Karier Konsep karier secara umum dikatakan sebagai pekerjaan-pekerjaan dalam hidup seseorang yang semakin meningkat

dari segi imbalan finansial, tanggungjawab, status, prestasi dan kekuasaan. Pencapaian dalam hidup dapat diwujudkan melalui kesuksesan karier. Definisi secara tepat diungkapkan oleh Greenhaus dalam Human Resources Management, 10th edition (Ivancevich, 2001) sebagai berikut, “A career is the pattern of work-related experiences (e.g., job positions, job duties, decisions, and subjective interpretations about work-related events) and activities over the span of the person’s work life.” Karier adalah pola pengalaman yang berkaitan dengan kerja (misalnya posisi pekerjaan,

tanggungjawab pekerjaan, pembuatan keputusan dan interpretasi subjektif mengenai kegiatan bekerja) dan aktivitas sepanjang kehidupan bekerja seseorang. Perusahaan menyadari bahwa tidak hanya manajer yang membutuhkan perencanaan karier, namun juga tingkat non-manajer, bagan berikut adalah sistem pengembangan karier yang menghubungkan antara kebutuhan organisasi dengan kebutuhan individu: Gambar 2-3 Sistem Pengembangan Karier: Menghubungkan Kebutuhan Organisasi dengan Kebutuhan Individu (Ivancevich, 2001)

. 2001. . McGraw-Hill. New York. Human Resources Management. 8th edition. John M.Berikut adalah tahap karier dan kebutuhan penting yang terpenuhi melalui karier: Gambar 2-4 Tahap Karier dan Kebutuhan Penting (Ivancevich. 2001) Ivancevich.

. McGraw-Hill.. Human Resources Management: Gaining a Competitive Advantage. New York.Langkah-langkah dan Tanggungjawab dalam Proses Manajemen Karier Raymond et al. 2000.

Pada periode ini.Pengembangan Karier Setelah seorang individu dipekerjakan atau dipromosikan pada posisi baru. tahap selanjutnya adalah pertumbuhan karier. seorang individu mengkombinasikan apa yang mereka dapatkan melalui usaha meningkatkan keterampilan dan informasi yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan mereka secara efektif. mereka memasuki tahap stabilitas – saat dimana mereka bekerja semaksimal mungkin untuk pekerjaan mereka dan pekerjaan . Begitu proses ini selesai.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful