P. 1
Theodolite Repetisi Dan Thedolite Reiterasi

Theodolite Repetisi Dan Thedolite Reiterasi

3.0

|Views: 574|Likes:
Published by Yosua Aditya Ratu

More info:

Published by: Yosua Aditya Ratu on May 27, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/22/2015

pdf

text

original

THEODOLITE REPETISI DAN THEDOLITE REITERASI

Theodolite Repetisi ( Theodolite sumbu ganda ) Lingkaran skala mendatar dapat diatur mengelilingi sumbu tegak. Bila skrup pengunci lingkaran skala mendatar dibuka, maka tidak dapat dilakukan pengukuran sudut. Besarnya sudut yang dibentuk oleh garis bidik yang diarahkan ke dua buah target hanya dapat diukur kalau skrup pengunci lingkaran skala mendatarnya terkunci. Sebeb bila sekrup pengunci skala lingkaran mendatar tidak dikunci, maka pada saat diputar, piringan skala mendatar ikut berputar bersamasama dengan indek pembaca lingkaran mendatar. Keuntungannya adalah dimungkinkannya mengubah bacaan pada suatu arah garis bidik tertentu. Misal pada suatu arah garis bidik di A bacaan skala mendatarnya dibuat 0 , kemudian garis bidik diarahkan ke B, maka bacaan skala mendatar di B juga merupakan sudut APB. Theodolit yang termasuk ke dakm jenis ini adalah theodolit type TM 6 dan TL 60-DP (Sokkisha ), TL 6-DE (Topcon), Th-51 (Zeiss) Theodolite tipe ganda mempunyai dua buah sumbu pada bagian dalam dan bagian luar, sehingga memungkinkan pengukuran sudut dengan pengulangan (repetition) tertentu, yang akan diuraikan kemudian. Akan tetapi dalam pembuatannya di pabrik amatlah sulit untuk membuat sedemikian rupa sehingga kedua sumbu tersebut sungguhsungguh terpusat, maka theodolit tipe ini tidak cocok untuk pengukuran teliti. Theodolite tipe sumbu tunggal kadangkadang disebut instrumen pengukuran satu arah dan teodolit tipe sumbu ganda disebut instrumen pengukuran dengan perulangan.
o

Agar dapat dipergunakan untuk pengukuran sudut vertikal. lingkaran skala mendatar menjadi satu dengan klap. plat lingkaran skala (horizontal) menjadi satu dengan plat lingkaran nonius dan tabung sumbu pada kiap sehingga lingkaran mendatar bersifat tetap. . sehingga bacaan skala mendatarnya tidak bisa di atur.Theodolite Reiterasi ( Theodolite sumbu tunggal ) Pada theodolite reiterasi. Pada jenis ini terdapat sekrup pengunci plat nonius. Dalam theodolit ini. maka pada teodolit dipasang niveau teleskop dan dilengkapi pula dengan sekrup klem untuk mengencangkan teleskop dan sekrup tangennya. Theodolit yang di maksud adalah theodolite type T0 (wild) dan type DKM-2A (Kem) Pelat atas dan pelat bawah dapat berputar mengelilingi sumbu vertikal dengan bebas di mana terdapat sekrup-sekrup tangens untuk sedikit menggeser kedua pelat tersebut.

Theodolite Repetisi Theodolite Reiterasi .

TL 6-DE Topcon .

Theodolite Type T0 .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->