ISU 1 ( Level komunitas) EFEK BURUK MAKAN MIE INSTAN SETIAP HARI Bagaimanapun mie instan tidak bisa

menggantikan makan penuh (wholesome food) dan hanya bisa di jadikan makanan bantu sementara (selingan) dan tidak boleh di konsumsi secara terus menerus karena berakibat sangat buruk bagi kesehatan. Hal itu disebabkan kandungan zat (campuran dalam pembuatan ) mie instan. Disamping itu mie instan tidak memenuhi kebutuhan gizi seimbang bagi tubuh . Walaupun di dalam mie instan terdapat kandungan karbohidrat dalam jumlah besat tetapi kandungan vitamin, mineral maupun protein yang ada didalamnya sangat sedikit. Hal itu berbeda jika makan mie instan dengan campuran bahan lain yang mengandung vitamin seperti penampahan jenis sayuran seperti wortel, sawi, tomat dll, Sumber protein bisa juga di dapatkan jika di tambah seperti telor, ikan , tempe, daging dsb.. Satu takaran saji mie instan yang berjumlah 80 gram dapat menyumbangkan energi sebesar 400 kkal, yaitu sekitar 20% dari total kebutuhan energi harian (2.000 kkal). Energi yang disumbangkan dari minyak berjumlah sekitar 170-200 kkal. Hal lain yang kurang disadari adalah kandungan minyak dalam mie instan yang dapat mencapai 30% dari bobot kering. Hal tersebut perlu diwaspadai bagi penderita obesitas atau mereka yang sedang menjalani program penurunan berat badan. Ternyata mie instan bukan cuma kandungan nutrisinya yang kurang, tapi juga bisa merugikan kesehatan bagi mereka-mereka yang mengkomsumsi salah satunya menurut dokter mie instan penyebab timbulnya kanker, hal itu disebabkan oleh zat lilin sebagai campuran pembuatan mie instan yang berfungsi agar mie instan tidak lengket saat dimasak. Walaupun hasil dari penelitian Badan POM isu lilin yang ada dalam mie instan dinyatakan tidak benar Isu Lilin di Mie Instan. Isu ini ternyata itu tidak benar. Mengenai isu lilin pada mie instan, Badan POM mengatakan tidak menemukan adanya bahan tersebut. Mengenai penggunaan lilin ini pun dibantah oleh salah satu produsenmie instan di Indonesia, PT Indofood. “Geletinasasi pada mie disebabkan mie dibuat dengan pengukusan dan penggorengan. Jadi, isu lilin kan isu lama yang tidak benar,” kata Siegfried, Public Relation PT Indofood cabang Jawa Barat.

Bahan pengembang yang umum digunakan adalah natrium tripolifosfat. kandungan natrium yang tinggi akan menetralkan lambung. Sebagian karbohidrat dalam nasi merupakan karbohidrat kompleks yang memberi efek rasa kenyang lebih lama. Jika melihat iklan di layar televisi. Natrium yang terkandung dalam mie instan berasal dari garam (NaCl) dan bahan pengembangnya. satu bungkus mie belumlah cukup. Mie Instan membuat kita lebih cepat lapar dari pada makan nasi: Namun. maag. cara prescription medications online makan mie yang baik adalah dengan menambah menu yang berasal dari bahan dasar hewani dan sayur-sayuran berserat. Sedangkan bagi penderita hipertensi.” sebaiknya diberi lauk-pauk yang lain terutama sayuran yang berserat: Namun. Akibatnya. untuk memenuhi kebutuhan gizi dalam tubuh. Sedangkan karbohidrat dalam mie instan sifatnya lebih sederhana sehingga mudah diserap. Kelemahan lain mie instan adalah tidak dapat dikonsumsi oleh penderita autisme. Keadaan asam lambung yang tinggi akan berakibat pada pengikisan dinding lambung dan menyebabkan rasa perih. dan autisme: Kelemahan dari konsumsi mie instan adalah kandungan natriumnya yang tinggi. . substansi yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita autisme. mencapai 1% dari bobot total mie instan per takaran saji. Natrium memiliki efek yang kurang menguntungkan bagi penderita maag dan hipertensi. Hal tersebut disebabkan karena mie instan mengandung gluten. Bagi penderita maag. sehingga lambung akan mensekresi asam yang lebih banyak untuk mencerna makanan. sifat karbohidrat dalam mie berbeda dengan sifat yang terkandung di dalam nasi. mie instan memberi efek lapar lebih cepat dibanding nasi Dan untuk makan mie instan “dengan baik.Informasi selanjutnya juga memberikan peringatan bagi mereka yang menderita hipertensi. natrium akan meningkatkan tekanan darah karena ketidakseimbangan antara natrium dan kalium (Na dan K) di dalam darah dan jaringan.

Soal berlebihan. tingkat bahaya nikotin bergantung pada kadar konsumsinya. Lalu apakah ini sekadar menarik perhatian ? Tentu saja tidak. Demikian juga dalam mensikapi kandungan nikotin pada tembakau yang dalam Undangundang kesehatan dinyatakan sebagai zat adiktif. lemak. sayuran berserat berperan pula untuk menetralisasi kandungan lemak. telur. dan itu tidak dilarang. dan kapri. . Misalnya obesitas.obyek apapun kalau dikonsumsi berlebihan akan berdampak negatif. nikotin digunakan pada makanan dan minuman suplemen. sedangkan sayur-sayuran berserat dapat menambah vitamin. Namun. prorokok dan antirokok. kenaikan tensi tubuh dan lain-lain. sampai pada judgemen bahwa rokok adalah pembunuh nomor satu di muka bumi. Juniarta Alidjaja.Iklan mie di layar kaca menampilkan kebiasaan orang makan mie instan dengan tambahan menu seperti ayam. ikan. ISU 2 (Level Individu) ISU KESEHATAN DAN SIKAP PEROKOK Teori kesehatan tentang rokok yang bisa menjadi konsensus adalah bahwa rokok itu berbahaya bagi kesehatan. Hal ini karena mie mengandung karbohidrat sederhana. ulasan dan analisa bahaya rokok kemudian makin luas dan agresif. Kalangan antirokok mengembangkan analisa pada dampak yang ekstrem di luar ancaman penyakit yang memang sudah tertera dalam bungkus rokok. Selain itu. Dalam takaran yang bisa diterima oleh kesehatan tubuh. seperti rokok dapat mengurangi usia hidup perokok hingga 5 tahun lebih. Kalangan perokok menganggap bahaya itu masih dalam batas toleransi tubuh selama tidak berlebihan dalam mengkonsumsi. orang yang kebanyakan makan mie instan tanpa diimbangi makanan berserat berpotensi mengalami gangguan kesehatan. lebih banyak menimbulkan tarik-menarik antardua kepentingan. kenaikan kadar gula darah. Pada bungkus mi pun terdapat gambar penyajian mie dengan menu tadi. Bahan dasar hewani menyediakan sumber protein. kangkung. Menurut seorang ahli gizi klinik. dan kadar natrium tinggi. wortel.

menjauhi semua faktor pemicu penyakit itu sulit dilakukan. sejenak mungkin tertegun saat menyaksikan gambar-gambar poster yang mengerikan. iklan-iklan media massa disebar. namun bukan penyebab tunggal. sate kambing. nampaknya kampanye bahaya rokok ini tidak terlalu mengena. kalangan perokok tetap sehat.Bagi perokok. Terhadap pola konsumsi yang tidak bisa dihindari secara total. memiliki keturunan yang sehat. juga tidak tejadi. kopi/teh manis yang yang bisa memicu kenaikan gula darah. dan lain-lain yang dapat menyebabkan penumpukan kolesterol pada organ-organ vital. impotensi dan gangguan janin. masih banyak faktor lain di luar rokok . sebutlah konsumsi karbohidrat. padahal sosialisasi sudah banyak dilakukan. maka langkah bijak adalah dengan mejaga keseimbangan pola hidup. apakah menjaga kesehatan dipahami dengan menjauhi semua faktor yang dapat menimbulkan sebuah penyakit. Kepanikan akan bahaya rokok seperti yang diharapkan kelompok antirokok. dan rajin berolahraga. Faktor Penyakit Lantas. dan stabilitas psikologis mengingat kondisi kejiwaan seseorang juga berpengaruh pada kesehatan. Dalam kondisi tertentu. dengan memperbanyak asupan nutrisi yang benarbenar sehat bagi tubuh dan minum air putih sebanyak dua liter sehari. gaya hidup. Pemahaman tersebut tampaknya dipegang sebagian perokok. atau konsumsi fastfood. dan hidup sampai tua sebagaimana standar usia hidup. goreng-gorengan. sedemikian parahkan perokok mengabaikan kesehatan? Jawabannnya tergantung bagaimana memahami konsep kesehatan. serangan jantung. Rokok memang menjadi faktor sejumlah penyakit. Sementara itu perokok lebih meyakini fenomena rokok berdasarkan pengalaman dan realitas di masyarakat yang justru menunjukkan fakta sebaliknya. poster-poster sudah banyak terpampang di semua puskesmas dan rumah sakit serta instansi pemerintah. setidaknya inilah yang sering dianjurkan ahli kesehatan. Termasuk dalam hal ini adalah kebiasaan merokok padahal rokok dapat menyebabkan kanker. junkfood. tapi tidak lantas membuat mereka berhenti merokok. atau dilakukan dengan menjaga keseimbangan pola hidup. belum lagi baliho dan spanduk di pinggir-pinggir jalan yang jumlahnya sudah menyaingi iklan rokok.

Hal ini berbeda saat memahami penyakit dengan faktor tunggal. Mereka yang berseberangan soal bahaya rokok. karena pada dasarnya rokok hanya salah satu faktor pemicu.com ISU 3 (Level Keluarga) Obesitas pada Remaja Obesitas pada masa remaja cenderung menetap hingga dewasa dan makin lama obesitas berlangsung makin besar korelasinya dengan mortalitas dan morbiditas. kelompok ahli kesehatan tidak perlu geram terhadap sikap perokok yang tidak panik dengan kampanye bahaya rokok. Bisa dibandingkan. Artinya. (Lukman Hakim) Sumber : www. dan tidak perlu menyerang secara agresif dengan mengkriminalisasi perokok. dan pola hidup yang tidak sehat. atau justru lebih banyak yang bukan perokok. Bukankah teori kesehatan juga bisa berubah sesuai hasil penelitian terbaru. seperti demam berdarah dengue (DBD) yang disebabkan nyamuk aedes aegypti atau penyakit flu burung (avian influenza) yang dipicu virus H5N1.kompasiana. apakah seluruhnya adalah perokok. juga bisa disebabkan faktor lain. jantung dan impotensi itu. sebutlah lingkungan tempat tinggal yang kotor. Ada saatnya juga dimana ahli kesehatan menyadari bahwa rokok bukan penyebab segalanya. dari sekian banyak penderita kanker.yang dapat menyebabkan kanker dan sebagainya itu. karena kesehatan itu multi-faktor. rokok bukan pembunuh nomor wahid di dunia ini. Obesitas sentral (rasio lingkar pinggang dengan panggul) terbukti berkorelasi terbalik dengan profil lipid padal penelitian longitudinal Bogalusa. kemiskinan. polusi udara. Obesitas juga menimbulkan masalah besar kesehatan . baik perokok aktif maupun pasif. Pun pada kampanye rokok dapat mengurangi usia hidup perokok hingga 5 tahun lebih. dimana tindakannya pun tegas: memberantas jentik nyamuk atau unggas yang menjadi perantara virus tersebut. misalnya yang sering dilontarkan ahli kesehatan adalah kebiasaan menonton televisi yang konon bisa mengurangi jatah usia seseorang hingga 22 menit tiap jamnya. barangkali melihat fakta kesehatan dimana penyakit-penyakit tersebut lebih banyak disebabkan faktor di luar rokok.

tomat dll. dan pengobatan tidak saja memerlukan biaya tinggi tetapi seringkali juga tidak efektif. Tetapi ada sedikit keunikan yaitu seseorang yang terkena obesitas cenderung lebih rendah beresiko terkena osteoporosis Total energi didalam mie instan memang tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan energi karena kandungan gizinya yang kurang. Karenanya pencegahan obesitas menjadi sangat penting dan remaja merupakan target utama. Obesitas pada remaja memang memiliki dampak sosial. tidak berlebihan. sawi. . Isu pada level keluarga Obesitas pada remaja dalam hal ini terjadi karena pengaturan makan yang salah dan tidak sesuai dengan kebutuhan Isu pada level komunitas Konsumsi mie instan yang berlebihan dapat menimbulkan efek negatif bagi kesehatan tubuh o Seeing strange in Rokok memang the familiar berbahaya terhadap kesehatan tubuh. Tetapi sebagian beranggapan bahwa kandungan nikotin yang terdpat dalam rokok tidak akan mengganggu kesehatan apabila berada dalam takaran yang sesuai.dan sosial. Aspek o Seeing general pattern in the particular Isu pada level individu Teori kesehatan menyebutkan bahwa rokok berbahaya bagi kesehatan. Terdapat 2 kalangan yaitu prorokok dan antirokok. Tetapi Hal itu berbeda jika makan mie instan dengan campuran bahan lain yang mengandung vitamin seperti penampahan jenis sayuran seperti wortel.

Obesitas pada remaja dapat terjadi karena pilihan dari remaja tersebut yang menginginkan gemuk. Obesitas pada remaja. menimbulkan kesehatan saja tidak masalah tetapi hanya pada juga masalah sosial. lauk lain. Remaja yang mengalami obesitas seringkali merasa malu kepada orang lain. Mereka sering merasa tidak percaya diri akan bentuk tubuh mereka. 2.o Seeing personal choice in the social context Kalangan prorokok menganggap bahwa rokok bukan merupakan faktor tunggal penyebab penyakit tetapi ada faktor lain yang mempengaruhi. Obesitas terkadang dianggap sebagian dari mereka membuat diri Sebagian beranggapan bahwa tidak masalah mengonsumsi mie instan asalkan ditambah pelengkap lain menjadi keliahatan lebih seperti sayuran dan menarik. karena isu diatas menunjukkan bahwa masalah obesitas pada remaja merupakan suatu masalah yang cukup berat. Hal inilah yang menyimpulkan bahwa isu ini termasuk structural yang artinya masyarakat jauh lebih dominan memberikan pengaruh yang . Perspektif Struktural fungsional Isu Sakit/Sehat Obesitas Analisis/Penjelasan Isu diatas termasuk kedalam isu Structural Functional Analysis.

besar daripada individual. Kalangan prorokok memiliki pilihan dan alasan sendiri mengenai dampak dari . Mereka beranggapan bahwa rokok bukan merupakan penyebab tunggal dari adanya suatu penyakit. tidak memberi pengaruh yang signifikan terhadap kalangan prokokok. apabila tidak berlebihan juga tidak akan membahayakan tubuh. segala tindakan yang dilakukan antirokok oleh seperti kalangan kampanye. Oleh karena itu. Konflik sosial Isu Kesehatan dan Sikap Perokok Isu diatas termasuk kedalam isu Social Conflict Analysis. melainkan juga disebabkan oleh adanya faktorfaktor lain yaitu seperti lingkungan dan pola hidup. Dimana kalangan pro rokok memiliki pilihan tersendiri dengan menyatakan bahwa apabila konsumsi rokok tidak berlebihan maka tidak akan berbahaya bagi tubuh dan juga nikotin yang terkandung dalam rokok. karena didalam isu tersebut terdapat 2 kalangan yaitu prorokok dan antirokok. Mereka tidak terlalu menanggapi apa yang disosialisasikan oleh kalangan antirokok.

Interaksi terjadi antara konsumen dengan produsen mie instan dan Badan POM Diduga pada mie instan terdapat yang kandungan-kandungan kurang baik untuk kesehatan tubuh seperti yang kandungan berlebihan karbohidrat sedangkan kandungan protein. kandungan natrium yang tinggi juga berbahaya bagi tubuh terutama bagi penderita maag dan hipertensi. disebutkan bahwa mie instan mengandung lapisan lilin yang kanker.merokok. Sebagai contoh. mie Dalam instan. Hal ini dikarenakan yang adanya interaksi membahas mengenai efek samping dari konsumsi mie instan yang berlebihan dengan menganalisa kandungan dari mie instan tersebut. vitamin dan mineralnya sedikit. Selain itu. dapat Tetapi menyebabkan setelah diteliti oleh bdan POM ternyata tidak benar. sayuran mengonsumsi sebaiknya ditambah berserat yang dapat menetralisasi . Interaksionis simb0lik Efek konsumsi mie instan setiap hari Isu diatas termasuk ke dalam Symbolic Interaction Analysis.

kandungan lemak yang berlebihan pada mie instan. .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful