You are on page 1of 16

ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM ADMINISTRASI PADA LEMBAGA PENDIDIKAN BAHASATAAT

Edwi Rahayuningtyas Ary Winarwan Asep Udin Nurul Huda

- 11120015 - 11120016 - 11120018 - 11120019

LATAR BELAKANG
Perkembangan teknologi pada saat ini sudah mengalami evolusi yang sangat meningkat. Salah satu teknologi yang paling menonjol adalah komputer. Komputer bagi sebagian orang sudah menjadi kebutuhan primer karena sangat membantu dalam melakukan pekerjaan. Sistem yang terkomputerisasi menjadi suatu hal yang penting dalam mengimbangi perkembangan teknologi, termasuk sistem administrasi pada dunia pendidikan. Lembaga pendidikan TAAT merupakan salah satu lembaga pendidikan yang mempunyai banyak murid. Tapi masih menggunakan sistem manual pada proses administrasi. Dengan adanya sistem yang terkomputerisasi, kegiatan administrasi lebih cepat dan efisien, serta memudahkan dalam proses pencarian data. Berdasarkan hal yang sudah disebutkan diatas, maka penulis mencoba untuk menganalisa dan membuat suatu sistem yang baik dan terkomputerisasi untuk memperbaiki sistem yang sudah ada sebelumnya di Lembaga Pendidikan Bahasa TAAT.

TUJUAN
Tujuan dibuatnya sistem ini yaitu memperbaiki sistem lama yang masih manual dan menggantikannya dengan sistem baru yang terkomputerisasi. Dengan dibuatnya sistem ini, diharapkan dapat membantu pengguna dalam mendapatkan dan mengolah data yang lebih akurat sehingga memudahkan pengguna dalam melakukan proses pencatatan data.

RUANG LINGKUP

Login karyawan Pendaftaran siswa baru Pendaftaran test masuk Proses pembayaran seperti bayar biaya kursus dan biaya lainnya (biaya administrasi, ujian kenaikan tingkat, dan sertifikat) Pencatatan data guru dan data karyawan lain yang bekerja Peng-update-an biaya kursus dan biaya lainnya Pembuatan laporan

UML
(UNIFIED MODELLING LANGUAGE) PADA PEMBUATAN SISTEM ADMINISTRASI PADA LEMBAGA PENDIDIKAN BAHASA TAAT

DIAGRAM USE CASE


TAAT

DIAGRAM SEKUENSIAL LOGIN

DIAGRAM SEKUENSIAL TEST PENEMPATAN

DIAGRAM SEKUENSIAL PENDAFTARAN SISWA BARU

DIAGRAM SEKUENSIAL PEMBAYARAN

DIAGRAM SEKUENSIAL DATA

DIAGRAM SEKUENSIAL PEMBUATAN LAPORAN

DIAGRAM KELAS

ALUR APLIKASI

KESIMPULAN
Pembuatan sistem administrasi di Lembaga Pendidikan Bahasa memiliki tujuan untuk memperbaiki sistem lama yang masih menggunakan sistem manual, dan menggantikannya dengan sistem baru yang terkomputerisasi. Dengan adanya sistem yang terkomputerisasi, pencatatan data dan proses pembayaran menjadi lebih cepat dan pengolahan data menjadi lebih mudah. Data yang ada pun menjadi lebih tersimpan dengan baik karena tidak semua orang bisa mengakses data tersebut.

SARAN
Dengan dibuatnya sistem ini, penulis berharap suatu saat nanti akan dikembangkan lebih jauh lagi sistem yang sudah dibuat sebelumnya. Seperti pencetakan laporan yang lebih spesifik lagi, pencatatan dan pembuatan absensi untuk guru dan siswa, pembuatan management admin, dsb. Untuk pengembangan selanjutnya, aplikasi ini dapat digunakan lebih mudah dan dibuat se-user friendly mungkin, dan juga membuat tampilan atau interface yang lebih menarik dan lebih baik dari yang dibuat sebelumnya sehingga user tidak bosan.