PENUNTUN PRAKTIKUM METEOROLOGI

Oleh: Heron Surbakti, MSi Assisten

PROGRAM STUDI ILMU KELAUTAN
FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS SRIWIJAYA
2012

Meteorologi Laut-2012

Page 1

Praktikum m.k Meteorologi Laut Hari / Tanggal : Nilai DATA METEOROLOGI Oleh Nama NIM : : PROGRAM STUDI ILMU KELAUTAN FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS SRIWIJAYA 2012 Meteorologi Laut-2012 Page 2 .

interval jam data yang ingin diunduh.int/data/d/interim_daily/ Setelah mengetik alamat diatas maka akan muncul tampilan yang berisi periode data.ecmwf. Organisasi ini menyediakan peramalan jangka menengahpanjang untuk data-data atmosfer/cuaca serta super-fasilitas komputasi untuk penelitian ilmiah dan bekerjasama secara keilmuan maupun teknis dengan agen satelit dan komisi Eropa. Data angin berasal dari ECMWF (European Centre for Medium-Range Weather Forecasts) ini dapat diunduh dari http://ecmwf. METODE Prosedur Kerja Untuk mendapatkan data meteorologi silahkan akses pada alamat berikut: http://data-portal.int/. sehingga diperlukan data yang berasal dari satelit altimetri. serta parameter-parameter yang tersedia yang dapat diunduh. Metode pemrosesan data yang digunakan adalah reanalisis. ECMWF juga merupakan hasil pengembangan meteorologi secara dinamis dan sinoptik lebih dari 100 tahun dan lebih dari 50 tahun pengembangan prediksi cuaca secara numerik (Numerical Weather Prediction). Meteorologi Laut-2012 Page 3 . model dan asimilasi (numerical weather prediction) data satelit serta data insitu. Sub Pokok Bahasan Cara mendapatkan data meteorology Parameter-parameter meteorology yang dapat diunduh dari data satelit altimetri PENDAHULUAN Mengingat jarang sekali terdapat data pengamatan angin in situ terutama di daerah laut.PRAKTIKUM-2 = Data Meteorologi = Tujuan Mahasiswa dapat menelusuri dan memperoleh data-data meteorologi melalui data satelit altimetri.

Untuk tahap awal jangan memilih parameter apapun. Silahkan anda klik tulisan Condition of use pada bagian paling bawah (lihat Gambar 1). Meteorologi Laut-2012 Page 4 . Persetujuan aturan untuk mengunduh data Selanjutnya silahkan isikan alamat Email. Organisasi dan Negara seperti tampilan Gambar 2. Nama. aturan dan persetujuan dalam mengunduh data. Menu ini berisi Gambar 1.

Meteorologi Laut-2012 Page 5 . Form registrasi Jika anda setuju dengan aturan yang ada silahkan klik Accept. maka tampilan tulisan paling bawah akan berubah seperti pada Gambar 3.Gambar 2.

klik pada tahun yang akan anda unduh.Gambar 3. Pemilihan data yang akan diunduh dapat berdasarkan tahun ataupun berdasarkan bulan. Meteorologi Laut-2012 Page 6 . Perubahan tampilan Selanjutnya silahkan klik range data yang akan Anda unduh. Lihat Gambar 4. sedangkan jika ingin memilih berdasarkan bulan maka silahkan klik pada bulan apa data ingin diperoleh. Jika anda ingin memilih data setahun.

Dimana artinya anda memilih seluruh data yang tersedia pada range data yang diinginkan. Untuk praktikum kali ini silahkan memilih parameter 10 metre U wind component dan 10 metre V wind component Meteorologi Laut-2012 Page 7 .Gambar 4. Parameter-parameter meteorology yang tersedia dapat dilihat pada Gambar 6. Pemilihan tahun data Tahapan selanjutnya anda diminta memilih Jam data. Gambar 5. serta step (interval) data. Klik Select All untuk Select Time serta Select All untuk Select Step. Pemilihan jam/waktu data yang akan didownload Langkah selanjutnya silahkan memilih parameter-parameter yang ingin diunduh.

Pemilihan parameter Meteorologi Laut-2012 Page 8 .Gambar 6.

Meteorologi Laut-2012 Page 9 . Pemilihan parameter Setelah anda memilih parameter yang diinginkan. Pemilihan data dalam format Netcdf Setelah anda klik Retrieve NetCDF. Format data dapat berupa format GRIB ataupun NetCDF (Gambar 5).Gambar 6-lanjutan. Gambar 6 berisi informasi data yang telah anda pilih. maka anda akan menunggu sejenak hingga muncul tampilan seperti Gambar 6. Selanjutnya klik gambar peta yang muncul pada area. Untuk praktikum kali ini silahkan klik Retrieve NetCDF Gambar 5. maka Anda harus memilih format data yang akan diunduh.

Silahkan memilih wilayah (domain) data yang anda inginkan. Tampilan untuk memilih wilayah data yang akan didownload Maka akan muncul tampilan seperti Gambar 7. Untuk praktikum ini silahkan klik pada peta wilayah Indonesia Meteorologi Laut-2012 Page 10 .Gambar 6.

Setelah muncul tulisan grib dan nc. maka yang perlu anda lakukan adalah klik kanan pada tulisan nc dan pilih save link as. menyimpan data tersebut. Simpan pada lokasi dimana anda ingin Meteorologi Laut-2012 Page 11 . Pemilihan wilayah Indonesia Silahkan tunggu sejenak hingga muncul tampilan seperti pada Gambar 8.Gambar 7.

Meteorologi Laut-2012 Page 12 .Gambar 8. Tampilan untuk download data Tunggu hingga proses unduh data selesai. dan sekarang anda telah memperoleh contoh data meteorology dalam format .nc TUGAS PRAKTIKUM Setiap mahasiswa silahkan mengunduh data untuk 1 tahun yang berbeda Seluruh data silahkan dikumpulkan dalam 1 CD data.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful