MAKALAH BAHAYA KERACUNAN DI LINGKUNGAN RUMAH TANGGA T

Di susun oleh : Agus Suama Atin Supriatin Dede Jamaludin Edi Darsono Evy Damayanti Kurniasari Mamat Salamet Sumbada Zaki Firdaus

SEKOLAH TINGGI FARMASI YPIB CIREBON

KATA PENGANTAR
1

Assalamualaikum Wr. Wb Segala puji syukur penyusun panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat, hidayah, karunia & petunjukNYA sehingga dapat menyelesaikan tugas mata makalah kuliah Kimia Forensik. Pada kesempatan ini penyusun menyampaikan penghargaan & terimakasih yang sebesar – besarnya atas kerjasama & bantuannya yang diberikan oleh semua pihak yang telah membantu dalam menyelesaikan tugas ini. Namun penyusun menyadari bahwa makalah Kimia Forensik. ini jauh dari sempurna & masih banyak kekurangannya. Akhir kata, semoga makalah ini bisa bermanfaat bagi yang menggunakannya.

Cirebon, Mei 2012

Penyusun

DAFTAR ISI

2

KATA PENGANTAR ………………………………………………………………………………………… …………. DAFTAR ISI ………………………………………………………………………………………… ……………………… BAB I PENDAHULUAN ………………………………………………………………………………………… …….. BAB II PEMBAHASAN ………………………………………………………………………………………… ……… DEFINISI KERACUNAN ………………………………………………………………………………… …. MEKANISME KERJA RACUN DALAM TUBUH MANUSIA ………………………………….. FAKTOR FAKTOR RESIKO PENYEBAB KERACUNAN ……………………………………….. JENIS DAN TINGKAT KEPARAHAN KERACUNAN ……………………………………………… TANDA DAN GEJALA TERJADINYA KERACUNAN …………………………………………….. WASPADAI, PRODUK ATAU BAHAN KIMIA YANG ADA DALAM RUMAH TANGGA, YANG HARUS DIPERHATIKAN PENGGUNAANNYA DAN DAPAT MENGAKIBATKAN KERACUNAN …………………………………………………………………….. EFEK SAMPING BAHAN KIMIA RUMAH TANGGA …………………………………………… CARA MENGATASI KERACUNAN DALAM RUMAH TANGGA ……………………………. PEMERIKSAAN FISIK ………………………………………………………………………………… ……. PEMERIKSAAN PENUNJANG …………………………………………………………………………..
3

DAFTAR PUSTAKA ………………………………………………………………………………………… …………… BAB I PENDAHULUAN Pada zaman modern seperti ini. PERATURAN PERUNDANGAN YANG BERHUBUNGAN DENGAN RACUN …………. peningkatan pemakaian bahan kimia merupakan hal yang tidak terelakkan lagi. menimbulkan manfaat yang besar juga. Peredaran bahan kimia yang semakin hari semakin pesat. tetapi juga membuat 4 . PEMERIKSAAN FORENSIK KERACUNAN ………………………………………………………….PENATALAKSANAAN ………………………………………………………………………………… …… USAHA MENCEGAH KERACUNAN DI RUMAH TANGGA …………………………………. BAB III PENUTUP ………………………………………………………………………………………… …………….. Sejalan dengan itu. Terutama pada lingkungan rumah tangga yang kurang menyadari keselamatan anggota keluarganya itu sendiri. maka penyakit yang disebabkan oleh bahan kimia pun meningkat drastis.

Pasalnya. dengan kematian < 4%.yang sebagian besar karena keracunan hidrokarbon ( 45 5 . Lebih kurang 60% dari paparan keracunan yang dilaporkan terjadi pada anak berumur < 6 tahun. bahan pencuci. penggunaan barang . ternyata di dalamnya pun menyimpan ancaman berbahaya. Lebih dari 90% kejadian keracunan bahan kimia berlaku di rumah. meskipun banyak dilaporkan kejadian-kejadian keracunan dibeberapa rumah sakit tetapi angka ini tidak menggambarkan kejadian yang sebenarnya didalam masyarakat.30 penderita anak yang datang untuk mendapatkan pengobatan karena keracunan setiap tahun. seperti detergen.masalah yang besar juga.anak yang berumur 5 tahun ke bawah. Di kalangn anak . Soetomo Surabaya 15 .obatan Angka yang pasti dari kejadian keracunan di Indonesia belum diketahui. racun perusak dan alat melukis. segala sesuatu yang mengandung zat pelarut kimiawi dapat mengakibatkan keracunan bagi penggunanya jika tidak ditangani secara benar.barang tersebut sebagian besar mengandung zat . tumbuh tumbuhan. baik di negara maju maupun di negara berkembang. pemutih pakaian. Belum lagi ancaman kehadiran tumbuhan beracun di halaman rumah. Terutama masalah kesehatan. Tak hanya itu. Selebihnya yang 43 % lagi melibatkan keracunan terhadap obat . sebanyak 57 % keracunan yang melibatkan produk . Di balik kehangatan rumah. Potensi keracunan karena penggunaan barang kimia sehari-hari disinyalir menjadi penyebabnya. Setiap tahun. kasus ini banyak dialami oleh anak-anak dengan tidak sengaja.produk bukan farmaseutikal seperti alat kosmetik. Keracunan merupakan salah satu masalah kesehatan yang meningkat. dan pencair cat.Di RSCM/FK UI Jakarta dilaporkan 45 penderita anak yang mengalami keracunan setiap tahunnya.zat yang berpotensi beracun. Berhati-hatilah menggunakan produk-produk rumah tangga. lemari obat pun memungkinkan simpanan kandungan obat bebas dan obat resep yang beracun bila diminum dalam dosis berlebihan. sedang di RS dr.

detergen dan bahan-bahan rumah tangga yang lain. keracunan makanan. Meskipun keracunan dapat terjadi melalui saluran cerna. saluran nafas. BAB II PEMBAHASAN DEFINISI KERACUNAN Racun adalah : 6 .60%). kulit dan mukosa atau parenteral tetapi yang terbanyak racun masuk melalui saluran cerna ( 75 % ) dan inhalasi ( 14% ). keracunan obat-obatan.

b. oral ) Pernapasan ( inhalasi ) Kontak Penyerapan ( kulit. Keracunan adalan masuknya suatu zat dalam tubuh dalam jumlah tertentu dapat menyebabakan reaksi tubuh yang tidak diinginkan bahkan dapat menimbulkan kematian atau Keracunan adalah reaksi kimia yang merusak jaringan tubuh atau mengganggu fungsi tubuh • • • • • • Racun dapat masuk kedalam tubuh manusia melalui : Mulut ( Alat pencernaan. insektisida. Makanan & minuman yang sudah tercemar racun 2. Rumah tangga contoh : detergen. Kimia industri : timbal. bila masuk atau dimasukkan kedalam tubuh. bahan korosif. terbagi menjadi : a. dan parfum. selalu menyebabkan gangguan fingsi tubuh.setiap bahan / zat yang dalam jumlah relative kecil. mencederai atau membinasakan orang normal dan sehat ( semua zat dalam jumlah besar dapat berupa racun ) → menurut Taylor • suatu zat yang bekerja pada tubuh secara kimiawi dan secara faali. dan kehutanan ) contoh : racun serangga ( insektisida ). alkohol dan glikol. desinfektan 3. organ dalam. racun 7 . mata. hal mana dapat berakhir dengan penyakit atau kematian. gas beracun. asam dan basa kuat. yang dalam dosis toksik. Bahan kimia Toksikan = bahan racun berupa padat cair gas baik yang mudah menguap atau tidak menguap. Toksikan ini dapat menimbulkan penyakit pada kulit. akan menimbulkan gejala – gejala abnormal. Pestisida pertanian ( yang pertanian. Pestisida terbagi menjadi : a. suntikan / gigitan ) Anus atau vagina Keracunan dapat diklasifikasikan berdasarkan lima bahan penyebabnya yaitu : 1. perkebunan. sabun cuci. dan saluran pencernaan. hidrokarbon. logam. menyakiti.

ganja. Bekerja secara sistemik. udara yang disebabkan oleh bermacam – maca polutan seperti hidrokarbon. napza ( narkotika. Lingkungan contoh pencemaran lingkungan baik tanah. aspirin. asam karbol 2.tikus ( rodentisida ). anti depresan b. Tanaman & tanaman beracun contoh tanaman yang mengandung tetradotoksin. berpengaruh terhadap ginjal 3. Obat-obatan terbagi menjadi : a. contoh : 8 . racun nematoda ( nematosida ). psikotropika. racun rumput / gulma ( herbisida ). Pencemar contoh bahan polutan ( timbal ). contoh : a. barbiturate. Alam terbagi menjadi : a. karbon monoksida d. singkong beracun. air. berpengaruh terhadap hati e. Yang bersifat anestetik : kokain. asam dan basa kuat b. cemaran mikroba. Asam oksalat. Obat tradisional MEKANISME KERJA RACUN DALAM TUBUH MANUSIA 1. c. kokain b. terutama berpengaruh terhadap jantung c. Bekerja secara local dan sistemik. racun untuk rayap ( mitisida ) b. HgCl2. Sianida. sedative. racun untuk keong / siput ( Moluskusida ) racun larva ( larvasida ). Yang bersifat iritan : arsen. Obat – obatan contoh analgetik ( parasetamol. Narkotika. korosif. contoh bisa ular 5. HgCl2 c. Insektisida dan golongan fosfor organic. antibiotic. dan lain – lain ). asam jengkolat. dan alcohol terutama berpengaruh terhadap susunan saraf pusat b. racun tikus ( rodentisida ). Hewan berbisa. obat nyamuk 4. opium. berpengaruh terhadap system enzim pernafasan dalam sel d. Pestisida rumah tangga contoh : racun serangga ( insektisida ). Bekerja secara local atau setempat. Zat – zat korosif : lisol. contoh : a. dan zat adiktif ) c. jamur. racun fungi / jamur ( fungisida ).

• Anak-anak mempunyai rasa ingin tahu yang besar. seperti paku yang tertinggal pada makanan.a. Asam karbol c. yaitu : • Perkembangan kepribadian anak usia 0 . Asam oksalat b. Individu yang menyimpan dan menggunakan bahan .bahan kimia rumah 2. Pada anak terdapat faktor .sifat tersebut maka keracunan pada anak lebih sering karena kecelakaan ( accidental poisoning ). • Anak-anak masih belum mengetahui apa yang berbahaya bagi dirinya ( termasuk disini anak dengan retardasi mental ). Pada anak kecil jarang terjadi keracunan karena usaha bunuh diri atau pembunuhan. buruknya higienitas dan sanitasi pada proses pembuatan. Arsen d. adalah : 1. bisa juga karena cemaran mikroba. • Anak-anak pada usia ini mempunyai sifat negativistik yaitu selalu menentang perintah atau melanggar larangan. Oleh karena sifat .5 tahun masih dalam faseoral sehingga ada kecenderungan untuk memasukkan segala yang dipegang kedalam mulutnya.faktor yang mempermudah terjadinya keracunan. JENIS DAN TINGKAT KEPARAHAN KERACUNAN Tingkat kasus keracunan makanan di Indonesia masih tinggi disebabkan karena fisik. Sehingga menyebabkan adanya bahan tambahan makanan ( bakteri 9 . dan penyimpanan makanan.FAKTOR RESIKO PENYEBAB KERACUNAN Individu yang beresiko keracunan acid alkali. walaupun pernah dilaporkan melalui media massa adanya pembunuhan anak dengan jalan memberi racun oleh ibu yang putus asa sebelum kemudian dia bunuh diri. Garam timbal ( Pb ) FAKTOR . pengolahan. sedang pada dewasa keracunan lebih sering karena pekerjaannya ( occupational poisoning ) dan pembunuhan atau usaha bunuh diri.

Namun.Secara umum. 3. Faktor . makin tinggi tingkat pencemaran toksikan ( takaran toksik ) di udara makin berat penyakit yang ditimbulkan 2. derajat kesehatan tubuh.faktor yang mempengaruhi ringan beratnya ( tingkat keparahan ) keracunan 1. serta faktor genetik Seseorang dengan kondisi fisik yang jelek. misalnya seseorang yang merokok juga akan menderita gangguan yang lebih berat dibandingkan dengan yang tidak merokok. jenis kelamin. Factor inidvidu korban. 2. Keracunan secara tidak sengaja. Erat hubungannya dengan kecelakaan kerja.atau zat berbahaya ) yang tak memenuhi persyaratan. daya tahan tubuh.obatan. Dengan sendirirnya. kebiasaan. Keracunan mauapun keracunan secara sengaja Sangat erat hubungannya dengan usaha bunuh diri ataupun penyalahgunaan obat . terutama melalui saluran napas. Cara masuk 5. terjadinya keracunan dapat dikelompokkan menjadi dua jenis. Takaran ( dosis ) toksikan Toksikan yang masuk ke dalam tubuh. TANDA DAN GEJALA TERJADINYA KERACUNAN Seseorang yang telah mengalami keracunan kadang dapat diketahui dengan adanya gejala non spesifikdan spesifik. nutrisi. kadangkadang sulit untuk menentukan adanya keracunan hanya dengan 10 . alergi. Lamanya kontak dengan toksik Makin lama seseorang kontak dengan toksikan. yaitu: 1. Waktu pemberian 7. yaitu dengan menghirup udara yang tercemar oleh toksikan. Sifat kimia bahan penyebab keracunan 8. atau ketidaksadaran maupun ketidaktahuan seseorang terhadap suatu produk tertentu yang dapat menimbulkan keracunan. Umur 6. seperti umur. Rute paparan 4. makin berat penyakit yang ditimbulkan.

napas berbau. minyak tanah 2.melihat gejala-gejalanya saja. tinnitus. muntah. contohnya dengan pemeriksaan laboratorium melalui pemeriksaan periodik urin. tachikardia. seperti bau bahan kimia. Perlu dilakukan tindakan medik.lain. bisa disebabkan karena racun terdapat dalam makanan / minuman dalam jumlah sekaligus banyak atau dalam jumlah sedikit. • Luka bakar atau kemerahan pada daerah mulut dan bibir yang mungkin akibat menelan bahan kimia korosif. disebabkan karena racun yang terdapat dalam makanan / minuman dalam jumlah kecil dan dalam waktu yang lama. disorientasi. Keracunan melalui mulut / saluran pencernaan : • Mual. Bila dicurigai keracunan maka perlu diidentifikasi tanda dan gejala yang muncul seperti berikut : 1. rambut. cat. 11 . nyeri di saluran cerna. Gangguan metabolisme karbohidrat : Ekskresi asam organik dalam jumlah besar. darah. suara parau 3. panas dan berkeringat 5. 6. dan lain . Akut / segera. mulut menjadi berbusa • Bau nafas. b. Susunan saraf pusat : pernafasan cepat dan dalam. BMR meningkat : tachipnea. contoh bensin. hipoglikemia atau hiperglikemia. Kronik / lambat. Gejala – gejala keracunan dapat berupa : a. delirium. diare. batuk. ketosis. kejang sampai koma. tinja. suara parau. melepuh 4. Keracunan melalui pernapasan • Gangguan pernapasan dan sesak napas. nyeri perut. kuku. dehidrasi dan pendarahan saluran pencernaan. produksi liur berlebih. menyebabkan kerusakan fungsi organ tertentu. napas berbau. nyeri. Keracunan melalui kulit • Reaksi kulit : daerah kontak berwarna kemerahan.

pusing. Efek potensial pada kesehatan mata. iritasi pada kulit. sakit kepala. Bahaya utama terhadap kesehatan adalah berbahaya jika terhirup.7. iritasi pada mata. mainan. dan lain – lain. tinner untuk cat dan vernis. 8. baik pada pakaian atau pada furniture. batere. Terpentin Terpentin pada umumnya digunakan sebagai pelarut. membakar kulit dan paru-paru karena zat kimia. Tempat obat yang telah kosong atau adanya tablet / pil yang berserakan. Ammonia Biasanya digunakan pada produk pembersih kaca.paru. luka pada selaput mata. Ammonia 3. iritasi saluran pernapasan. batuk. solder. (3) 12 . mual dan muntah. 2. nafas tersengal-sengal. Timah hitam ( plumbisme ) Timah hitam ditemukan pada pelapis keramik. Keracunan timah hitam (plumbisme) biasanya merupakan suatu keadaan kronis (menahun) dan kadang gejalanya kambuh secara periodik. hidung. Adanya bercak atau bau bahan pada tubuh korban. depresi susunan syaraf pusat dan reaksi alergi. pada lantai atau tempat di sekitar korban. tenggorokan perih. nyeri pada paru . Bila bersatu dengan klorin akan menghasilkan gas yang mematikan. Gambar 1. YANG HARUS DIPERHATIKAN PENGGUNAANNYA DAN DAPAT MENGAKIBATKAN KERACUNAN 1. pelarut karet.Kerusakan yang terjadi bisa bersifat permanen (misalnya gangguan kecerdasan pada anak-anak dan penyakit ginjal progresif pada dewasa). cat. WASPADAI. dan insektisida. PRODUK ATAU BAHAN KIMIA YANG ADA DALAM RUMAH TANGGA.

larutannya tak berwarna. Akan tetapi. Sabun dan Deterjen Sabun merupakan garam natrium atau garam kalium dari asaam lemak dengan rantai karbon panjang ( 12 sampai 18 atom karbon ). deterjen demikin akan menutup air permukaan. zat aditif. isopropyl. Beberapa diantaranya mnegandung asam klorida. Semuanya bersifat racun dan dapat menyebabkan iritasi. (4) 5. Dampak negatif sangat bersifat racun. seperti asama oksalat. pewangi ruangan. tetapi juga ditambahkan ke dalam bahan kosmetika. Bahan kimia lain. Grup Alkohol Larut Contoh dari grup alcohol adalah etanol. Terpentin 4. Biasanya yang digunakan sebagai desinfektan berkonsentrasi 70 90%. iritasi pada kulit dan mata. alcohol.Gambar 2. kalium kromat. Deterjen 6. atau sedikit kuning. pembersih dan makanan . Deterjen merupakan garam natrium dari alkil hydrogen sulfat. berasap ( larutan pekat ). Apabila ditambahkan pereduksi ini. Ada beberapa deterjen yang tidak dapat terurai di alam. asam sulfat.(5) Beberapa contoh essens pewangi : • Etil propanoat : seperti nenas • Amil asetat : seperti pisang • Sitironelal : seperti jeruk ( citrus ) 13 . Keuntungan menggunakan grup alcohol ini adalah bakterisidal cepat dan tuberkulosidal. maka akan menyebabkan kekeringan pada kulit. Bahan yang digunakan adalah bahan yang mudah menguap agar wanginya mudah tercium. isopropyl alkohol. Gambar 3. tidak dapat membunuh spora dan menyebabkan korosi metal kecuali jika ditambahkan pereduksi 2 % Na nitrit. sehingga menimbulkan pencemaran air. Bahan pewangi ini dapat berasal dari tumbuhan ( alami ) tetapi dapat merupakan bahan kimia yang dibuat ( sintesis ). Pewangi Bahan pewangi tidak hanya digunakan sebagai parfum.

lupa ingatan. Mercuric Chloride Digunakan sebagai desinfektan. teratogenik. kerusakan otak dan ginjal. dan tenggorokan. 9. Efek potensial pada kesehatan adalah fatal apabila tertelan. keracunan bila tertelan. dapat menyebabkan getaran pada otot. dapt menyebabkan kerusakan pada system syaraf. batuk. Yang perlu diingat. dan karsinogen. peralatan rumah tangga. rasa metal pada mulut. walaupun terkadang digunakan sebagai antiseptic. Klorin ini diperlukan untuk membunuh virus HIV dan hepatitis B dengan kadar yang berbeda-beda sesuai dengan kondisi lingkungannya. termasuk kosmetik. pakaian olahraga. Efek potensial pada kesehatan adalah alergi. hidung. jangan menggunakan desinfektan pembebas klorin untuk mendesinfeksi jarum dan syringe ( tabung suntik ).(2) 11. Triclosan Bahan anti septik yang digunakan pada banyak jenis produk. Golongan desinfektan yang mengandung klorin ini tidak digunakan untuk mendesinfeksi instrument. Kombinasi dengan air kran dengan triclosan akan menghasilkan chloroform dalam jumlah banyak. Efek potensial pada kesehatan adalah iritasi padsa mata. Klorin Digunakan untuk membersihkan cairan tubuh. keracunan pada saraf. 10. (6) 8. dermatitis. sakit pada saat menarik nafas atau diserap kulit. gigi keropos. nausea. hidung berdarah. Phenol 14 . perubahan perilaku. plastic untuk mainan anak-anak dan peralatan dapur.• • • Sitral : seperti jeruk ( lemon ) Sinamaldehid : wangi kayu manis Mentol : wangi mentol (5) 7. mendesinfeksi sarung tangan yang terkena darah. Formaldehyde Anti mikrobial dan pengawet yang digunakan pada furniture. perawatan pribadi. dermatitis. iritasi kulit.

Tanpa ventilasi 15 . yang telah diketahui menyebabkan penyakit serius dan kematian. kulit terbakar. juga tekanan air yang kurang sehingga mesin tak bisa bekerja dan penempatan mesin pemanas berbahan gas di dalam ruang kamar mandi yang tertutup rapat. saluran air tersumbat tumpukan kotoran. cacat lahir. kerusakan saraf. Polivinilklorida ( PVC ) : plastik banyak digunakan untuk membuat barang rumah tangga seperti pipa pipa dan tirai shower. mulai dari kerusakan regulator gas. Efek potensial pada kesehatan adalah iritasi tinggi pada kulit. kanker pernapasan. pelumas dan bahan kimia lainnya.000 kasus myeloid leukemia ( AML ) yang didiagnosis setiap tahun. keramik. diklorida etilena. juga digunakan pada perangkat medis dan selama konstruksi rumah. gangguan endokrin. iritasi pernapasan. bisa mengakibatkan kematian. perekat. cairan dry cleaning. sistem kekebalan yang lemah dan kematian. dan akan sangat fatal jika dicerna 12. Masalah mesin pemakai gas elpiji yang kerap diperbaiki. Dioksin adalah zat karsinogenik yang paling dikenal dan paparan PVC dapat menyebabkan dan berkontribusi untuk kanker otak dan paru-paru. dan efek pada system immune. Digunakan dalam jumlah sedikit pada antiseptic tapi dalam jumlah banyak pada desinfektan. Lebih dari 12. dan membrane. dan produk lainnya. sakit kepala. pestisida. sakit jantung. ginjal. Paparan benzena diketahui menyebabkan leukemia bersama dengan penyakit fatal lainnya. vinil klorida. dan akhirnya beredar melalui darah ke organ lain. Hal ini dihasilkan ketika debu berilium terperangkap di paru paru. "Berilium penyakit" menimpa banyak pekerja di Amerika Serikat.Biasanya digunakan pada produk pembersih rumah tangga. hati. Benzene Bahan kimia yang digunakan sebagai pelarut dalam cat. Produksi PVC menciptakan produk samping berbahaya termasuk dioksin. 13. dan asam klorida. mata. 14. jantung. Gas karbon monoksida yang berasal dari pemanas air Pemakaian mesin pemanas air berbahan gas sering dipakai di kalangan rumah tangga. 15. Berilium Logam digunakan dalam elektronik.

Furniture polish 16 . membakar. kerusakan hati. Beberapa meliputi : Perchloroethylene : karsinogen diketahui. Fenol : Ketika fenol menyentuh kulit Anda dapat menyebabkan itu membengkak. Pembersih saluran air Pembersih saluran air yang paling mengandung alkali. kolaps sirkulasi. sangat marah pada mata. Penyegar udara Penyegar udara mengganggu kemampuan Anda untuk mencium dengan melepaskan agen saraf mematikan. Dikenal beracun bahan kimia yang ditemukan dalam sebuah penyegar udara : Formaldehida : Sangat beracun. Jika tertelan akan merusak kerongkongan. pembakaran mesin pemanas bakal tak sempurna. bahkan cuka. depresan sistem saraf .yang cukup untuk akses gas oksigen. Akibatnya menghasilkan gas beracun karbon monoksida 16. kupas dan istirahat di sarang. kerusakan ginjal. Lye: caustic luka bakar pada kulit dan mata. yang dapat menyebabkan koma atau kematian! PERINGATAN : Jangan pernah mencampur pemutih dengan amonia atau asam lain. mata dan saluran pernapasan. Uap dapat menyebabkan cairan di paru . Karpet & Shampoo Upholstery Dirancang untuk membersihkan noda. campuran menyebabkan asap MEMATIKAN! 18. dan bahkan kematian! 17. mengiritasi kulit. asam klorida atau trikloroetan. Trichloroethane : Mata dan iritasi kulit. kerusakan hati dan ginjal. Pemutih Korosif yang kuat. ginjal dan sistem saraf. 19. lambung. Bahkan sejumlah kecil bahan pembersih ini dikenal dapat menyebabkan berkeringat dingin. 20.paru. Amonium Hidroksida : bagian korosif. kejang. mata dan iritasi kulit. mereka menyelesaikan tugas dengan menggunakan zat yang sangat beracun. kulit dan pernapasan. koma. Asam klorida : Korosif. karsinogen. hati dan saluran pencernaan.

22. Ketika Anda mulai bekerja dan bernapas lebih keras bahan kimia ini masuk dalam ke paru-paru. Iritasi mata. hidung tenggorokan. sakit kepala. apalagi menggunakannya. jantung dan kerusakan sistem saraf pusat.kadang dapat berbau atau bahkan berminggu minggu setelah digunakan. Itu akan melekat kadang . cacat lahir. pusing. akan menyebabkan kerusakan jaringan parah jika tertelan. Ini digunakan untuk menyebarkan produk ke permukaan dengan kabut tipis. dan kulit. Menghambat refleks.Minyak Distilasi : Sangat mudah menyala. karsinogen. luka bakar iritan kuat baik kulit dan mata. menyebabkan cairan di paru . Belum lagi bahwa rasa aromatik yang ditinggalkan pada makanan Anda setelah keluar dari oven Anda baru dibersihkan! Natrium Hidroksida atau Kalium : ( Lye ) : caustic. Ini semprotan mengirim 17 . dapat menyebabkan kanker kulit dan paru. Jika Anda membaca label dengan hati . 21.paru. kehilangan memori dan sesak napas. sangat beracun. Produk ini datang dalam wadah aerosol spray. pernapasan muntah. BAHAYA! Fenol : ( lihat penyegar udara. Formaldehida : Sangat beracun. kanker. Dapat menyebabkan mual. mimisan. Fenol ) Nitrobenzena : Ini kimia. dangkal dan kematian. hati. sekali hal ini adalah pada furnitur Anda akan terus mengeluarkan asap sisa. mudah diserap melalui kulit. Mold & Jamur Pembersih Kebanyakan produk .hati Anda mungkin akan takut untuk bahkan mengambil kaleng.produk yang dikemas dalam baik pompa atau semprotan aerosol. Ingat. Paparan berulang dapat menyebabkan perubahan genetik. yang dapat menyebabkan koma atau kematian. Diketahui reaksi kontak kulit dapat menyebabkan perubahan warna kulit. pembersih oven adalah beberapa bahan kimia paling beracun di dapur Anda. ginjal. Beberapa bahan kimia jahat yang terkandung dalam adalah sebagai beriku t: Sodium hypochlorite : Korosif mengganggu atau membakar kulit dan mata. Pembersih Oven Berikutnya untuk menguras bersih.

Pembersih Khas mengaku menghambat salmonella mungkin lebih buruk dari masalah itu sendiri! Triclosan : Absorpsi melalui kulit dapat dikaitkan dengan kerusakan hati. Meskipun hal ini dapat menjadi bakteri yang berpotensi mematikan. Produk pembersih pakaian Sejumlah produk yang digunakan di kamar cucian untuk membersihkan pakaian kita. Dapat menyebabkan cairan di 18 . Penyebab muntah. dan tentu saja mereka mudah dihirup. Salah satu masalah dengan sebagian besar bahan kimia ini adalah bahwa mereka diserap melalui kulit. yang dapat berakibat fatal Linear alkyate sulfonat : Terserap melalui kulit. Pencuci piring. 24. meskipun mereka adalah mengetahui penyebab kanker agen. Dapat menyebabkan edema paru.kali seumur hidup Anda. mata atau saluran pernapasan. kulit dan saluran pernapasan. kita berpikir sedikit akal sehat akan menghentikannya dari mempengaruhi Anda atau keluarga Anda. Pembersih toilet Asam klorida : iritasi Sangat korosif terhadap kedua kulit dan mata. ke udara yang mendarat di kulit atau di mata Anda. tetapi apa jenis racun yang kita gunakan pada saat yang sama? Natrium atau kalsium : Sangat korosif. Beberapa pewarna buatan ( termasuk dalam beberapa cairan pencuci piring ) yang digunakan dalam produk makanan diperbolehkan. Kontak dengan bahan kimia lainnya dapat menyebabkan asap klorin. mengganggu atau membakar kulit. pembersih cair & antibakteri Perhatian baru adalah salmonella. Belum lagi bahaya merendam tangan dalam produk ini berkali . Kerusakan ginjal dan hati Bleach Hydrochlorite : Korosif. Natrium Tripoluphosphate : menyebabkan iritasi pada kulit dan selaput lendir. mengganggu atau membakar mata. 25. Telah diketahui menyebabkan penyakit hati pada hewan uji pada dosis yang relatif rendah.ribuan tetesan kecil dari amonia atau alkali. muntah atau koma jika tertelan. 23.

Pemutih pakaian sebagian besar menggunakan bahan-bahan kimia yang kuat.paru menyebabkan koma atau kematian. Kulit terasa kering. Oleh karena itu. Efek samping Pewangi Bahan pewangi yang sering menimbulkan masalah. 3. Selain itu. hindari mencium langsung pewangi pada saat disemprotkan. Di belahan bumi utara ada daerah yang sudah bocor ozonnya. bahan-bahan kimia itu dapat berdampak langsung terhadap manusia itu sendiri. Jika dibiarkan berlanjut akan menyebabkan ekstrim kulit. Misalnya. Efek samping pembersih atau limbah sabun Air sisa pembuangan limbah sabun oleh sebagian besar masyarakat kita sebagian besar dibuang ke sungai. menyebabkan iritasi kulit. dan yang lainnya. mandi. Merkuri dalam tubuh bersifat racun. Kontak dengan asam penyebab asap. Hal ini menyebabkan sungai menjadi tercemar. Karena ozon bereaksi dengan CFC. Efek Samping Pemutih Banyak pemutih yang mengandung merkuri. dampaknya Beberapa pewangi yang dapat menyebabkan dampak negatif secara langsung. 2.paru . maka ozon semakin tipis dan akhirnya hilang sama sekali. Pemakaian deterjen yang berlebih dan tangan bersentuhan langsung dengannya dapat menyebabkan iritasi kulit. banyak penduduk yang menggunakan air sungai sebagai sumber air untuk mencuci pakaian. Apabila ozon rusak. Misalnya. EFEK SAMPING BAHAN KIMIA RUMAH TANGGA 1. sabun cuci atau deterjen. Ozon berfungsi melindungi bumi dan sinar ultraviolet yang dapat menyebabkan kanker. Contohnya. ikan-ikan yang ada di sungai menjadi berkurang. Selain itu di Daerah Aliran Sungai ( DAS ) yang menderita penyakit kulit. umumnya berasal dari senyawa cloro fluoro carbon atau dikenal dengan nama CFC. yang mungkin berakibat fatal. Sebab. melepuh. mencuci peralatan masak. sehingga ekosistem sungai menjadi terganggu. retak-retak. Gas ini dapat bereaksi dengan ozon. Penghisapan secara langsung pada pewangi semprot dapat menyebabkan gangguan pada system pernapasan. dan mudah terkelupas. Umumnya bersifat korosif 19 .

organofosfat − Alkohol : Ethanol. carbonmonoksida· − Ikterus : Acetaminofen. Sebagai gantinya. periksa suhu tubuhnya. fosfor. cocain. LSD. cyanida. methanol − Minyak : Minyak tanah atau destilat minyak • KULIT: − Kemerahan : CO. asam borax. Segera periksakan ke dokter. barbiturat − Kering : Anticholinergik − Bulla : Barbiturat. anticholinergik − Berkeringat : Amfetamin. carbontetrachlorida.tanda khusus pada keracunan . Tindakan pertama yang harus dilakukan adalah jika seseorang yang mengalami keracunan muntah-muntah dan sering BAB. besi. fenacetin. isopropyl alcohol. Selain pemeriksaan fisik rutin dicari pula tanda . benzocain • SUHU TUBUH : 20 . nitrat. jamur − Purpura : Aspirin. berikan air yang dicampur dengan garam dan gula Jika diare dan muntah tidak juga berhenti sementara asupan cairan tidak maksimal. thalium.keracunan tertentu seperti : • BAU: − Aceton : Methanol. acetyl salicylic acid − Coal gas : Carbon monoksida − Buah per : Chloralhidrat − Bawang putih : Arsen. Baringkan dan jangan beri makanan yang harus dikunyah dulu. Atau masih bisa mkan dan minum tapi kondisinya tidak juga membaik dalam wktu 12 jam. organofosfat. berikanlah oralit sedikit demi sedikit. Jika tidak mempunyai oralit.CARA MENGATASI KERACUNAN DALAM RUMAH TANGGA Kenali dulu gejalanya. PEMERIKSAAN FISIK Pemeriksaan fisik sangat penting terutama pada penderita penderita yang belum jelas penyebabnya.warfarin. gigitan ular − Sianosis : Nitrit. fosfor.

salisilat. fenothiazin. sedatif hipnotik − Tachipnea : Salisilat. fenothiazin − Hiperthermia : Anticholinergik. sedatif hipnotik. barbiturat. methanol. fenothiazin. beta-blocker. amfetamin. propoxyphene. lSD. gas irritan RESPIRASI : − Depressi : Alkohol. simpatomimetik.• • • • • • Hipothermia : Sedatif hipnotik. organofosfat. paraquat − Lakrimasi : Kaustik. cocain. fenothiazin. camfer. ethyliene glycol. cyanida. narkotika. tembaga. kokain. fenothiazin. theofilin TEKANAN DARAH : − Hipertensi : Simpatomimetik. salisilat OEDEMA PARU : Salisilat. ethchlorvynol − Tachikardia : Anticholinergik. aspirin. organofosfat. antihistamin. carbonmonoksida. fenothiazin. organofosfat.clonidin. − Midriasis : Anticholinergik. soniazid. amfetamin − Hipotensi : Sedatif hipnotik. beta . amfetamin. salisilat. organofosfat ( stadium lanjut ). carbonmonoksida. atropi optik : Methanol − Fasikulasi : Organofosfat − 21 . organofosfat. carbonmonoksida − Kussmaull : Methanol. carbamatLesi mulut : Bahan korosif. clonidin. − Miosis : Narkotika ( kecuali demerol dan lomotil ). cocain. beta-blocker NADI : − Bradikard : Digitalis.blocker SELAPUT LENDIR : − Kering : Anticholinergik − Salivasi : Organofosfat. simpatomimetik. narkotika. glutethimid. − Buta. alkohol. jamur. ethanol. simpatomimetik SUSUANAN SARAF PUSAT: − Kejang : Amfetamin. amfetamin. diazepam. barbiturat. narkotika. theofilin − Arithmia : anticholinergik. cocain.

salisilat. barbiturat. terutama untuk “visum et repertum” Bahan diambil dari : a. carbamat. rigiditas : Anticholinergik. kalau perlu lakukan intubasi. lengkap ) tidak banyak membantu. logam berat SALURAN PENCERNAAN : Muntah. logam berat. paralise : Organofosfat. Urine sebanyak 100 ml c. alkohol. 3. darah tanpa antikoagulan sebanyak 10 ml. fenothiazin. organofosfat nyeri perut − - PEMERIKSAAN PENUNJANG 1. Tindakan emergensi . logam berat. organofosfat − Kelemahan. Pemeriksaan khusus seperti : kadar kholinesterase plasma sangat membantu diagnosis keracunan IFO ( kadarnya menurun sampai di bawah 50 %. flourida.Hb darah : keracunan nitrit. Narkotika. fenothiazin. anticholinergik. Kadar barbiturat plasma : penting untuk penentuan derajat keracunan barbiturate.Airway : Bebaskan jalan nafas. anti depressi trisiklik. diare. Kadar meth . strichnyn − Mioklonus. heroin.• Nistagmus : Difenilhidantoin. 22 . carbon monoksida. Pemeriksaan toksikologi : Penting untuk kepastian diagnosis. metaqualon − Koma : Alkohol. fosfat. : Besi. jamur. simpatomimetik. urin. carbamazepim. Muntuhan penderita / bahan kumbah lambung yang pertama (100 ml) b. sedative hipnotik. feses. marijuana. fenothiazin. ethanol. haloperidol − Delirium/psikosis : anticholinergik. PENATALAKSANAAN 1. cocain. 2. lithium. Pemeriksaan laboratorium Laboratorium rutin ( darah. carbonmonoksida. ethanol − Hipertoni : Anticholinergik.

Racun yang ditelan. Keracunan bahan korossif Keracunan bahan . diberikan sesuai dosis yang telah ditetapkan.Circulation : Pasang infus bila keadaan penderita gawat dan perbaiki perfusi jaringan.produk yang mengandung halogenat atau aromatik. seperti strichnin )  Penderita kejang 23 . Eliminasi racun. . Dapat diberikan dengan dosis 0. produk . logam berat dan pestisida. bila sudah lebih dari 1 jam tidak perlu dilakukan rangsang muntah kecuali bila bahan beracun tersebut mempunyai efek yang menghambatmotilitas ( memperpanjang pengosongan ) lambung. Kontraindikasi rangsang muntah :  Keracunan hidrokarbon.07 mg/kg BB secara subkutan. 2.bahan perangsang CNS ( CNS stimulant.bahan yang berbahaya seperti camphor. dilakukan dengan cara: a.Breathing : Berikan pernafasan buatan bila penderita tidak bernafas spontan atau pernapasan tidak adekuat. tapi hendaknya usahamencari penyebab keracunan ini tidak sampai menunda usaha-usaha penyelamatan penderita yang harus segera dilakukan. 3. kecuali bila hidrokarbon tersebut mengandung bahan . Identifikasi penyebab keracunan Bila mungkin lakukan identifikasi penyebab keracunan.Sirup Ipecac. .obatan : .5 menit. Rangsang muntah dapat dilakukan secara mekanis dengan merangsang palatum mole atau dinding belakang faring.dapat menyebabkanmuntah dalam 2 .Apomorphine Sangat efektif dengan tingkat keberhasilan hampir 100%. Rangsang muntah akan sangat bermanfaat bila dilakukan dalam 1 jam pertama sesudah menelan bahan beracun.. atau dapat dilakukan dengan pemberian obat.

antiinflamasi non steroid. Kumbah lambung seperti pada rangsang muntah tidak boleh dilakukan pada : • Keracunan bahan korosif • Keracunan hidrokarbon • Kejang pada penderita dengan gangguan kesadaran atau penderita.penderita dengan resiko aspirasi jalan nafas harus dilindungi dengan cara pemasangan pipa endotracheal. diazepam. Efektivitasnya masih dipertanyakan. ileus paralitik atau trauma abdomen. Jangan diberikan bila ada gagal ginjal. kecuali bila menelan bahan yang dapat menghambat pengosonganl ambung. hati-hati jangan 24 .60 menit sesudah emesis. chlordiazepoxide.0 ml/kg/jam. diare yang berat ( severe diarrhea ). chlorpheniramine.· • Lain-lain : amphetamine. Penderita diletakkan dalam posisi trendelenburg dan miring kekiri.Penderita dengan gangguan kesadaran b. Tujuan adalah untuk mendapatkan produksi urine 5.obat analgesik / antiinflammasi : acetamenophen. salisilat. Diberikan pada keracunan salisilat dan phenobarbital ( alkalinisasi urine ). phenytoin. asam basa kuat dan alkohol. sodium valproate. carbamazepine. Kumbah Lambung akan berguna bila dilakukan dalam 1-2 jam sesudah menelan bahan beracun. • Diuretika paksa ( Forced diuretic ).· • Anticonvulsants / sedative : barbiturat. digitalis. Jangan diberikan bersama obat muntah. quinine. Norit tidak efektif pada keracunan Fe. kemudian di masukkan pipa orogastrik dengan ukuran yang sesuai dengan pasien. pemberian norit harus menunggu paling tidak 30 . theophylline. cocaine. • Catharsis. morphine.  Indikasi pemberian norit untuk keracunan : • Obat . propoxyphene. cyclic anti – depressants. pencucian lambung dilakukan dengan cairan garam fisiologis ( normal saline/ PZ ) atau ½ normal saline 100 ml atau kurang berulangulang sampai bersih c. Pemberian Norit ( activated charcoal ). cyanida. lithium.

Jangan sekali . obat .anak 3. Pemberan antidotum kalau mungkin • Pengobatan Supportif. baca label dengan teliti sebelum menggunakannya 7. Cuci tangan dengan sabun setiap habis menggunakan bahan kimia 9. Jangan membuang atau merusak label pada wadah asli sebuah produk. hipoglikemia. jangan buang obat ke tempat yang orang lain masih bisa mengambilnya kembali. Perhatikan nutrisi penderita. Simpanlah produk kimia rumah tangga. Simpanlah bahan kimia pada wadah aslinya dan beri label berisi nama bahan 5. 2. 10.) USAHA MENCEGAH KERACUNAN DI RUMAH TANGGA 1. minimal masker atau sarung tangan 8. Pemberian cairan dan elektrolit. Gunakan produk yang wadahnya memiliki tututp yang tidak mudah dibuka oleh anak . Kontraindikasi : udema otak dan gagal ginjal • Infus Intra Vena. dan produk lain yang memiliki potensi bahaya pada tampat tertutup dan terkunci serta jauh dari jangkauana anak anak. Pengobatan simtomatik ( kejang. kosmetika. Simpanlah obat obatan dalam wadah aslinya lengkap dengan labelnya sehingga kita dapat mengenali obat tersebut beserta bahan aktifnya.sampai terjadi overload cairan. buanglah obat yang sudah rusak atau kadaluarsa ketempat aman. Jika menggunakannya ( baik pestisida ataupun pembersih lantai ) selalu gunakan alat pelindung diri.obatan. 25 .kali menyimpan bahan kimia pada wadah makanan atau minuman atau sebaliknya 6. Jangan menaruh bahan kimia / berbahaya di sembarang tempat 4. Harus dilakukan monitor dari elektrolit serum pada pemberian diuresis paksa. Periksa kotak obat anda secara berkala. kelainan elektrolit dsb.

Hindarilah meminum obat di hadapan anak kecil. 14.11. Sebelum menggunakannya pastikan anak anak tidak berada disekitar ruangan yang akan disemprot dan semua alat mainan disimpan ke tempat lain. 20. Pestisida dan penyegar ruangan akan terakumulasi pada karpet. Sebelum meminum obat atau memberikan obat pada anak kecil malam hari. 15. Anak anak cenderung meniru tindakan yang dilakukan orang dewasa. dan jangan pernah menyebut obat sebagai permen kepada anak anak 17. 13. Jangan sekali . Jangan pernah mengkonsumsi tanaman atau jenis ikan yang belum anda ketahui dengan pasti keamanannya jika dikonsumsi. 18. 21. 26 .kali menggunakan bekas wadah pestisida untuk tempat makan atau minuman sekalipun untuk hewan peliharaan. nyalakanlah lampu terlebih dahulu. 16. Jangan menyediakan racun tikus dengan tangan kosong. apakah ada tanaman beracun atau binatang berbisa di sekitar lingkungan anda. Jauhkan tanaman beracun dari jangkauan anak anak. Jangan pernah meletakkan anti ngengat / kamper disembarang tempat. Jika ingin menyemprot pestisida hindari anak anak dan binatang kesayangan. Kenali lingkungan anda. gunakanlah alat seperti sendok plastik dan cuci tangan setelah menyediakan racun tersebut. Pastikan obat nyamuk bakar digunakan dengan aman dan jauhkan dari bahan yang mudah terbakar. 12. Letakkan kamper di tempat yang terkunci dan jauh dari jangkauan anak anak. lalu baca teliti dosis dan aturan pakai. kalau ingin menyemprot hindari dari karpet misalnya dengan menggulung terlebih dahulu atau jangan gunakan karpet pada ruangan ini. Lakukan penyemprotan 1 jam sebelum ruangan dipakai 19. Gunakan pestisida dalam bentuk semprotan kurang lebih 1 jam sebelum tidur.

seperti Sentra Informasi. (2) Jika perbuatan itu mengakibatkan orang mati. BUKU KEDUA – KEJAHATAN. KUHP ( Penal Code ). misalnya kecelakaan pesawat udara. KEJAHATAN YANG MEMBAHAYAKAN KEAMANAN UMUM BAGI ORANG ATAU BARANG Pasal 202 (1) Barang siapa memasukkan barang sesuatu ke dalam sumur. feses. kecelakaan lalu lintas.22. 27 • . sumber atau ke dalam perlengkapan air minum untuk umum atau untuk dipakai oleh atau bersama-sama dengan orang lain. lengkap ) 2. peristiwa pembunuhan Meliputi : 1. Keracunan. urin. pompa. BAB VII. Polisi dll. 3. padahal diketahuinya bahwa karena perbuatan itu air lalu berbahaya bagi nyawa atau kesehatan orang. yang bersalah diancam dengan pidana penjara seumur hidup atau pidana penjara selama waktu tertentu paling lama dua puluh tahun. Ambulans. darah pada keracunan nitrit. dan lain – lain 2. diancam dengan pidana penjara paling lama lima belas tahun. Penting untuk kepastian diagnosis. sianida. misalnya keracunan karena morfin. PEMERIKSAAN FORENSIK KERACUNAN Pemeriksaan forensik dalam kasus keracunan dibagi menjadi 2 kelompok berdasarkan atas tujuan dari pemeriksaan yaitu : 1. Pemeriksaan khusus seperti : kadar kholinesterase plasma sangat membantu diagnosis keracunan IFO. kadar barbiturat plasma : penting untuk penentuan derajat keracunan barbiturate. terutama untuk “visum et repertum” PERATURAN PERUNDANGAN YANG BERHUBUNGAN DENGAN RACUN 1. Rumah sakit. Pemeriksaan toksikologi. Simpanlah selalu nomor nomor telepon penting. Pemeriksaan laboratorium : Laboratorium rutin ( darah. Untuk mengetahui sejauh mana obat – obatan atau racun berperan sehingga suatu peristiwa itu terjadi. Mencari penyebab kematian.

28 . diancam dengan pidana penjara paling lama lima belas tahun. hakim dapat memerintahkan supaya putusan diumumkan. sehingga karena perbuatan itu air lalu berbahaya bagi nyawa atau kesehatan orang. diancam dengan pidana penjara paling lama sembilan bulan atau pidana kurungan paling lama enam bulan atau pidana denda paling banyak empat ribu lima ratus rupiah. yang bersalah dapat dilarang menjalankan pencariannya ketika melakukan kejahatan tersebut. (3) Barang-barang itu dapat disita. padahal sifat. sumber atau ke dalam perlengkapan air minum untuk umum atau untuk dipakai oleh.• • • • Pasal 203 (1) Barang siapa karena kesalahannya (kealpaannya) menyebabkan bahwa barang sesuatu dimasukkan ke dalam sumur. pompa. Pasal 206 (1) Dalam hal pemidanaan karena salah satu kejahatan berdasarkan bab ini. diserahkan atau di bagi-bagikan tanpa diketahui sifat berbahayanya oleh yang membeli atau yang memperoleh. yang bersalah diancam dengan pidana penjara paling lama satu tahun empat bulan atau pidana kurungan paling lama satu tahun. menyerahkan atau membagi-bagikan barang yang diketahuinya membahayakan nyawa atau kesehatan orang. yang bersalah diancam dengan pidana penjara seumur hidup atau pidana penjara selama waktu tertentu paling lama dua puluh tahun. Pasal 205 (1)Barang siapa karena kesalahannya (kealpaannya) menyebabkan barang-barang yang berbahaya bagi nyawa atau kesehatan orang. atau bersama-sama dengan orang lain. menawarkan. yang bersalah diancam dengan pidana penjara paling lama satu tahun empat bulan atau pidana kurungan paling lama satu tahun. diancam dengan pidana penjara paling lama sembilan bulan atau pidana kurungan paling lama enam bulan atau pidana denda paling banyak empat ribu lima ratus rupiah. (2) Jika perbuatan itu mengakibatkan orang mati. berhahaya itu tidak diberi tahu. Pasal 204 (1) Barang siapa menjual. dijual. (2) Jika perbuatan itu mengakibatkan orang mati. (2) Dalam hal pemidahaan berdasarkah salah satu kejahatan dalam pasal 204 dan 205. (2) Jika perbuatan itu mengakihatkan orang mati.

2. Pemerintah menetapkan lebih lanjut bahan yang dilarang dan atau dapat digunakan sebagai bahan tambahan pangan dalam kegiatan atau proses produksi pangan serta ambang batas maksimal sebagaimana dimaksud pada ayat 1. “kejahatan terhadap kemanusian” berarti setiap tindakan-tindakan berikut ini apabila dilakukan sebagai bagian dari upaya penyerangan yang sistematis dan menyebar luas yang diarahkan terhadap salah satu kelompok penduduk sipil. Untuk tujuan Undang-undang ini. 2. Setiap orang yang memproduksi pangan untuk diedarkan dilarang menggunakan bahan apa pun sebagai bahan tambahan pangan yang dinyatakan terlarang atau melampau ambang batas maksimal yang telah ditetapkan. 17 Juli 1998.UNDANG RI No 7 Tahun 1996 tentang Pangan. Statuta Roma. Pasal 7. Kejahatan terhadap kemanusian 1. pada Bab II mengenai Keamanan Pangan. tentang Pengadilan Pidana Internasional. pasal 10 tentang Bahan Tambahan Pangan dicantumkan : 1. UNDANG . dengan penyerangan yang disengaja: Untuk tujuan ayat 1 : “Pemusnahan” mencakup hukuman atau yang disengaja dari kondisi-kondisi penyiksaan kehidupan. 3. inter alia perampasan akses terhadap makanan dan obat-obatan yang diperhitungkan membawa akibat kerusakan dari bagian suatu populasi 29 .

BAB II PENUTUP 30 .

Diakses dari library. Jakarta (5) Soeroso AY.DAFTAR PUSTAKA (1) Simatupang. Simon.com/inside_level2. Ensiklopedi Sains & Kehidupan. Anna Permanasari & Kardiawarman.id/abstrak/artikel-soewarno-4. Diakses dari www. Diakses dari http://www. Mikrobiologi Pertanian. Medan (2) Health and Hygiene. Bahan-Bahan Kimia Industri yang dapat Menyebabkan Penyakit Rongga Mulut.edu/informasi/download-biblio.infosehat.moca.mn.state.unud. Diakses dari http://www.pdf pada tanggal 27 Oktober 2010 (7) Bahan Kimia Toksik. Gramedia. (2002).. Srikandi.php? id=45 3 pada tanggal 27 Oktober 2010 (4) Fardiaz. Diakses dari http://ejournal.ys/campaign/toxics pada tanggal 2 November 2010 (8) Pencegahan Keracunan Umum. Departemen Pendidikan Nasional.stikom.pdf pada tanggal 27 Oktober 2010 (3) Hindarkan Bahaya Keracunan di Lingkungan Rumah Tangga.ac.com/images/bt/files/file_643_267.asp?artid=245&secid=&intid=3 pada tanggal 27 Oktober 2010 31 .krching. FK USU. (6) Practical Pharmacy. 1992.

com/bahaya-keracunan-di-lingkunganrumah-tangga/ 32 .go.(9) Keracunan.wordpress. Diakses dari http://www.com/inside_level2.pdf pada tanggal 27 Oktober 2010 (10) Cara Mengatasi Keracunan dalam Rumah Tangga.asp? artid=245&secid=&intid=3 pada tanggal 2 November 2010 (11) http://alkil.info-sehat.pom.id/public/siker/desc/produk/CegahRacunUmum. Diakses dari www.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful