TUGAS 1 JARINGAN KOMPUTER Nama : Ardhi NIM Kelas : 46 : MCC 10-01

1. Client-Server Kemampuan computer untuk meminta layanan request data kepada computer lain. Yang meminta layanan disebut sebagai client, sedangkan yang menyediakan disebut sebagai server. 2. Peer-to-peer Sistem terkomputerisasi client-server dimana suatu computer berfungsi sebagai client sekaligus server, sehingga memungkinkan pertukaran resource antara dua computer secara langsung(realtime). 3. Internet Internet(interconnection network). Merupakan sistem global dari seluruh jaringan computer yang saling terhubung menggunakan internet protocol suite(tcp/ip)untuk melayani miliaran pengguna diseluruh dunia. 4. Intranet Intranet berbeda dengan internet. Intranet hanya digunakan didalam suatu perusahaan dengan menggunakan internet. Intranet pun mengacu kepada suatu web perusahaan yang hanya bisa diakses oleh kalangan perusahaan. 5. Extranet Perbedaan extranet dan internet adalah ruang lingkup dari pemakaiannya jika intranet hanya untuk kalangan perusahaan maka extranet dipergunakan untuk kalangan perusahaan, pelanggan, penyuplai atau pihak pihak yang mendapat persetujuan. 6. LAN(Local Area network) Jaringan computer yang jaringannya hanya mencangkup wilayah kecil, seperti jaringan computer kampus,

7.

8.

9.

10.

11.

kantor, rumah sekolah, bahkan ada yg lebih kecil. Biasanya lan menggunakan switch dan Wi-fi biasa disebut hotspot. WAN(Wide Area Network) Merupakan jaringan computer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan computer antar wilayah, kota atau bahkan negara yang membutuhkan router untuk berkomunikasi. Wan digunakan untuk menghubungkan jaringan local yang satu dengan jaringan local yg lain. MAN(Metropoltan Area Network) Jaringan dalam suatu kota, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintah dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari Man ini antara 10 hingga 50 km. Topologi Ring Menghubungkan satu host ke host setelah dan sebelumnya. Topologi yang membentuk ring(lingkaran). Apabila salah satu host mengalami gangguan dalam berkomunikasi maka seluruhnya akan terganggu juga. Topologi Star Menghubungkan host dengan menggunakan switch atau hub. Apabila host mengalami kerusakan saluran maka tidak akan berdampak bagi yang lain. Topologi Bus Menghubungkan host yang sedikit, biasa dijumpai pada sistem client/server, dimana salah satu host atau computer menjadi server untuk pendistribusian data. Dikedua ujung jaringan harus diakhiri dengan sebuah terminator.

Semua node harus memiliki kecepatan yang sama. Token Ring Kemampuan pengiriman data dengan kecepatan 4Mbps dan dapat ditingkatkan menjadi 16 Mbps. kabel fiber optic ini didalamnya hanya ada sebuah kaca murni yang sebesar sehelai rambut manusia. 21. Salah satu contoh penggunaan gateway adalah pada email. 24. Simplex . 14. Penerima hanay menerima informasi tersebut.4 GHz (802. Karena tidak ada clientserver akan tetapi peer-to-peer. 15. Ethernet merupakan alat sebagai interface yang digunakan untuk konektivitas perangkat komputer maupun laptop. 13. 802. 17. Modem Singkatan dari modulator-demulator.11a) Fiber Optic Sebuah kabel yang dapat mentransmisikan data dengan sangat cepat.12. Modem digunakan sebagai alat untuk merubah data dari bentuk analog atau sebaliknya dari analog kedigital. ATM(Asyncronous Transfer Mode) Protocol jaringan yang mentransmisikan pada kecepatan 155Mbps atau lebih. Karena dihubungkan dengan koneksi persilangan. hampir di setiap jaringan LAN (Local Area Network) di seluruh dunia.11b. 22.11g) dan 5. Switch Untuk menghubungkan beberapa computer pada suatu jaringan. ATM mentransmisikan data kedalam satu paket dimana pada protocol yang lain mentransfer pada besar kecilnya paket. Bridge adalah peranti yang meneruskan lalu lintas antara segmen jaringan berdasar informasi pada lapisan data link. Simplex Adalah komunikasi satu arah dan yang menerimanya tidak dapat membalas komunikasi tersebut. 20. Topologi Mesh Didesain untuk memiliki tingkat alternative yang banyak. Hotspot adalah lokasi dimana user dapat mengakses melalui mobile computer (seperti laptop atau PDA) tanpa mengguakan koneksi kabel dengan tujuan suatu jarigan seperti internet. sehingga pertukaran email dapat dilakukan pada sistem yang berbeda. Yang melapisi kacatersebut terdapat cladding dan buffercoating agar tidak mudah patah. Router Suatu perangkat yang berfungsi menghubungkan suatu LAN ke suatu internetworking/WAN dan mengelola penyaluran lalu-lintas data di dalamnya. 16. Repeater Penguat arus untuk jaringan atau memperpanjang suatu jaringan apabila kabel UTP hanya 100 m maka dapat diperpanjang dengan repeater.4 GHz (802. Implementasinya adalah menggunakan ring 4megabit perdetik hanya digunakan untuk menghubungkan node sedangkan 16 megabit digunakan untuk backbone jaringan. Dan memiliki tingkat keamanan yg tinggi. Ethernet Ethernet merupakan jenis perkabelan dan pemrosesan sinyal untuk data jaringan komputer. 18. Gateway Istilah gateway merujuk kepada hardware atau software yang menjembatani dua aplikasi atau jaringan yang tidak kompatibel. Setiap jaringan seharusnya hanya mempunyai sebuah bridge utama. sehingga data dapat ditransfer antar komputer yang berbeda-beda. Segmen ini mempunyai alamat lapisan jaringan yang sama. 19. 23. Jaringan nirkabel menggunakan radio frekuensi untuk melakukan komunikasi antara perangkat komputer dengan akses point dimana pada dasarnya berupa penerima dua arah yang bekerja pada frekuensi 2.

yang bisa disebut 1 = ada listrik dan 0 = tidak ada listrik. satu sama lain dapat bertukar informasi dalamsatu waktu. Packet Kumpulan informasi yang kita kirimkan kepada perangkat(computer. 33. dengan jarak operasi yang bisa dicapai . 36.5 Mbps atau 2 Mbps. Mengirimkan aliran data kesemua host secara bersamaan. yang digunakan untuk sinkronisasi dan pengkontrolan error. ADSL/SDSL/HDSL Teknologi ADSL merupakan jaringan akses yang memungkinkan terjadinya komunikasi suara. HDSL dapat mengirimkan data dengan transfer rate 1. Duplex Adalah komunikasi dua arah satu sama lain dapat berkomunikasi dan bertukar informasi. server. Kita bisa temukan pada saluran telfon. 32. 29. Multicast Merupakan transmisi jaringan one to many. 35. Kecepatan data yang bisa dikirim oleh SDSL sama dengan HDSL yaitu 1. yang mengelilingi data yang tersimpan dalam unit tersebut Segment Bits satuan paling dasar dalam jaringan "organ" komputer. satu system tunggal hanya mencoba berkomunikasi dengan satu system lainnya.25.printer dsb) yang terletak pada jaringan intranet maupun internet. 34. 28. 26. yang biasa digunakan untuk broadcast dan yang biasa kita temukan pada media televisi dan radio. Teknologi SDSL indentik dengan HDSL dengan perbedaan yang mendasar pada sisi pelanggan. Unicast Merupakan transmisi jaringan one to one.048 Mbps hanya dengan bandwidth sekitar 80 kHz hingga 240 kHz atau lebih kecil. 30. 27. atau bagian dalam komputer. Broadcast Merupakan transmisi jaringan one to all. Half-Duplex Adalah komunikasi dua arah tetapi berbeda dengan duplex half duplex satu sama lain berkomunikasi dengan cara bergantian. Teknologi ini digunakan untuk memaksimalkan jaringan kabel tembaga agar dapat mentransmisikan data berkecapatan tinggi. sedangkan HDSL membutuhkan perangkat multiplex tambahan untuk terhubung ke terminal pelanggan. Istilah ini kadang mengacu pada header dan trailer. yakni hanya ada 2 saja yaitu 1 dan 0. HDSL merupakan sebuah sistem yang lebih baik untuk mengirimkan T1/E1 melalui saluran kawat tembaga twisted pair. HDSL memerlukan bandwidth yang lebih kecil dan tidak memerlukan repeater. Pada dasarnya bilangan bit merupakan perwakilan aliran listrik. Teknologi SDSL dapat langsung terhubung ke terminal pelanggan seperti halnya pesawat telepon.544 Mbps atau 2. 31. jika dikirimkan secara individu maka diperlukan beberapa aliran data. Frame Sebuah satuan informasi logical yang dikirimkan oleh layer data link melalui sebuah medium transmisi. Full-Duplex Adalah komunikasi dua arah. Kasus yang biasa kita lihat apabila beberapa computer penerima ingin mentransmisi video pada waktu yg bersamaan. Ketika digunakan. video maupun data berkecepatan tinggi melalui jaringan kabel tembaga biasa. Data Sesuatu yang belum mempunyai arti bagi penerimanya masih memerlukan suatu pengolahan yang nantinya akan menjadi sebuah informasi. Dengan menerapkan teknik modulasi yang lebih baik.

pada EDGE kecepatan datanya sbesar 384 kbps. routing. Internet Society (ISOC) Adalah organisasi internasional yang mempromosikan penggunaan internet dan aksesnya.operator. Diterbitkan oleh IAB (Internet Activities Board) yg merupakan komite independen para peneliti dan profesional yg mengerti teknis. dan secara teori dapat mencapai 473. 42. 38. 45. karena membawa 24 komunikasi melalui 4 kabel. menggunakan satu pasang kabel tembaga relatif pendek dari HDSL. transportasi. Defense Advanced Research Project Agency(DARPA memutuskan untuk mengadakan riset tentang bagaimana cara menghubungkan sejumlah computer sehingga membentuk jaringan organik. Secara umum kecepatan EDGE tiga kali lebih besar dari GPRS. 48. 47. kondisi dan evolusi sistem internet. dengan tujuan untuk mengembangan teknologi untuk meningkatkan harkat kemanusiaan.teknologi ini mampu menggabungkan lebih dari satu channel kedalam transmisi komunikasi. ujuan pengembangan teknologi baru ini adalah untuk meningkatkan kecepatan transmisi data. dan perpindahan data antara dua atau lebih titik komputer. komunikasi. layanan yang terdapat pada 3G adalah layanan perpindahan data baik berupa voice data maupun non-voice. EDGE EDGE atau Enhanced Data for Global Evolution adalah teknologi evolusi dari GSM dan IS-136. 46. OSI (Open System Interconnection) adalah suatu model konseptual yang terdiri atas tujuh layer. yang masingmasing layer tersebut mempunyai fungsi yang berbeda. Bandwidth Adalah luas atau lebar cakupan frekuensi yang digunakan oleh sinyal dalam medium transmisi.S. meskipun ada juga isinya yg merupakan bahan diskusi ataupun omong kosong belaka.37. 44. beranggotakan para insinyur. 40. Broadband Frekuensi jalur lebar yang mampu memindahkan lebih banyak data dan lebih tinggi dibandingkan dengan frekuensi yang lebih sempit(narrowband). Internet Engineering Task Force (IETF) adalah Komunitas International jaringan terbuka dalam perancangan jaringan. dll). 3G Adalah istilah yang digunakan untuk teknologi telepon bergerak generasi ke-3 teknologi ini merupakan perkembangan dari generasi ke-2 2G. ARPANET .vendor peneliti berkaitan dengan evolusi arsitektur Internet dan kelancaran Internet. Bisa juga diartikan sebagai perhitungan konsumsi data yang tersedia pada suatu telekomunikasi Protocol adalah sebuah aturan atau standar yang mengatur atau mengijinkan terjadinya hubungan. ISO Badan internasional yang mengembangkan OSI layer pada tahun 1977.6 kbps. T1 adalah protocol komunikasi broadband. 43. yang diatur menurut topiknya ke dalam beberapa wilayah (misalnya. dan memungkinkannya penggunaan aplikasi-aplikasi baru serta meningkatkan kapasistas. Pekerjaan teknis sebenarnya dari IETF dilakukan dalam kelompok-kelompok kerja. keamanan. 49. 41. 39. efesiensi spektrum. Institute of Electrical and Electronic Engineers (IEEE) organisasi internasional. DARPA Adalah sebuah Departmen pertahanan Amesika. U. Request for Comments (RFC) adalah merupakan standar yg digunakan dalam internet.

LAN atau Internet. Akan tetapi podcasting bentuk penyampaian lain dari RSS. Didalam weblog tersebut memungkinkan para pembuatnya menampilkan berbagai jenis isi pada web yang mudah. khususnya via web. Teknologi IM diciptakan untuk menutupi kelemahan e-mail yang dinilai kurang efisien dan tidak realtime. 51.50. Podcasting Seperti kita ketahui RSS/ feed merupakan wadah beralangganan artikel terbaik yang pernah ada. Collaboration Tools Teleworkers/telecommuters adalah model atau perjanjian kerja di mana karyawan memperoleh fleksibilitas bekerja dalam hal tempat . textarea. rutin bulanan (listrik. WWW(world Wide Web) Adalah suatu ruang informasi yang dipakai oleh pengenal global yang disebut Uniform Resource Identifier(URI) untuk mengidentifikasi sumber sumber daya yang berguna. 53. disana kita mendapatkan informasi secara summary tanpa diganggu oleh elemenelemen lain seperti inputbox. lewat sarana internet seorang nasabah dapat melakukan pengecekan rekening. artikel. seperti karya tulis. 60. 57. sebagian besar software IM terdiri dari dua komponen : Software server dan client. bentuk komunikasi pesan singkat antara dua orang atau lebih menggunakan teks yang diketik. FTP(File transfer protokol) Adalah sebuah protocol internet yang berjalan didalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pentransferan berkas/file computer antara mesin-mesin dalam sebuah internetwork e-Commerse adalah suatu proses membeli dan menjual produk-produk secara elektronik oleh konsumen dan dari perusahaan ke perusahaan dengan computer sebagai perantara transaksi bisnis. e-Learning suatu sistem pembelajaran dengan menggunakan peralatan tambahan untuk dapat menggunakannya dalam hal ini yang digunakan adalah komputer serta software penunjang lainnya seperti adobe macromedia flash player dan java. telepon.) melalui rekening banknya Instant Messaging Instant Messaging. 58. document dan lainya. teks dikirim melalui komputer yang terhubung melalui sebuah jaringan. sebagai program IM dapat dioperasikan melalui web browser.podcast merupakan penyampaian content secara stream audio yang biasa menggunakan format mp3. Dikenal dengan nama riset yang di bangun oleh DARPA yang sudah berhasil menghubungkan 10 komputer yang dapat berkomunikasi satusama lain yang membentuk sebuah jaringan. 54. Dan memliki fungsi sebagai penyedia data dan informasi untuk dapat dipergunakan bersama. namun kebanyakan membutuhkan instalasi software client di PC Weblogs (blogs) Website pribadi yang selalu diupdate secara continue dan berisi link-link ke website lain yang mungkin menarik disertai beberapa komentar. Layanan ini memungkinkan nasabah sebuah bank dapat melakukan hamper semua jenis transaksi perbangkan melalui sarana internet. 56. Wikis Wiki adalah sebuah program yang menerapkan konsep cepat untuk mengedit dan cepat untuk melihat hasilnya. dsb. transfer dana antar rekening. Pertama kali sistem pembelajaran eLearning ini digunakan pada pendidikan tahun 2003 dan tahun 2005 e-Banking aktifitas perbangkan diinternet. 59. Mirip dengan pengguna mesin ATM. 52. hingga pembayaran tagihan-tagihan 55.

Mencari informasi melalui internet. 69. . Ebook adalah sebuah bentuk buku yang dapat dibuka melalui elektronik melalui computer bahkan smartphone. Hacker/Hacking adalah orang yang mempelajari. File yang dikirimkan bermacam macam bentuk biasanya digunakan untuk mengirimkan document dengan menggunakan email surat dipastikan sampai kepada orang yg dituju. E-books Singkatan dari electronic book atau buku elektronik. Promosi tetap boleh akan tetapi jika berlebihan dapat dianggap SPAM. memodifikasi. atau komentar yang bersifat promosi mengenai blognya. 64. dan selanjutnya bila menginginkan. Surfing Mencari/membuka informasi diinternet dengan menggunakan web browser Browsing Pengertiannya sama dengan surfing. situs porno. segala tentang porno. Spam Segala sesuatu yang mengandung kata-kata porno. 70. menganalisa. bisa membuat. perangkat dan koneksi internet untuk digunakan secara bersama sama dengan tujuan untuk menghemat biaya dan perangkat. FTP server. administrasi dan hal-hal lainnya . terutama keamanan .pdf. 65. 67. Remote Desktop E-mail Adalah surat melalui media elektronik. SPAM juga bisa berarti komentar yang tidak jelas. ada juga mengenai menghina. Upload Proses memperoleh file-file tertentu yang ada diinternet Sharing Adalah suatu fasilitas yang digunakan untuk membagi suatu file.htm yang dapat diakses tanpa menggunakan koneksi internet. atau bahkan mengeksploitasi sistem yang terdapat di sebuah perangkat seperti perangkat lunak komputer dan perangkat keras komputer seperti program komputer.61. 63.exe bahkan . 68. 62. dan waktu kerja dengan bantuan teknologi telekomunikasi. Bentuknya pun berbagai macam ada yg berbentuk . server mail atau sistem serupa lainnya. Download Proses menerima data dari sebuah sistem seperti server web. 66.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful