SKENARIO 2 : “LUTUT BENGKAK” Ampon umur 10 tahun dibawa ibunya berobat ke rumah sakit dengan keluhan utama : Pembengkakan

pada lutut kiri sejak 6 bulan yang lalu disertai rasa sakit dan masih bisa berjalan tapi agak pincang. Pembengkaan ini hampir merata di lutut kirinya dengan pembesaran terjadi berangsur-angsur sampai sebesar sekarang ini. Pada lutut sering keluar nanah yang hilang timbul. Dari anamnesis yang diperoleh dari Ibu pasien diketahui bahwa Ampon mengalami demam yang tidak begitu tinggi dalam waktu yang lama, disertai batuk yang hilang timbul. Pasien tinggal dengan neneknya yang tua renta di dusun sebagai petani musiman. Tidak pernah berobat dengan alasan ekonomi. Pasien tidak pernah mengalami jatuh. Jika mengalami luka cepat sembuhnya. Batuk dan sesak nafas dalam waktu 2 bulan terakhir tidak ada. Pada pemeriksaan fisik ditemukan : Keadaan Umum tampak sakit sedang dengan kesadaran komposmentis, status umum baik. Status Lokalis : regio artikulasio genu sinistra. Pada Inspeksi : tampak pembengkaan lutut, venectasia (-), Shiny skin (-), peau d’ orange (- ).fistula (+) dibeberapa tempat Palpasi : ukuran lutut kiri lebih besar dari yang kanan, otot paha atropi, perabaan tidak panas dan tidak nyeri tekan, doughy sensation (+), fluktuasi -). Ruang lingkup sendi : terhganggu Kelenjar limfe regional tidak membesar. Pada pemeriksaan foto lutut tampak permukaan sendi tidak rata, sedangkan foto thorak terlihat adanya penambahan corak paru. Pemeriksaan laboratorium rutin belum ada hasilnya. Bagaimana anda menjelaskan apa yang terjadi pada Boyung?

4. 5. yang merupakan tanda metastasis Ca di KGB kulit Fluktuasi : gerakan seperti gelombang pada perabaan karena berisi cairan Fistula : saluran abnormal yang menghubungkan dua ruangan yang biasanya didahului oleh abses . 6. 3.1. Regio artikulasio genu sinistra : daerah persendian yang menghubungkan distal femur dengan proksimal tibia Shiny skin: kulit yang terkesan lebih mengkilat dibandingkan dengan kulit di sekitarnya akibat lebih tipisny atau karena ad sesuatu yang menyebabkan regangan kulit tersebut misalny karena tuumor Venectasia : pelebaran pembuluh darah vena Peau d orange : kulit seperti kulit jeruk. 2.

Apa hubungan antara usia. Apa interpretasi dari hasil anamnesis dokter : Pasien tidak pernah mengalami jatuh. disertai batuk yang hilang timbul? 7. Mengapa pada Boyung timbul rasa sakit dan berjalannya pincang? 4. petani musiman) dengan penyakit Boyung sekarang?? 8. Apakah ada hubungan nenek Boyung (yang tua renta. Apa kemungkinan penyebab lutut bengkak pada kaki kiri boyung setelah 6 bulan ? 2. jenis kelamin. Boyung dengan penyakitnya? 3. Batuk dan sesak nafas dalam waktu 2 bulan terakhir tidak ada ? 9. Apa interpretasi dari hasil anamnesa Boyung mengalami demam yang tidak begitu tinggi dalam waktu yang lama.1. Mengapa dari lutut yang bengkak tersebut sering keluar nanah yang hilang timbul ? 6. Apa interpretasi hasil pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang ? . Mengapa lutut bengkak merata dan progresif selama 6 bulan ? 5. Jika mengalami luka cepat sembuhnya.

Apa yang terjadipada Boyung? .10. Pemeriksaan lain yang digunakan untuk mendiagnosis penyakit boyung ? 12. Pemeriksaan rutin apa yang dilakukan pada Boyung ? 11.

trauma dan kelainan perdarahan berupa artritis hemofilia 2) Apa hubungan antara usia. jenis kelamin.BRAINSTORM POSSIBLE EXPLANATION OR HYPOTHESES 1) Apa kemungkinan penyebab lutut bengkak pada kaki kiri boyung setelah 6 bulan ? Ada beberapa kemungkinan penyebab bengkak pada lutut : inflamasi atau infeksi Ada beberapa penyakit yang bermanifestasi pada beberapa penyakit seperti:  Reumatoid artritis. hamartrosis. Boyung dengan penyakitnya?  Kalau melihat usia dari Boyung yang 10 tahun metafisis tulang masih ada &epifisinya masih belum menutup sehingga lebih mudah terkena infeksi  Laki-laki : lebih aktif. banyak bergerak kemungkinan terpapar agen infeksi . TB tulang/sendi.

abses  Pembengkakan pada beberapa tempat pembengkakannya yang tidak merata :osteomielitis. trauma. Ada perbedaan antara pus dari infeksi. terkenanya bagian struktur peka nyeri di sendi  Pincang :sebagai bentuk kompensasi atas nyeri di sendi untuk mengurangi pergerakan sendi sudah terjadi gangguan pertumbuhan.Nyeri : Peningkatan tekanan pada ruang sendi dapat merangsang saraf nyeri. granuloma. tungkai atau tulang tempat terjadi inflamasi biasanya lebih panjang terjadi erosi sendi oleh sebab inflamasi 4) Mengapa lutut bengkak merata dan progresif selama 6 bulan ?  Ada beberapa kemungkinan penyebab bengkak pada sendi itu merata :Peningkatan jumlah cairan sinovial. gout 5) Mengapa dari lutut yang bengkak tersebut sering keluar nanah yang hilang timbul ?  Khas untuk granuloma/perkijuan yang mencair. dengan pus pada  .

jadi kemungkinan sementara nenek si Ampon beresiko mendapat infeksi TB. Batuk dan sesak nafas dalam waktu 2 bulan terakhir tidak ada ?  Tidak pernah jatuh menyingkirkan trauma  Kalau luka cepat sembuh menyingkirkan kemungkinan hamartrosis pada artritis hemofilia  Tidak ada batu 2 bulan terakhir tidak ad TB paru tetapi anak-anak .  Nenek yang tua renta : tidak bisa mengurus cucunya dengan baik. sanitasi yang buruk beresiko infeksi 8) Apa interpretasi dari hasil anamnesis dokter : Pasien tidak pernah mengalami jatuh.6) Apa interpretasi dari hasil anamnesa Boyung mengalami demam yang tidak begitu tinggi dalam waktu yang lama. petani musiman) dengan penyakit Boyung sekarang?  Petani musiman : faktor resiko TB. 7) Apakah ada hubungan nenek ampon(yang tua renta. & infeksi TB  Batuk yang hilang timbul : kemungkinan ad fokus infeksi melalui saluran nafas. disertai batuk yang hilang timbul?  Demam subferil dalam waktu yang lama kemungkinan infeksi salmonela. Jika mengalami luka cepat sembuhnya.

Keadaan Umum : tampak sakit sedang .) : khas untuk Ca berarti pembengkakan lutut Boyung bukan Ca .Shiny skin (-) : khas untuk Ca berarti pembengkakan lutut Boyung bukan Ca .venectasia (-) : khas untuk Ca berarti pembengkakan lutut Boyung bukan Ca . Pada Inspeksi : . kaki kiri bengkak .otot paha atropi otot sudah lama tidak digunakan karena sakit pada lutut disfungsi .9) Apa interpretasi hasil pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang ? .fistula (+) : Pada Palpasi : .doughy sensation (+) : khas pada artritis TB yang merupakan manifestasi dari .ukuran lutut kiri lebih besar dari yang kanan deformitas.kesadaran komposmentis : tidak ada gangguan mental dan kepribadian .Status Lokalis : regio artikulasio genu sinistra.peau d’ orange (.status umum baik : tidak ada penyakit sistemik .tampak pembengkakan lutut : inflamasi/granuloma TB/abses .perabaan tidak panas dan tidak nyeri tekan kelainan bukan infeksi akut .

Kelenjar limfe regional tidak membesar. Pada pemeriksaan foto lutut tampak permukaan sendi tidak rata : erosi sendi foto thorak terlihat adanya penambahan corak paru curiga TB paru 10) Pemeriksaan laboratorium rutin apa yang dilakukan pada Ampon ? . Kuisioner kriteria diagnosis TB anak.Ruang lingkup sendi : terganggu .Urin rutin 11) Pemeriksaan lain yang digunakan untuk mendiagnosis penyakit Ampon ? Curiga TB uji tuberkulin.Hitung jenis leukosit .Trombosit . mikrobiologi discharge lutut 12) Apa yang terjadipada Ampon?? Suspected Artritis TB .Hb .fluktuasi (-) .Jumlah eritrosit ..LED .Gama globulin serum .