LAPORAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN di PT PRANAINDAH GEMILANG

TUGAS KHUSUS PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN PENYAKIT BUSUK DAUN (ANTRAKNOSA) DAN BERCAK DAUN (CULVULARIA) DI PEMBIBITAN

Disusun Oleh : Febriyanti NIM : 3032009091

TEKNOLOGI PENGOLAHAN HASIL PERKEBUNAN JURUSAN TEKNOLOGI PERTANIAN POLITEKNIK KETAPANG 2012

i

. 16118-0108-008 Mengesahkan Ketua Jurusan Teknologi Pertanian Irianto Sastro Prawiro.... Koordinator PKL Pembimbing PKL Dian Fitriarni...LEMBAR PERSETUJUAN LAPORAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN Di PT......... 16118-0108-081 ii ................. PRANAINDAH GEMILANG Judul Tugas Khusus : Pencegahan dan Penanggulangan pada Penyakit Busuk Daun (Antraknosa) dan Bercak Daun (Culvularia) di Pembibitan PT Pranaindah Gemilang Waktu Pelaksanaan Pelaksana : 05 Maret – 05 Mei 2012 : Febriyanti Telah disetujui untuk disidangkan pada : Tanggal Tempat : ......... 16118-0108-078 Trian Adimarta.. : ......... STP NIK............ SST NIK....... SST NIK...

.... Mengetahui Ketua Jurusan Teknologi Pertanian Pembimbing PKL Irianto Sastro Prawiro.... Dosen Penguji 2 Nenengsih Verawaty. Dosen Penguji 1 Evi Ardalina.. PRANAINDAH GEMILANG Judul Tugas Khusus PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN PENYAKIT BUSUK DAUN (ANTRAKNOSA) DAN BERCAK DAUN (CULVULARIA) DI PEMBIBITAN Telah disidangkan pada : Tanggal : .................... STP NIK.......................... Tempat : . 16118-0108-081 ........... STP....... 16118-0108-008 iii .LEMBAR PENGESAHAN LAPORAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN Di PT. Menyetujui Ketapang... SST NIK.... SE........... 16118-0108-081 Trian Adimarta........................ MP NIK. MM NIK............. 16118-0108-048 .....

.... Teman – teman seperjuangan ku yang telah mendukung dan membantu ku selama proses pembuatan laporan PKL ini. Dan Kedua dukungan orang do’a tua ku yang selalu memberikan proses dan untuk kelancaran dalam pembuatan laporan PKL ini...Guys iv ..PERSEMBAHAN Laporan PKL ini ku persembahkan kepada : Allah SWT yang selalu ku harapkan Ridho dan HidayahNya.... Pembaca yang ingin mencari ilmu dan pengetahuan dari laporan PKL ini.There isn’t Got another........ Allah is my Got. yang ingin menjadikan laporan ini sebagai acuan kalian “. Good Luck. Allah yang selalu ada di saat Ku bersimpuh kepada_nya memberikan ku nikmat yang tiada tandingannya. “Semoga Laporan ini dapat bermanfaat bagi kalian. Dosen Pembimbing yang telah membantu menyempurnakan penyusunan laporan PKL.. except Allah.. Your is Best Friend.. Thank you very much. I Love My Parent. Sir....

yang telah melimpahkan Rahmat dan Karunia-Nya. Laporan ini disusun berdasarkan pengamatan langsung selama pelaksanaan kegiatan praktik kerja dengan data dan informasi yang penyusun peroleh langsung dari lapangan.KATA PENGANTAR Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah S. W. Ketapang. Laporan Praktik Kerja Lapangan (PKL) ini mengambil Tugas Khusus tentang “Penyakit Antraknosa dan Bercak Daun (Culvularia) di Pembibitan PT Pranaindah Gemilang” yang membahas tentang Pencegahan dan Cara Penanggulangan Penyakit yang sering menyerang pembibitan di perusahaan tersebut. Penyusun berharap Laporan PKL ini dapat memberikan informasi kepada kita semua tentang Cara Pencegahan dan Penanggulangan terhadap Penyakit tersebut. Penulis menyadari bahwa laporan PKL ini masih jauh dari sempurna. sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan Praktek Kerja Lapangan (PKL) ini sebagaimana mestinya. Mei 2012 Penyusun v . oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun penulis harapkan demi kesempurnaan laporan ini. T.

Ir. 6. Trian Adimarta. selaku Ketua PKL. penyusun ingi mengucapkan terima kasih kepada Allah SWT yang telah memberikan karunia berupa kesehatan dan kekuatan pada saat proses pengerjaan lapporan PKL ini hingga selesai. Dosen – dosen dan Staf Jurusan Teknologi Pertanian. serta rekan-rekan seperjuangan. Mulyadi. MM. selaku Regional Office ( RO ). waktu. Darsono.. tenaga dan datadata selama penulis menyelesaikan laporan ini.. STP. Penulis menyadari bahwa dalam penulisan dan penyusunan laporan Praktek Kerja Lapangan ini juga tidak akan selesai dan berhasil tanpa bantuan dari pihak – pihak yang terlibat. 3. Oleh karena itu pada kesempatan ini penulis menyatakan rasa terima kasih kepada: 1. Hj. Penulis telah berusaha semaksimal mungkin dalam pembuatan Laporan ini untuk mencapai kata sempurna. Ir. Nurmala. 10. karena banyak sekali ungkapan terima kasih yang harus disampaikan. Seluruh keluargaku. Dr. Untuk itu Penulis vi . Dian Fitriarni. Para Staf pembimbing lapangan dan seluruh karyawan di PT.P. 2. Pertama. H. Irianto S. selaku Project Manager. 8. SST. SST.UCAPAN TERIMA KASIH Terima kasih atas disediakannya lembar untuk mengucapkan ungkapan terima kasih.. selaku Direktur Politeknik Ketapang. selaku Kepala Jurusan Teknologi Pertanian. yang telah baik pikiran. 4. Ayahanda tersayang Subroto yang telah memberikan semangat dan dorongan serta doa dan kasih sayangnya. selaku dosen pembimbing. 9. untuk Ibunda tercinta Yusmani. Pranaindah Gemilang yang tidak dapat penulis cantumkan nama mereka satu persatu. 7. 5.

demi kelancaran pembuatan Laporan selanjutnya. karena suatu kesempurnaan akan diperoleh jika kita menerima kritik saran yang tentunya bersifat membangun. Ketapang.mengharapkan kritik dan saran. April 2012 Penulis vii . Semoga Laporan ini dapat bermafaat dan menjadi informasi untuk berbagai pihak.

4 Sejarah Perusahaan Gambaran Umum Perusahaan Pengendalian Mutu Perusahaan Kesehatan dan Keselamatan Kerja BAB III PEMBUKAAN LAHAN 3.1 4.1 2.DAFTAR ISI HALAMAN JUDUL HALAMAN PERSETUJUAN HALAMAN PENGESAHAN HALAMAN PERSEMBAHAN KATA PENGANTAR UCAPAN TERIMA KASIH DAFTAR ISI DAFTAR GAMBAR DAFTAR TABEL DAFTAR LAMPIRAN BAB I PENDAHULUAN 1.2 4.3 2.5 4.3 Perolehan Lahan Perencanaan Lokasi Sarana Penunjang Pembukaan Lahan BAB IV PEMBIBITAN KELAPA SAWIT 4.4 4.2 3.3 BAB II Latar belakang Praktek Kerja Lapangan Maksud dan Tujuan Waktu dan Lokasi i ii iii iv v vi viii x xii xiii 1 1 2 2 4 4 4 7 8 9 9 10 11 19 19 23 23 23 24 25 28 DESKRIPSI PERUSAHAAN 2.1 1.3 4.2 1.2 2.6 4.4 Pemilihan Sistem Pembibitan Penentuan Lokasi Pemnibitan Persiapan Lahan Pembibitan Sistem Irigasi/Pengairan Penyediaan Bahan Tanaman Pembibitan Tahap Awal (Pre-Nersury) Pembibitan Utama (Main-Nersury) viii .1 3.

BAB V TUGAS KHUSUS 5.1 Kesimpulan 6.6 Latar Belakang Tujuan dan manfaat Tinjauan Pustaka Hasil Pengamatan Pembahasan Kesimpulan 31 31 32 32 35 36 40 41 41 41 42 43 BAB VI PENUTUP 6.1 5.2 Saran DAFTAR PUSTAKA LAMPIRAN ix .3 5.5 5.4 5.2 5.

1 Struktur Organisasi Kebun PT Pranaindah Gemilang Gambar 3.2 Tumbang Gambar 3.4 Penyiraman 3 6 12 13 15 15 16 24 25 26 30 x .DAFTAR GAMBAR Gambar 1.3 Bedengan di PT Pranaindah Gemilang Gambar 4.1 Imas Gambar 3.1 Waduk (Irigasi)PT Pranaindah Gemilang Gambar 4.5 Mucona Bactreata (MB) Gambar 4.2 Kecambah Tenera Produksi PT Socfindo Gambar 4.1 Peta Lokasi PT Pranaindah Gemilang Gambar 2.4 Pueraria javanica (PJ) Gambar 3.3 Calopogonium mucunoides (CM) Gambar 3.

4 Hasil Pengamatan 35 xi .DAFTAR TABEL Tabel 5.

DAFTAR LAMPIRAN Lampiran 1 Surat Keterangan Telah Melaksanakan PKL Lampiran 2 Tabel Kegiatan Harian PKL Lampiran 3 Lampiran 4 43 44 xii .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful