhadap sistem. PBP (Payback periode). simulasi atau perencanaan yang dilakukan. Pengelolaan Model (Model Management) Paket software dimana termasuk finansial. variabel dan data yang menjelaskan variabel serta data yang digunakan. Bab Ketiga adalah Perancangan Sistem. statistik.

Bab Kelima adalah Kesimpulan dan Saran. yang berisikan kesimpulan dan saran untuk kemungkinan pengembangan program. 5 .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->