P. 1
Mid Ling Ing

Mid Ling Ing

|Views: 101|Likes:
Published by Firqo Amelia

More info:

Published by: Firqo Amelia on May 25, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/29/2012

pdf

text

original

Istianatul H.

1.

2.

* Sintaksis adalah bagian dari tatabahasa yang membicarakan struktur, frasa, klausa, dan kalimat, atau bagian dari tatabahasa yang membicarakan bagian kata-kata disusun untuk membentuk suatu kebahasaan yang lebih besar. (penjelasan p.Handono)  Bagian dari ilmu linguistik yang mempelajari bagaimana kata-kata (bagian terkecil dari sintak) digabungkan untuk menghasilkan kalimat-kalimat (bagian terbesar dari sintak). (buku Finegan dkk)  Contoh: sintaksis kalimat: Rudi akan membuat nasi goring Pada kalimat itu terdiri dari beberapa bagian yaitu Rudi sebagai subjek, akan membuat sebagai predikat, nasi goring sebagai objek. Pembagian dalam kalimat tersebut adalah pembagian sintaksis dan, karena itu, termasuk sintaksis kalimat. Diagram pohon adalah diagram piramida balik untuk menganalisa kalimat berdasarkan struktur hierarki terutama dari struktur konstituen kalimat dan inconstituency Contoh:

The girl wears new red dress

The girl

wears new red dress

The

girl

wears

red dress

Gambar 1

red

dress

Gambar 1 menunjukkan struktur konstituen kalimat. Setiap unit yang merupakan bagian dari beberapa unit yang lebih besar disebut konstituen contohnya The girl dan wears red dress. Sedangkan bagian yang tidak konstituen adalah bagian paling atas (The girl wears red dress). Sebuah konstituen yang langsung mengikuti bagian lainnya dalam hierarki disebut immediate constituent (konstituen dekat) dari unit tersebut. Contohnya, red adalah immediate constituent dari red dress. Pada diagram pohon di atas memang sengaja tidak diberi label untuk jenis kata karena hal ini bertujuan untuk menunjukkan hubungan konstituensi dalam kalimat tersebut. 3. * Diagram 4.1 hanya menjelaskan bahwa kalimat The Australian set a new record terdiri dan terbentuk dari enam kata, dan memiliki struktur hierarki yang mana memiliki unitunit ukuran lanjutan antara kata dan kalimat (yang dinamakan the Australian, set a new record dan a new record) tetapi analisis yang ada pada diagram pohon tersebut tidak dapat menjelaskan kelompok kata yang terdapat pada kalimat tersebut, sehingga hal ini dirasa kurang.

An Indonesian ancient history lecturer An Indonesian ancient history lecturer 5. An Indonesian ancient history lecturer An Indonesian ancient an Indonesian ancient ancient history lecturer history lecturer an An Indonesian ancient history lecturer Indonesian Indonesian ancient history lecturer Diagram pohon sebelah kiri berpatok pada contoh diagram pohon 4. Sebuah konstituen yang langsung mengikuti bagian lainnya dalam hierarki disebut immediate constituent (konstituen dekat) dari unit tersebut. Jadi. tetapi bukan bagian dari set a new record. 6. a. Sementara diagram pohon sebelah kanan didasarkan pada contoh diagram pohon 4. An Indonesian ancient history lecturer An Indonesian An Indonesian ancient history lecturer ancient history history lecturer an ancient Indonesian ancient  history lecturer b. Sedangkan bagian yang tidak konstituen adalah bagian paling atas (The Australian set a new record). Contohnya. new adalah immediate constituent (konstituen dekat) dari a new record. 4.Fungsi sebagai subjek: beberapa pendapat mengatakan bahwa fungsi subjek hanya pada bentuk-bentuk makna. Terdapat tiga fungsi sintaksis yang dinyatakan dalam dua kelompok yaitu:  Secara tradisional grammar: . yang dalam pembuatannya terjadi beberapa pengulangan.3 di buku Finegan yang lebih praktis karena tidak terjadi pengulangan.2 menunjukkan struktur konstituen kalimat.2 di buku Finegan dkk. sebuah definisi yang umum . tetapi bukan bukan bagian dari The Australian set a new record.Diagram 4. Definisi fungsi sintaksis adalah fungsi yang dihasilkan dari sebuah elemen sintaktik dengan unit yang berupa immediate constituent (konstituen dekat). An Indonesian ancient history lecturer b. Pada diagram pohon di atas memang sengaja tidak diberi label untuk jenis kata karena hal ini bertujuan untuk menunjukkan hubungan konstituensi dalam kalimat tersebut. a. Setiap unit yang merupakan bagian dari beberapa unit yang lebih besar disebut konstituen contohnya The Australian dan set a new record. a new record adalah immediate constituent (konstituen dekat)dari set a new record.

(„Kernel‟ adalah istilah yang digunakan untuk menunjukkan jenis yang paling dasar dari klausa).- menjelaskan bahwa subjek sebagai „topik‟ dari kalimat („apa yang dikatakan oleh kalimat tersebut‟). the young lady * DEPENDENT adalah sebuah elemen subordinat untuk induk dalam sebuah frase.  Fungsi sebagai objek: berfungsi menjelaskan akibat yang ditimbulkan dari suatu kegiatan. Contoh determiner dalam kalimat the young lady tries new recipe adalah the. Fungsi sebagai objek: objek berfungsi sebagai orang yang melakukan kegiatan. Fungsi objek sendiri didukung oleh sebuah klausa subordinat.Subjek akan selalu „setuju‟ dengan kata kerja (V) pertama. three (tiga)). young. * HEAD adalah elemen wajib dalam sebuah frase. Contoh the. a.  Secara istilah semantic: Fungsi sebagai subjek ada dua yaitu: . Contoh dalam kalimat the young lady tries new recipe adalah young dan new. .subyek selalu mendahului predicator (istilah yang digunakan untuk menjelaskan fungsi kata kerja (V) dalam VP) dalam klausa „kernel‟.  The young lady tries a new recipe Subject: NP Predicate: VP Modifier: Adj Head: N Predicator: V Object: NP Head: N Determiner: Dve The young lady tries Determiner: Dve Modifier: adj . Fungsi sebagai predikat: predikat dikatakan berfungsi sebagai „komen‟ („apa yang dikatakan tentang topik‟). dan new dalam kalimat the young lady tries new recipe. Contoh. 7.  Fungsi sebagai predikat: berfungsi menjelaskan subjek-referent dalam beberapa kegiatan. dan a * MODIFIERS adalah sebuah jenis dependen dalam sebuah Noun Phrase (NP) yang membatasi makna induk. * DETERMINER adalah sebuah jenis Noun Phrase (NP) dependent (yang tidak dapat berdiri sendiri) yang menunjukkan arti seperti kepastian (contoh the. this) atau kualifikasi (contoh some (beberapa).

9. although. Frase yang digaris bawah adalah locative complement dari kalimat tersebut. he comes late. dan whether or. * coordinating conjunction adalah sebuah kata yang digunakan untuk menghubungkan kata-kata. frase-frase atau klausa-klausa yang berkaitan dalam sebuah basis yang sama. as well as. . else.8. 10. furthermore. despite.Adversative conjunction: kata sambung adversative ini digunakan untuk menunjukkan hubungan pertentangan atau sesuatu yang sifatnya berlawanan. neither nor. dan penekanan. also. In spite of raining. Don‟t cheat on examination or I have to give you zero. in addition. . dan in contrast. otherwise. Nevertheless. Contohnya Sandy will save her ring on the cupboard. interogatif. Auxiliary verb yang dapat berfungsi sebagai operator adalah verb do.Alternative conjunction: kata sambung alternative ini biasanya merujuk kepada sebuah pilihan alternatif yang ada. do you like cucumbers?. . whereas. he does not watch the movie. however. Kelompok katanya adalah but. again. besides. * Locative complement adalah sebuah pelengkap yang menunjukkan tempat dan biasanya berupa frase preposisi. Contoh Rama is happy). yet. Infleksi verba adalah perubahan morfemis pada kata kerja dengan mempertahankan identitas leksikal dari kata yang bersangkutan. dan not only but also. Contoh. * Operator adalah auxiliary verb yang menjembatani ekspresi negasi. still. while. * Predicative complement adalah fungsi komplemen dalam copulative clause (sebuah klausa dengan sebuah kata kerja yang menghubungkan seperti be dan sebuah pelengkap predikatif. Rika not only rich but also smart. Kelompok katanya adalah or. notwithstanding. in spite of. now. similarly.Cumulative conjunction: kata sambung yang dimaksudkan untuk mengakumulasikan sebuah kata atau kalimat dengan kata atau kalimat lainnya pula. Operator juga harus muncul dengan predikat tetapi tidak dapat muncul dengan auxiliary verb lainnya. no lee than. moreover. Contoh. Contoh work yang menunjukkan bahwa subjek dari kata tersebut pasti jamak (contoh they) dan works menunjukkan bahwa subjek dari kata tersebut pasti tunggal (contoh he atau she) dan kemungkinan kedua kata tersebut (work dan works) menunjukkan waktu sekarang (present time). Contohnya. Contoh. Kata sambung yang termasuk dalam kategori ini adalah and. on the other hand. Contohnya adalah: . either or.

kata swimming berasal dari kata kerja swim yang dijadikan kata benda. Cirri-ciri kalimat yang tidak sederajat yaitu kalimat tersebut memiliki dependent clause (anak kalimat) dan independent clause (induk kalimat). I thank the woman who helped me. Swimming dalam kalimat (b) merupakan satu kegiatan tanpa berkonotasi pada waktu tertentu. Independent clause Dependent clause 11. Contoh. Kalimat kernel selalu berupa kalimat aktif dan persetujuan. Contoh: The man opened the door b. so then. Contoh. a. I feel hungry. The man did not open the door. therefore. ere. >> I work for a company that sells computer software. . so I decide to eat in canteen. for.Illative conjunction: kata sambung ilatif digunakan sebagai penarik sebuah kesimpulan dalam suatu kalimat. Contoh:  I work for a company.  She likes people. Sementara pada kalimat (b). a. that. thus. gerund: She like swimming on the pool Dua kalimat di atas memiliki makna yang berbeda. before. Contoh. who. Pada kalimat pertama juga menunjukkan bahwa si pelaku sedang melakukan kegiatan berenang dengan disertai rentang waktu. which dll. unless. after. Kalimat non-kernel adalah kebalikan dari kalimat kernel yaitu kalimat pasif dan tidak setuju. in order that. Firqo Amelia 19. dan regardless of. Jelaskan dan beri contoh a. if. Pada kalimat (a) sangat jelas menunjukkan bahwa swimming adalah sebuah kata kerja karena menunjukkan aspek progresif dalam konjungsi dengan is. as a result. dan melekat pada NP objek. as soon as. * subordinating conjunction adalah sebuah kata untuk menggabungkan satu klausa dengan klausa lainnya yang tidak sederajat. klausa relatif adalah klausa yang memberikan informasi untuk membantu mendefinisikan sesuatu. Klausa “that sells computer software” memberikan informasi tambahan tentang perusahaan (company) yang dimaksud. as long as. >> She likes people who are kind and generous. where. accordingly. verba: She is swimming on the pool b. so that. Kata sambung yang biasa digunakan adalah as. as far as. whenever. Kelompok katanya adalah so. 12. since. hence. because of..

strukturnya sama dengan klausa utama. klausa adjunct ditandai oleh konjungsi subordinat seperti although. (Exclamative) 21. Klausa konten dibedakan dalam empat tipe klausa dengan klausa utama: 1. Noun. d. Morfem tidak sama dengan suku kata (syllables) . Adverb. dan when. Informasi morfologi (morphological information) Bagaimana hubungan kata-kata seperti bentuk jamak (pada kata benda) dan bentuk lampau (pada kata kerja) dibentuk. Informasi sintaksis (syntactic information) Termasuk dalam kategori apa sebuah kata dan bagaimana menggunakannya dalam sebuah kalimat. Informasi fonologi (phonological information) Terdiri dari bunyi apa sajakah sebuah kata serta bagaimana rangkaiannya. b. b. Sifat-sifat khas morfem dalam bahasa Inggris meliputi: a. Tidak memiliki ciri klausa relatif dan komparatif. c. Contoh: John had more money in thus days than he has now. 23. They set off when the wind dropped. Empat syarat untuk memahami suatu kata meliputi: a.Kalimat pertama (She likes people) terlalu umum. Informasi semantik (semantic information) Makna dari sebuah kata c. He is not strong as you are. klausa konten dalam hal struktur juga sama dengan klausa utama. Adjective. ditandai dengan penggunaan kata that. (Interrogative) 4. (Declarative) 2. (Jussive) 3. Contoh: He couldn‟t complete the course because his mother died. Ketika tidak ada konjungsi subordinat. d. Empat kategori kata utama dalam bahasa Inggris adalah Verb. because. They couldn‟t believe how early he retired. They insisted (that) he retire early. They said (that) he retired early. sedangkan kalimat kedua memberikan informasi tambahan tentang siapa yang dia sukai. 22. They enquired whether he retired early. klausa komparatif terdapat referensi implisit untuk standar perbandingan.

41) 32. dan inflectional morphemes (merubah makna kata tetapi tidak merubah kelas kata) 24. Labiodental 3. fonetik akustis. Terakhir yaitu dengan menambahkan morfem –ly. terbentuklah adverb uncontrollably. Bilabial 2. Kemudian. Contoh: proses pembentukan adverb uncontrollably Pertama yang harus diketahui adalah bahwa adverb tersebut berasal dari verb control (sebagai root kata uncontrollably). 39) 31. (p. Kemudian verb control ditambah morfem – able. (p. hidung.b. tidak sekaligus. Proses pembentukan bunyi berasal dari udara yang melalui paru-paru menuju ke the vocal tract dan dari sana keluar melalui mulut. Fonetik yang merupakan cabang ilmu bahasa yang mengkaji bunyi bahasa manusia dibagi menjadi tiga bagian yaitu fonetik artikulatoris. membentuk adjective controllable. Pendapat yang mengatakan bahwa morfem dalam kata-kata memiliki sifat organisatoris yang hierarkis Sifat organisatoris morfem yang hirarki ini maksudnya adalah penyusunan sebuah kata yang dibentuk dengan penggabungan morfem terjadi secara bertahap. 43-44) 1. Bound morphemes dibagi menjadi dua: derivational morphemes (merubah kelas dan makna kata). Dari sudut pandang tempat atau lokasi artikulasinya kita mengenal sepuluh macam konsonan dalam bahasa Inggris yaitu (p. (inter)dental . tahap selanjutnya adalah penambahan morfem un.membentuk adjective uncotrollable. control controllable uncontrollable uncontrollably  verb  adjective  adjective  adverb verb + -able un. atau keduanya. Morfem dibagi menjadi dua: free morphemes (dapat berdiri sendiri) dan bound morphemes (tidak dapat berdiri sendiri – fungsinya hanya sebagai bagian dari sebuah kata) c. dan fonetik auditoris.+ adjective adjective + -ly jika digambarkan ke dalam sebuah bracket sebagai berikut: [[un [[control] + [able] ] ly] verb adj adj adv Istifatun 30.

.4. .. Palato-alveolar : daun lidah-dekat gusi 6. 44-45) 1. . . ..] : [f. p.. Uvular : lidah belakang-tekak 10. d. ... Alveolar 5. (p. z.. Velar : lidah depan-langit2 keras : ujung lidah-langit2 keras : lidah belakang-langit2 lunak : [k. Labiodental 3. g. (menghambat keluarnya aliran udara melalui oral cavity lubang mulut(??). v. Adapun penjelasan dari label-label konsonan tersebut adalah sebagai berikut.. Palato-alveolar 6... Sengau (nasal) : udara melalui hidung ... ʤ. Palatal 7. ..] : Bahasa Aborigi dan Hindi 5. dari cara artikulasinya dikenal sejumlah label sebagai berikut.] : [θ. R. ts. velum meninggi dan menekan lagi dinding kerongkongan untuk mencegah udara keluar melalui lubang hidung nasal cavity (??) b. ʒ.] 9. r.. .] : [t. Alveolar : bibir bawah-bibir atas : bibir bawah-gigi atas : ujung lidah-gigi depan : ujung lidah-gusi : [b. dz.. a. 43-44) 1.. Palatal 7. Hambat (stop) : Konsonan hambat letup ialah konsonan yang terjadi dengan hambatan penuh arus udara kemudian hambatan itu dilepaskan tiba-tiba. s. Velar 9. (inter)dental 4. Glottal stop : blocking air at the larynx itself before it passes into the oral cavity.. (menghambat udara di pangkal tenggorok sebelum lewat dalam oral cavity) 2. ] : [j.. Pharyngeal : pangkal lidah-pharynx wall : Bahasa Arab 34... . strikturnya rapat kemudian dilepaskan tiba-tiba. l.. Retroflex 8. (p. the velum is also raised and pressed against the pharynx wall to prevent air escaping through the nasal cavity.. m. n. w..] : [ʃ. Konsonan. Retroflex 8. Uvular 10. Bunyi (oral stop) : a total blockage of the outgoing airstream takes place in the oral cavity.. Jadi. Bilabial 2. Pharyngeal 33.] : [G.

3. sehingga udara keluar melalui rongga hidung. (terjadi ketika menghasilkan bunyi oral tetapi merendahkan velum untuk membolehkan (??) udara keluar melalui nasal cavity. Affrikat (affricates) : pertengahan antara hambat dan geser A combine of a stop followed by a fricative at a similar place of articulation. Struktur silabis kata: 1.(menutup arus udara. (kombinasi hambat diikuti frikatif di tempat artikulasi yang mirip) 5. When this happen. but not quite. Approximants : A group of sound that has a lower degree of constriction than either stops or fricatives. Computer /Kǝm-pju-tǝ/ KVK-KKV-KV 3. Previous /Pri-vi-ǝs/ KKV-KV-VK 2. come towards) their articulation point (mereka selalu mengira-ngira poin artikulasinya) 35. Writer /raI-tǝ/ KVV-KV 4. Bersamaan dengan itu langit-langit lunak beserta anak tekaknya diturunkan. block the airstream. jadi strikturnya rapat. (grup bunyi yang mempunyai derajat penyempitan yang lebih rendah daripada hambat atau frikatif) Disebut demikian karena they merely approximate (that is. Some sounds. friction is caused by air escaping through the narrow gap. They are produces when you make an oral stop but lower your velum to permit air escape through the nasal cavity. Loveliest /lʌv-li-ǝst/ KVK-KV-VKK . are produced when you almost.Konsonan yang dibentuk dengan menghambat rapat (menutup) jalan udara dari paruparu melalui rongga mulut. Frikatif (fricatives) : geseran udara dengan saluran ucapan Not all consonants have this extreme form of constriction in the oral cavity. for instance. sehingga terjadi pergeseran) 4.

5. Respectively /ri-spek-tǝv-li/ KV-KKVK-KVK-KV 7. Consists /kǝn-sIsts/ KVK-KVKKK 6. Definition /def-ǝ-nI-ʃen/ KVK-V-KV-KVK .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->